Jenis Aksesoris Gorden Rumah Sakit

Aksesoris Gorden Rumah Sakit – Gorden atau tirai merupakan bagian yang penting untuk sebuah ruangan, tidak terkecuali untuk tempat umum seperti rumah sakit. Gorden tersebut bahkan tidak hanya sekedar memberikan privasi di dalam ruangan atau menjadikan tampilan ruangan di rumah sakit terlihat elegan tetapi juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Pilihan gorden yang tersedia untuk rumah sakit pun saat ini sudah semakin beragam dan tidak kalah dengan model-model gorden untuk bangunan komersial pada umumnya. Gorden tersebut hadir dalam beragam bentuk dan jenis mulai dari yang sederhana sampai yang memiliki desain mewah.

Aksesoris Gorden Rumah Sakit

Selain itu, gorden tersebut juga memerlukan aksesoris gorden rumah sakit agar dapat menjalankan fungsinya secara optimal. Tujuan utama pemasangan gorden di rumah sakit lebih mengarah pada keamanan kesehatan dan memberikan privasi kepada pasien. Selain itu, ada juga beberapa manfaat lainnya yang memang khusus dirancang untuk rumah sakit seperti penyebaran bakteri dari kain atau bahan gorden tersebut.

Gorden biasa dapat menjadi salah satu jalan untuk menularkan bakteri melalui kontak dengan darah maupun pasien. Di sinilah gorden rumah sakit memiliki peranan penting. Gorden tersebut dapat menjaga kesterilan dari bakteri maupun darah. Bagi Anda yang berniat untuk mengganti gorden di rumah sakit atau hendak memasang gorden di rumah sakit, berikut ini adalah beberapa jenis aksesoris gorden rumah sakit yang dapat dipertimbangkan.

Pipa Gorden

Pipa gorden memiliki fungsi utama untuk menggantung gorden dan menambah nilai kemegahan atau kemewahan dari suatu gorden. Bahan yang digunakan untuk pembuatan pipa gorden saat ini sudah sangat beragam. Pipa gorden yang paling banyak dijumpai adalah yang terbuat dari bahan aluminium, besi, dan stainless. Bahan tersebut hadir dalam berbagai macam ukuran diameter dan warna yang dapat disesuaikan dengan warna gorden. Atau Anda juga dapat memilih pipa gorden dengan warna netral seperti putih atau stainless steel sehingga dapat dipadukan dengan mudah dengan warna gorden apapun.

Rel Almini

Hampir sama seperti pipa gorden, aksesoris yang satu ini juga memiliki fungsi untuk menggantung gorden. Jenis aksesoris ini sekarang mulai banyak ditinggalkan oleh masyarakat dan beralih ke pipa gorden. Tetapi rel almini faktanya masih banyak digunakan untuk menggantungkan gorden, terutama untuk model vitrage dan plisket.

Smoke Ring

Smoke ring biasanya diletakkan di dalam kain gorden atas. Bagian ini berperan sebagai objek untuk menggantung gorden. Biasanya smoke ring digunakan untuk pengganti ring pipa. Beberapa rumah sakit saat ini mulai memilih ring pipa karena lebih kuat dan lebih praktis. Jadi gorden yang digantung menggunakan bantuan smoke ring tidak akan mudah jatuh saat tertarik.

baca juga  Jasa Pemasangan Gorden Rumah Sakit

Ring Pipa

Ring pipa memiliki fungsi yang hampir sama seperti smoke ring yakni sebagai media untuk menggantungkan gorden. Ring pipa ini berada di bagian atas gorden, berbeda dengan smoke ring yang berada di bagian dalam gorden. Jadi jika Anda memilih ring pipa, masih diperlukan kawat gorden untuk membantu mengaitkannya.

Tassel

Tassel adalah aksesoris gorden yang terbuat dari bahan tali dan menjuntai. Aksesoris gorden ini bentuknya hampir sama seperti tampar dengan kepala berbentuk bulat layaknya botol. Tassel gorden berfungsi untuk menahan tirai supaya tidak menutup ketika dibuka. Di rumah sakit, aksesoris ini dapat dipasang di ruang pasien VIP, ruang paviliun, atau ruangan lainnya yang memerlukan estetika pada tampilan gorden.

Hook

Sebagai bagian aksesoris gorden, hook adalah gantungan atau kain panjang yang sering dipasangi tassel. Varian dan model dari hook saat ini sangat bermacam-macam. Beberapa di antaranya memiliki ukuran yang besar tetapi ada pula yang diameternya kecil. Untuk gorden rumah sakit, hook yang digunakan untuk gorden tersebut biasanya memiliki desain yang sederhana.

Roda & Kawat Gorden

Aksesoris yang satu ini memiliki fungsi penting sebagai pengait gorden dengan rel almini atau pipa. Model atau warna dari kawat gorden tersebut hadir dalam berbagai variasi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan walaupun sebagian besar tetap didominasi roda gorden warna putih.

Stick Gorden

Aksesoris gorden ini banyak dijumpai untuk gorden dengan model kupu-kupu. Stick gorden memiliki fungsi utama sebagai aksesoris agar bagian ini dapat dipasang dengan benar untuk merentangkan gorden bagian bawah dan atas. Gorden model kupu-kupu di rumah sakit biasanya digunakan untuk ruangan-ruangan seperti ruang pasien mewah.

Jual Gorden Khusus Rumah Sakit

Renda

Renda yang sering dipasang di gorden umumnya difungsikan untuk mempercantik tampilan gorden agar terlihat menarik. Renda yang biasa digunakan untuk gorden dapat terbuat dari berbagai material baik berupa bahan lace atau bahan lainnya yang sekilas mirip manik-manik kecil. Renda untuk aksesoris gorden rumah sakit dapat dipilih dengan desain yang sederhana karena hanya bersifat sebagai aksen. Renda tersebut biasanya hanya dijadikan aksen untuk bagian atas sebagai pemanis tampilan gorden. Selain itu aksesoris ini biasanya juga hanya digunakan di ruangan – ruangan tertentu karena tidak semua ruang pasien, gordennya cocok menggunakan renda.

baca juga  Jual Tirai Gorden Rumah Sakit Jakarta

Perlu diingat bahwa gorden rumah sakit berbeda dengan gorden untuk rumah tangga atau bangunan komersial lainnya. Jasa gorden untuk rumah sakit biasanya berbeda dengan gorden untuk rumah. Pasalnya bahan yang digunakan untuk gorden tersebut harus terjamin kualitasnya dan disertai dengan sertifikat. Bahan dasar yang digunakan untuk gorden tersebut biasanya adalah yang bersifat anti air atau waterproof, anti bakteri, dan anti noda darah. Berikut ini adalah beberapa bahan gorden yang cocok untuk rumah sakit

  • Bahan Polyster dan Jaring Pabrik

  • Bahan Semi Semi Plastik atau Semi PVC

  • Bahan Full Plastik atau Full PVC

  • Bahan Nonwoven

Jenis gorden tersebut selain untuk rumah sakit juga dapat digunakan untuk berbagai tempat lainnya seperti klinik, laboratorium, puskesmas, dan tempat – tempat lainnya.Jasa penyedia gorden rumah sakit biasanya juga menyediakan aksesoris gorden rumah sakit sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencari toko aksesoris gorden tersebut. Anda dapat mempercayakan kebutuhan gorden di rumah sakit pada jasa penyedia gorden untuk memilih model atau desain yang sesuai dengan kebutuhan ruangan. Pasalnya setiap ruangan memerlukan model gorden yang berbeda seperti ruang rawat inap, ruang periksa, ruang tunggu, lobi, dan ruang lain yang kadang memerlukan privasi. Jasa penyedia gorden biasanya akan memberikan layanan yang lengkap mulai dari pemesanan sesuai dengan jumlah dan kebutuhan hingga proses pemasangan gorden.

Warna gorden dapat disesuaikan dengan tema atau warna yang digunakan oleh rumah sakit yang bersangkutan. Warna yang umum digunakan adalah warna biru tua, biru muda, putih, hijau, atau warna lainnya. Dengan memilih gorden yang tepat, maka keindahan dan kesterilan rumah sakit akan lebih terjaga. Apalagi gorden tersebut juga memiliki fungsi utama untuk mencegah persebaran penyakit sekaligus sebagai sekat antar pasien di ruang perawatan.

No Responses

Tinggalkan Komentar

Call Now Button
× WhatsApp