Bagaimana Membuat Gorden?

Bagaimana Membuat Gorden – Tirai atau gorden tidak hanya memiliki fungsi sebagai penutup pintu atau jendela namun sudah menjadi salah satu dekorasi penting dalam sebuah ruangan. Pemilihan tipe bahan dan warna yang tepat akan membuat ruangan menjadi sempurna karena gorden. Anda pun bisa membuat gorden sendiri apabila memiliki kain yang ideal. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat gorden.

Bagaimana Membuat Gorden

Bagaimana Membuat Gorden Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

  • Mengukur Jendela

Perlu dipahami bahwa jendela terdiri dari ukuran yang berbeda. Pastikan terlebih dulu ukuran gorden yang akan dipasang sudah sesuai dengan jendela rumah. Tinggi tirai yang akan dipasang harus diukur terlebih dulu mengingat jika digantung tinggi, gorden akan terlihat lebih bagus.

Ada dua model gorden yang bisa dipilih yaitu gorden yang menyentuh lantai atau menggantung. Penting untuk mengukur lebar jendela mengingat hal tersebut menentukan besar kain yang dibutuhkan.

Agar gorden terkesan padat kain tirai setidaknya harus dua kali lipat lebih lebar dari ukuran jendela. Seluruh sisi jendela harus terjangkau oleh gorden.

  • Pilihlah Kain yang Tepat

Setelah menentukan ukuran soal bagaimana membuat gorden yang baik, pilihlah kain yang sesuai dengan keinginan dan ukuran. Ada beberapa jenis kain yang bisa didapatkan di toko-toko kain. Anda bisa memilih bahan lentur hingga kaku ataupun tekstur tebal hingga tipis.

Anda bisa menyesuaikan motif kain berdasarkan selera, baik animal print, garis-garis atau floral. Jika ada wallpaper menempel di dinding rumah, motifnya harus senada dengan motif gorden. Jangan sampai membuat ruangan terkesan sempit dan terlalu ramai karena terlalu banyak motif yang muncul dari wallpaper dan gorden.

  • Mulai Membuat Gorden

Setelah membeli kain yang sesuai dengan ukuran dan motif yang diinginkan, mulailah merangkai kain tersebut hingga menjadi gorden. Untuk membentangkan kain gorden itu, dibutuhkan ruangan yang cukup luas. Persiapkan sejumlah peralatan yang dibutuhkan seperti setrika, pita pekat, pensil, pengukur kain meteran dan gunting.

Langkah pertama adalah membagi kain menjadi dua bagian sama besar. Lipat kain tersebut pada seluruh sisi kanan kira-kira 3 cm. Kemudian Anda harus menyetrika seluruh lipatan. Yang harus dipahami adalah, letakkan pita rekat di semua sisi yang akan disetrika sebelum dilipat.

Setelah seluruh sisi disetrika dengan rapi, cincin jepit bisa disematkan yang berfungsi sebagai penggantung. Selanjutnya Gorden bisa segera dipasang ke jendela untuk digunakan.

Tips Membuat Gorden Dengan Bahan Unik Agar Lebih Cantik

  • Menggunakan Selendang yang Tidak Terpakai

Apabila memiliki scarf atau selendang yang tak terpakai, Anda bisa menggunakannya dan memanfaatkannya menjadi sebuah gorden yang menarik. Namun pastikan terlebih dulu apakah selendang tersebut memiliki motif dan warna yang senada.

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah cincin jepit, lem tembak, gunting dan dua buah selendang. Langkah pertama adalah memilih selendang yang ingin dijadikan gorden. Apabila selendang di bagian ujungnya memiliki renda-renda, tentu saja akan lebih menarik.

Lalu, ujung selendang digunting untuk digunakan sebagai penggantung gorden tersebut. Lem tembak adalah pilihan yang tepat untuk melipat ujung selendang yang sudah digunting.

Ukur lipatan ujung selendang antara 3 hingga 5 cm. Berhati-hatilah dalam memakai lem tembak mengingat ujung lemnya yang sangat panas. Apabila tidak memiliki lem tembak, jahit ujung selendang dengan menggunakan benang. Langkah terakhir adalah menjepit cincin pada ujung selendang kemudian sematkan pada penyangga gorden.

  • Pita-Pita Untuk Memperindah Gorden

Apabila gorden mulai terlihat membosankan dengan warna yang polos-polos saja, Anda harus tahu cara bagaimana membuat gorden untuk memberikan sentuhan warna. Pita-pita kain adalah salah satu bahan yang bisa digunakan. Gunakan dua helai kain berwarna putih dan pita-pita warna-warni dengan ukuran yang cukup lebar.

Kain putih yang telah disiapkan tersebut dibentangkan kemudian pita yang sudah digunting ditempelkan sesuai dengan lebar kain. Pita-pita tersebut bisa dikreasikan dengan pemilihan warna atau pola yang sesuai dengan pilihan. Tempelkan pita pada kain dengan lem kain.

Tempelkan pita secara horizontal. Kemudian selingi dengan warna yang berbeda. Untuk membuat lubang yang digunakan sebagai pengait, sisakanlah jarak pada ujung kain. Lubangi menggunakan gunting kain.  Masing-masing kain dilubangi enam lubang, kemudian pita disematkan dan dikaitkan pada jendela.

  • Anyaman Gorden Model Macrame

Gorden ternyata juga bisa dimanfaatkan menjadi penutup pintu atau pembatas ruangan, selain juga berfungsi sebagai penutup jendela. Gorden yang sangat pas difungsikan sebagai pembatas ruangan adalah gorden Macrame. Dengan model menjuntai dan berongga-rongga membuat gorden ini masih memberi ruang dan tidak terkesan penuh.

Bagaimana membuat gorden ini? Bahan yang dibutuhkan sangat mudah dicari. Jenis gorden yang satu ini bisa menggunakan kain tipis layaknya tali yang dianyam menyerupai sebuah pola. Yang harus disiapkan adalah kain lentur, tali, gunting, dan sebilah kayu panjang.

Langkah pertama adalah membagi tali sama panjang. Kemudian, ujung tali dikaitkan pada kayu itu. Tali tersebut juga bisa diberi efek tie-dye agar menambah semarak. Gunakan pewarna tekstil warna-warni untuk membuat gorden Macrame tie-dye. Pewarna tekstil harus dilarutkan ke dalam ember lalu rendam gorden  dalam ember yang terdapat pewarna tekstil yang telah dilarutkan. Lalu keringkan.

  • Kain Perca Didaur Ulang

Apabila ingin memberikan sentuhan unik pada rumah, buatlah gorden dari kain perca atau kain yang tak terpakai. Langkah pertama adalah mengumpulkan kain bekas sebanyak-banyaknya. Akan semakin menarik jika warna dan motifnya semakin bervariasi.

Kemudian kain perca tersebut di gunting dan dibentuk menjadi persegi. Anda bisa menyesuaikan panjang persegi sesuai dengan kebutuhan, apakah ukurannya persegi kecil atau besar. Susunlah kain itu setelah menggunting kain berbentuk persegi dengan ukuran yang sama. Kemudian kain perca tersebut dijahit menjadi sebuah tirai yang penuh.

  • Menggunakan Cat Akrilik

Apabila memiliki hunian dengan konsep minimalis, sangat tepat untuk menggunakan motif gorden yang tidak mencolok seperti motif garis-garis atau stripes. Bagaimana membuat gorden jendela ini sendiri? Yang perlu disiapkan adalah kain tirai polos warna putih, roller, penggaris, lakban, dan cat akrilik.

Ukur kain tirai setelah melengkapi peralatan. Ukur lebar dan panjang garis yang sesuai dengan kebutuhan kemudian bagi berdasarkan lebar tirai. Tandai menggunakan pensil. Kemudian lakban direkatkan untuk bisa membatasi area tirai yang dicat. Kemudian mulailah proses pengecatan.

  • Memakai Sprei Untuk Membuat Gorden Drapery

Tidaklah harus selalu membeli kain baru untuk membuat gorden. Bahan-bahan di rumah pun bisa dimanfaatkan. Terdapat beberapa bahan yang bisa dijadikan material membuat gorden. Setelah mengetahui bagaimana cara memanfaatkan selendang, pita hingga kain perca untuk membuat gorden, sprei pun ternyata juga bisa dimanfaatkan.

Sprei yang tidak terpakai lagi bisa digunakan menjadi gorden yang menarik. Sprei berbahan tebal dan warnanya polos lebih bagus digunakan. Sangat dianjurkan untuk menggunakan mesin jahit agar sprei bisa disusun dengan rapi.

Cara Jahit Gorden Smokering

Jahitan akan lebih kuat dengan menggunakan mesin jahit. Anda harus mengumpulkan sprei yang warnanya sama. Lalu gunting menjadi beberapa bagian yang lebar dan tinggi menyesuaikan dengan bentuk gorden. Lalu jahitlah dengan menghadirkan sentuhan lipatan-lipatan. Sematkanlah cincin jepit untuk menggantungnya.

Setelah mengetahui bagaimana membuat gorden dengan jahit tangan, Anda bisa mendekorasi rumah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Namun jika memang tidak ingin membuat sendiri maka bisa coba menghubungi kami saja. Raja Gorden menyediakan gorden terbaik untuk kebutuhan Anda, segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

post

Leave a Reply