Desain Jendela Kamar Luas

Desain Jendela Kamar Luas – Meski terkesan sepele ternyata memiliki jendela kamar luas juga mampu memberikan kesan ruangan yang berbeda. Selain itu tipe ini juga akan memberikan asupan cahaya matahari yang cukup ke seluruh penjuru rumah sehingga menghemat penggunaan lampu.

Desain Jendela Kamar Luas

Kelebihan Memakai Desain Jendela Kamar Luas

  • Menampilkan keindahan pemandangan alam

Jika memiliki rumah dengan berbagai nuansa seperti hutan hijau atau kota, jangan sia-siakan kesempatan untuk menikmati pemandangan tersebut. Untuk tampilan yang lebih maksimal, bisa dipertimbangkan memasang jendela kamar hingga nyaris menyentuh langit-langit ruangan.

  • Menambah kesan estetik pada kamar

Kenyamanan tentu menjadi prioritas utama dalam sebuah ruangan. Kehadiran pemandangan di luar jendela kamar yang luas akan memaksimalkan tingkat nyaman hunian sehingga mampu mengupgrade tampilan desainnya.

  • Suasana kamar menjadi lebih sempurna

Penghuni rumah tidak akan pernah merasa bosan dengan kehadiran jendela berukuran besar karena suasana kamar akan berubah-ubah sesuai kondisi di luar. Hal ini akan memaksimalkan kesempurnaan secara menyeluruh yang ditampilkan dari desainnya.

Pada pagi hari pemilik bisa menyaksikan rutinitas alam seperti burung-burung serta cahaya matahari yang hangat. Kemudian menjelang malam, suasana akan berganti menampilkan bintang-bintang bersama cahaya bulan serta aktivitas hewan malam.

  • Pencahayaan alami yang menghemat listrik

Tidak hanya menghemat pemakaian lampu di siang hari, menggunakan desain jendela lebar juga mampu memberikan kesan ruangan lebih luas. Hal tersebut dikarenakan setiap sudutnya tersinari dengan baik sehingga tampilan ruangan lebih memukau.

  • Memasukkan suasana luar ke dalam ruangan

Memberikan ilusi seolah dunia luar masuk ke dalam kamar sangat dimungkinkan dengan kehadiran jendela yang luas dan lebar. Menjadikan pemandangan luar ruangan seakan menyatu dengan desain interior kamar. Bisa dikatakan seperti sebuah lukisan nyata yang menakjubkan.

  • Menjadi centre yang memukau secara keseluruhan

Pilih perabotan yang simpel dengan warna netral agar pemandangan dari luar jendela bisa menjadi poin utama di dalam kamar. Sehingga suasana outdoor tersebut seakan-akan adalah sebuah karya seni. Kondisi halaman yang berubah-ubah juga tidak akan membuat penghuninya merasa suntuk atau cepat bosan.

  • Menambah aksen warna pada kamar

Beragam warna dan kondisi di luar ruangan akan menambah warna dalam kamar melalui ukuran jendela yang besar dan luas. Pada pagi hari penghuni akan disajikan warna langit biru dengan bunga-bunga. Lalu saat senja bisa melihat jingganya matahari terbenam, dan langit pun menghitam di malam hari.

Perhitungan Pengukuran Jendela Kamar Luas

  • Ukuran desain jendela dua pintu

  • Kamar sempit 3x3meter dan 2.5x3meter

Jika ruangan sempit ingin menggunakan jendela dua pintu maka bisa menggunakan ukuran lebar antara 1.000-1.600mm dengan panjang 1.000-1.500 mm.

  • Kamar luas

Untuk desain jendela kamar luas ukuran dua daun, standar luasnya mencapai lebar 1.000-1.200mm sedangkan panjang 1.000-3.000mm.

  • Ukuran desain jendela satu daun pintu

  • Standar

Untuk ukuran standar jendela satu pintu umumnya memiliki lebar 500-700mm, dan panjang 1.000-1.500mm.

  • Custom

Jika hendak custom biasanya rentang ukuran mencapai lebar 500-1.000mm dengan tinggi mencapai 1.000-3.000mm.

Tips Memilih Jendela di Luar Ketentuan Ukuran

  • Tidak melebihi ukuran pintu

Ukuran jendela pada rumah berukuran sedang tidak boleh melebihi ukuran pintu karena akan menciptakan ketimpangan dari segi estetika. Tetapi jika rumah memiliki ukuran plafon yang tinggi dan luas hal tersebut tidak jadi masalah.

  • Perhatikan kekuatan engsel

Sebenarnya tidak masalah jika pemilik tidak mengacu pada patokan ukuran di atas. Hanya saja perlu dipertimbangkan memilih model ukuran yang sesuai, tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil. Misalnya saja model jendela Casement yang dipasang melintang.

Ukuran maksimal yang diperbolehkan hanyalah 120cm. Jika melebihi maka dipastikan engsel tidak akan sanggup menahan beban berat hingga akhirnya jendela mudah lepas. Pastinya hal ini sangat berbahaya terlebih jika pemasangannya sebagai desain jendela kamar luas lantai dua.

Kiat Padu Padan Jendela Kamar Luas

  • Warna yang sesuai

Apabila jendela akan diletakan pada bagian depan rumah, maka sesuaikanlah warnanya dengan pintu agar serasi. Pada dasarnya sesuaikan warna jendela dengan desain interior ruangan. Menggunakan jasa arsitek tentunya akan lebih memudahkan dalam memilih warna.

Tetapi jika dilakukan secara mandiri, bisa memikirkan untuk memilih warna dalam tone yang serupa dengan ornamen lain. Ketahui juga material yang akan dipakai pada jendela agar memudahkan mengetahui pilihan warna yang tersedia.

  • Pemilihan model yang pas

Memilih model yang sesuai tentunya tidak kalah penting dibandingkan warna. Apabila ukuran jendela terlalu besar, maka solusinya bisa diberikan kaca mati pada beberapa titik lokasi.

Mengombinasikan dengan cara tersebut juga akan lebih menghemat biaya karena tidak perlu engsel yang banyak. Meski begitu, tampilan jendela itu pun akan jauh lebih estetik dengan variasi yang tidak monoton dan membosankan.

Selain itu apabila jendela akan diletakan dekat dengan benda tertentu, maka model jendela geser akan lebih baik karena tidak akan bertabrakan. Daun jendela pastinya tetap bisa dibuka dengan mudah tanpa mengganggu area di depannya. Jenis ini juga tentunya tidak akan memakan banyak tempat.

  • Penentuan lokasi jendela

Tentukan posisi jendela yang baik pada desain rumah keseluruhan. Hal ini tentu tergantung dari letak pemandangan, arah angin, cahaya matahari, dan lain-lain. Lokasi yang pas tentunya bisa memaksimalkan pemandangan di luar jendela, misalnya di halaman belakang rumah yang menghadap langsung ke taman.

Sesuaikan juga dengan tata letak interior yang lainnya agar jendela tidak sampai jadi penghalang benda-benda dalam ruangan. Hal ini penting agar penempatan jendela menjadi lebih efektif dan fungsional.

Jenis-jenis Model Jendela Kamar Luas

  • Jendela kamar geser aluminium

Jendela aluminium memiliki beberapa warna yang bisa dipilih yaitu: abu-abu, coklat, hitam, putih, bahkan motif kayu. Untuk tipe warna motif kayu sendiri punya beberapa macam seperti: kayu eboni, merbau, jati, dan lain-lain.

  • Jendela kamar sudut berbingkai

Desain jendela kamar luas minimalis yang terletak di sudut ruangan merupakan sumber pencahayaan terbaik di dalam kamar. Pemilik juga bisa meletakan sofa di depannya sehingga cocok dijadikan untuk tempat bersantai.

  • Jendela kamar kaca sudut

Tipe ini mampu memberikan kesan yang sangat lapang terhadap pemandangan di luar jendela. View tidak akan terhalang oleh sekat atau bingkai karenanya sangat cocok untuk rumah-rumah yang berlokasi di pegunungan, pantai, atau kota.

  • Jendela kamar model kotak-kotak

Tipe ini disebut juga model jendela French yang memiliki variasi pada listnya. Agar nuansa rumah tidak membosankan, pemilik bisa memilih aneka ragam ukuran dan bentuk list. Model ini lumayan populer digunakan pada bangunan baik rumah tinggal, atau pun perkantoran.

  • Jendela kamar dengan boven di atas

Boven merupakan celah kecil seperti ventilasi namun memiliki penutup yang biasanya diletakan di atas jendela kamar. Meski boven akan sangat jarang dibuka, namun pemakaiannya mampu memberi variasi pada jendela serta membuat jendela tidak terlalu tinggi.

Biasanya jenis ini banyak digunakan pada kamar-kamar kost yang memudahkan penghuninya memasang saluran pipa AC dari dalam ke luar kamar. Selain itu untuk rumah-rumah pribadi pun boven juga kerap bisa ditemui.

Berbagai macam desain jendela kamar luas memang bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan. Kehadirannya pun kini bukan sekedar untuk sirkulasi udara tetapi juga untuk pelengkap interior ruangan. Penempatan di posisi yang pas, dengan ukuran dan material yang sesuai, tentu akan memaksimalkan fungsi dari sebuah jendela.

5/5 - (4 votes)

Leave a Reply