Gorden Kamar Kos

Gorden Kamar Kos – Gorden saat ini sudah menjadi salah satu jenis aksesoris jendela yang bukan hanya digunakan untuk penghalau cahaya yang akan masuk ke dalam ruangan melainkan juga bisa digunakan sebagai hiasan dan juga memberikan perlindungan keamanan di dalam ruangan. Salah satu penggunaan gorden yang banyak digunakan adalah untuk ruangan kamar tidur. Dimana pemilihan gorden untuk kamar tidur ini bisa dibilang susah-susah gampang karena mengingat kamar digunakan untuk tempat istirahat.

Gorden Kamar Kos

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih gorden kamar kos dimana haruslah menyesuaikan dengan kondisi, suhu dan karakteristik dari suatu kamar yang akan dipasanginya. Terlebih lagi jika penggunaannya untuk tempat beristirahat setelah lelah bekerja atau sekolah. Tentu saja pemilihan motif, bahan dan ukuran sangat mempengaruhi bagus tidaknya gorden yang akan dipasang nantinya.

Untuk melihat beberapa jenis gorden kamar kos terbaru bisa diintip pada laman gorden kamar kos murah. Tersedia berbagai macam jenis gorden yang sesuai dengan kebutuhan calon pembelinya. Gorden untuk kamar kos tentu saja berbeda dengan gorden yang diperuntukkan kamar biasa yang tidak terlalu sering digunakan. Untuk itu penting mengetahui hal-hal yang harus diketahui sebelum membeli gorden yang tepat.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Gorden Kamar Kos

  1. Jenis kain gorden yang digunakan

Hal pertama yang bisa dilakukan sebelum membeli gorden adalah memilih kain atau bahan yang akan digunakan untuk gordennya. Tentu saja hal ini sangat berkaitan dengan pemilihan model gorden kamar kos nantinya. Ada dua jenis bahan umum yang biasa digunakan untuk gorden. Bahan pertama adalah bahan-bahan yang keras. Bahan-bahan ini biasanya digunakan untuk model blind.

Model blind cocok untuk ruangan yang memiliki karakteristik yang kecil dengan konsep ruangan yang minimalis. Blind juga cocok untuk ruangan kamar yang membutuhkan privasi yang baik untuk isi ruangannya. Blind sendiri memiliki bentuk yang pas dan menempel pada jendela sesuai dengan ukuran jendelanya. Sehingga tidak akan menambah lebar atau memakan tempat lagi.

Bahan keras yang biasa digunakan adalah besi, baja, kayu dan aluminium. Bahan-bahan ini tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan sesuai dengan penggunaannya. Bahan pertama yaitu besi dan baja, kedua bahan ini memiliki karakteristik yang sama yaitu berat dan mudah berkarat namun memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan jenis bahan lainnya.

Bahan besi dan baja memiliki keawetan yang tidak baik jika dipasang pada suhu ruangan yang berubah-ubah atau cenderung lembap. Untuk memperpanjang keawetannya pengguna bisa meletakkannya pada ruangan yang jauh dari jangkauan air dan panas secara langsung. Untuk bahan selanjutnya yaitu kayu, kayu merupakan bahan yang indah untuk pemasangan blind. Memiliki harga yang bervariasi sesuai dengan kualitas kayu yang digunakan.

Bahan kayu memiliki keawetan yang kurang baik sama halnya dengan besi dan baja apalagi jika dipasang pada ruangan yang memiliki suhu yang berubah-ubah atau terkena panas dan lembap secara langsung. Kayu merupakan bahan yang gampang lapuk dan keropos jika tidak dirawat dengan baik. Bahan terakhir adalah aluminium, bahan ini adalah bahan yang banyak digunakan dan paling disukai.

Hal ini disebabkan karena bahan aluminium merupakan bahan yang ringan dan cenderung lebih praktis untuk pembuatan blind. Bahan ini tidak gampang karatan dan bisa bertahan pada suhu apa pun. Namun memang tidak bisa dipungkiri jika harga dari aluminium memanglah lebih mahal. Namun tentu saja hal ini bisa digunakan untuk investasi jangka panjang.

Bahan jenis kedua yaitu bahan yang lunak biasanya terbuat dari kain. Ada beberapa kain yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan tingkat privasi yang dibutuhkannya.

  • Blackout

Bahan blackout merupakan bahan yang memberikan tingkat privasi yang lebih baik. Bahan ini memungkinkan tidak ada lagi celah cahaya yang mampu menembus ke dalam ruangan. Bahannya tidak tembus pandang dan mampu menyerap cahaya dengan baik sehingga membuat ruangan terasa dingin.

  • Semi Blackout

Bahan kedua yaitu semi blackout bahan ini hampir sama dengan blackout hanya saja masih menyisakan sekitar 10% cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Bahan ini juga lebih tipis dan serat yang lebih renggang dibandingkan dengan blackout. Hanya saja bahannya masih tidak tembus pandang dan mampu memberikan kesejukan dalam ruangan.

  • Dimout

Bahan yang ini hampir sama dengan semi blackout hanya saja model kainnya lebih ringan dan dipadukan dengan warna-warna yang lebih terang. Tentu saja berbeda dengan semi blackout yang cenderung menggunakan warna-warna yang gelap untuk badan gordennya.

  • Kain Tipis

Kain ini biasanya berjenis sutra dan satin. Bahan ini dipadukan dengan model gorden curtain, yaitu gorden dengan panjang yang menjuntai sampai ke bawah lantai. Bahan kain yang tipis ini tidak mampu memberikan privasi yang baik untuk ruangan. Namun kain jenis ini mampu memberikan keindahan yang sangat untuk ruangan.

  1. Warna dari Gorden

Gorden kamar kos terbaru bisa dilihat dari segi warna yang digunakan. Dimana warna-warna yang terang dan gelap pastilah akan memberikan efek untuk ruangan yang akan dipasangi gorden tersebut. Warna-warna terang akan memberikan efek cahaya yang banyak untuk kamar terlebih lagi saat siang hari sehingga bisa digunakan untuk menghemat daya listrik yang dikeluarkan.

Warna-warna terang juga mampu memberikan intensitas cahaya yang lebih banyak ke dalam ruangan sehingga ruangan akan menjadi lebih sehat. Kemudian warna-warna yang gelap nyatanya juga cocok dan memberikan efek yang adem untuk ruangan. Pastikan ruangan yang akan dipasangi sudah terang dan tidak akan lebih gelap jika dipasangi gorden warna gelap ini.

  1. Perawatan

Hal yang perlu dipertimbangkan selanjutnya adalah mengenai cara perawatan. Pilihlah gorden yang menawarkan perawatan yang praktis dan tidak ribet. Pilihlah gorden yang tidak perlu dicopot pasang untuk mencuci dan menjemurnya ke terik matahari. Pilihlah gorden yang bisa dibersihkan menggunakan vacuum cleaner atau lap yang kering.

Tentu saja perawatan dengan cara tersebut akan lebih efisien dan menghemat waktu kerja yang akan dihabiskan. Perawatan dengan cara yang praktis juga tidak akan merusak kain badan gordennya.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli gorden untuk kamar kosan. Buat anak kost atau usaha kost Anda yang butuh jasa gorden terbaik dan murah, dapat menghubungi Raja Gorden.

Raja Gorden Menyediakan Gorden Untuk Kost-kostan

Kamar kost-kostan yang butuh gorden murah bisa didapatkan di Raja Gorden. Kami memiliki tukang jahit gorden minimalis atau klasik yang bisa memenuhi kebutuhan Anda akan gorden terbaik dan berkualitas.

Bagi Anda yang membutuhkan gorden bagus untuk kamar kost, maupun kamar tidur di rumah dan lainnya bisa hubungi kami sekarang juga. Kami bantu Anda mendapatkan gorden kamar kos terbaik yang cocok untuk ruangan kecil di kamar kost.

Tinggalkan Komentar