Inilah Jenis Model Gorden dan Ciri-cirinya

Jenis Model Gorden – Apakah Anda berencana untuk membeli gorden baru sebagai pelengkap interior rumah Anda? Jika ya, tentu sangat penting untuk mengetahui apa saja jenis gorden yang ada di pasaran agar tidak sampai salah pilih dan menemukan gorden yang sesuai dengan kebutuhan ruangan. Walaupun sekilas memiliki bentuk yang hampir sama, namun gorden jendela telah hadir dalam berbagai macam jenis model gorden dengan karakteristik masing-masing.

Sebagai salah satu pelengkap ruangan yang memiliki peranan penting, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda akan memilih gorden. Namun kunci yang paling utama adalah mengetahui jenisjenis gorden yang ada sehingga Anda dapat mempersempit pilihan model yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Model Gorden

Panel Pair

Panel pair merupakan jenis model gorden yang dibuat berpasangan. Sesuai dengan namanya, gorden ini terdiri dari 2 panel yang terpisah. Jenis gorden ini cukup populer digunakan di dalam ruangan bergaya klasik maupun kontemporer. Jenis gorden ini memungkinkan Anda memasang gorden pada dua sisi yaitu kanan dan kiri. Untuk menutup gorden tersebut, Anda hanya perlu menarik setiap panel tersebut. Untuk memberikan tampilan yang simetris, setiap panel gorden dapat diikat ke ujung jendela.

Single Panel

Jika panel pair terdiri dari dua gorden yang dipasang di satu tiang, jenis gorden ini hanya terdiri dari satu lembar yang sudah menutup jendela secara menyeluruh. Panel tersebut juga dapat ditarik ke samping untuk membukanya. Gorden ini juga dapat diikat ke belakang untuk memberikan tampilan yang modern dan asimetris. Jenis gorden single panel saat ini banyak digunakan untuk ruangan dengan konsep kasual dan modern.

Window Treatment Set

Jenis gorden ini sebenarnya merupakan paket lengkap yang dibutuhkan untuk menghiasi gorden. Biasanya dalam paket ini terdiri dari 1 atau 2 gorden dan valance. Selain itu, beberapa paket juga disertakan tiang gorden dan tali khusus untuk mengikat gorden. Jadi dengan paket tersebut, kebutuhan gorden Anda sudah terpenuhi.

baca juga  Pesan Gorden Online untuk Mempercantik Rumah Anda dengan Mudah

Valance

Ini adalah jenis gorden pendek yang digantungkan di bagian atas jendela atau sebagai pelengkap gorden di bagian atas. Valance termasuk elemen pelengkap untuk membuat jendela atau gorden terlihat semakin cantik. Oleh sebab itu, valence menjadi ide yang bagus untuk menyempurnakan tampilan gorden. Saat ini valance sudah banyak dijual secara terpisah dengan berbagai macam warna, motif, dan bahan yang dapat dipilih sesuai dengan selera. Untuk jendela yang menggunakan blind, Anda dapat menggunakan valance tanpa memerlukan gorden tambahan

Window Scarf

Jenis gorden yang satu ini sebenarnya hampir sama seperti valance yaitu sebagai pelengkap untuk gorden atau jendela. Sesuai dengan namanya, window scarf juga digunakan seperti syal. Window scarf biasanya berupa kain gorden tipis yang digantung di atas jendela dengan cara dililitkan. Window scarf menjadi pilihan yang tepat untuk menciptakan kesan dramatis di jendela rumah Anda.

Liner

Liner untuk gorden adalah alternatif lainnya yang dapat dipilih untuk gorden rumah Anda. Liner tersebut biasanya digunakan untuk meningkatkan fungsi gorden. Banyak pemilik rumah memadukan liner dengan gorden jenis sheer untuk tetap memberikan privasi di dalam ruangan namun juga memungkinkan cahaya dari luar masuk ke dalam ruangan. Kadang liner gorden juga hadir dengan beberapa fitur seperti mampu meredam suara atau merupakan bahan thermal untuk menjaga ruangan tetap hangat.

Sheer

Ini adalah gorden yang memiliki karakteristik tipis dan menggunakan kain dengan bahan semi transparan. Jenis gorden ini mampu membuat ruangan tetap terang di siang hari walaupun dalam posisi gorden tertutup. Gorden sheer dengan bahannya yang tipis kurang mampu memberikan privasi dan memiliki fungsi lebih selain sekedar sebagai elemen dekoratif. Jenis gorden sheer menjadi pilihan yang paling banyak diminati untuk ruang tamu dan ruang makan.

baca juga  6 Jenis Kain Gorden Untuk Alternatif Gorden Paling Mahal

Semi-Opaque

Gorden semi opaque terlihat seperti perpaduan antara gorden sheer dan blackout. Jenis gorden ini masih dapat ditembus cahaya ketika dalam posisi tertutup. Selain itu, gorden semi-opaque juga dapat memberikan privasi lebih dibandingkan gorden sheer. Jenis gorden ini dapat digunakan untuk berbagai ruangan.

Blackout

Gorden blackout merupakan jenis yang tepat bagi Anda yang menginginkan privasi. Pasalnya gorden ini terbuat dari material yang cukup tebal sehingga sulit untuk ditembus cahaya ketika dalam posisi tertutup. Gorden blackout biasanya digunakan untuk kamar tidur, gedung teater, atau area lainnya yang tidak memerlukan cahaya dari luar. Gorden ini kadang juga digunakan sebagai lapisan tambahan untuk gorden sheer sebagai unsur tambahan.

Rod Pocket

Gorden rod pocket sesuai dengan namanya memiliki jahitan seperti kantong yang berada di bagian atas gorden. Untuk menggantungkan gorden di tangkainya, Anda hanya perlu memasukkan tiang tersebut ke dalam gorden dan keluar dari kantong yang ada. Jenis gorden ini biasanya dikombinasikan dengan valance. Rod pocket dapat memberikan tampilan yang kasual untuk jendela di rumah Anda. Gorden jenis ini biasanya cocok menggunakan bahan linen atau katun. Selain itu, kantong gorden tersebut kadang juga dilengkapi dengan elemen dekoratif seperti renda.

Eyelet

Jenis gorden eyelet hadir dengan lubang – lubang yang besar di bagian atas kain. Lubang tersebut ditegaskan dengan eyelet atau ring dari bahan metal. Gorden eyelet menjadi pilihan yang populer untuk ruangan bergaya kontemporer atau modern. Selain itu, jenis gorden ini juga memungkinkan Anda untuk memberikan unsur dekorasi dengan menempatkan valance.

Tab Top

Pada model gorden tap top, lubang untuk memasukkan tiang gorden dijahit di bagian atas gorden. Jadi tiang gorden akan dimasukkan sepanjang lubang yang tersedia. Jenis tab top biasanya memiliki lubang yang cukup longgar untuk tiang. Jenis gorden ini kadang juga dilengkapi dengan aksesoris seperti kancing yang berukuran besar. Gorden tab top menjadi pilihan yang bagus untuk ruangan bergaya casual, kontemporer, atau gaya country.

baca juga  Jenis Bahan Gorden Yang Bagus dan Banyak Dipilih

Hidden Tab

Gorden dengan tab tersembunyi terlihat seperti perpaduan antara gorden tab dengan jenis rod pocket. Tab yang digunakan untuk menggantungkan gorden masih tetap dibiarkan terlihat di belakang kain tambahan yang bersifat dekoratif. Kain di bagian atas gorden kadang dibuat wiru atau lipatan untuk menambah estetika. Jenis gorden ini dapat dipadukan dengan valance atau digunakan secara terpisah. Jenis gorden ini sangat cocok untuk ruangan dengan gaya country, tradisional, atau kontemporer.

Itulah beberapa jenis model gorden yang ada di pasaran. Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis gorden lainnya yang dikelompokkan berdasarkan jenis bahan, style, pola, dan ukurannya. Apapun jenis gorden yang dipilih, pastikan untuk memprioritaskan kebutuhan ruangan dan ukuran jendela yang akan menggunakan gorden tersebut.

Setiap penjual gorden kadang juga memiliki penamaan masing-masing untuk jenis gorden yang dijual. Untuk itu, alangkah baiknya Anda meminta sampel atau katalog sebelum membeli gorden untuk mengetahui jenisjenis pilihan gorden yang tersedia. Selain itu, Anda juga dapat memesan gorden custom untuk membuat gorden yang lebih sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button