Jenis Kain Untuk Gorden

Jenis Kain Untuk Gorden – Memang sangat penting untuk diketahui karena meskipun sama – sama gorden, namun akan lebih baik jika penerapannya dibedakan.

Tips Memilih Gorden Yang Tepat

Memiliki sebuah hunian tentu harus mempertimbangkan banyak faktor. Hal ini cukup penting karena akan menunjang rasa nyaman bagi penghuninya. Sama halnya dengan  bangunan – bangun yang bersifat untuk publik, tentunya ada banyak hal juga yang harus dipikirkan dengan baik.

Jenis Kain Untuk Gorden

Tak melulu soal kenyamanan saja, bahkan untuk keperluan nilai estetika sendiri juga penting untuk dipikirkan. Suatu bangunan atau rumah yang didesain dengan sangat rapi akan menambah nilai estetika atau keindahannya. Dengan begitu, rasa nyaman untuk menempati rumah atau bangunan tersebut juga akan semakin besar.

Mungkin setiap orang memiliki pedoman atau patokan sendiri dalam mendesain rumah atau bangunannya. Masing – masing memiliki sudut pandang tersendiri untuk menentukan suatu rumah atau bangunan tersebut layak atau tidak disebut indah dan tempat yang nyaman. Namun hal yang paling mudah untuk diterapkan adalah dengan menambahkan pelengkap atau pemanis design interior, misalnya saja dengan menambahkan gorden.

Gorden memang pada dasarnya berfungsi sebagai tirai atau penutup jendela kaca. Fungsi utamanya adalah menyaring sinar matahari ataupun memblok sinar matahari agar tidak menembus ruangan. Bisa juga difungsikan sebagai penutup agar orang luar tidak dapat memilih apa yang ada di dalam ruangan tersebut.

Memilih gorden tidak boleh sembarangan karena meskipun sama – sama gorden, namun penerapan antara satu ruangan dengan ruangan lain haruslah dibedakan. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih jenis kain untuk gorden :

  • Pilih Warna yang Sesuai Konsep Ruangan

Hal mendasar dalam memilih jenis kain untuk gorden adalah dengan memilih warna yang tepat. Cara mengikuti patokan ini sangatlah mudah, anda tinggal melihat tema warna yang diterapkan dalam ruangan tersebut. Kemudian pilih warna gorden sesuai dengan tema warna dari ruangan yang akan dipasang gorden.

Dengan pemilihan warna yang tepat, maka antara tema ruangan dan warna gorden akan saling berkaitan. Sehingga akan menambah nilai estetika dari ruangan tersebut.

  • Sesuaikan Dengan Ruangan yang Akan di Pasang Gorden

Tips memilih jenis kain untuk gorden yang kedua yaitu dengan menyesuaikan pilihan gorden dengan ruangannya. Setiap ruangan, rumah atau bangunan tentu memiliki konsep apakah minimalis, klasik, modern, elegan atau yang lainnya. Hal inilah yang digunakan dalam memilih jenis kain untuk gorden seperti apakah yang paling tepat untuk digunakan.

  • Pilihlah Jenis Kain yang Tepat

baca juga  Jual Kain Gorden Online Berbagai Jenis

Selain kedua tips diatas, tips memilih gorden yang tepat adalah dengan cara menyesuaikan jenis kain atau bahannya. Setiap gorden dibuat dengan bahan dasar kain yang berbeda. Misalnya saja bahan sutra, satin, renda, blackout, chenille dan lain sebagainya. Dengan jenis kain untuk gorden yang beragam inilah yang harus diingat dan disesuaikan dengan ruangan serta temanya.

  • Sesuaikan Dengan Budget

Kembali lagi soal budget. Biaya memang terkadang menjadi kendala tersendiri. Misalnya saja tema ruangan anda adalah elegan. Sehingga jenis kain untuk gorden yang paling tepat adalah dengan menggunakan gorden berbahan sutra. Namun harga sutra tentu sangat mahal. Dan untuk menyiasati budget yang membengkak nantinya, anda bisa memilih bahan gorden berjenis semi sutra yang tentunya harganya lebih murah dibandingkan dengan sutra asli.

Dengan menerapkan beberapa tips diatas, maka akan membantu anda dalam menentukan jenis gorden seperti apakah yang paling tepat untuk diterapkan pada ruangan atau bangunan anda.

Jenis Kain Gorden Yang Perlu Diketahui

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa memilih gorden memang harus jeli. Karena kesalahan dalam memilih jenis gorden, terlebih salah dalam memilih jenis kain untuk gorden akan membuat tampilan design interior menjadi terlihat aneh. Misalnya saja konsep ruangan anda adalah elegan, namun anda justru memilih gorden yang berbahan biasa tentu akan membuat ruangan menjadi tidak seimbang.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa anda wajib mengetahui karakter dari setiap jenis kain untuk gorden yang ada. Sehingga nantinya anda tidak akan salah dalam memilih. Berikut ini adalah jenis – jenis kain untuk gorden beserta ciri atau karakter dan sifatnya.

Jenis Kain Gorden Blackout

Blackout

Jenis kain pertama yang biasanya digunakan untuk bahan pembuatan gorden adalah Blackout. Blackout ini memiliki karakter sebagai berikut :

  • Mampu memblok sinar matahari sehingga tidak akan tembus cahaya.

  • Memiliki tekstur yang halus dan lembut.

  • Sangat mudah untuk diterapkan.

  • Cocok diterapkan untuk kamar tidur, ruang tamu dan kamar untuk penginapan atau hotel.

  • Dapat dibentuk atau digunakan untuk berbagai macam pola gorden seperti model lipit dan lain sebagainya.

Kain Semi Blackout

Semi Blackout

Jenis kain gorden yang kedua yaitu Semi Blackout.  Jenis bahan yang satu ini karakter kainnya adalah :

  • Mampu menahan cahaya matahari sebanyak 80%.

  • Terdapat banyak pilihan motif.

  • Sebagian besar berupa polos.

  • Cocok diterapkan pada ruang baca, ruang kerja atau ruang keluarga.

baca juga  Jual Gorden Rumah Online Terbaru

Chenille

Chenille juga merupakan jenis bahan yang cukup sering digunakan. Kain jenis ini memiliki ciri khas sebagai berikut :

  • Tekstur kain rapat.

  • Kain terasa berat.

  • Tidak mudah sobek sehingga tergolong awet.

  • Sulit untuk dibersihkan.

  • Tekstur kain halus dan lembut.

  • Cocok diterapkan untuk ruangan dengan tema klasik.

Sutra

Siapa yang tak kenal dengan sutra. Jenis kain yang satu ini memang cocok diterapkan bagi ruangan yang bergaya mewah, megah dan elegan. Ciri khas lain dari sutra ini adalah teksturnya yang halus dan lembut.

Kain Dimout

Dimout

Dimout juga bisa dijadikan sebagai pilihan untuk gorden karena sifatnya yang mampu menghalau cahaya sebanyak 90%. Dengan begitu, ruangan yang diterapkan gorden dengan bahan kain ini akan terjaga dengan baik karena benda – benda yang berada didekat jendela hanya akan terlihat bayangannya saja. Kain jenis ini juga mampu memberikan kesan elegan.

Satin

Solusi lain untuk mendapatkan kesan elegan selain dengan bahan kain sutra adalah dengan menggunakan satin. Kain ini adalah kain untuk gorden yang memiliki tekstur halus, lembut, licin dan mengkilap. Sangat tepat bagi anda yang menginginkan kesan elegan namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Jenis Gorden Renda

Renda

Jenis kain untuk gorden yang terakhir adalah renda atau disebut juga dengan lace. Jenis gorden berbahan renda ini bisa diterapkan pada kamar atau ruangan yang ingin terlihat cantik namun masih membutuhkan cahaya alami untuk penerangan. Sehingga bisa disimpulkan gorden berbahan kain renda ini lebih ke pemanis design daripada untuk penutup ruangan.

Itulah tadi beberapa jenis kain yang biasa digunakan untuk bahan pembuatan gorden. Berdasarkan karakter atau sifat masing – masing kain, ternyata memang bisa disimpulkan bahwa setiap jenis gorden itu berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sehingga sangatlah tepat jika penting memilih jenis gorden sesuai dengan ruangannya. Selamat mencoba!

No Responses

Tinggalkan Komentar

Call Now Button
× WhatsApp