Jenis Penyangga Gorden

Jenis Penyangga Gorden – Yang pertama adalah besi. Penyangga besi merupakan salah satu jenis penyangga yang banyak digunakan dalam konsep gorden yang luas atau panjang. Penyangga gorden besi memiliki kualitas dan ketahanan yang sangat baik tahan karat dan tidak mudah rusak.

Jenis Penyangga Gorden

Penyangga Gorden Besi

Dibuat dari bahan dasar besi membuatnya memiliki daya tahan dan daya topang yang sangat kuat tak heran banyak sekali gorden dalam bangunan atau ruangan yang memang memasang gorden luas menggunakan jenis penyangga besi. Bisa dibilang soal daya tahan penyangga besi juaranya.

Bahan anti rusak dan berkualitas membuatnya sering dipilih jika memang mengincar ketahanan dan keawetan. Urusan pilihan terbaik banyak orang yang memilih penyangga besi tanpa membandingkan dengan jenis penyangga gorden yang lain. Apalagi jika memang ingin memasang gorden dengan konsep yang memanjang maka jenis inilah yang paling cocok. Selain sebagai komponen utama dalam pemasangan gorden untuk pergerakan buka tutup gorden, penyangga juga menahan berat dari gorden itu sendiri. Terbaik dalam urusan kualitas dan keawetan dalam sebuah penerapan dan pemasangan gorden.

Jenis Penyangga Gorden Alumunium

Penyangga gorden aluminium merupakan salah satu jenis penyangga yang juga populer dan bahkan menjadi yang paling banyak dan umum digunakan di Indonesia khususnya. Jenis penyangga gorden yang satu ini berbahan dasar alumunium yang artinya anti karat sama . Penyangga aluminium memiliki kualitas yang tak kalah dengan penyangga jenis besi yang dimana jenis yang satu ini juga terkenal awet dan tahan lama. Hampir banyak kemiripan antara penyangga aluminium dengan penyangga besi jika dilihat dari sisi kualitas, daya tahan dan keawetan nya untuk menyangga gorden.

Bahan aluminium yang anti karat menjadi salah satu faktor penyangga gorden aluminium banyak digunakan atau diterapkan dalam pemasangan dan penggunaan gorden. Seperti diketahui karat sendiri akan mempengaruhi ketahanan dari suatu benda jika karat terdapat pada suatu penyangga gorden maka ketahanan dari penyangga itu sendiri akan semakin berkurang setiap saat membuatnya tak mampu lagi menyangga gorden. Maka dari itu aluminium yang anti karat mempunyai ketahanan yang sangat baik dan merupakan alasan terbesar banyak orang lebih memilih menggunakan penyangga jenis alumunium.

baca juga  Cara Pasang Gorden Modern

Jenis Penyangga Kayu

Jenis penyangga selanjutnya adalah jenis penyangga gorden kayu. Penyangga ini berbahan dasar kayu yang dimana biasanya kayu yang digunakan bukan sembarang kayu artinya ada spesifikasi khusus. Penyangga gorden kayu juga banyak digunakan dan dijual di Indonesia artinya banyak orang yang menggunakan penyangga yang satu ini dengan salah satu faktor utamanya adalah unik. Memang penyangga kayu terlihat sangat unik dimana nantinya akan menambah keunikan dari gorden sendiri yang dimana fungsinya juga sebagai penghias buka sekedar penyangga gorden saja.

Penyangga kayu memang memiliki keunikan tersendiri namun dalam urusan ketahanan dan keawetan, penyangga gorden yang satu ini sangat rentan. Kualitas daya tahan dan keawetan penyangga gorden kayu kalah dengan jenis penyangga gorden lain seperti penyangga alumunium dan juga besi. Sifat ringan dari kayu sangat rentan untuk rusak atau terkikis yang nantinya akan membuatnya tak mampu lagi menyangga gorden. Tentu penyangga gorden kayu tidak cocok digunakan dalam penerapan gorden panjang dan lebih cocok digunakan untuk kebutuhan yang lebih sederhana.

Variasi Penyangga Gorden

Penyangga gorden tentunya bisa diberikan sedikit tambahan variasi dalam pembuatannya. Disini variasi dimaksudkan dalam bentuk beberapa tambahan ukiran atau corak dalam berbagai jenis penyangga gorden. Mulai dari penyangga berbahan dasar besi hingga kayu semuanya bisa divariasi dengan berbagai ukuran atau corak-corak yang nantinya akan lebih menarik. Untuk penyangga gorden berbahan besi biasanya akan ditambah sedikit corak serta dibuat mengkilap agar nantinya jika dipasang terlihat elegan dan mewah sehingga menunjukkan kualitas dan daya tahan dari penyangga besi itu sendiri.

Untuk variasi alumunium lebih beragam lagi dan banyak sekali variasi penyangga gorden aluminium yang benar-benar menarik contohnya dengan memberikan warna-warna yang mewah seperti emas atau perak kemudian dihias dengan beberapa corak kemudian ada beberapa bagian yang divariasi bentuknya agar terlihat berbeda dan menarik. Variasi penyangga kayu biasanya akan di ukir dengan corak-corak yang menarik dengan sedikit dipoles agar terlihat lebih mengkilap dan menarik. Tak jarang juga penyangga kayu yang diberi polesan warna-warna yang akan menambah kesan berbeda bukan hanya sekedar penyangga kayu.

baca juga  Cara Pasang Gorden Pintu dengan Hasil Memuaskan

Harga Penyangga Gorden

Untuk urusan harga setiap jenis penyangga gorden memiliki harga pasaran masing-masing. Dimulai dari jenis penyangga besi yang merupakan jenis penyangga dengan harga jual yang paling tinggi diantara jenis lainnya. Hal tersebut karena kualitas dan keawetan dari penyangga besi sendiri. Menurut kualitasnya harga penyangga besi masih berada paling atas namun bukan hanya soal kualitas dan ketahanan saja namun juga variasi dari penyangga gorden juga sangat berpengaruh pada harga dan untuk penyangga besi harganya makin tinggi lagi jika variasi di sebuah penyangga besi sangat unik.

Selanjutnya adalah harga dari penyangga gorden berbahan dasar alumunium. Bisa dibilang yang paling umum digunakan karena kualitasnya yang sudah terbukti awet dan tahan karat membuat harga untuk penyangga yang satu ini termasuk dalam kategori harga yang hampir sama dengan penyangga besi. Namun harga dari penyangga alumunium bisa lebih tinggi bahkan dari harga penyangga besi jika variasi dalam sebuah penyangga alumunium sangatlah menarik dan unik. Variasi yang mengundang daya tarik seseorang untuk membelinya menjadikan harga penyangga gorden aluminium tinggi.

Terakhir adalah harga untuk jenis penyangga yang berbahan dasar kayu. Soal harga bisa dibilang paling rendah jika dibandingkan dua jenis penyangga yang lain hal itu karena banyak faktor seperti keawetan yang kurang baik. Salah satu hal yang membuat harga penyangga gorden kayu lebih tinggi adalah keunikan serta variasinya. Penyangga kayu memang akan terlihat sangat unik jika diterapkan di dalam penggunaan gorden apalagi ditambah dengan variasi yang menarik pula seperti ukiran dan pemolesan agar kinclong. Harga yang terjangkau dan murah menjadikan salah satu faktor banyak yang memilih penyangga ini.

baca juga  Pasang Gorden di Bintaro

Kelebihan dan Kekurangan Jenis Penyangga

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa setiap jenis penyangga gorden memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Pertama adalah penyangga besi yang dimana kelebihan dari penyangga yang satu ini adalah daya tahan yang kuat awet dan berkualitas sedangkan untuk kekurangannya bisa dilihat dari harga yang tinggi dan juga penyangga ini tergolong berat. Kedua adalah penyangga gorden aluminium yang memiliki kelebihan yaitu tahan karat, awet, berkualitas, banyak variasi menarik namun tetap memiliki kekurangan yaitu harganya yang bisa tinggi melebihi penyangga besi.

Ketiga atau yang terakhir adalah penyangga kayu yang memiliki kelebihan soal keunikan yang akan menambah nilai keindahan pada sebuah gorden dan juga harganya yang paling murah dibandingkan dengan jenis penyangga lain yaitu penyangga gorden besi dan aluminium namun untuk kekurangan sudah jelas bahwa kualitas dan ketahanan dari jenis penyangga gorden yang satu ini tidak sebaik dua jenis penyangga lain. Namun penyangga kayu masih baik dan mumpuni untuk diterapkan atau dipakai jadi jangan beranggapan penyangga ini sangat tidak bagus atau tidak mumpuni.

Sending
User Rating 5 (2 votes)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button