Jenis Ring Gorden Yang Bisa Anda Gunakan Di Rumah

Jenis Ring Gorden – Gorden menggunakan jenis ring gorden yang berbeda sesuai dengan gaya yang ingin diciptakan pada penutup jendela tersebut. Contohnya ketika anda ingin membuat gaya gorden seperti drape, maka yang akan anda gunakan untuk menggantungkan gorden anda adalah ring yang memiliki bentuk seperti pin. Untuk anda yang ingin tahu jenis ring gorden apa saja yang bisa digunakan untuk gorden anda, berikut ini adalah ulasannya.

Ring Gorden Pin

Pin hook atau ring gorden dalam bentuk pin adalah salah satu ring gorden yang memiliki bentuk yang berlipat dan terbuat dari bahan kawat metal kadang bisa juga dibuat dari kombinasi kawat dengan plastik atau akrilik. Pin hook ini memiliki bentuk yang menyerupai tanda tanya dengan sisi bawah yang tajam. Pada sisi bawah yang tajam anda juga akan menemukan sebuah bulatan yang digunakan sebagai penahan. Bulatan penahan ini memiliki tujuannya adalah sebagai penahan ketika pin hook dimasukkan ke dalam cincin yang ada di batang gorden.

Bagian lain dari Pin hook yang melengkung mirip bagian atas dari tanda tanya gunanya adalah untuk dimasukkan ke dalam lubang kain gorden.

Jenis Ring Gorden Jahit

Ring Gorden Jahit

Satu lagi jenis ring gorden yang bisa anda gunakan untuk menggantungkan kain gorden anda adalah ring gorden jahit. Sesuai dengan namanya, ring gorden jahit adalah ring gorden yang ditempatkan ke kain dengan cara dijahit. Ring gorden ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan ring gorden pin dari segi penggunaannya. Ketika digunakan ring gorden pin membutuhkan lubang pada kain gorden yang akan digunakan sedangkan pada ring gorden jahit tidak, tentunya karena ring gorden digunakan dengan dijahit tidak di cantolkan.

Untuk bentuknya, ring gorden jahit memiliki bentuk melengkung dan memiliki salah satu sisi berbentuk bulat. Bagian bulat pada ring gorden jahit digunakan sebagai pusat jahitan. Kelebihan lain dari ring gorden jahit tidak hanya dari penggunaannya saja, selain dari penggunaan, penampilan yang dihasilkan dengan menggunakan ring gorden jahit ini juga membuat penutup jendela anda terlihat lebih indah.

baca juga  Gorden Rumah Minimalis Untuk Jendela Kecil

Dengan menggunakan jenis ring gorden ini anda bisa menutup bagian rod atau batang kait gorden dari pandangan anda. Anda hanya perlu memasang atau menjahit ring gorden jahit lebih ke bawah sehingga bagian atas dari gorden dapat menutup batang gorden. Jenis ring gorden jahit ini memang tidak banyak ditemukan di Indonesia karena kebanyakan orang lebih menyukai ring dalam bentuk S atau dalam bentuk lingkaran.

Jenis Ring Gorden S

Ring Gorden Bentuk S

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jenis ring gorden s adalah jenis ring yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Sesuai dengan namanya, jenis ring ini memiliki bentuk S. Bentuk S ini disesuaikan dengan fungsi dari ring yaitu untuk mengaitkan gorden ke pengait yang ada di batang gorden. Untuk penggunaannya ring bentuk s ini tidak digunakan dengan posisi menyamping seperti huruf s tapi memiliki posisi ke atas dan ke bawah.

Bagian lengkungan atas dari ring akan digunakan untuk mencantolkan ring ke pengait di batang sedangkan lengkungan bawah digunakan untuk mencantolkan ring ke kain. Jenis ring ini sangat populer dan digunakan pada gorden kuno. Ring gorden yang satu ini bisa ditemukan dalam banyak ukuran dan material pembuatnya, namun saat ini jenis ring gorden ini tidak banyak dipilih karena tampilannya yang kuno.

Jenis Ring Gorden Klip

Ring Bentuk Dengan Klip

Jenis lain dari ring gorden yang bisa ditemukan di pasaran adalah ring dalam bentuk klip. Ring gorden dalam bentuk klip ini merupakan salah satu jenis ring yang sangat modern. Hal ini bisa dilihat dari keberadaan pengungkit klip yang dimilikinya. Jenis ring ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk kelebihannya jenis ring untuk gorden ini memiliki kelebihan berupa kemudahan pemasangan dari ring. Hal ini disebabkan karena klip hanya perlu dibuka dan di kaitkan pada kain.

baca juga  Tips Memilih Gorden Rumah Minimalis Secara Selektif dan Tepat

Lalu apa kekurangan dari jenis ring untuk gorden ini? Untuk kekurangannya, jenis ring untuk gorden ini memiliki bagian-bagian yang cukup rumit seperti klip pada jemuran yang memiliki pegas. Jika pegas hilang atau rusak, maka jenis ring gorden ini tidak lagi bisa digunakan atau harus diganti. Artinya lebih boros bukan penggunaannya. Dari segi penampilan pun jenis ring untuk gorden ini juga tidak begitu menarik. Jika anda ingin memberikan penampilan yang vintage, maka jenis ring untuk gorden ini bisa dipilih.

Jenis Ring Gorden Lingkaran

Ring Bentuk Lingkaran

Jenis ring untuk gorden dalam bentuk lingkaran ini ada banyak sekali jenisnya. Jenis-jenis dari ring gorden lingkaran ini muncul dari teknologi dan juga tren interior yang ada di masyarakat. Apa saja jenis ring yang memiliki bentuk lingkaran ini? Berikut adalah penjelasannya.

  • Ring lingkaran dengan klip

Salah satu jenis ring gorden yang bisa digunakan adalah ring gorden yang memiliki bentuk lingkaran yang dilengkapi dengan klip. Ring ini adalah ring yang memiliki bentuk bulat dengan gantungan klip. Bentuk lingkaran pada ring ini digunakan untuk memasukan ring ke dalam batang gorden sedangkan bagian klipnya digunakan untuk menggantungkan gorden. Jenis ring untuk gorden yang satu ini adalah salah satu variasi ring yang paling banyak ditemukan.

  • Ring lingkaran dengan bentuk borgol

Anda pasti sudah pernah melihat borgol bukan? Ya alat yang digunakan untuk menangkap penjahat tersebut memiliki bentuk lingkar yang ketika dibuka akan memiliki bentuk serupa capit ketika dibuka bukan? Ternyata teknologi ini juga diterapkan pada ring untuk gorden. Dalam menjalankan fungsinya, ring gorden memiliki tugas untuk menghubungkan batang gorden dengan kain gorden. Dengan menggunakan ring ini pekerjaan anda akan lebih mudah. Anda bisa mengaitkan gorden anda kemudian memasukan ring ke dalam batang sehingga lebih efektif untuk dilakukan.

  • Ring lingkaran langsung

baca juga  Tips Mencuci Gorden Tanpa Perlu ke Binatu

Selain jenis ring yang digunakan sebagai aksesori, ada juga jenis ring untuk gorden yang dipasangkan langsung pada kain gordennya. Jenis ring gorden ini berperilaku seperti lubang kancing dan ring digunakan untuk menjaga lubang tetap terjaga. Cara penggunaannya adalah dengan cara melubangi kain terlebih dahulu dengan menggunakan ukuran ring yang sudah disiapkan. Pelubangan sesungguhnya dilakukan bersamaan dengan pemasangan dari ring sehingga ukuran lubang benar-benar pas serta memiliki penampilan yang rapi.

Jenis dari ring ini juga memberikan kesan yang lebih simpel karena dengan lubang ini anda bisa langsung memasukkan gorden anda ke dalam batang gorden. Dengan menggunakan ring ini, maka batang gorden anda juga tidak membutuhkan jalur kait seperti pada gorden kebanyakan. Sayangnya, jika anda ingin mengganti penampilan ruangan anda, jenis ring gorden harus diganti secara keseluruhan, artinya ada harus membeli perangkat gorden baru beserta ringnya yang pastinya memiliki harga yang lebih mahal.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button