Rel Gorden Gantung

Rel Gorden Gantung – Gorden sudah pasti digunakan oleh semua orang di setiap rumahnya. Tujuan dari penggunaan gorden adalah untuk menghalangi agar sinar matahari tidak masuk dalam jumlah yang banyak. Jadi Anda bisa menentukan apakah sinar matahari yang masuk ke dalam rumah terang atau redup.

Rel Gorden Gantung

 

Selain itu kegunaan gorden juga membantu untuk privasi dimana pandangan orang lain dari luar tidak bisa melihat keadaan di dalam rumah secara langsung. Jadi Anda juga tidak perlu khawatir.

Penggunaan gorden saat ini juga tidak hanya untuk kedua hal tersebut. Sekarang banyak yang menggunakan gorden untuk memperindah tampilan rumah atau ruangan. Dalam kata lain sekarang ini gorden menjadi salah satu bagian dari desain interior. Bahkan ada juga beberapa tema atau konsep dari ruangan yang juga dipengaruhi oleh pemilihan gorden yang tepat.

Memasang gorden terkadang juga cukup sulit. Hal ini karena adanya beberapa komponen penunjang yang harus digunakan ketika pemasangan. Bahkan ada juga beberapa jenis gorden yang dalam pemasangannya harus dilakukan sesuai dengan bentuk atau model gorden yang dipilih. Berikut adalah beberapa cara untuk memasang gorden sesuai dengan bentuk atau jenis gordennya.

Cara Memasang Rel Gorden Gantung dan Jenis yang Lain

  1. Cara memasang gorden berponi

Sesuai dengan namanya, jenis gorden ini memiliki tambahan kain yang menyerupai poni di bagian atasnya. Bagian ini berukuran kecil sehingga hampir seperti poni yang menutupi bagian atas gorden. Jenis gorden ini juga sangat sering digunakan untuk menghias tampilan ruangan dan memberikan kesan yang lebih mewah. Untuk cara pemasangannya sendiri dilakukan dalam dua tahap yaitu memasang gordennya terlebih dahulu kemudian memasang bagian poninya.

  • Pertama adalah dengan memasang penyangga untuk relnya yang khusus bisa menampung dua rel atau lebih.
  • Kemudian pasanglah gorden pada bagian pertama rel. Pada bagian ini Anda bisa menggunakan satu bagian gorden yang utuh atau menggunakan dua gorden dengan ukuran setengah dari panjang gorden utuh. Untuk gorden yang utuh hanya bisa Anda operasikan atau geser pada salah satu sisinya saja. Sedangkan dua gorden bisa Anda buka pada bagian tengahnya.
  • Gantung rel yang pertama pada penyangga rel yang bersinggungan dengan jendela.
  • selanjutnya siapkan rel yang kedua untuk poni gorden. Telusurkan rel tersebut pada lubang yang ada. Kemudian gorden poni sudah bisa Anda gantung.
  • Jangan lupa untuk merapikan lipatan yang ada pada gorden atau gorden poni agar terlihat rapi.
  • Jika Anda menggunakan gorden dengan dua bagian, maka buka dari bagian tengah ke samping kanan maupun kiri jendela. Anda bisa mengikatnya dengan tali yang juga sesuai dengan gorden yang Anda gunakan tersebut.

Gorden poni bisa Anda dapatkan di rel gorden gantung terbaik agar Anda mendapatkan gorden dengan kualitas yang bagus juga.

  1. Cara memasang gorden kupu-kupu

Untuk Anda yang memiliki bentuk jendela yang sempit namun tinggi, maka jenis gorden kupu-kupu ini cocok untuk digunakan. Jika Anda hendak memasang gorden jenis ini maka dibutuhkan dua rel dan juga dua penyangga rel. Kedua penyangga dan juga rel tersebut digunakan untuk bagian bawah dan atas gorden.

Namun sebelum itu, akan lebih baik jika Anda sudah mengukur berapa tinggi dan lebar dari jendela tersebut. Hal ini bertujuan agar kain gorden yang sudah Anda pasang tidak kendur. Saat ini banyak sekali toko yang jual rel gorden gantung yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

  • Pertama yang perlu Anda lakukan adalah memasang bagian penyangga rel pada sisi bawah dan juga atas jendela. Pastikan juga untuk memasangnya secara sejajar.
  • Selanjutnya telusurkan satu rel pada bagian tepi atas gorden dan pasang pada bagian penyangganya di bagian atas jendela.
  • Hal ini juga Anda lakukan untuk sisi bagan bawah dengan cara yang sama.
  • Untuk mencegahnya agar tidak bergeser, Anda bisa mengaitkan bagian ujung gorden pada ujung rel.
  • Untuk membuatnya lebih bagus dan rapi atur agar lipatan pada gorden bisa tersebar dengan merata.
  • Anda juga bisa menambahkan pita atau sabuk pada bagian tengah ketika mengikat gorden menjadi vertikal.

  1. Cara memasang gorden biasa

Cara untuk memasang gorden biasa ini cukup sederhana. Gorden biasa biasanya terbuat dari kain yang dijahit pada bagian tepinya. Atau Anda juga bisa menggunakan kain dengan beberapa lapis yang disatukan.

Pada salah satu bagian tepi gorden akan dijahit dengan lebih tebal yang berguna untuk menggantungkannya pada rel. Rel gorden gantung murah biasanya juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan bisa Anda temukan hampir di semua toko gorden:

  • Pertama adalah dengan mengukur bagian atas dinding atau jendela yang berbatasan. Kemudian beri tanda pada kedua ujung jendela. Jika diperlukan Anda juga bisa menandai bagian tengahnya. Hal ini bertujuan untuk memasang rel dengan pas.
  • Pasang bagian penyangganya pada bagian yang tadi sudah Anda tandai.
  • Kemudian pasang rel sesuai dengan ukuran panjang jendela. Biasanya panjang rel akan sedikit lebih panjang yang berguna agar gorden bisa menutupi seluruh bagian jendela.
  • Selanjutnya pasang gorden tersebut pada rel. Perhatikan apakah jenis gorden Anda adalah yang memiliki lubang untuk masuknya rel atau harus digantung pada rel. Biasanya jika digantung maka dibutuhkan kait atau cincin untuk menggantungnya.
  • Jika memang tersedia, telusurkan rel pada lubang gorden dengan baik.
  • Namun jika Anda menggunakan jenis gantung, maka masukkan pengait yang sudah terpasang pada gorden ke bagian rel. Gantung gorden tersebut dengan cara mengaitkannya pada bagian cincin pada rel.
  • Terakhir Anda bisa membiarkan gorden tersebut menjuntai tanpa ikatan atau mengikatnya. Hanya saja kebanyakan gorden biasa hanya dibiarkan menggantung begitu saja dan dibuka pada salah satu bagian sisinya.

Demikian adalah artikel mengenai cara untuk memasang gorden sesuai dengan jenis gorden yang Anda gunakan. Harga rel gorden gantung biasanya juga akan berbeda-beda sesuai dengan kualitas yang Anda pilih.

Memasang gorden dengan mengikuti setiap jenis gordennya akan lebih memudahkan Anda untuk melakukannya. Selain itu gorden juga akan terpasang dengan baik dan lebih rapi.

Jasa Pasang Rel Gorden Berkualitas dan Terpercaya

Namun kalau Anda masih ragu untuk memasang sendiri maka bisa coba minta pada bantuan profesional. Contohnya seperti Raja Gorden, kami adalah perusahaan gorden online yang menyediakan:

  • Layanan jahit gorden custom
  • Layanan pasang gorden gantung dan jenis lainnya
  • Layanan pasang wallpaper
  • Layanan pasang aksesoris gorden

Kalau Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka lebih baik sewa jasa profesional seperti Raja Gorden yang sudah berpengalaman. Jika Anda tertarik maka bisa langsung hubungi kami terutama yang berdomisili di Jadetabek.

Apalagi kami menawarkan harga pasang rel gorden gantung yang terjangkau dengan banyak model, ukuran dan bahan. Bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Tinggalkan Komentar