Tips Memilih Gorden Untuk Jendela Kecil Minimalis

Tips Memilih Gorden Untuk Jendela Kecil – Konsep rumah minimalis sekarang ini sedang menjadi tren di tengah masyarakat. Desain rumah minimalis memiliki kesan yang sederhana, gampang ditata, dan tetap elegan. Meskipun desain minimalis, rumah yang mengusung gaya ini tentunya tidak kehilangan fungsi sebagai tempat tinggal nyaman bagi para penghuninya.

Tips Memilih Gorden Untuk Jendela Kecil

Untuk menonjolkan kesan minimalis, pemilihan  benda-benda interior dan furniturnya juga perlu diperhatikan. Desain minimalis tentu saja memiliki tujuan untuk menghindarkan kesan penuh di dalam rumah. Furniture yang dipilih biasanya menghindari bahan-bahan dari kayu solid yang mempunyai kesan berat dan penuh. Sementara pemilihan pemilihan pernak-pernik di dalam rumah juga diperhatikan, termasuk pemilihan gorden.

Biasanya rumah-rumah dengan desain minimalis mempunyai bentuk jendela yang kecil, ramping , memanjang. Tentu saja pemilihan gorden harus sesuai dengan desain jendela rumah minimalis ini agar lebih selaras. Berikut ada beberapa tips memilih gorden untuk jendela kecil minimalis.

  1. Model Gorden

Tips pertama adalah memilih model gorden yang sesuai dengan tema minimalis rumah anda. Ada banyak model gorden di pasaran yang tentu saja untuk mengakomodasi berbagai keinginan masyarakat juga. Untuk desain jendela kecil, alangkah baiknya memilih model yang sederhana dan diseragamkan dengan warna cat dinding ruangan tersebut. Hindari pemilihan model gorden yang memiliki banyak aksen seperti model spanyol. Bila menginginkan rumah minimalis tapi dengan tetap mempertahankan kesan mewah, model gorden semi spanyol bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda.

  1. Warna

Tips memilih gorden untuk jendela kecil di rumah minimalis selanjutnya adalah memilih warna. Pemilihan warna emas atau coklat bisa menjadi pilihan yang cocok untuk rumah minimalis. Warna-warna klasik tersebut bisa menonjolkan kesan mewah dan memberikan efek luas di ruangan. Selain itu, menyesuaikan pemilihan warna gorden dengan warna furniture di ruangan tersebut juga bisa diterapkan di rumah minimalis.

baca juga  Gorden Minimalis Untuk Ruang Tamu

Gorden Minimalis Mewah

Warna-warna gorden juga membuat kesan tersendiri di ruangan rumah. Pemilihan warna-warna cerah akan memberikan nuansa yang ceria dan dapat meningkatkan mood orang yang berada di ruangan tersebut. Jika ingin menerapkan warna-warna cerah, lebih baik dinding ruangan bisa dicat dengan warna dasar yang netral seperti putih. Dan untuk gorden dengan warna gelap dan netral, bisa digunakan untuk memberikan kesan yang teduh dan sejuk. Warna-warna gelap akan cocok jikalau ruangan dirasa terlalu silau atau terang. Selanjutnya warna-warna dasar seperti hitam dan putih bisa digunakan ketika ingin mempertahankan kesan simple dan minimalis di ruangan tersebut.

  1. Corak

Corak atau motif bisa juga dipertimbangkan ketika ingin memilih gorden untuk rumah berdesain minimalis. Ada berbagai macam motif yang di jual di pasaran. Setiap motif bisa memberi kesan dan arti yang berbeda-beda pada suatu ruangan.

Memilih motif untuk ruangan dengan kesan minimalis tidaklah sulit. Apabila dinding ruangan yang akan diberi gorden sudah memiliki motif atau corak, maka sebaiknya pilihlah gorden dengan tanpa motif atau polos. Gorden dengan tanpa motif atau polos cocok untuk dinding rumah yang dilapisi dengan wall sticker atau wallpaper. Dan apabila dinding ruangan yang akan dipasangi gorden memiliki warna yang netral, memilih gorden bermotif atau bercorak akan lebih sesuai. Satu lagi, jika di ruangan tersebut banyak perabot atau furniture yang memiliki corak atau berpola, memilih gorden dengan warna yang solid sesuai warna furniture dan  tanpa memiliki corak akan membuat ruangan terkesan lebih chic dan tidak terlalu ramai. Ini adalah salah satu tips memilih gorden untuk jendela kecil minimalis yang mudah untuk diterapkan.

  1. Bahan

Memilih bahan tentulah menjadi hal yang sedikit menjadi pertimbangan di rumah yang berdesain minimalis. Mengetahui secara betul jenis kain yang akan digunakan di gorden akan sangat membantu untuk penyesuaian. Ada beberapa pertimbangan yang bisa diterapkan ketika akan memilih jenis bahan gorden.

baca juga  Gunakan Gorden Rumah Minimalis 2 Lantai untuk Memperindah Ruangan Anda

Jika ruangan terasa terlalu terang, pilihlah gorden yang terbuat dari bahan yang tebal. Selain warna gelap juga bisa membantu mengurangi intensitas cahaya yang masuk. Dengan pemilihan bahan gorden yang gelap seperti ini, cahaya yang terlalu terang bisa diminimalisir. Bahan-bahan ini cocok untuk kamar tidur, khususnya jika penghuni mengalami gangguan tidur.

Gorden Minimalis Untuk Ruang Tamu

Untuk menampilkan ruangan yang memiliki kesan kasual, memilih bahan gorden yang menggunakan kain ringan seperti linen sangat cocok. Gorden berbahan kain linen mempunyai tekstur yang dapat membantu menyebarkan cahaya yang membuat ruangan akan terkesan lebih indah dan terang. Bahan linen ini cocok untuk dipasang di ruang keluarga ataupun ruang makan, yang akan membuat kesan ruangan terang dan hangat.

Untuk yang tidak ingin repot dalam hal membersihkan gorden, kain katun akan sangat pas. Kelebihan bahan gorden dengan menggunakan kain katun adalah, meskipun kesan yang ditampilkan kasual namun kain katun dapat membantu menyerap cahaya yang masuk. Bahan ini akan cocok untuk mambatu sebuah ruangan terlihat tetap elegan dan ceria.

Nah itulah beberapa tips memilih gorden untuk jendela kecil di rumah minimalis yang bisa diterapkan.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button