Desain Jendela Motif

Desain Jendela Motif – Sebelum menentukan jenis jendela motif yang cocok sebagai bagian dari dekorasi ruangan, tentu ada aspek-aspek lain yang harus diperhatikan. Ada beragam bentuk desain, warna, dan tingkat keburaman yang bisa dipilih dengan hasil yang sangat estetik. Simak penjelasannya berikut.

Ragam Model Desain Jendela Motif

Desain Jendela Motif

  • Jendela motif Moroccan

Motif Moroccan yang diaplikasikan pada kaca jendela mampu menghalau sebagian sinar matahari yang masuk. Kelebihannya ruang akan tetap terang namun tidak terlalu panas dan menyilaukan. Biaya pembuatannya pun tidaklah rumit.

Cukup hanya memasang stiker khusus jendela yang bisa dibeli di toko-toko terdekat atau e-commerce, maka gaya Moroccan ini bisa didapat. Meski mudah dan murah namun hasilnya tentu tidak kalah dengan desain mahal lain.

  • Jendela motif flora

Sama seperti tipe morrocan, motif flora juga dibuat dengan menempelkan stiker film pada permukaan kaca. Tidak hanya menyajikan motif yang sangat unik, jendela ini pun bisa menjaga privasi dengan sangat baik. Maka dari itu biasanya kerap ditemui di pasang untuk kamar mandi.

  • Jendela motif sederhana

Didesain dengan motif sederhana membuat jendela tipe ini sangat mudah masuk ke semua tipe desain dengan berbagai ornamen lainnya. Karena kefleksibelannya, maka pemilik bisa memasang di hampir semua tempat. Bisa di ruang makan, area kerja, dapur, hingga kamar mandi.

 

  • Jendela motif klasik minimalis

Jenis ini menampilkan dua kesan sekaligus yakni kuno namun tetap mewah dan elegan. Tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri karena kombinasi yang sangat bertabrakan dari desain jendela motif unik.

Pada umumnya desain klasik akan terkesan berat dan gelap. Maka dari itu pemilik dapat sedikit mengakalinya. Posisikan jendela di tempat arah cahaya matahari. Dengan penyinaran alami tersebut otomatis mampu membuat ruangan jadi lebih terang, ringan, dan modern.

  • Jendela motif kaca aneka warna

Jendela ini dibuat dengan menggunakan kaca patri yang diberi pewarnaan dengan pilihan beragam. Pemilik dapat leluasa memilih sendiri warna, motif, atau pun ukurannya.

Warna-warni yang dimiliki membuat kaca ini sangat pas berpadu dengan tembok berwarna netral seperti putih dan cream. Serta dapat menjadi focus point pada rumah dengan gaya minimalis. Kelebihan lain, model ini mudah diaplikasikan sehingga dapat dipasang secara mandiri.

Tips Memilih Ragam Desain Jendela Bermotif

  • Memilih jendela tembus atau tidak tembus

Kaca jendela motif memang memiliki ragam desain yang bisa dipilih sesuai selera. Namun hindari memilih jendela motif yang benar-benar transparan karena akan terlihat cepat kusam. Apalagi jika nantinya akan diletakan bersinggungan langsung dengan sisi luar rumah.

Selain akan terlihat cepat kotor, hal ini tentunya sangat mengganggu privasi pemilik rumah. Terlebih jika halaman rumah tidak memiliki pagar atau gerbang. Untuk itu sebagai alternatif, pilihlah kaca dengan motif buram atau memiliki bagian gelap. Dengan begitu kaca hanya dapat dilihat melalui satu arah saja atau untuk melihatnya seseorang harus mendekat.

Opsi lain pemilik bisa memilih kaca cermin untuk dipasang pada desain jendela motif rumah. Jenis ini bisa terbilang lumayan fungsional karena selain sebagai pembatas, juga bisa untuk bercermin jika dilihat dari depan. Namun dibaliknya, pemandangan tetap mampu tertembus cahaya.

  • Ukuran jendela sesuai lokasi

Selanjutnya adalah menentukan ukuran jendela yang pas sesuai lokasi penempatannya. Pikirkan mana jendela yang benar-benar dipakai untuk sirkulasi udara dan area penempatan mana yang akan menambah nilai estetikanya.

Misalnya untuk area dapur, fungsi jendela lebih ke arah sirkulasi udara pada saat memasak. Maka letakkan jendela kaca berukuran sedang yang dekat dengan kompor. Dengan begitu aroma masakan tidak memenuhi seluruh ruangan.

Begitu juga di kamar mandi, letakan jendela kecil bersisian dengan toilet. Sehingga apabila membutuhkan udara segar, jendela bisa dibuka tutup dengan mudah. Selain itu penambahan jendela kecil ini dapat menjadi sumber penerangan alami di dalam kamar mandi.

Lain lagi di bagian tengah seperti ruang keluarga atau kamar tidur utama. Sebaiknya gunakan jendela berukuran besar yang bisa menjadi centre point agar ruangan terasa lebih lega dan nyaman.

Jenis-jenis Kaca Jendela Motif

  • Kaca cermin

Kaca ini dibuat dengan memanfaatkan oksida logam melalui proses pyrolysis, sehingga bisa menampilkan dua sisi yang berbeda. Di bagian depan seperti cermin pada umumnya yang bisa memantulkan bayangan benda, sedangkan di bagian belakang seperti kaca yang transparan.

  • Kaca Es

Sekilas bentuk desain jendela motif modern ini tampak seperti es batu yang berembun. Permukaan kaca es sangat unik yakni bergelombang dan tidak rata. Bentuknya yang lebih estetik sehingga sering dipakai sebagai pelengkap dekorasi.

Karena tampilannya buram, kaca es dapat menjaga privasi dengan baik. Orang dari luar tidak akan dapat melihat jelas apa yang ada di baliknya. Selain itu kaca es juga mampu menghalau masuknya sinar matahari langsung sehingga membuat ruangan tidak begitu panas terik. Kamar terasa lebih sejuk dan adem.

  • Kaca Tempered

Keunggulan utama kaca ini adalah memiliki daya tahan yang lebih kuat dibanding kaca biasa. Bahkan karena kekuatannya ini tidak banyak yang tahu bahwa kaca tempered ternyata kerap dijadikan lapisan pelindung layar smartphone.

Kekuatannya bahkan mampu memikul beban berat dengan tekanan tinggi sehingga sangat tahan lama dan tahan menghadapi berbagai cuaca. Hal uniknya, ketika kaca tempered pecah, kepingannya tidak akan melukai tangan, karena secara otomatis retakan yang ditimbulkan membentuk sudut-sudut membulat.

  • Kaca Berwarna

Kehebatan kaca berwarna di samping ragam warnanya yang menarik juga memiliki kemampuan dapat menghalau 55persen panas matahari. Kemampuannya menyerap panas ini jugalah yang menyebabkan ruangan di baliknya tetap sejuk meski pada siang hari sekalipun.

Maka dari itu jenis ini kerap ditemukan pada bagian ruangan yang menghadap langsung ke luar rumah. Misalnya pada teras rumah, tempat penjemuran baju, atau area lainnya. Untuk pilihan warna-warnanya pun sangat beragam, ada merah, hijau, biru, kuning, dan lain sebagainya.

  • Kaca Bening

Jenis kaca ini berbentuk polos, halus merata, tanpa distorsi, dan bening. Karenanya biasanya kaca bening hanya ditemukan menghiasi dalam ruangan saja. Misalnya untuk sekat di kamar mandi, pembatas dapur dengan ruang makan, atau area kerja dengan ruang keluarga.

Jika ingin menjadikan kaca bening ini lebih beraksen dan tidak membosankan, maka bisa ditempel dengan beragam stiker unik. Mulai dari stiker morrocan, stiker warna atau pun stiker film. Kedua jenis tersebut bisa dibeli di toko bahan bangunan terdekat untuk dipasang secara mandiri.

Berbagai desain jendela motif sangat cocok dipadu padan dengan berbagai interior rumah. Kelegaan yang ditimbulkannya mampu membuat ruangan lebih luas dibanding tembok biasa. Pilihan warna dan corak yang beraneka ragam juga bermanfaat membuat hunian terasa lebih segar dan hidup. Jadi tentukan pilihannya sekarang!

5/5 - (7 votes)

Leave a Reply