Bagaimana Cara Membuat Tali Gorden?

Bagaimana Cara Membuat Tali Gorden – Tali gorden adalah salah satu aksesoris yang membuat gorden menjadi lebih menarik. Yang perlu dipahami adalah, memasang gorden bukanlah hanya proses pemasangan saja, namun aksesorinya juga harus diperhatikan. Gorden memiliki aksesoris yang tetap membuat gorden terlihat lebih menarik dan rapi.

Bagaimana Cara Membuat Tali Gorden? Berikut Fungsi Tassel Gorden

Tali gorden bagian rumbai juga bisa disebut dengan tassel. Tassel adalah sebuah aksesoris dengan ukuran kecil yang dalam Bahasa Indonesia lebih dikenal dengan sebutan rumbai. Sebelum berfungsi sebagai hiasan, asal mula tassel difungsikan menjadi hiasan toga atau pengikat gorden.

Bagaimana Cara Membuat Tali Gorden

Tipe tassel yang sering difungsikan menjadi pengikat gorden tersebut biasanya dibuat dengan ukuran yang besar dengan menggunakan tali atau benang berukuran diameter 8 mm. Desain kepala tassel tersebut berbentuk bulat seperti botol namun lebih terlihat seperti sebuah lonceng.

Tassel lalu mulai diciptakan dengan ukuran yang lebih kecil seiring dengan berkembangnya dunia fashion. Fungsinya pun sebagai ornamen yang digunakan untuk menghias beragam jenis aksesoris. Mengingat fungsinya bisa diterapkan untuk membuat beberapa aksesoris terlihat lebih cantik, oleh karena itu dibuatlah beragam tassel.

Berdasarkan bahan untuk membuatnya, tassel dibedakan menjadi beberapa kategori yaitu tassel rantai, tassel kulit dan tassel tali atau benang.

  • Tassel Rantai

Tassel rantai adalah tipe rumbai yang jarang ditemukan dan paling unik. Rumbai ini tercipta dari sejumlah rantai-rantai bertekstur halus. Rantai-rantai tersebut kemudian diikat jadi satu lalu diterapkan sebagai sebuah ornament yang berfungsi untuk menghias aksesoris.

  • Tassel Kulit

Tassel kulit adalah salah satu aksesoris rumbai yang terbuat dari selembar kulit. Cara membuatnya adalah dengan cara digunting secara tipis di salah satu sisi. Lalu gulung dan gunakan topi atau penutup pada bagian atas yang tak terpotong. Tassel kulit ini biasanya digunakan pada hiasan sepatu, ikat pinggang atau tas.

Akhir-akhir ini juga sering menemukan tassel kulit yang acap kali difungsikan sebagai aksesoris untuk pembatas buku, penghias ujung kerudung hingga penghias ujung tasbih.

  • Tassel Tali atau Benang

Tassel yang terbuat dari bahan tali atau benang ini adalah tipe tassel yang sering digunakan banyak orang sebagai penghias sejumlah produk untuk melengkapi fashion. Di antaranya adalah akses pada tas dan sepatu, gelang, kalung, anting, dan ikat pinggang.

Jenis Tali Gorden

Aksesoris dan Model Tassel Gorden

  • Aksesoris Tipe Tassel

Jenis aksesoris yang harus dimiliki adalah akesoris tipe tassel. Pada umumnya aksesoris tassel terdiri dari beberapa bentuk dan bahan. Pada umumnya aksesoris tassel ini juga terdiri dari beragam warna yang cukup cerah.

Biasanya orang tertarik untuk mempelajari bagaimana cara membuat tali gorden ini karena membuat gorden terlihat lebih elegan, indah dan cantik. Aksesoris tassel ini menghadirkan kesan mahal jika dipadukan dengan dekorasi rumah dengan konsep Victoria.

  • Batang Gorden

Tipe batang gorden semakin banyak muncul mengingat perkembangan dunia gorden yang semakin meningkat. Pada umumnya batang gorden ini memiliki fungsi yang sangat penting. Batang gorden ini tidak hanya berfungsi sebagai aksesoris tetapi juga telah menjadi barang wajib.

Namun, beragam batang gorden dengan gaya modern bisa dipilih dengan mudah. Anda bisa langsung memasang seluruh lingkar gorden pada pipa. Hasil akhir sebuah gorden dipengaruhi oleh proses memilih tipe batang gorden. Sebab batang gorden tersebut posisi ada di atas.

  • Aksesoris Pengait Hook

Tipe aksesoris hook ini pada dasarnya adalah bagian yang krusial juga dan sangat diperlukan kala mengaplikasikan aksesoris dengan model tassel ini. Berbentuk batang, hook ini difungsikan sebagai pengait aksesoris tassel. Gorden pun bisa ditopang setelah mengaitkan tassel.

Aksesoris ini juga terdiri dari beragam bentuk. Aksesoris hook juga memiliki berbagai macam bahan yang bisa digunakan. Varian warnanya juga membuat Anda bisa bebas memilih sesuai dengan keinginan.

Salah satu hal yang cukup krusial ketika memilih warna atau model hook yaitu menyesuaikannya dengan jenis ruangan dan juga jenis gorden. Fungsi hook ini adalah untuk mengaitkan tassel supaya tassel ini tidak bergeser dan tidak terlepas dengan mudah. Setelah mengaitkan ujung tassel pada hook, hasilnya akan terkesan lebih cantik dan lebih rapi.

Aksesoris yang acap kali diaplikasikan salah satunya adalah Cangkolan Gorden. Aksesoris yang memiliki beragam model dan jenis unik ini menjadikannya pilihan yang tepat untuk menghadirkan kesan unik dan indah dari interior ruangan.

Jenis Tali Gorden Berdasarkan Tema Ruangan

  • Tema Unik

Bagi Anda yeng memiliki sebuah ruangan atau rumah dengan tema yang unik layaknya sebuah hunian dengan konsep modern industrial, Anda bisa menambah konsep ruangan atau rumah tersebut semakin kuat dengan membuat tali pengikat gorden. Contohnya dengan mengaplikasikan tali tambang.

Untuk kamar anak Anda bisa menerapkan tali gorden yang dilengkapi dengan hiasan tokoh-tokoh kartun. Contohnya, menghias tali gorden dengan gambar atau boneka karakter kartun yang disukai anak-anak. Atau juga bisa mengaplikasikan warna cerah untuk tali gordennya sehingga tidak harus senada dengan warna kainnya. Untuk ruangan bertema chic, Anda bisa menggunakan hiasan bros bentuk bunga untuk tali gordennya.

  • Tema Minimalis

Untuk ruangan yang bertema minimalis, tali gorden yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan bahan kain yang lebih sederhana dan simpel. Namun yang harus diperhatikan adalah, gunakan bahan kain untuk tali yang jenisnya sama dengan bahan gorden. Atau Anda juga bisa mengaplikasikan model pita.

Konsep hunian yang minimalis juga bisa diberikan sentuhan aksesoris seperti kalung mutiara berwarna putih. Atau Anda juga bisa menggunakan warna lainnya dengan mengusung gaya elegan tetapi tetap terliat netral dan sederhana.

  • Tema Klasik Mewah

Pada ruangan yang memiliki konsep klasik dan mewah, tali gorden yang sangat pas untuk digunakan yaitu tali gorden yang juga memiliki konsep klasik dan mewah. Contohnya adalah tali gorden yang memiliki ujung dengan rumbai warna perak atau warna emas. Atau Anda juga bisa menggunakan tali gorden berbentuk rantai dengan warna silver atau emas. Sangat penting juga untuk menyamakan warna hook dengan tipe desainnya.

Membuat Tali Gorden dari CD Bekas

Bagaimana cara membuat tali gorden ruangan dari CD bekas ternyata juga bisa dikreasikan menjadi tali gorden yang keren dan menarik. Bahan-bahan yang perlu disiapkan sangat mudah untuk dicari.

Langkah pertama adalah memotong CD bekas pada bagian tengahnya sehingga berbentuk bulatan. Kemudian CD bekas tersebut dibungkus menggunakan tali kado. Gunakan lem untuk merekatkan CD dan tali kado. Seluruh bagian CD harus ditutup. Tambahkan aksesoris seperti boneka kecil atau bunga yang berbahan flannel agar terlihat manis.

Kemudian untuk sumpit pengaitnya, Anda harus membungkusnya juga menggunakan tali kado. Cari tali kado dengan warna yang senada agar CD dan tali gorden terlihat semakin cantik dan serasi. Kemudian, pasangkan sumpit tersebut dengan CD bekas yang sudah jadi. Tali gorden yang unik dan keren pun siap untuk digunakan.

Itulah bagaimana cara membuat tali gorden agar membuat sebuah ruangan semakin indah dan menarik. Bagi yang memerlukan tali gorden Raja Gorden juga menyediakan tali serta gorden terbaik untuk kebutuhan. Segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

5/5 - (11 votes)

Leave a Reply