Jenis Tali Gorden

Jenis Tali Gorden – Tali gorden adalah salah satu bagian dari aksesoris gorden. Selain tali gorden maka terdapat banyak jenis aksesoris suatu gorden yang selain fungsi utamanya juga memiliki fungsi sebagai penghias dan penambah cantik desain suatu gorden. Berikut ini adalah beberapa aksesoris gorden.

Jenis Tali Gorden

Batang Gorden atau Rel Gorden

Batang gorden atau rel gorden merupakan aksesoris utama dari suatu gorden, dengan memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga fungsi gorden supaya dapat berjalan dengan baik, yakni dapat ditutup dengan rapat maupun jika akan dibuka juga dapat dibuka dengan lebar secara maksimal. Rel gorden tersebutlah yang akan menjadi penyangga suatu kain gorden sehingga kain gorden tersebut bisa untuk digeser kain gordennya ke sisi bagian kiri atau ke sisi bagian kanannya. Rel gorden tersebut pada biasanya dapat terbuat dari bahan berupa alumunium yang anti karat, sehingga bisa lebih awet. Terdapat beberapa model dan juga motif rel gorden, yakni ada rel gorden yang gold, rel gorden yang silver, rel gorden ukir, rel gorden ulir serat kayu ataupun rel gorden kristal uli.

Jenis Ring Gorden Lingkaran

Ring Gorden atau Cincin Gorden

Kemudian ada juga aksesoris gorden berupa ring gorden. Ring gorden tersebut memiliki fungsi sebagai suatu gelangan untuk menjadi kait atau penahan kain gorden pada rel gorden. Rel gorden tersebut fungsinya adalah untuk menjalankan kain gorden di relnya, sehingga rel gorden dapat berfungsi dengan secara lancar, dan kain gorden tidak jatuh.

Brucket Gorden

Ada lagi aksesoris gorden berupa brucket gorden. Brucket gorden adalah merupakan aksesoris yang memiliki fungsi sebagai penahan rel gorden. Brucket gorden tersebut mempunyai banyak jenis, yakni diantaranya ada tipe wall brucket u, lalu ada tipe ceiling brucket short, kemudian ada juga tipe ceiling brucket long, lalu selain itu ada juga brucket gorden dekoratif lainnya yang sangat banyak jenis variasinya, yang juga tersedia dalam aneka warna warni.

Tassel atau Tali Gorden

Tassel itu merupakan suatu tali gorden yang bentuknya bisa bermacam-macam dan juga warnanya bisa beraneka warna, demikian pula bahannya bisa terbuat dari berbagai jenis bahan, bisa dari kain yang sejenis dengan gordennya, juga dalam warna yang sama, atau dari bahan lainnya seperti berupa tali atau manik-manik dan lain sebagainya, yang dipergunakan untuk mengikat gorden sehingga bisa nampak lebih rapi sekaligus juga cantik dan manis. Banyak sekali tersedia aneka pilihan motif dan warna tali gorden itu. Seperti misalnya untuk rumah bergaya minimalis maka biasanya menggunakan tali gorden dengan bahan yang sama dengan kain gordennya, juga yang dipilih dalam warna yang senada, ada juga tali gorden model rumbai-rumbai, atau tali gorden berupa boneka karakter kartun atau model bunga-bunga seperti bros dan lain sebagainya.

Jenis Penyangga Gorden

Hook atau Pengait Tali Gorden

Hook atau pengait tali gorden juga adalah salah satu aksesoris pelengkap gorden yang cukup penting juga dan perlu disediakan bersamaan dengan aksesoris gorden berupa tali gorden. Hook gorden ini merupakan pasangan pengait atau gantungan untuk tali gorden. Hook gorden ini juga terdiri dari berbagai macam bentuk serta beraneka jenis bahan. Ada hook gorden yang terbuat dari besi ataupun plastik, dalam bermacam warna juga. Jenis hook gorden yang cocok apabila mau dipasang di kusen jendela yang dekat dengan pintu adalah yang bentuk hooknya adalah dari besi atau aluminium tempa yang dilapisi warna emas dengan kepala marmer warna coklat atau krem, atau bisa hook dengan model tombak, atau hook gorden dengan model bunga yang elegan atau hook gorden berjenis bentuk air mata dan lain sebagainya.

baca juga  Jual Gorden Pintu Online Berkualitas

Fungsi Tali Gorden

Tali gorden memiliki fungsi sebagai penahan gorden ketika dibuka, dan juga sekaligus sebagai penghias kain gorden supaya terlihat lebih mewah dan lebih cantik.

Jenis-jenis Tali Gorden

Pada perkembangan desain interior yang kian pesat maka telah banyak lahir berbagai kreasi dan konsep atau tipe gaya dari suatu rumah. Salah satu elemen dan yang juga jadi komponen penting yang menjadi ciri dapat menjadi pembeda yang akan menonjolkan konsep juga tema dan jenis gaya dari suatu rumah itu adalah desain gorden atau tirai yang sesuai.

Beberapa masa yang lalu, pertimbangan pemilihan gorden adalah hanya dengan memikirkannya sebagai suatu komponen rumah dengan fungsi dasarnya yang utama, yakni sebagai pembatas, yang mengatur serta menghalangi sinar dan juga pandangan dari arah luar menuju ke dalam ruangan rumah saja, pemilihan desain belum terlalu penting. Gorden atau tirai itu juga mempunyai fungsi untuk memisahkan dan juga untuk membatasi antara dua buah ruangan yang berdampingan namun dengan memiliki fungsi yang berbeda. Nah dalam beberapa tahun terakhir ini dalam perkembangannya peran kehadiran gorden atau tirai dalam suatu rumah lebih dipandang sebagai sarana untuk memperindah serta mempercantik juga  untuk lebih memperkuat konsep pemilihan gaya dari suatu rumah atau ruangan, selain fungsi utama dari gorden. Karenanya maka pemilihan desain suatu gorden atau tirai beserta aksesorisnya haruslah disesuaikan dengan gaya rumah atau ruangannya sehingga bisa harmonis dan serasi juga dengan komponen ruangan rumah yang lainnya.

Jangan sampai desain gorden justru memiliki konsep yang berbeda dan bahkan sangat bertolak belakang dengan interior dan juga eksterior suatu ruangan ataupun rumahnya, sehingga akan dapat menimbulkan pemandangan yang aneh, ganjil serta mengaburkan konsep rumah dan kesannya justru menjadi berantakan dan dapat mengganggu pemandangan maupun perhatian para tamu ataupun sang penghuni rumah itu sendiri. Dengan pemilihan desain gorden dan aksesorisnya yang sesuai dengan konsep gaya ruangan atau rumahnya maka akan menimbulkan keserasian dan keindahan dan lebih menonjolkan konsep gaya ruangan atau rumah yang ingin ditampilkan. Dan perlu diingat juga bahwa salah satu aksesoris dan komponen pelengkap penting dari suatu gorden yang dapat menentukan gaya dan kesan dari desain gorden itu adalah pada tali pengikat gordennya.

Tali pengikat gorden ataupun yang biasa disebut juga sebagai tassel, pada umumnya memang disertakan pada suatu paket pembelian gorden atau tirai. Tali pengikat gorden tersebut memiliki fungsi untuk mengikat lembaran kain gorden sehingga terlihat lebih rapi dan juga enak dipandang. Tali pengikat gorden itu biasanya senada desainnya dan juga memiliki tema yang sama serta juga motif yang sama dengan konsep dari suatu gordennya. Meski demikian banyak faktor yang bisa menjadi penyebab penggantian tali gorden itu, yakni bisa karena tali gorden yang lama sudah rusak atau memang ingin menggantinya karena ingin berganti suasana atau tema. Berikut ini beberapa desain tali gorden sesuai dengan tema atau gaya ruangan atau rumah sesuai juga dengan tema desain gordennya.

baca juga  7 Inspirasi Model Gorden Jenis Blackout

Tali Gorden Bertema Klasik Mewah

Untuk gorden dengan desain konsep klasik mewah, maka tali gorden yang sesuai dan tepat untuk dipilih adalah tali gorden dengan konsep yang klasik mewah pula, yakni seperti tali gorden dengan ujung yang berumbai dengan warna emas atau warna keperakkan, atau bisa juga tali gorden berupa rantai gold atau silver. Jangan lupa serasikan juga dengan tipe desain dan warna hooknya.

Tali Gorden Bertema Minimalis

Sedangkan tali gorden dengan konsep minimalis bisa menggunakan bahan berupa kain pengikat gorden yang lebih simpel dan sederhana, dari bahan kain yang sama dengan jenis bahan kain gordennya, dengan pilihan desain yang sederhana dan simple atau dengan model pita. Pada rumah dengan konsep minimalis dapat juga menggunakan aksesoris seperti kalung mutiara putih atau dalam warna lainnya yang mengesankan suatu konsep gaya yang elegan namun tetap simple dan netral.

Tali Gorden Bertema Unik

Untuk rumah atau ruangan dengan konsep bertema unik, seperti rumah yang bertema modern industrial, maka dapat mengkreasikan jenis tali pengikat gorden yang bisa memperkuat konsep rumah atau ruangan tersebut, yakni seperti misalnya dengan menggunakan tali tambang, misalnya. Sedangkan untuk ruangan anak-anak bisa menggunakan tali gorden dengan hiasan karakter kartun anak, seperti tali gorden yang dihiasi boneka atau gambar kartun favorit anak atau tali gorden dengan warna yang mencolok dan tidak harus sewarna dengan warna kain gordennya. Bisa juga dipergunakan tali gorden dengan hiasan bros bunga untuk tema ruangan yang chick manis, dan lain sebagainya.

Perkiraan Harga Tali Gorden

Harga tali gorden itu sangat bervariasi, tergantung bahan, dan model, juga kerumitan desain serta panjang pendeknya juga. Biasanya harganya berkisar antara mulai ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah per buahnya, ada juga yang menjualnya per pasang.

Demikianlah pembahasan kita pada kesempatan ini mengenai jenis tali gorden.

No Responses

Tinggalkan Komentar

Call Now Button