Tirai Yang Bisa Ditarik

Tirai yang Bisa Ditarik – Ada berbagai macam jenis tirai di pasaran dan salah satunya adalah tirai yang dapat ditarik. Gunanya untuk membuka dan menutup tirai jendela secara manual. Tirai jenis ini banyak digunakan dan dipilih karena harganya murah dibanding tirai otomatis. Selain itu, juga ada banyak jenisnya yang bisa dipakai.

Tirai Yang Bisa Ditarik

Dalam memilih tirai tarik tidak boleh sembarangan. Anda harus tahu tirai terbaik yang cocok dengan interior rumah termasuk jendela yang ingin ditutup. Berikut ini tips dalam memilih tirai atau gorden tarik supaya Anda tidak salah memilih.

Cara Memilih Tirai yang Bisa Ditarik

Tirai adalah salah satu dekorasi rumah, jadi fungsinya tidak hanya untuk menutup jendela. Cara memilih tirai terbaik yang benar adalah sebagai berikut:

  • Tirai harus senada dengan furniture rumah

Agar penampilan interior rumah Anda tidak terlihat berantakan, lebih baik memilih tirai yang senada dengan furniture. Cara memilihnya bisa disesuaikan dengan warna dominan furniture yang ada di rumah Anda.

Agar lebih mudah, Anda bisa memilih warna-warna netral untuk tirai. Contohnya seperti warna abu-abu, kream, putih, peach, atau warna-warna muda lainnya. Anda bisa membuat tirai menjadi pusat perhatian dalam ruangan tersebut. Namun bisa juga hanya sebagai tambahan dekorasi.

  • Bisa memilih tirai tarik bermotif garis

Salah satu jenis tirai yang bisa ditarik terpopuler adalah tirai bermotif garis-garis. Tirai yang bisa dipilih dapat bermotif garis vertikal atau horizontal tergantung ukuran ruangan. Misalnya jika Anda punya ruangan yang sempit, lebih baik memilih motif garis horizontal. Hal ini akan memberikan visual seakan ruangan lebih luas.

Memilih tirai tarik motif garis-garis juga akan lebih mudah serta paling aman untuk dipadu padankan dengan berbagai desain interior. Anda dapat menyamakan motif tirai dengan sarung bantal, motif sofa, dan sebagainya.

  • Tirai tarik ke samping

Ada berbagai macam jenis tirai tarik, salah satunya jika ditarik maka tirai akan membuka ke samping kanan dan kiri. Tirai ini bisa terbuat dari fabric, hadir dalam berbagai varian warna serta model. Sangat cocok untuk jenis jendela yang tinggi. Anda dapat memilih tirai tarik ini untuk berbagai ruangan.

Pilihlah tirai yang tidak terlalu berat sehingga tidak membuat beban terlalu berat ke penyangganya. Tirai yang ringan juga lebih mudah untuk dibersihkan dengan melepaskannya dari jendela.

  • Tirai lipat yang ditarik ke atas

Jenis tirai tarik yang lainnya adalah ketika ditarik tirai melipat ke atas. Tirai akan membuka ke atas dan akan menutup ke bawah. Tirai yang ditarik ke atas ini dapat menutup seluruh jendela atau hanya setengah jendela saja, tergantung dari kebutuhan. Anda bisa memasang tirai yang ditarik ke atas semacam ini untuk jendela berukuran kecil/ pendek.

Tirai semacam ini bisa dipasang di berbagai area ruangan. Misalnya tirai untuk dapur, ruang keluarga, kamar tidur, dan lainnya.

  • Tirai yang ditarik penuh ke samping

Tirai tarik yang terakhir adalah tirai manual yang jika talinya ditarik akan mengarah penuh ke samping. Bisa ke kanan seluruhnya atau ke kiri seluruhnya. Tirai ini hampir sama dengan jenis tirai ditarik ke atas. Anda dapat memasang tirai jenis ini baik untuk jendela besar atau untuk jendela berukuran kecil.

Itulah berbagai macam cara memilih tirai yang bisa ditarik. Semoga bermanfaat. Kalau Anda masih bingung dalam memilih tirai tarik terbaik, maka bisa hubungi Raja Gorden. Caranya dengan menghubungi CS Raja Gorden via online di 0812 1964 3240 atau email ke hello@rajagorden.com. Anda juga bisa datang langsung ke alamat kantor/ workshop kami.

Desain Tirai yang Ditarik untuk Berbagai Tipe Rumah

Berikut ini beberapa contoh desain atau jenis tirai yang ditarik. Bisa Anda pilih sesuai dengan selera atau interior rumah, kantor, hotel, dll. Contohnya seperti:

  • Roller blinds untuk rumah klasik yang minimalis

Roller blinds amat cocok untuk desain interior rumah klasik. Misalnya saja rumah-rumah dengan furniture bergaya Venitian. Meski begitu, di jaman modern ini, roller blind juga sering dipasang untuk rumah bergaya minimalis modern.

Ada banyak macam material roller blinds yang digunakan seperti blind kayu atau plastik/ semi plastik. Tipe ini adalah jenis tipe tirai tarik yang sederhana dan menawarkan nuansa hangat. Anda bisa pasang di jendela berukuran sedang hingga kecil.

  • Roller blinds untuk rumah interior yang chic

Roller blind juga bisa dipasangkan pada interior rumah bergaya chic. Misalnya rumah-rumah yang condong memiliki desain interior bertema urban. Memasang tirai tarik atau blinds ini akan memberikan kesan yang elegan.

Anda dapat memilih tirai tarik dari bahan material yang ringan namun awet, seperti tirai aluminium. Tampilannya akan cantik dan mengkilat dan roller blind seperti ini bisa bertahan lama. Cara merawatnya juga mudah dan tersedia dalam berbagai macam warna. Contohnya seperti warna abu-abu, hitam, putih dan cokelat.

Untuk memberikan perawatan yang benar, hanya perlu mengelapnya dengan bersih. Dan setiap waktu pastikan sistem tirai tarik bekerja tiap saat untuk terbuka dan tertutup.

  • Roller blinds untuk rumah gaya bachelor

Ada salah satu jenis roller blinds yang disebut dengan bachelor blinds karena sering dipasang di berbagai jendela kabin mewah milik lajang di negara Barat. Roller blinds bisa menghalangi sinar matahari secara efektif dan memberikan kesan hangat di dalam rumah.

Jenis roller blind ini memang dapat menghalangi sinar matahari, tapi hanya sebagian saja. Jadi, bagi Anda yang masih ingin ruangannya mendapat sentuhan sinar matahari. Dapat memakai jenis roller blind ini.

  • Roller blinds untuk rumah bergaya Jepang/ Minka

Siapa bilang roller blinds tidak bisa untuk rumah bergaya Jepang/ Minka? Nyatanya bisa karena ada roller blinds jenis Roman yang cocok dipasang pada rumah bergaya tradisional Jepang. Desain blinds ini unik dan elegan serta memberikan kesan natural serta hangat.

Tirai yang dipasang dapat berwarna netral seperti cokelat kekuningan dan tampilannya semi transparan. Mirip dengan sheer blinds dan umumnya ditarik ke atas untuk dapat terbuka.

  • Roller blinds untuk outdoor

Tidak hanya interior rumah, karena Anda bisa memasang blinds atau tirai yang bisa ditarik ke atas untuk area outdoor. Misalnya saja blinds dari kain blackout, ini menjadi trend tersendiri yaitu memasang tirai pada ruangan asri yang eco-friendly.

Kain blackout merupakan jenis material tirai yang bagus untuk menghalangi dan melindungi ruangan dari paparan sinar matahari. Apalagi di siang hari, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kepanasan saat bersanti di luar ruangan. Roller blinds ini dapat dibuka tutup dengan cara ditarik sesuka hati sesuai kebutuhan dan cuaca saat itu.

Demikian berbagai macam desain tirai yang bisa ditarik. Silahkan dipilih yang sesuai fungsi atau manfaatnya dan desainnya bagi selera Anda.

5/5 - (7 votes)

Leave a Reply