Jual Gorden Peredam Suara

Jual Gorden Peredam Suara – Gorden merupakan salah satu perlengkapan yang penting di setiap interior rumah. Gorden berfungsi untuk memberikan privasi di dalam rumah. Selain itu, gorden juga berfungsi untuk membatasi jumlah cahaya yang masuk ke dalam ruangan dan menjadi elemen untuk menghias interior rumah agar terlihat lebih menarik. Saat ini sudah ada banyak jenis gorden yang beredar di pasaran. Bahkan sudah ada yang jual gorden peredam suara.

Jual Gorden Peredam Suara

Sesuai dengan namanya gorden peredam suara tidak hanya menjalankan fungsinya sebagai gorden tetapi juga membantu meredam suara bising dari luar dan juga menghindari suara dari dalam terdengar ke luar. Tentunya hal seperti ini sekarang cukup dibutuhkan untuk beberapa ruangan di dalam rumah maupun gedung.

Tempat yang Cocok Menggunakan Gorden Peredam Suara

Ada beberapa tempat yang cocok untuk menggunakan jenis gorden dari toko yang jual gorden peredam suara ini. Tempat tersebut biasanya lebih mengutamakan privasi atau ketenangan di dalamnya.

  • Kamar Tidur

Untuk membuat istirahat di kamar lebih nyaman, suasana di dalam kamar tidur tentu harus diatur sedemikian rupa. Tetapi ketenangan kamar di rumah tentu perlu dijaga jika letak ruangan tersebut berada di dekat ruangan lain yang cukup sibuk. Kebisingan tersebut dapat muncul dari rumah tetangga, ruang bermain, ruang TV, jalan, dan juga lingkungan di sekitar.

  • Ruang Rapat atau Ruang Pertemuan

Ruang rapat atau ruang pertemuan menjadi tempat untuk membahas berbagai hal dan informasi yang penting. Oleh sebab itu sangat penting untuk menjaga agar ruangan ini tetap kondusif dan tenang. Menempatkan gorden kedap suara dapat menghalau suara bising dari luar dan juga mencegah pembicaraan dari ruang rapat terdengar sampai ke luar ruangan.

  • Ruang Keluarga

Ruangan selanjutnya yang dapat menggunakan gorden peredam suara adalah ruang tamu. Kehadiran gorden ini akan memberikan nuansa yang lebih hangat dan privat di ruang keluarga. Apalagi gorden ini juga hadir dalam beberapa pilihan warna menarik yang dapat disesuaikan dengan desain interior ruangan. Jenis gorden ini cocok digunakan untuk ruang keluarga dengan konsep minimalis, futuristic, dan modern.

Kain Gorden Peredam Suara

Jenis Bahan Untuk Gorden Peredam Suara

Ada beberapa bahan yang sering digunakan oleh toko jual gorden peredam suara yaitu sebagai berikut:

  • Kain Blackout

Ini adalah salah satu jenis kain yang cukup sering digunakan untuk membuat tirai atau gorden kedap suara. Bahan ini memiliki karakteristik yang tebal serta tidak dapat ditembus oleh sinar matahari. Bahan gorden ini sangat cocok untuk menghalau cahaya dari luar atau mencegah cahaya dari dalam ruangan menembus keluar. Dengan tenunan kain blackout yang rapat, bahan gorden ini dapat meminimalisir suara yang masuk ke dalam ruangan.

Blackout termasuk bahan tekstil yang lembut dan memiliki kesan elegan. Oleh sebab itu, para desainer saat ini juga sering memodifikasi kain blackout menjadi bahan cushion karena memiliki ketebalan yang ideal. Jika dibandingkan dengan bahan kain gorden biasa, umumnya kain blackout memiliki backing yang bagus dengan karakteristik yang lebih tebal. Bahan ini juga tahan lama jika dibandingkan dengan bahan gorden biasa. Sifat bahan blackout yang tidak bisa ditembus cahaya matahari sangat cocok digunakan untuk menutup kaca di ruangan- ruangan yang menghadap ke timur atau barat.

  • Kain Beludru atau Velvet

Kain beludru termasuk bahan tenun tafting atau berumbai dan memiliki struktur yang yang halus dan rata. Jadi kain ini memiliki permukaan dan tekstur yang terlihat berkilau serta lembut. Kain ini seolah menjadi perpaduan antara kain wol dan sutera.  Kain velvet dulunya sering digunakan sebagai bahan pakaian untuk orang-orang kalangan menengah ke atas atau keturunan bangsawan.

Kain velvet dari bahan sutra menawarkan tekstur halus yang memberikan kesan mewah dan mahal. Harga kain velvet dipengaruhi oleh tingkat ketebalannya. Semakin tebal biasanya harganya akan semakin mahal. Apalagi jika velvet tersebut dihiasi dengan bordir. Kain ini hadir dalam variasi warna yang beragam mulai dari warna yang netral seperti abu-abu dan hitam hingga aneka warna cerah dan cantik.  Bahan dasar velvet umumnya adalah sutra dan katun. Tetapi bahan ini kemudian dikembangkan ke bahan lain seperti polyester dan viscose.

Seiring dengan kemajuan teknologi, kain velvet juga dapat dibuat pada bahan yang mengandung karet atau bersifat melar. Velvet saat ini tidak hanya hadir dalam pilihan warna polos saja tetapi juga tersedia dalam berbagai motif berulir yang terlihat mewah.

Ciri-ciri Gorden Peredam Suara

Bagi Anda yang masih kesulitan untuk menemukan toko jual gorden peredam suara di pasaran, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri gorden peredam suara yang baik.

  • Bahan Tebal

Kain dengan bahan yang tebal

  • Kain Blackout

Ini merupakan salah satu jenis bahan gorden yang secara khusus dirancang untuk memblokir suara dari luar ruangan agar tidak bisa masuk ke dalam ruangan. Selain dapat memblokir suara, gorden ini juga dapat menghalangi cahaya yang masuk.

  • Serat Rapat

Bahan gorden peredam suara biasanya memiliki serat yang rapat. Serat rapat inilah yang berperan penting untuk menyerap suara.

Memilih Gorden Peredam Suara

Memilih gorden peredam suara dari tukang jual gorden peredam suara sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pemilihan gorden pada umumnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih gorden peredam suara yang tepat.

  • Bahan

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada beberapa pilihan bahan yang dapat digunakan untuk gorden kedap suara. Pilihlah bahan yang sesuai dengan selera atau karakteristik yang diinginkan. Kenali kelebihan dan kekurangan dari masing – masing bahan untuk memilih bahan gorden yang tepat.

  • Warna

Selama ini banyak yang beranggapan bahwa gorden kedap suara dengan bahan blackout hanya tersedia dalam warna gelap atau warna hitam pekat. Faktanya kain gorden ini tersedia dalam berbagai pilihan warna dan motif. Pemilihan warna gorden ini dapat disesuaikan dengan konsep atau warna interior tempat di mana gorden tersebut akan ditempatkan.

  • Ukuran

Saat ini gorden kedap suara hadir dengan berbagai macam ukuran. Untuk mendapatkan bahan gorden yang tepat, pilihlah ukuran yang sesuai dengan ukuran jendela atau kaca yang akan ditutup menggunakan gorden tersebut. Untuk itu sebelum membeli gorden, alangkah baiknya untuk mengukur jendela atau kaca yang ada di dalam ruangan terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa memesan gorden dengan ukuran yang sesuai.

  • Lapisan gorden

Gorden peredam suara yang benar-benar teruji umumnya menambahkan beberapa lapisan material pada tirai tersebut. Bahkan ada beberapa brand gorden yang sudah lolos uji coba laboratorium untuk membuktikan keefektifan kedap suara yang ditawarkan brand itu.

Jadi, jika Anda berniat membeli gorden, Anda bisa coba perhatikan apakah gorden tersebut dibuat dengan beberapa lapis material untuk memberikan ketebalan yang maksimal. Untuk bahan lapisannya sendiri bisa terdiri dari beberapa macam material seperti polyester kemudian luarnya dilapisi dengan material bahan katun atau blackout.

  • Tidak mengandung zat yang berbahaya

Produk seperti gorden pun bisa mengandung beberapa zat berbahaya, entah untuk bahan pewarnanya ataupun untuk bahan pelindung agar memberikan kedap suara. Hal ini akan berbahaya terutama apabila Anda berencana memasang kain gorden di dalam kamar tidur anak atau bayi.

Karena itu, untuk memastikan gorden tersebut aman dipasang pada kamar tidur anak maupun ruangan yang lain. Pastikan Anda beli gorden dari brand yang terpercaya dan bahkan ada yang sudah bersertifikasi. Coba tanyakan di tempat jual gorden peredam suara terdekat kota Anda, apakah mereka memiliki produk yang demikian.

  • Mudah untuk dibersihkan dan lepas pasang

Akan sangat merepotkan jika membeli gorden yang susah untuk dibersihkan apalagi dilepas pasang. Gorden meskipun pemakaiannya bisa jangka panjang, sebaiknya tetap dibersihkan paling tidak sekali dalam waktu 3-6 bulan. Hal ini untuk membersihkan berbagai macam kotoran yang menempel termasuk bakteri dan kuman.

Karena itu, pastikan Anda memilih model gorden peredam suara dari bahan atau material yang mudah dibersihkan. Selain itu, jangan lupa juga untuk memilih gorden yang mudah dilepas pasang sendiri terutama ketika hendak dibersihkan. Apalagi jika Anda membutuhkan gorden tersebut di rumah dan bukannya studio atau bioskop besar.

  • Harga yang terjangkau

Bisa dibilang gorden yang memiliki fungsi peredam suara memang rata-rata harganya lebih mahal dari gorden atau tirai biasa. Apalagi untuk brand atau merek-merek import seperti WONTEX yang kebanyakan sering digunakan sebagai tirai kedap suara untuk home theather atau studio. Gorden ini juga turut menawarkan material blackout tebal yang berkualitas.

Untuk memilih harga yang terjangkau, Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu dari beberapa merek atau brand gorden. Silakan coba tanyakan kepada toko yang jual peredam suara import atau lokal, mengenai daftar harganya dan bandingkan.

Bagaimana Cara Memasang Gorden

Beberapa Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Tentang Gorden Peredam Suara

  • Apakah gorden peredam suara benar-benar meredam suara?

Mungkin Anda menanyakan pertanyaan yang sama, namun semua ini bergantung dari material gorden itu sendiri. Ada gorden yang benar-benar khusus diperuntukkan untuk meredam suara atau kebisingan, sementara yang lainnya hanya mengurangi suara atau noise. Jadi tidak bisa 100% dapat membantu ruangan Anda kedap suara.

Karena itu, jika Anda merasa sudah memasang gorden peredam suara, tapi masih mendengar suara bising yang masuk. Anda bisa memberikan solusi dengan cara menambahkan elemen lain untuk mengeblok suara yang masuk atau keluar. Misalnya dengan menambahkan bahan kedap suara ke rumah Anda.

  • Apakah bisa tidur lebih nyenyak atau lelap dengan memasang gorden peredam suara di kamar tidur?

Memang ada beberapa orang yang tidak bisa tidur jika mendengar suara bising. Ada lagi yang sangat sensitif suara saat tidur, bahkan dapat terbangun hanya mendengar suara yang volumenya kecil. Karena itu pemakaian gorden peredam suara bisa menjadi opsi yang tepat dilakukan. Anda bisa coba cari tirai di tempat jual gorden peredam suara terbaik untuk mencari gorden yang bagus.

Kalau sudah memasang gorden dan masih mendengar suara berisik bahkan sekecil apa pun. Maka coba pertimbangkan untuk menginstall mesin white noise yang bermanfaat saat Anda tidur. Kombinasikan gorden peredam suara serta mesin ini agar hasilnya maksimal.

  • Jenis gorden peredam suara yang murah dengan harga terjangkau?

Jika Anda bertanya apakah ada jenis atau brand gorden untuk meredam suara yang bagus dan murah berharga terjangkau, maka Anda bisa pilih kain blackout. Meskipun kadang gorden jenis ini tidak seratus persen mampu membantu memblokir suara, tapi bisa memberikan bantuan mengurangi suara bising dari luar.

Apalagi blackout biasanya dijual dengan berbagai macam variasi model dan warna. Untuk Anda yang tidak hanya mementingkan soal fungsi, namun juga estetika maka blackout adalah pilihan terbaik. Fungsi lain blackout juga dapat membantu memblokir cahaya atau sinar matahari agar tidak masuk ke dalam ruangan. Itu pun juga bisa menjadi nilai plus.

  • Apakah ada aksesoris lain yang dibutuhkan selain kain gorden?

Tentunya Anda juga membutuhkan aksesoris gorden lainnya selain kain tirai yang akan dipasang. Pastikan Anda membeli curtain rod dan tracks atau batang gorden yang cukup tebal dan kuat untuk menahan gorden peredam suara. Biasanya mereka yang jual gorden peredam suara memang akan merekomendasikan batang gorden yang tebal daripada biasanya.

Hal ini karena kebanyakan gorden peredam suara, memilik lapisan yang cukup tebal sehingga memang lebih berat daripada gorden biasa yang tipis. Karena itu dibutuhkan aksesoris tempat pasang atau menggantung gorden yang kuat.

  • Apa saja kelebihan dan kekurangan dari memasang gorden tipe ini?

Kelebihannya jelas bisa membantu meredam suara dari luar ataupun membuat agar suara dari dalam ruangan tidak terdengar jelas ke luar. Dan karena materialnya padat serat dan lapisannya tebal, gorden ini mampu memblokir sinar matahari dengan baik. Panas juga tidak mudah tembus ke dalam ruangan, karena mampu diserap sehingga hal ini akan menghemat daya di rumah Anda.

Kekurangan gorden peredam suara tidaklah seberapa. Gorden ini memang materialnya padat dan rapat, sehingga berat. Bahannya yang tebal mengharuskan Anda memakai gantungan yang kuat. Tidak mengherankan jika modal untuk memasang gorden tipe ini memang kadang lebih tinggi biayanya dibandingkan pasang gorden biasa.

Apa Saja Model Gorden Blackout

Di mana Tempat Jual Gorden Peredam Suara Terbaik Saat Ini?

Itulah beberapa informasi mengenai gorden kedap suara. Saat ini hampir semua penyedia gorden telah jual gorden peredam suara yang dapat memenuhi kebutuhan ruangan Anda baik untuk gedung perkantoran atau untuk keperluan rumah tangga.

Selain dengan memasang gorden peredam suara, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk antisipasi suara bising atau membuat ruangan lain tidak menyebarkan suara bising ke dalam ruangan yaitu menjadikan ruangan tersebut kedap suara seperti pada ruangan – ruangan di gedung bioskop.

Jika Anda membutuhkan gorden yang serupa, maka Anda bisa menghubungi Raja Gorden langsung di nomor 0812 1964 3240 atau email ke hello@rajagorden.com. Kami adalah toko yang jual gorden peredam suara berkualitas dengan harga terjangkau. Anda bisa memilih sendiri material yang diinginkan dan modelnya. Kami juga melayani pemasangan langsung gorden jika Anda membutuhkannya, terutama untuk ruangan-ruangan berukuran besar dan langit-langit tinggi.

4.9/5 - (22 votes)

No Responses

Leave a Reply