Cara Pasang Gorden Jendela Rumah

Cara Pasang Gorden – Keberadaan jendela di dalam rumah tidak bisa lepas dari gorden sebagai pelengkapnya. Gorden merupakan selembar kain yang berfungsi sebagai penutup jendela. Adanya gorden ini membuat privasi rumah lebih terjaga dan tidak dapat dengan mudah terlihat dari luar. Selain itu, gorden juga bisa menjadi salah satu komponen pelengkap dekorasi rumah. Pemilihan gorden yang dilakukan dengan tepat dapat membuat rumah terlihat lebih indah. Agar dapat terpasang dengan baik dan benar, Anda perlu mengetahui cara pasang gorden jendela yang tepat.

Cara Pasang Gorden

Gorden bisa bermacam-macam modelnya, warnanya, motifnya hingga ukurannya. Pemilihan gorden sebaiknya disesuaikan dengan dekorasi ruangan yang sudah ada. Gorden yang serasi dengan ruangan dapat menambah bagus dekorasi dalam rumah. Gorden yang bagus desainnya, motifnya, warnanya ataupun bahannya akan terlihat kurang bagus jika cara pasang gorden yang dilakukan kurang tepat. Hal ini yang membuat orang umumnya mempercayakan pembuatan hingga pemasangan gorden pada jasa yang khusus melayani hal tersebut.

Cara Pasang Gorden Jendela Rumah yang Tepat

Mungkin cara pasang gorden ini terdengar sepele dan mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan gorden ini, khususnya untuk gorden jendela. Cara pemasangan yang tepat dapat membuat gorden tidak mudah copot dan terlihat indah di jendela Anda. Berikut ini beberapa langkah cara pasang gorden jendela yang perlu Anda ketahui :

  1. Mengukur ukuran jendela

Sebelum membeli atau memesan gorden untuk jendela rumah, pastikan Anda telah mengukur jendela Anda dengan tepat. Pengukuran ini dilakukan agar gorden yang dibeli benar-benar pas dan cukup dipasang di jendela Anda. Jendela yang terlalu kecil atau terlalu besar tentunya dapat menghilangkan fungsi dari gorden itu sendiri serta membuatnya terlihat jelek setelah dipasang. Langkah awal cara pasang gorden ini sebaiknya tidak boleh Anda lewatkan.

  1. Memilih penyangga gorden yang sesuai

Cara pasang gorden adalah dengan menyangganya pada besi atau tongkat yang dipasang pada dinding atau bagian atas jendela. Penyangga ini bemacam bentuknya mulai dari yang terbuat dari kayu, besi ataupun alumunium. Pemilihan jenis penyangga disesuaikan dengan jenis gorden yang akan Anda gunakan serta kesan yang ingin Anda peroleh. Misalna jika Anda ingin kesan mewah pada gorden maka pilih penyangnya yang terbuat dari besi mengkilap dengan warna emas atau perak.

  1. Memilih gorden yang tepat untuk rumah Anda

Anda bisa memilih gorden sesuai dengan keinginan dengan menyesuaikan dekorasi rumah Anda. Anda bisa menyesuaikan warna gorden dengan warna cat rumah atau memilih motif dengan warna yang senada dengan warna perabot rumah. Sebaiknya pilih ukuran gorden yang lebih panjang dari jendela rumah Anda. Akan tetapi jangan pula membeli gorden dengan ukuran terlalu panjang sampai menyentuh lantai. Ini akan membuat gorden ada lebih cepat kotor dan terlihat kusam.

  1. Memasang penyangga ke dinding

Cara pasang gorden selanjutnya adalah dengan melubangi dinding guna memasang penyangga gorden yang sudah dibeli sebelumnya. Pelubangan dinding ini bisa dilakukan dengan menggunakan paku ataupun bor listrik. Penggunaan bor listrik memiliki kelebihan dibandingak mengunkan cara manual dengan paku. Pemasangan penyangga dengan bor listrik membuat penyangga lebih menempel kuat pada dinding serta lubang yang dihasilkan juga rapi dan tidak merusak dinding rumah. Anda bisa memasang penyangga double jika ingin memasng gorden yang dilengkapi vitrase. Jika Anda hanya akan memasang gorden satu lapis maka satu penyangga saja sudah cukup.

  1. Memasang gorden pada penyangga

Langkah terakhir dalam cara pasang gorden jendela adalah memasangkan kain gorden pada penyangga. Pemasangan ini berbeda-beda caranya tergantung jenis gorden yang digunakan. Berikut beberapa diantaranya :

  • Gorden Gantung

Gorden gantung dipasangkan ke penyangga dengan cara memasukkan gantungan yang terbuat dari kain ke dalam besi atau kayu penyangga. Pada gorden jenis ini tidak ada tambahan berupa besk pengait karena bagian penggantung gorden sudah menyatu dengan kain gorden itu sendiri.

  • Gorden Ring/Cincin

Pada jenis gorden ini di bagian atas sudah dilengkapi dengan cincin-cincin yang menyatu dengan kain gorden. Cincin ini befungsi untuk memasangkan gorden ke penyangga. Anda hanya perlu memasukkan cincin tersebut satu-persatu ke dalam tiang penyangga gorden yang sudah terpasang.

  • Gorden biasa

Gorden biasa dilengkapi dengan besi-besi pengait di bagian atasnya. Besi-besi pengait ini dipasangkan ke rel yang ada di besi penyangga. Rel gorden di penyangga ini bisa digeser ke kanan dan ke kiri untuk mempermudah Anda membuka dan menutup gorden.

  • Gorden Pita

Gorden ini dipasanga dengan cara dimasukkan ke dalam besi peyangga dan dipasang langsung di kusen jendela. Berbeda dengan gorden model lainnya, gorden model ini tidak dapat dibuka dengan cara digeser melainkan dengan mengikatkan pita di bagian tengah gorden. Cara memasang gorden model pita ini langsung dilakukan di kusen jendela tidak di atas jendela seperti jenis gorden lainnya.

Pemasangan gorden sebaiknya dilakukan sedikit lebih tinggi dari jendela Anda. Jangan memasang gorden dengan posisi pas berada di ujung jendela. Gorden yang  dipasang lebih tinggi ini bisa menciptakan kesan ruangan yang lebih luas dan terlihat lebih mewah.

Kesalahan Cara Pasang Gorden Jendela yang Sering Dilakukan

Ada beberapa kesalahan yang umum dilakukan ketika memasang gorden jendela. Kesalahan-kesalahan ini mungkin terkesan sepele namun jika diperhatikan dampaknya cukup membuat keindahan gorden jauh berkurang. Anda perlu memperhatikan beberapa kesalahan berikut ini agar tidak mengalaminya juga:

  1. Memilih ukuran gorden yang tidak sesuai

Kesalahan ini cukup memberikan kesan kurang indah pada gorden. Pemilihan gorden yang terlalu pendek selain tidak dapat menutupi seluruh bagian jendela juga bisa membuat ruangan terkesan sempit. Pilihlah ukuran gorden yang panjang tetapi tidak sampai menyentuh lantai agar kebersihan kain gorden tetap terjaga.

  1. Memasang gorden terlalu pendek

Selain ukuran yang terlalu pendek, memasang gorden dengan ketinggian yang kurang juga bisa membuat kesan mewah gorden menjadi berkurang. Sebaiknya posisikan gorden sedikit lebih tinggi dari jendela supaya ruangan terkesan luas dan lebih megah.

  1. Gorden langsung dipasang tanpa disetrika

Terkadang orang cenderung langsung memasang gorden yang baru dibeli. Gorden yang Anda beli jadi biasanya sudah dilipat dalam pengangkutan atau pengemasannya sehingga biasanya terdapat lekukan-lekukan pada gorden. Lekukan ini bisa mengurangi keindahan tampilan gorden Anda. Oleh sebab itu sebaiknya setrika gorden terlebih dahulu sebelum dipasangkan.

Gorden yang bagus akan semakin terlihat keindahannya dengan cara memasang yang tepat. Jangan sampai Anda sudah mengelurakan cukup banyak biaya untuk membeli gorden rumah tetapi hasil akhirnya kurang memuaskan karena cara pasangnya yang salah. Jadikan gorden bukan hanya sebagai pelindung jendela rumah tetapi bagian dari keindahan interior rumah Anda.

Tinggalkan Komentar

 
Hubungi kami di Phone / WhatsApp : 081219643240 atau Email : hello@rajagorden.com untuk respon cepat.