Tirai Pembatas Ruangan

Tirai Pembatas Ruangan – Tirai jendela selain sebagai penutup jendela dan menghalangi masuknya cahaya matahari langsung ke dalam rumah. Namun tirai tersebut ternyata juga bisa berfungsi sebagai pembatas ruangan.

Tirai Pembatas Ruangan

Jenis tirai seperti ini memang sengaja dibuat sebagai partisi untuk memisahkan dua buah ruangan yang memang tidak memiliki dinding pemisah. Tujuannya agar tidak terlalu kaku saat dibuat partisi, dan juga tetap dapat mempercantik ruangan tersebut.

Model Tirai Pembatas Ruangan dan Penerapannya

Berdasarkan konsepnya tirai untuk membatasi dua ruangan berbeda ini memiliki pilihan model sesuai dengan fungsi dan manfaatnya. Beberapa pilihan model tirai untuk pembatas ruangan sesuai fungsinya adalah:

  • Tirai Sebagai Ruang Personal

Untuk dijadikan sebagai pembatas ruangan, tirai pun bisa berfungsi sebagai partisi di mana tirai juga bisa dijadikan pembatas untuk ruang personal. Jika bagian kamar Anda ingin dibuat lebih personal dengan ruangan di sampingnya yang pada awalnya menyatu bisa menggunakan tirai tersebut.

Apalagi jika dalam sebuah ruangan, Anda harus berbagi dengan orang lain. Maka fungsi tirai pembatas tersebut akan menjadi sangat berguna menciptakan ruang personal.

  • Tirai Sebagai Pembagi Area

Tirai bisa dijadikan sebagai pembatas atau tirai partisi yang membagi sebuah area menjadi dua bagian terpisah dalam satu ruangan. Maka Anda bisa memisahkan dua ruangan seketika dengan tirai yang sesuai. Tujuannya sebagai penanda antara ruangan yang satu dengan ruangan lainnya.

Bisa juga membuat sebuah ruangan khusus bisa terpisah dan dibatasi dengan tirai tersebut. misalnya saja dalam sebuah kamar mandi. Meskipun ruangannya tidak terlalu besar tapi Anda bisa memisahkan antara ruang shower dengan bagian ruang lainnya dengan menggunakan tirai khusus kamar mandi.

Bisa juga untuk membagi dan memisahkan ruang makan dengan ruang masak yang terlihat berantakan agar tidak terlihat dari luar.

  • Tirai Untuk Menyembunyikan Ruang Rahasia

Untuk menjadi sebuah partisi, tirai juga bisa membatasi sebuah ruangan yang ingin disembunyikan menjadi ruang rahasia. Agar ruangan tersebut tidak terlihat, maka tirai selain sebagai pembatas juga bisa dijadikan penghalang ruangan tersembunyi tersebut untuk menggantikan posisi dinding yang sebenarnya tidak ada.

  • Pembatas Ruang Privasi di Kamar

Sebuah kamar yang sudah menjadi ruang privasi masih bisa dibuat lebih private lagi. Sehingga tidak ada akses untuk seseorang memasuki ruangan tersebut kecuali seizin pemiliknya.

Caranya dengan membagi ruangan yang ingin dibuat terpisah dari bagian ruang lainnya pada kamar tersebut. Anda bisa menggunakan tirai tertentu yang juga senada dengan ruangan di kamar.

  • Penyekat Konsep Open Plan

Tirai bisa dijadikan sebagai penyekat konsep open plan. Artinya, konsep open plan merupakan konsep ruang terbuka yang biasa terdapat pada apartemen berukuran studio. Anda bisa memberikan sekat atau pembatas antar ruang pada jenis interior seperti itu. Caranya bisa menggunakan sebuah tirai yang terlihat luwes dan cantik dibandingkan menggunakan furnitur yang berkesan kaku dan tegas.

  • Penyekat Dekoratif Cantik

Meskipun Anda tahu ada jenis partisi khusus yang bisa memisahkan dua ruangan yang menyatu menjadi terpisah. Anda bisa memanfaatkan bentuk partisi yang tidak biasa yang berbentuk tirai. Di mana partisi seperti ini akan makin mempercantik dekorasi cantik di rumah

Fungsi dari Penerapan Tirai Penyekat Pada Ruangan 

Dalam memilih gorden atau penutup jendela sejenis tirai ataupun sebagai pembatas ruangan, juga terdapat cara-cara jitu dan pas. Tujuannya agar bisa sesuai dengan tampilan ruangan, hunian dan juga fungsi yang diharapkan. Ada beberapa fungsi tirai sebagai pembatas ruangan tersebut, yaitu::

  • Ruang Tamu dan Ruang Tengah

Ini adalah kondisi yang paling umum di mana Anda membutuhkan pemisah antara ruang tamu dengan ruang tengah atau ruang keluarga. Karena, biasanya ruang tamu yang berfungsi untuk menerima tamu dekat ataupun orang luar dibuat terpisah dengan bagian dalam rumah.

Tujuannya agar tamu yang datang tidak bisa melihat kegiatan Anda di dalam rumah agar lebih privasi lagi. Menggunakan tirai terkesan tidak terlalu kaku dan tidak terlalu tertutup, meskipun tetap ada jarak antara kedua ruangan.

  • Ruang Tidur dan Ruang Kerja atau Ruang Belajar

Banyak orang membuat atau menata ruangannya yang dibuat menyatu tapi pada akhirnya dipisahkan juga dengan membuat sekat. Yaitu, ruang tidur yang didekatkan atau di satukan dengan ruang belajar pada anak atau ruang kerja pada orang dewasa. Tapi banyak dari orang-orang tersebut memanfaatkan fungsi tirai untuk memisahkan kedua ruangan tersebut.

  • Area Shower dan Wastafel

Pada area kamar mandi pun juga bisa dibuat tirai pembatas, untuk membedakan masing-masing ruangan. Karena, zona mandi seperti shower atau berendam bisa dibuat terpisah dari bagian lain di kamar mandi agar lebih privasi. Penggunaan tirai di sini biasanya menggunakan tirai yang terbuat dari bahan plastik agar tidak masalah jika terkena basah cipratan air.

  • Ruang Dapur dan Ruang Makan

Untuk memisahkan antara ruang dapur dengan ruang makan, biasanya menggunakan tirai jendela ruangan yang masih bisa saling terhubung meskipun disekat. Tujuan sekat ini dibuat adalah agar kegiatan masak memasak yang terkesan berantakan tidak harus terlihat jelas dari ruang makan oleh anggota keluarga yang sedang bersantap di ruang makan.

  • Ruang Ibadah dan Ruang Keluarga

Ada lagi ruangan yang juga sering dibuat terpisah dengan posisi yang berdekatan dan bersebelahan. Yaitu, ruang keluarga dengan ruang ibadah atau ruang solat yang ingin dibuat khusus.

Mungkin banyak yang tidak membuat batasan atau dinding dan pintu secara khusus untuk ruang ibadah ini. Tetapi saat digunakan dapat menggunakan tirai penyekat untuk menciptakan kekhusyukan saat beribadah.

Cara Membuat Pembatas yang Sesuai dengan Tirai

Memilih gorden atau tirai penyekat tersebut tidak terlalu sulit, hanya butuh penyesuaian antara gorden tersebut dengan kondisi ruangan yang akan disekat. Mulai dari bentuk, desain, ukuran tirai semua harus sesuai.

Bahkan untuk warna, bahan dan juga motif gorden pun sangat berpengaruh dalam menentukan gorden yang cocok untuk sebuah ruangan. Berikut tips terbaik membuat pembatas yang cantik dengan tirai, yaitu:

  • Buat Ruangan Lebih Hidup

Jika seluruh ruangan memiliki warna yang senada dan agak monoton atau pucat, manfaatkan tirai untuk membuat ruangan menjadi lebih hidup. Pilih warna, motif dan desain yang sedikit agak beda dengan ruangan sekitarnya sehingga bisa lebih hidup. Misalnya memilih tirai yang bermotif meskipun tidak terlalu mencolok atau lebih lembut.

  • Fungsi Penyekat Terpenuhi

Karena tirai ini akan difungsikan sebagai pembatas, maka buat fungsi penyekat tersebut terpenuhi. Sesuaikan ukuran dan bentuknya dengan kondisi ruangan yang akan disekat, sehingga tidak ada kesalahan saat menjadikannya tirai penyekat.

  • Sesuaikan Dengan Ruangan

Fungsikan bentuk tirai dengan cara menyesuaikannya dengan kondisi ruangan yang ada atau yang akan disekat.

  • Buat Sesuatu Yang Unik

Jika ingin terlihat makin cantik, dekorasi ruangan dengan tirai penyekat yang dibuat lebih unik dari biasanya.

Berdasarkan konsepnya, tirai memang digunakan untuk menutup atau membatasi yang pada umumnya digunakan untuk menutup jendela. Tapi bukan tidak mungkin tirai memiliki fungsi lain yaitu tirai pembatas ruangan.

Tirai juga merupakan salah satu aksesoris dekorasi yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan dekorasi rumah. Raja Gorden menyediakan gorden terbaik untuk kebutuhan Anda, segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

5/5 - (6 votes)

Tinggalkan Komentar