Tips Memilih Ukuran Gorden

Tips Memilih Ukuran GordenMeski terlihat sepele, nyatanya ada banyak sekali jenis-jenis gorden yang dibuat dalam ukuran tertentu. Selain itu, masing-masing gorden juga dibuat dari material yang berbeda tidak melulu dari kain saja. Ada gorden yang dibuat dengan ukuran standar gorden tapi tidak sedikit pula gorden yang dibuat dengan ukuran super panjang. Agar Anda tidak salah pilih baiknya mengetahui bagaimana cara pilih ukuran gorden yang tepat berikut.

Tips Memilih Ukuran Gorden

Tips Memilih Ukuran Gorden Yang Mudah dan Efisien

  • Mengenal panjang dan lebar jendela

Sebelum memilih ukuran gorden di salah satu toko gorden ternama yang ada di kota Anda, cari tahu terlebih dahulu berapa besaran panjang maupun lebar jendela yang akan dipasangi gorden. Oleh karenanya, Anda harus melakukan pengukuran panjang dan lebar jendela terlebih dahulu sebelum datang ke toko. Prosesnya sangat mudah bahkan hanya perlu menggunakan meteran saja.

Catat hasil pengukuran panjang maupun lebar jendela yang akan dipasang gorden di buku catatan Anda. Jangan lupa untuk membawanya bersama ketika Anda bermaksud memilih gorden jendela. Supaya proses memilih gorden terasa lebih mudah, mintalah bantuan dari staf toko gorden. Mereka umumnya mengetahui mana gorden yang sesuai dengan ukuran yang telah Anda bawa tersebut. Bahkan tidak jarang staf toko akan membantu memberikan tips memilih ukuran gorden yang benar lainnya. Jadi Anda tidak akan salah beli gorden jendela dan menjadi boros. 

  • Mengenal panjang dan lebar pintu

Di atas telah disebutkan bagaimana cara pilih ukuran gorden yang tepat untuk gorden jendela. Lakukan hal yang sama jika Anda tertarik untuk memilih ukuran gorden pintu. Kebutuhan gorden setiap orang berbeda-beda, beberapa orang lebih tertarik memilih gorden pintu daripada gorden jendela. Apalagi jika dindingnya tidak memiliki jendela sama sekali hanya mengandalkan ventilasi udara dari pintu.

Ukur panjang dan lebar pintu sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa ukuran gorden yang ditawarkan, seperti gorden yang panjangnya setengah pintu, ada pula gorden yang menjuntai panjang melebihi ukuran pintu. Selain memperhatikan ukuran, perhatikan pula materialnya. Umumnya beda material beda pula pengaruhnya terhadap estetika gorden pintu. 

  • Kenali style ruanganmu

Tips memilih ukuran gorden standar berikutnya adalah mengenali style ruangan yang Anda ingin pasangi gorden. Setiap bangunan entah itu rumah pribadi, gedung perkantoran dan gedung-gedung lainnya memiliki konsep interior yang berbeda. 

Sebelum melihat-lihat model gorden lalu memilih ukuran yang tepat, perhatikan terlebih dahulu style ruangan Anda. Pengenalan ciri fisik ruangan termasuk mengenali bentuk, ketinggian dan juga luasnya akan membantu Anda memiliki ukuran gorden. Sebuah ruang yang memiliki keharmonisan umumnya didapat dari kolaborasi di antara ukuran gorden dan ukuran ruangnya. 

Intinya, dengan memahami berapa besar ukuran fisik dari sebuah ruangan, Anda bisa merencanakan ukuran gorden yang baik dan benar. Seberapa luas gorden yang dibutuhkan sebagai penutup pintu maupun jendela. Sayangnya, informasi penting ini terkadang luput dari perhatian masyarakat awam. Umumnya hanya mereka yang bekerja di bidang interior desain saja yang bisa segera memahaminya. 

  • Mengenali fungsi ruang

Berikutnya tentang tips memilih ukuran gorden minimalis adalah mengenal fungsi ruangan. Setiap ruangan dibuat dengan alasan, seperti kamar tidur yang dibuat sebagai ruang individu sekaligus tempat tidur. Sementara ruang tamu digunakan untuk menerima tamu dan ruang keluarga yang menjadi ruang bermain anak dan anggota keluarga lainnya.

Saat memilih ukuran gorden pastikan Anda sudah menentukan fungsi dari setiap ruangan tersebut, entah berfungsi secara kasual, semi formal maupun formal. Karena beberapa model memiliki tampilan yang ringan tapi ada juga yang tampak sangat kaku dan formal. Agar tidak salah pilih pastikan kenali fungsi ruangannya dengan baik. 

  • Siapa yang menggunakan ruangan 

Secara garis besar mengetahui siapa saja penghuni ruangan akan membuat Anda lebih mudah memilih model dan ukuran gorden. Misalnya jika Anda memasang gorden jendela di dapur, maka pilih gorden yang ukurannya pas dengan bahan yang gampang dibersihkan. Karena dapur merupakan salah satu ruangan yang paling mudah untuk kotor. 

Dengan memahami model dan ukuran gorden, Anda bisa memenuhi kebutuhan gorden akan ruang. Siapa pun orang yang berada di dalamnya akan merasa nyaman termasuk saat menghuni ruangan tersebut dalam waktu lama. 

Tips Memilih Model Gorden Berdasarkan Style Desain Rumah

Di atas telah dijelaskan apa saja yang harus dilakukan Anda sebelum memilih ukuran gorden. Dan kali ini simak pula informasi penting tentang cara pilih model gorden berdasarkan tampilan rumah:

  • Gorden Ganda

Dikenal juga sebagai Panel Pair merupakan model gorden standar yang banyak digunakan di hotel dan rumah. Gorden ganda paling cocok dipakai untuk menutupi jendela berukuran besar karena modelnya yang lebih lapang, di mana gorden bisa menjangkau sisi kiri atau kanan dengan mudahnya. 

Dari sekian banyak style desain rumah yang bisa digunakan, rumah bergaya kontemporer atau klasik merupakan dua model rumah yang paling cocok. Dengan memilih gorden ganda, rumah Anda akan terlihat lebih indah dan berkesan dengan menonjolkan style yang sudah melekat kental sebelumnya. 

  • Single Panel

Berbanding terbalik dengan gorden ganda, model gorden ini justru hanya memiliki satu gorden saja yang mana baiknya dipasang pada jendela berukuran kecil hingga besar. Pada dasarnya, model gorden single panel paling banyak digunakan oleh mereka yang menggunakan desain interior modern. 

Alasan memilih single panel karena jenis gorden ini jauh lebih fleksibel dan efisien. Terutama ketika Anda mencoba untuk membuka maupun menutupnya. Terkecuali jika model gorden single panel yang Anda pilih sudah dilengkapi dengan remote control. Penggunaan remote control memudahkan Anda untuk memberikan perintah membuka atau menutup gorden. 

  • Window Treatment Set

Merupakan model gorden paling unik dan istimewa yang banyak ditemui pada rumah bergaya klasik. Window treatment set merupakan jenis model gorden full set yang terdiri atas kelambu penutup dan dua gorden. Valance atau kelambu penutup tersebut bukan berada di sisi kiri atau kanan melainkan ada di sisi atas. 

Modelnya sangat cantik dengan tambahan ukiran dan detail yang unik. Pilihan warnanya pun sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan ruang dan warna cat dinding. Untuk memperindah ruangan, Anda bisa menambahkan furniture bergaya klasik yang warnanya sama dengan warna gorden. Dijamin Anda akan merasa betah selama berada di ruangan tersebut.

Dan itulah beberapa tips memilih ukuran gorden sekaligus tips memilih model gorden yang cocok untuk desain interior tertentu. Anda yang sedang membutuhkan ide atau panduan pilih gorden, baiknya mengikuti panduan di atas dengan baik dan benar. Jika tidak ingin repot, cukup gunakan jasa desain interior atau beli gorden di toko gorden profesional dan terpercaya seperti Raja Gorden.

Tinggalkan Komentar