Desain Jendela Bagian Depan

Desain Jendela Bagian Depan – Pemilihan desain jendela memang bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Pasalnya jendela ini harus dipertimbangkan dalam beberapa hal sesuai dengan ukuran hingga konsep rumah. Dalam memilih jendela juga harus bisa melancarkan sirkulasi udara.

Inspirasi Desain Jendela Bagian Depan

Desain Jendela Bagian Depan

  • Stationary Window

Model jendela dengan mengusung konsep desain stationary window ini lebih cocok untuk digunakan pada rumah yang bergaya minimalis. Selain memang tidak bisa dibuka, penggunaan konsep jendela yang satu ini mampu memperindah rumah agar terlihat lebih estetik.

Hal ini dikarenakan pembuatan desain yang digunakan terbilang sangat sederhana. Akan tetapi lebih menampilkan desain kontemporer. Dalam hal ini sangat penting bagi kamu untuk mempertimbangkan keluar masuk saluran udara pada jendela dan jenisnya ini tidak dapat dibuka.

  • Picture Window

Jenis jendela yang satu ini mempunyai ukuran terbilang sangat luas dari stationary window. Akan tetapi jika memilih jendela ini maka pemilik rumah harus mengetahui bahwa jenis jendelanya tidak dapat dibuka ataupun ditutup. Pemasangan jendela akan membuat ruangan rumah terlihat luas.

Terlebih jika di halaman depan rumah terdapat pemandangan taman yang sangat menarik perhatian. Maka akan sangat cocok jika dipasangkan di lantai dua. Dengan demikian kegiatan yang pemilik rumah lakukan pun akan terlihat oleh orang-orang di luar rumah.

Hal ini memang terkesan menarik selagi ruangan tepat jendela ini bukanlah ruangan privasi. Keuntungan yang bisa dirasakan dengan menggunakan jenis jendela ini yakni mendapatkan penerangan cahaya alami berasal dari matahari langsung.

  • Accent Window

Salah satu jenis desain untuk jendela yang tidak dapat dibuka. Ruangan ini sangat tepat jika dipasangkan AC karena suhu udaranya tidak akan keluar dari ruangan. Maka dari itu kualitas dari ventilasi udara tidak bisa dikatakan unggul mengingat selamanya ruangan tidak pernah dibuka.

Akan tetapi dalam hal ini pemilik rumah mampu mendesain jendela menjadi berbagai macam bentuk. Konsep bentuk yang bisa digunakan seperti halnya seperempat lingkaran ataupun bentuk lainnya. Desain jendela bagian depan rumah ini sangat cocok dengan model yang tepat.

  • Double Hug Window

Pilihan jendela untuk rumah bagian depan yang bisa menjadi referensi adalah double hug window. Jenis jendela yang satu ini bisa dibuka dengan bentuk vertikal. Dalam hal ini pemilik rumah bisa membuka bagian bawah dan bagian atas dengan cara yang sangat mudah.

Penggunaan jendela sangat cocok bagi pemilik rumah yang menginginkan adanya ventilasi udara dengan udara yang baik dan segar. Selain itu konsep jendela ini terbilang cukup tradisional. Bahkan beberapa orang menyukainya karena jendela ini terbilang unik dan menarik.

  • Sliding Window

Pemilihan untuk jendela geser adalah alternatif yang banyak disukai karena sangat memudahkan mobilitas dan lebih irit space. Dalam hal ini kamu tidak perlu untuk mengayunkan jendela lagi. Sebab model yang satu ini dengan digeser secara horizontal sehingga tidak memakan ruangan.

Desain yang ditawarkan untuk model sliding bisa membuat penampilan rumah terlihat lebih berkelas. Hal ini dikarenakan berbeda dengan jenis jendela yang digunakan pada umumnya. Desainnya yang sangat menarik membuat jendela sliding bisa menjadi pilihan untuk rumah.

  • Casement Window

Desain jendela yang menggunakan engsel dipasang pada bagian samping dari jendela tersebut. Dengan demikian akan memudahkan untuk membuka jendela selebar mungkin. Penampilan desain dari jendela juga terbilang sangat estetik sehingga cocok digunakan di bagian depan.

Selain memang sangat ekonomis, model jendela yang satu ini memiliki fungsi seperti halnya wind resistant dan juga multipoint locking system. Jendela mampu membuat ruangan tampak lebih indah dan terlihat mewah.

  • Single Hug Window

Desain jendela bagian depan modern yang bisa menjadi pilihan untuk rumah. Modelnya ini tidak jauh berbeda dengan double hug window yang memiliki engsel di bagian tengah. Jendela single hug window dapat digeser secara horizontal dan perbedaannya hanya satu sisi saja yang dapat dibuka.

Jendela ini memiliki harga penawaran yang lebih murah dibandingkan dengan double hug. Akan tetapi tetap memiliki khas dan fungsinya sebagai media untuk melancarkan sirkulasi udara yang ada di dalam rumah.

  • Jalousie Window

Penggunaan jendela di bagian depan yang tepat adalah jalousie window. Jendela yang satu ini terbuat dari bahan kaca dan biasanya dipasangkan pada ruangan yang menghadap ke arah teras. Terlebih pada saat situasinya sangat cerah dan depan rumah memiliki berbagai macam tanaman.

Dengan demikian pemilihan jendela ini terbilang sangat praktis. Terlebih telah mempunyai mekanisme penutupan yang sangat efisien pada jendela jalousie. Akan tetapi penggunaan jendela yang satu ini sudah jarang ditemukan mengingat modelnya sudah cukup kuno.

  • Hopper Window

Hopper window merupakan salah satu model jendela yang meletakkan bagian engselnya di bawah. Sehingga saat membuka jendela ini maka akan langsung menghadap ke arah atas. Meskipun memang jendela ini kurang cocok berada di ruang tamu namun bagus untuk ruang bawah tanah.

Namun perlu diketahui bahwa penggunaan jendela yang satu ini juga memiliki kelemahan. Pada saat hujan lebat maka percikan airnya bisa saja menggenang di bagian jendela. Bahkan airnya akan masuk yang membuat sekitarnya basah.

Tips Cerdas Memilih Jendela Rumah Minimalis

  • Jendela Mencerminkan Gaya Rumah

Setiap rumah hunian memiliki gayanya masing-masing dan setiap kompleks pun tidak akan sama kecuali perumahan. Maka dari itu pada saat memilih jendela rumah maka pastikan bahwa desainnya sama dengan konsep rumah. Hal ini dimaksudkan agar kesannya tidak bertabrakan.

Jika rumah dengan mengusung konsep modern maka pembuatan kacanya bisa lebih tinggi. Akan tetapi jika model rumah yang digunakan adalah klasik maka pilihlah jendela dari bahan kayu dengan warna coklat yang memiliki ukiran agar terlihat lebih estetik.

  • Tiang dan Bingkai Jendela Dibuat Berwarna

Pemilihan jendela memang harus menentukan desain rumah di dinding yang sesuai dengan variasi warna cat. Maka dengan demikian pemilik rumah bisa menambahkan warna pada bagian bingkai jendela. Tentukan pilihan warnanya yang sesuai dengan cat dinding pada rumah.

  • Memilih Jendela Sesuai dengan Interior Rumah

Desain jendela bagian depan minimalis bisa mengusung fungsi estetika di dalam rumah. Perhatikan kecocokan jendela yang digunakan agar membuat ruangan depan terlihat lebih berbeda. Jika jendela diaplikasikan pada bagian ruangan depan maka akan cocok dengan jendela tinggi dan lebar.

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan

Dalam memilih jendela tidak hanya mengutamakan keindahan yang ditampilkannya. Penting juga bagi pemilik rumah untuk memperhatikan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan. Terdapat jenis jendela yang digunakan dengan gerakan geser ke kiri kanan ataupun naik turun.

  • Memastikan Arah Datangnya Cahaya

Jendela yang dipilih untuk bagian rumah juga harus dengan mempertimbangkan arah datangnya sinar matahari. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan cahaya yang nanti bisa masuk ke dalam ruangan. Sebab dengan sinar matahari yang terlalu banyak akan membuat ruangan lebih panas.

Itulah uraian mengenai desain jendela bagian depan pada rumah sesuai dengan kebutuhan dan konsep rumah. Sesuaikan desain jendela dengan benar agar konsepnya tidak bertabrakan dengan arsitektur rumah. Pasangi juga dengan gorden dari Raja Gorden untuk menambah tampilan yang indah. Hubungi 0812 1964 3240/email ke hello@rajagorden.com untuk infonya.

5/5 - (8 votes)

Leave a Reply