Desain Jendela Geser Alumunium

Desain Jendela Geser Alumunium – Jenis jendela yang dapat digeser dengan mudah dan terkesan unik. Jendela yang satu ini biasanya digunakan pada rumah dengan konsep modern minimalis terbuka. Jendela sliding bisa dijadikan dalam berbagai macam variasi daun untuk sliding 2 atau 4.

Desain Jendela Geser Alumunium

Inspirasi Desain Jendela Geser Alumunium

  • Jendela Geser Alumunium 2 Daun

Desain untuk jendela sliding dari bahan alumunium dengan mengusung 2 daun. Jendela alumunium ini jumlah minimal tersedia 2 daun yang memang berbeda dengan pintu biasanya hanya 1 daun saja. Jika jendela hanya dibuka dengan 1 daun maka bisa terbuka dan bergantian.

Daun kanan ataupun kiri ini semuanya hidup dan dapat digeser secara bergantian. Supaya bukaan menjadi lebih maksimal maka biasanya akan menambahkan dengan handel tanam. Sementara itu untuk ukuran dari jendela geser 2 pintu kisaran 100 sampai 300 cm dan tinggi 40 sampai 250 cm.

  • Jendela Geser Alumunium 3 Daun

Desain untuk jendela geser dengan mengusung penggunaan 3 pintu dari bahan alumunium menggunakan 3 rel atau track. Fungsi dari adanya rel untuk mendapatkan bukaan yang jauh lebih besar. Biasanya bukaan tersebut bisa sekitar 2/3 dari totalnya lebar opening tembok.

Namun untuk rekomendasi dari ukuran lebarnya membuka jendela geser 3 daun yakni 150 sampai 400 cm. Sementara itu untuk tingginya bisa 40 sampai 250 cm. Ukuran ini terbilang sangat efektif untuk membuka jendela 3 daun.

  • Jendela Geser Alumunium 4 Daun

Jenis jendela geser dari bahan alumunium dengan 4 daun. Model yang satu ini memang sangat banyak digunakan pada rumah karena dianggap memiliki lebar opening cukup besar dibandingkan dengan 2 atau 3 daun. Lebar dari bukaan jendela 4 daun sama seperti halnya pada jendela 2 daun.

Jendela 4 daun setengah dari lebar opening tembok. Sedangkan untuk ukuran jendelanya sendiri yang dapat digunakan yakni 200 sampai 500 cm. Bagian tinggi jendela juga sama halnya seperti model jendela 3 daun yakni 40 sampai 250 cm.

  • Jendela Geser Alumunium 2 Daun + Daun Kawat Nyamuk

Pilihan desain jendela geser alumunium terbaik dengan 2 daun dan 1 daun kawat nyamuk. Model jendela seperti ini sebenarnya sangat banyak ditemukan di Indonesia. Sebab kehadiran nyamuk dari luar pada saat jendela dibuka memang cukup menjadi masalah yang sangat serius.

Akan tetapi dengan ketersediaan penghalang kawat nyamuk yang ada pada jendela mampu mengatasi masalah nyamuk. Sekarang ini di pasaran sudah banyak tersedia kawat nyamuk dengan bahan yang awet dan tahan lama. Jenis kawat yang digunakan kawat baja dan parabola.

  • Jendela Geser Aluminium 6 Daun atau 8 Daun

Model jendela alumunium yang lainnya yakni desain 6 daun atau 8 daun. Hal ini tergantung dari permintaan pemilik rumah dan dapat menyesuaikan dengan ukuran pada rumah yang akan dipasangkan. Jendela ini memiliki fungsi yang sangat efektif juga dari segi tampilannya.

Jendela geser dengan 6 daun memiliki pandangan yang sangat luas tanpa adanya sekatan ataupun tiang. Dengan demikian akan memberi kesan yang terlihat lebih elegan dan juga bisa melihat keadaan di luar ruangan. Sehingga memberi pemandangan yang cukup melegakan.

Jenis jendela alumunium ini digunakan pada rumah yang mengusung gaya minimalis. Hal ini dikarenakan mampu memberi kesan simpel dan daun menjadi lebih lebar. Bahkan ukurannya lebih dari 100 cm yang sangat berbeda dengan swing tidak sampai 100 cm.

Tips Memilih Desain Jendela Geser

Jendela rumah merupakan salah satu komponen yang sangat dibutuhkan guna mendukung desain pada rumah. Desain jendela geser alumunium minimalis sebagai salah satu media yang mampu mempercantik pada tampilan rumah. Maka dari itu penting memilih bahan dan model mendukung.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan jendela harus dipertimbangkan. Sekarang ini bahan yang cukup unggul digunakan adalah bahan kayu, alumunium hingga kaca. Namun pemilihan ini harus disesuaikan dengan konsep rumah ataupun pilihan kesukaan dari pemilik rumah.

Kelebihan Desain Jendela Geser

  • Sisi Penerapan

Jendela geser mempunyai kelebihan yang cukup unggul dibandingkan dengan penggunaan jendel model didorong. Jika dilihat dari segi penerapan pintu geser ini lebih hemat pada penggunaan tempat. Sebab model pintu geser cara membukanya tinggal digeserkan ke arah samping saja.

Dengan demikian tidak akan membutuhkan banyak space. Berbeda halnya jika menggunakan pintu dorong maka secara otomatis akan menggunakan sebagian space untuk tempat pintunya. Terlebih jika memiliki anak kecil di rumah maka besar kemungkinan akan terjepit saat menutup.

  • Model Sangat Bervariasi

Model pintu sleding yang tersedia banyak pilihan model untuk membuat ruangan terlihat lebih luas dan lega. Salah satunya pada model pintu geser modern, sederhana ataupun klasik. Dalam pemilihannya dapat menyesuaikan dengan konsep rumah yang telah digunakan.

Sehingga bisa menyatu dan selaras dengan penggunaan model pintu gesernya. Terlebih model daun yang bisa disesuaikan dengan kondisi luas ruangan pada rumah. Tersedia pilihan jendela geser 2 pintu, 3 pintu, 4 pintu, 6 pintu bahkan 8 pintu tergantung konsep rumah.

Pemilihan Kaca Jendela Geser

  • Kaca Bening Polos

Desain jendela geser alumunium untuk rumah bisa menggunakan kaca polos. Kaca bening polos ini merupakan salah satu pilihan kaca yang banyak digunakan karena bisa melihat luar ruangan dengan jelas. Selain itu cahaya matahari lebih mudah masuk ke dalam ruangan.

  • Kaca Double Glass

Kaca yang satu ini khusus untuk meredamkan suara. Penggunaan kaca terdiri atas dua lapisan kaca dan antara kedua kaca mempunyai ruang hampa yang telah divakum terlebih dahulu. Ruang hampa udara berfungsi untuk menghambat suara yang masuk ataupun keluar dari ruangan.

  • Kaca Tempered

Jenis kaca yang mempunyai kekuatan tinggi dibandingkan dengan bahan kaca lain. Pembuatan pada kaca ini dengan cara memanaskan secara berulang sampai 700 derajat. Lalu didinginkan mendadak melalui cara semprot udara di bagian permukaan rata secara menyeluruh.

  • Kaca Laminated

Jenis kaca yang memiliki sistem keamanan sangat tinggi dengan adanya dua lapisan kaca. Sementara di antara dua kaca tersedia film. Kelebihan dalam penggunaan kaca ini pada saat dipecahkan tidak akan langsung terjatuh namun masih menempel di bagian kaca film.

Tips Merawat Pintu Geser

Jika pemilik rumah lebih memilih untuk menggunakan pintu geser yang dirasa sangat efektif. Maka perlu dilakukan perawatan dengan baik agar sleding tidak macet saat digeserkan. Masalah ini sering terjadi dengan penggunaan pintu geser. Berikut tips melakukan perawatan pintu geser:

  • Jendela geser yang mulai seret harus rajin menggunakan pelumas secara rutin di bagian roda jendela
  • Usahakan untuk menutup jendela tidak terlalu keras yang menimbulkan adanya benturan. Sehingga membuat bagian bantalan menjadi aus
  • Supaya tidak berisik maka gunakan busa atau karet di bagian frame.

Itulah penjabaran mengenai desain jendela geser alumunium dengan model yang sangat mengesankan. Dalam hal ini setiap model jendela mampu membuat pandangan ke luar ruangan lebih luas. Jika Anda butuh gorden untuk menghiasi jendela geser tersebut bisa menghubungi Raja Gorden di 0812 1964 3240/ email ke hello@rajagorden.com.

5/5 - (8 votes)

Leave a Reply