Desain Jendela Depan Rumah Minimalis

Desain Jendela Depan Rumah Minimalis – Memiliki desain jendela rumah yang minimalis merupakan idaman bagi setiap orang untuk mempercantik rumahnya. Namun terdapat nama beberapa desain jendela rumah bagi Anda sebagai referensi untuk kesan rumah minimalis. Bisa cek di bawah ini sebagai inspirasi:

9 Nama Desain Jendela Depan Rumah Minimalis

Desain Jendela Depan Rumah Minimalis

  • Jendela taman

Jendela model ini diberi nama jendela taman karena memiliki desain yang dapat berfungsi sebagai rak tanaman. Model jendela taman mempunyai desain jendela yang menonjol ke arah luar dibandingkan dinding atau tembok rumah.

Jendela ini memiliki ciri khas berbentuk menyerupai kotak kaca. Bentuknya yang seperti kotak kaca memberi ruang lebih pada bagian pinggir jendela. Sehingga Anda dapat meletakkan benda atau mengubahnya menjadi rak untuk tanaman.

Model jendela taman cocok dipasang di ruang makan, kamar mandi, atau dapur yang memberikan efek menenangkan karena terdapat tanaman pada bagian pinggir jendela. Selain juga dapat digunakan untuk menaruh beberapa benda disela-sela tanaman.

  • Jendela model gantung tunggal

Jendela model gantung tunggal dapat dibuka dengan vertikal, akan tetapi pintu jendela yang dibuka hanya pada satu sisi saja. Hal itu sesuai dengan nama model jendela ini yaitu terdapat kata tunggal yang berarti satu sisi.

Jendela desain ini memiliki tema yang bernuansa klasik, sehingga sangat cocok dipadu padankan dengan desain rumah minimalis saat ini.

  • Jendela geser

Desain jendela geser merupakan jendela yang biasanya ditemui pada rumah minimalis yang lebih memanfaatkan menghemat tempat. Model jendela geser untuk saat ini banyak disukai oleh beberapa orang.

Alasan utamanya karena desain jendela ini dinilai lebih estetik, modern, dan menghemat ruang. Selain itu dari segi penggunaannya jendela geser dinilai lebih ringkas dan mudah digunakan.

  • Jendela model gantung ganda

Model jendela ini hampir sama dengan model gantung tunggal, hanya saja pada model gantung ganda memiliki 2 pintu yang dapat dibuka. Jendela gantung ganda didesain memiliki cara membukanya dengan cara vertikal ke atas.

Kaca pada jendela model ini dapat digunakan di salah satu sisi, dengan cara membuka bagian atas atau hanya bagian bawahnya saja. Model gantung ganda memiliki nuansa klasik, tetapi juga cocok jika digunakan untuk rumah dengan desain minimalis.

  • Jendela yang tidak dapat dibuka

Nama desain jendela depan rumah minimalis ini cukup unik, dikarenakan jendela ini tidak memiliki fungsi yang utuh. Penggunaan model ini banyak digunakan pada rumah model minimalis, selain memiliki model yang estetik juga memiliki fungsi tersendiri.

Konsep jendela ini yaitu gaya kontemporer yang sangat cocok melengkapi rumah minimalis. Karena jendela model ini tidak meiliki fungsi sebagai sirkulasi udara maka Anda harus memikirkan ventilasi lain sebagai gantinya.

Jendela dengan model tidak dapat dibuka memiliki fungsi sebagai penerangan yang dapat membantu di siang hari. Kemudian juga dapat digunakan jika tidak ingin debu kotoran masuk ke dalam rumah melalui jendela.

  • Jendela model tenda

Desain jendela model tenda memiliki tampilan yang sama seperti tenda, yaitu bentuk pintunya menyerupai tenda yang miring ke bawah. Model jendela ini memiliki cara penggunaan untuk membukanya dengan cara mendorong bagian bawah.

Jenis jendela ini sangat cocok digunakan pada kondisi ruangan tertutup seperti di kabin atau garasi. Melalui desainnya yang miring ke bawah, jika saat hujan airnya tidak akan masuk meskipun jendela tidak ditutup.

Selain itu debu yang terbawa bersama angin tidak banyak yang ikut masuk karena posisi jendela yang miring ke bawah.

  • Jendela gerbong

Jenis desain jendela depan rumah minimalis model gerbong memiliki tampilan jendela kebalikan dari jendela model tenda. Model ini dapat dibuka dengan cara mendorong bagian atas, sehingga posisinya miring ke atas.

Jendela gerbong cocok digunakan pada ruang bawah tanah atau garasi. Kelemahan pada jendela ini jika saat hujan maka air hujan dapat masuk karena posisinya yang menengadah ke atas. Kemudian debu juga dapat mudah masuk ke dalam rumah.

  • Jendela dinding

Jendela dinding biasanya dapat Anda banyak temui pada gedung perkantoran yang memiliki lantai tingkat. Jendela ini didesain sebagai pengganti tembok dari beton dengan jendela yang memiliki kaca transparan.

Sehingga ruangan akan memiliki pencahayaan yang cukup baik. Anda dapat menggunakan model jendela dinding di rumah. Hal itu dapat memberi kesan gaya berkelas dan juga minimalis.

  • Jendela model kaca atap

Jendela untuk depan rumah ini digunakan pada bagian atap rumah yang dapat mempercantik tampilan rumah. Anda dapat menggunakan seluruh atau sebagian atap untuk diganti dengan jendela model kaca atap.

Selain berfungsi sebagai ventilasi udara juga dapat digunakan sebagai pencahayaan karena posisinya yang menghadap ke langit. Anda juga dapat menggunakan jendela ini untuk mengubah ruang atap rumah menjadi ruang santai atau kamar tidur.

Tips Memilih Desain Jendela Depan Rumah Minimalis

Dalam memilih desain jendela depan rumah minimalis diperlukan beberapa tips supaya sesuai dengan konsep apa yang dimaksud. Memilih jenis jendela selain memiliki fungsi juga memiliki pengaruh pada desain rumah.

  • Pilih jendela yang memikat

Memilih jendela yang memikat berfungsi agar selaras dengan desain interior rumah. Seperti contoh pada kamar mandi pilihlah jendela yang memiliki sisi dalam dapat melihat keluar dan sisi luar tidak dapat melihat ke dalam.

Sedangkan untuk ruang publik dapat memilih jenis jendela yang lebih tinggi dan lebar sehingga pencahayaan dapat masuk lebih banyak.

  • Jumlah ventilasi sesuai kebutuhan

Fungsi utama dari jendela adalah sebagai ventilasi udara. Oleh karena itu pastikan Anda memilih jendela yang memiliki jumlah ventilasi yang cukup. Jika memiliki ruangan yang cukup lebar maka dapat memilih jendela dengan ukuran yang cukup besar.

Namun jika memiliki ruangan yang minimalis dapat memilih jendela yang tidak terlalu besar. Karena jika terlalu banyak udara yang masuk dapat membuat rumah kurang nyaman.

  • Pilih warna aksen untuk bingkai jendela

Memilih warna cat eksterior pada bingkai jendela dapat dengan memadu padankan warna lingkungan sekitar. Pastikan bingkai jendela memiliki warna yang senada sehingga jendela dapat menyatu dengan desain rumah.

  • Percantik dengan tiang dan bingkai jendela warna-warni

Tips desain jendela depan rumah minimalis lainnya yaitu menambahkan tiang dan bingkai jendela dengan warna-warni. Jika masih bingung untuk warna yang dipilih, dapat menanyakan pada tukang desain atau cat profesional. Untuk bahan tiang dan bingkai jendela yang disarankan menggunakan bahan kayu atau besi.

  • Menentukan fungsi jendela

Fungsi utama dari jendela adalah sebagai ventilasi udara dan sebagai jalan masuk cahaya. Selain fungsi itu Anda dapat menggunakan jendela sekaligus sebagai pintu jika jendela memiliki ukuran yang cukup besar. Jendela dapat sebagai pintu jika menggunakan model gesar dan bukaan samping.

  • Menggunakan jendela yang merefleksikan gaya arsitektur rumah

Rumah memiliki gaya arsitektur yang berbeda-beda. Memilih jendela sesuai dengan gaya arsitek rumah dapat menambah nilai estetik. Seperti contoh jika Anda meiliki rumah dengan gaya kontemporer dan modern dapat menggunakan jendela kaca.

Jika Anda memiliki rumah dengan gaya klasik dan tradisional dapat menggunakan jendela yang memiliki tiang dari kayu.

Beberapa hal harus diperhatikan dalam menentukan desain jendela depan rumah minimalis untuk mendapatkan estetik dan fungsinya. Jika Anda masih bingung mengenai desain jendela ataupun aksesorisnya seperti gorden, bisa hubungi Raja Gorden. Kami adalah produsen gorden jendela berkualitas di Jakarta dan sekitarnya. Hubungi kami di 081219643240/ email ke hello@rajagorden.com untuk info dan harganya.

5/5 - (8 votes)

Leave a Reply