Desain Jendela Tanpa Kaca

Desain Jendela Tanpa Kaca – Dengan adanya jendela bisa membuat pemilik rumah melihat keindahan yang ada di luar rumah dan ruangan bisa mendapatkan udara alami dari luar. Akan tetapi, jendela tidak hanya mempunyai peranan sebagai ventilasi udara, namun juga sebagai sumber untuk masuknya pencahayaan ruangan.

Desain Jendela Tanpa Kaca Yang Praktis Namun Tetap Cantik

Desain Jendela Tanpa Kaca

  • Jendela Bukaan Samping

Model jendela yang satu ini bisa menggunakan material kayu yang mempunyai engsel di bagian sampingnya. Dengan demikian, pemilik rumah tetap bisa mendapatkan sirkulasi udara yang baik dengan membuka jendela selebar mungkin dan tidak perlu menambahkan kaca.

Pada penggunaan jendela dengan bukaan samping yang satu ini mempunyai bentuk lebih memanjang dan terdapat rongga yang ada di bagian tengahnya. Hal ini memiliki fungsi sebagai akses untuk masuknya angin segar yang berasal dari luar supaya tidak membuat pengap di ruangan rumah.

Model jendela ini sangat tepat digunakan pada hunian rumah yang mengusung konsep gaya klasik. Terlebih, rumah tersebut sudah didominasi dengan penggunaan material kayu sebagai bahan konstruksi jendela.

  • Jendela Dua Daun

Penggunaan jendela kayu tanpa adanya kaca bisa dibuat dengan model dua daun yang bisa dibuka sekaligus. Model rangka dari jendela yang satu ini memang terlihat sangat biasa hanya dengan bentuk persegi panjang dan tidak mempunyai ukiran.

Akan tetapi, nuansa sederhana yang dihadirkan bisa membuat jendela ini sangat cocok di aplikasikan pada bangunan yang mengusung arsitektur tradisional dan minimalis. Pada jendela yang digunakan bisa dengan menambahkan terali di bagian atas jendela yang nantinya memiliki peranan untuk masuk keluarnya udara dengan mudah.

  • Jendela Kayu dengan Ukiran Khas Jawa

Desain jendela tanpa kaca menggunakan kayu saat ini sudah diminati oleh kalangan masyarakat di era modern. Penggunaan jendela yang satu ini sangat cocok diaplikasikan pada rumah yang mengusung gaya klasik dengan adanya dua daun pintu dan dilengkapi adanya ukiran di setiap sekelilingnya.

Dari bagian daun jendela tersebut mempunyai bentuk seperti jeruji sehingga memang dirancang tidak bisa dipasangi kaca. Apabila pemilik rumah menginginkan bentuk jendela ini, maka harus mempersiapkan penghalau nyamuk ataupun serangga yang kemungkinan besar bisa masuk ke dalam ruangan karena adanya celah pada jendela kayu.

  • Jendela Kayu Khas Bali

Pemilihan model jendela kayu bisa mengusung desain ciri khas Bali yang mempunyai ukiran dan pada bagian atas jendela ditambahkan ukiran yang sangat mirip dengan mahkota. Model jendela kayu khas Bali biasanya mempunyai warna coklat kayu serta ukiran cantik yang membuat jendela terlihat lebih unik apabila sudah diterapkan pada rumah.

Tata letak untuk jendela kayu khas Bali pada umumnya memang tidak menggunakan kaca di bagian tengah dan sengaja dibiarkan terbuka begitu saja. Model jendela ini sangat mudah ditemukan apabila berkunjung ke pulau Bali, khususnya di rumah adat tradisional yang masih mengusung konsep ciri khas Bali itu sendiri.

  • Jendela Kayu Khas Kolonial

Desain jendela kayu tanpa adanya kaca bisa mengusung gaya khas kolonial. Penggunaan jendela yang satu ini hanya terdapat satu pintu jendela dengan ukuran sedang.

Pada umumnya, jendela khas kolonial tidak mempunyai daun pintu yang bisa dibuka ataupun ditutup seperti jendela lainnya. Biasanya, jendela juga mempunyai ukuran di bagian teralis dan memanfaatkan warna kayu alami yaitu warna coklat.

Kelebihan dengan menggunakan model jendela kayu khas kolonial bisa membuat rumah lebih nyaman dan adem karena jendela ini cenderung terbuka sehingga angin bisa masuk secara maksimal ke dalam ruangan. Akan tetapi, kekurangan dengan menggunakan jendela model ini tentunya serangga ataupun debu bebas masuk ke dalam interior sehingga menyebabkan ruangan cepat kotor.

  • Jendela Tunggal Memanjang

Model desain jendela tanpa kaca yang bisa menjadi inspirasi yaitu jendela tunggal memanjang. Model jendela ini hanya terdapat satu jendela di setiap satu kusen. Namun, dalam hal ini pemilik rumah juga menggunakan beberapa jendela pada satu bagian.

Dengan begitu, konsep yang dihadirkan tetap enak dipandang meskipun desainnya saling berdempetan satu dengan yang lain. Cara membuka jendela tunggal memanjang bisa dengan mendorongnya sedikit dan pemilik rumah tidak bisa membukanya secara bebas karena hanya memberikan area sedikit yang ada di bagian bawah serta samping.

Hal ini dikarenakan, penggunaan engsel diletakkan pada bagian atas untuk memfokuskan pada kenyamanan dan keamanan. Penggunaan jendela tunggal memanjang akan lebih cocok apabila berdekatan dengan desain pintu. Dengan demikian, jendela tersebut bisa memberikan kesan rumah yang lebih klasik namun tetap menonjolkan desain modern. Jika pemilik rumah lebih suka untuk menjaga privasinya, maka model jendela yang satu ini bisa diterapkan.

  • Jendela Modern Dua Daun dan Sekat

Penggunaan jendela dengan dua daun memang terlihat terlalu klasik. Apabila tidak menyukai konsep yang begitu klasik dan ingin menonjolkan konsep modern, maka bisa menggunakan model jendela modern 2 daun dengan tambahan sekat.

Jendela ini terbilang lebih aman karena tidak adanya unsur tambahan kaca dan pastinya untuk melakukan perawatan terbilang sangat mudah. Model ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jendela dua daun, hanya saja untuk bentuk modelnya lebih bergelombang di bagian tengah.

Selain itu, juga terdapat sekat yang langsung menyatu pada kusen jendela di bagian tengah sebagai pemisah antar daun model ini memiliki tujuan supaya jendela bisa dibuka salah satu saja untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Dalam hal ini, pemilik rumah bisa memanfaatkan slot pada setiap daun yang

  • Jendela Kayu Khas Thailand

Desain jendela tanpa kaca yang unik bisa mengusung konsep ciri khas dari Thailand. Jendela ini biasanya mempunyai dua daun pintu yang setiap masing-masingnya terdapat ukiran khas Thailand. Ukiran yang ditampilkan biasanya dalam bentuk bunga ataupun ukiran lain.

Jendela kayu Thailand mempunyai ukuran sedang dan menampilkan berbagai macam warna yang dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah, baik itu dari warna kayu asli ataupun penggunaan warna lain. Bahkan, jendela kayu khas Thailand juga menggunakan warna khas dari kuil sebagai warna jendela yaitu emas dan merah.

  • Jendela Gebyok

Pemilihan jendela kayu bisa menggunakan model jendela gebyok yang biasanya banyak digunakan di rumah adat Jawa. Jendela yang satu ini memberikan daya tarik tersendiri dengan bentuknya yang cukup besar namun tetap terlihat elegan. Selain itu, jendela kayu model gebyok juga mempunyai ukiran yang membuat jendela tersebut terlihat keren dengan ciri khas gaya klasiknya.

Jendela yang satu ini seperti pintu karena mempunyai hiasan yang ada di bagian atas layaknya mahkota gapura ataupun gerbang. Penggunaan jendela gebyok menggunakan bahan dasar kayu dan bisa match dengan interior lain dari bahan kayu yang bisa membuatnya lebih menyatu.

Itulah beberapa desain jendela tanpa kaca yang bisa menjadi ide menarik untuk rumah hunian. Perhatikan dari fungsi penggunaan jendela tanpa kaca supaya tetap merasakan manfaat dari jendela tersebut.

Bisa juga ditambahkan gorden untuk membuatnya lebih menarik. Raja Gorden menyediakan gorden terbaik untuk kebutuhan Anda, segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

5/5 - (5 votes)

Leave a Reply