Desain Rumah Jendela Besar

Desain Rumah Jendela Besar – Jendela adalah salah satu komponen yang sangat penting pada rumah hunian. Selain memang fungsinya sebagai media sirkulasi udara dan menyalurkan cahaya. Keberadaan rumah dengan jendela ini membuat hunian terasal lebih nyaman untuk ditempati.

Variasi Desain Rumah Jendela Besar yang Bisa Diaplikasikan

Desain Rumah Jendela Besar

  1. Jendela Nako atau Krepyak

Jendela yang satu ini disebut krepyak karena pada saat dibuka langsung memunculkan suara krepyak dari bagian kaca dan besi saat bersinggungan. Jendela nako sangat terkenal sebelum tahun 2000-an dan memiliki kesan lebih vintage. Jendela ini sangat cocok untuk rumah mungil.

Hal ini biasanya digunakan pada rumah-rumah yang cenderung berimpitan dengan rumah tetangga. Dengan demikian tidak mampu menyisakan banyak jarak antar rumah satu dan yang lainnya. Jendela nako sangat aman digunakan karena tidak bisa dicungkil oleh orang berniat jahat.

  1. Jendela Kaca Mati

Rumah yang menggunakan kaca jendela dengan ukuran besar maka bisa memilih kaca mati. Jendela kaca mati ini dipasang mati pada bagian kusen sehingga tidak dapat dibuka ataupun ditutup. Kaca seperti ini berfungsi untuk menyalurkan cahaya matahari agar masuk ke ruangan.

Penggunaan jendela kaca mati biasanya sebagai pendamping jendela lainnya yang ada di dalam rumah. Jendela dengan kaca mati sangat tepat untuk penggunaan pada rumah modern yang sudah menggunakan AC di dalam ruangannya. Sebab pemilik rumah jarang sekali membuka jendela.

  1. Jendela Swing

Salah satu pilihan jendela untuk rumah yang memiliki bentuk layaknya pintu rumah dengan terbuka keluar. Pemilihan jendela sangat cocok digunakan pada ruangan yang menghadap ke arah taman. Guna memaksimalkan jumlah cahaya yang masuk maka bisa menggunakan bahan kaca.

Terlebih dengan penggunaan bahan kaca memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kayu. Selain itu dengan jendela rumah yang menggunakan kaca bisa menghasilkan cahaya jauh lebih terang sehingga membuat rumah tidak gelap.

  1. Jendela Awning dan Hopper

Desain rumah jendela besar terbaru yang bisa menjadi rekomendasi menarik. Model jendela yang ini memiliki bentuk sama pada kedua daun jendelanya. Pada saat jendela ditutup maka akan terlihat penampakannya sama persis. Akan tetapi jendela awning terbuka di bagian bawahnya.

Sementara itu untuk jendela hopper terbuka di bagian atas. Namun jika dilihat dari segi keamanan dan kekuatannya, jendela awning ini jauh lebih unggul karena dari segi keamanan dan kekuatan sebab mekanismenya ini tidak terbebani dengan berat jendela.

Jika jendela hopper, bagian penahannya harus mampu menahan beban berat pada daun jendela supaya tidak mudah jatuh. Jendela awning pun juga jauh lebih baik dalam melindungi ruangan pada saat hujan.

  1. Jendela Pivot

Pilihan jendela yang lainnya adalah jendela pivot dan terbilang berbeda dengan jendela lain. Hal ini dikarenakan penggunaan engselnya pivot berada di bagian tengah dan bukan pinggir jendela. Jenis jendela pivot ini banyak digunakan pada rumah minimalis.

Bahkan jendela pivot juga bisa dibuka secara vertikal ataupun horizontal. Akan tetapi ada kelemahan dengan menggunakan jendela yang satu ini karena bisa merusak bagian gorden rumah. Selain itu juga tidak dapat ditambahkan teralis pengaman hingga kasa nyamuk seperti yang lain.

  1. Jendela Bay

Jenis jendela bay lebih menjorok ke arah depan dan keluar dari garis batasnya bangunan tersebut. Jendela yang satu ini sangat cocok digunakan pada rumah dengan mengusung tema Mediterania ataupun klasik Eropa. Pemasangan jendela dibuat menjorok dengan bentuk melengkung dan kotak.

Selain itu juga desain rumah jendela rumah terlihat mewah dan tampak klasik. Di bagian dalam interiornya jendela bay ini dapat digunakan sebagai window seating. Bahkan jika memungkinkan bisa menjadi tempat santai untuk membaca ataupun kegiatan yang lainnya.

  1. Jendela pita

Salah satu model jendela yang terlihat sangat klasik ini menggunakan kaca horizontal cukup panjang. Jendela ini banyak digunakan pada gedung perkantoran. Namun juga banyak yang menggunakan jendela pita di bagian backsplash dapur agar asap masakan bisa langsung keluar.

Jendela pita sangat cocok diaplikasikan pada rumah yang berukuran sangat besar. Akan tetapi sayangnya jendela pita relatif sangat sulit ditambahkan dengan gorden. Dengan demikian tempias dari cahaya matahari bahkan tidak ada sama sekali. Jendela pita biasanya menggunakan kaca mati.

Keuntungan Memiliki Jendela Besar di Rumah

  • Memberi Nuansa Cerah di Dalam Ruangan

Saat ini banyak sekali pemilik rumah yang lebih memilih dengan menggunakan jendela berukuran besar. Kebanyakan di antara pemilik rumah ini menganggap bahwa model jendela minimalis yang terbuat dari bahan kaca cenderung lebih cerah dan terang.

Jendela yang berukuran besar dari bahan kaca memungkinkan cahaya matahari bisa masuk lebih leluasa. Bahkan para desainer pun banyak yang menyarankan membuat lebih banyak jendela guna menghasilkan nuansa terang di dalam rumah.

  • Mengeliminasi Frame yang Mengganggu

Makin banyak desain jendela yang digunakan dengan ukuran besar mampu mengeliminasi frame. Hal ini tentunya sangat memungkinkan pemilik rumah merasakan efek lebih luas saat dilihat dari dalam ruangan. Penggunaan bingkai jendela hitam bergaya industrial sangat populer saat ini.

Warna gelap seperti abu-abu dan juga bingkai warna matte juga terlihat sangat laris. Pasalnya memiliki kombinasi yang cocok untuk mendapatkan konsep rumah mewah. Desain rumah jendela besar modern dengan gaya kontemporer makin simpel dan bersih.

  • Memberi Sentuhan Gaya Kontemporer

Kaca dengan tambahan bukaan pada jendela lebih lebar dan penggunaan fitur kaca hingga besi yang serasi. Hal ini merupakan ide untuk memberikan efek peningkatan para popularitas gaya arsitektur kontemporer. Para pemilik rumah banyak yang tertarik dengan garis bersih dan nuansa terbuka.

Sebab banyak sekali di kalangan penghuni rumah yang suka melihat pemandangan luar tanpa adanya gangguan sebagai pengalangnya. Perkembangan dengan memilih jendela ukuran besar merupakan pengaplikasian arsitektur gaya kontemporer yang sering ditemukan.

  • Pilihan Lebih Hijau dan Efisien

Pemilihan penggunaan kaca dikarenakan adanya perkembangan teknologi di dalam kinerja dan efisiensi pada kaca. Adanya faktor insulator hawa dingin menjadi lebih baik dan memiliki kemampuan dalam mengatasi cuaca yang tidak menentu.

Dengan demikian banyak sekali pemilik rumah bahkan desainer yang ada di daerah dingin lebih memilih penggunaan unsur kaca di dalam huniannya. Selain itu juga dengan adanya panel kaca memiliki fungsi sebagai sumber penerangan yang sangat alami dan mengurangi pemakaian listrik.

  • Makin Kreatif dengan Interior dari Kaca

Penggunaan jendela dari bahan kaca berukuran besar memang terbilang sangat kreatif. Tidak hanya pada bagian jendela saja, pemilik rumah bisa lebih kreatif memanfaatkan bahan kaca ini sebagai pemisah antar ruang. Salah satunya dengan diaplikasikan pada kamar bergaya industrial.

Kamar menggunakan dinding kaca yang memberi ruang tersendiri untuk pemiliknya tanpa perlu mengurangi unsur keterbukaan. Hal ini pun juga membuat pemilik mempunyai ruang pribadi dengan mengusung efek airy yang terbilang sangat menyenangkan.

Itulah beberapa uraian mengenai desain rumah jendela besar yang bisa menjadi referensi. Pemilihan jendela ukuran besar mampu mendukung kesan yang lebih mewah. Kombinasikan dengan gorden ukuran besar untuk menutupnya agar privasi terjaga. Selain itu visualnya jadi lebih menarik. Raja Gorden di 081219643240 / email ke hello@rajagorden.com siap membantu Anda untuk membuat gorden terbaik!

5/5 - (7 votes)

Leave a Reply