Memilih Gorden Peredam Suara (Gorden Blackout) Untuk Kamar

Gorden Peredam Suara Untuk Kamar – Gorden merupakan salah satu elemen yang hampir ada di setiap rumah. Gorden yang ada di dalam rumah biasanya memiliki 2 fungsi yaitu sebagai alat blokade cahaya dari luar melewati jendela dan juga berfungsi sebagai elemen estetika ruangan.

Akan tetapi ada seiring berjalannya waktu, gorden kini tidak hanya berfungsi untuk kedua hal itu saja. Gorden juga bisa digunakan sebagai peredam suara dari luar sehingga ruangan terasa lebih tenang, Terlebih lagi untuk area ruang kamar yang merupakan tempat untuk beristirahat dan memerlukan ketenangan.

Gorden Peredam Suara Untuk Kamar

Gorden Peredam suara atau yang biasa disebut dengan gorden Blackout ini memiliki banyak motif dan ukuran sehingga harus disesuaikan dengan ruangan kamar. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai gorden peredam suara untuk kamar, mari kita simak yang berikut ini :

Apa Itu Gorden Peredam Suara ?

Gorden peredam suara biasa disebut dengan gorden Blackout. Gorden ini memiliki fungsi yang sama dengan namanya yaitu untuk meredam suara dari luar ruangan. Gorden Blackout atau gorden peredam suara ini bisa memblokir suara dari luar sekitar 40%.

Selain digunakan untuk peredam suara, Golden Blackout juga berguna untuk memblokade cahaya dari luar hingga 99% persen sehingga cahaya akan sedikit sekali masuk pada ruangan. Gorden ini memang sangat cocok untuk digunakan pada area yang perlu ketenangan seperti Kamar Tidur.

Kelebihan Menggunakan Gorden Peredam Suara pada Kamar

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa gorden peredam suara ini sangat cocok untuk tempat yang memerlukan suatu ketenangan seperti di kamar tidur. Kelebihan menggunakannya di kamar tidur adalah bisa mengurangi cahaya yang masuk sehingga ruangan sangat nyaman untuk tidur.

Selain itu, Anda bisa tidur dengan sangat tenang dan nyaman karena kebisingan akan berkurang sehingga kualitas tidur Anda akan sangat baik dan keadaan tubuh yang lelah akan cepat pulih karena tidur lebih puas.

Gorden peredam suara untuk kamar juga memiliki motif yang beragam sehingga bisa digunakan sekaligus untuk menghias ruangan agar tidak terlihat monoton, akan tetapi jika Anda menyukai yang minimalis bisa menggunakan yang polos.

Kekurangan Gorden Peredam Suara Pada Kamar

Gorden Peredam suara memiliki masa yang lebih berat dibandingkan dengan masa gorden pada umumnya sehingga Anda perlu tenaga ekstra untuk memasangnya dan memerlukan tukang untuk memasangnya. Anda juga perlu tenaga ekstra untuk membuka dan menutup gorden ini.

Gorden Blackout yang juga berfungsi untuk memblokade cahaya juga bisa mengurangi cahaya yang masuk pada kamar saat pagi atau siang hari, sehingga bisa menimbulkan jamur pada ruangan karena tidak terkena cahaya matahari.

Untuk mencegah hal tersebut maka Anda harus memberikan pencahayaan yang lebih pada kamar dan juga sediakan humidifier untuk menjaga kelembapan ruangan agar jamur tidak mau menempel pada setiap bagian kamar.

Harga Gorden Peredam Suara

Harga Gorden di Pasaran sangat beragam, ada penjual yang menjualnya per meter, per kilo, atau juga gorden yang sudah jadi dan siap pakai dengan ukuran jendela yang biasa digunakan oleh para masyarakat.

Harga Gorden juga beragam tergantung Anda hanya membeli gordennya saja, membeli gorden dengan aksesoris lengkapnya atau juga bisa membeli gorden sekaligus dengan jasa pemasangannya sehingga harus membayar jasanya.

Biasanya jika Anda hanya membeli gorden saja bisa lebih murah dibandingkan dengan membeli gorden dengan aksesoris lengkap apalagi sekaligus dengan jasa pasangnya yang mana terkadang harus survei ke rumah untuk pengukuran jendela lengkap.

Cara Memilih Gorden Peredam Suara untuk Kamar

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai Gorden peredam suara, selanjutnya yang perlu Anda tahu adalah cara memilihnya sebelum ada membelinya.

  1. Sesuaikan dengan Jenis Desain Ruangan Kamar

Sekarang ini banyak sekali berbagai jenis desain ruangan kamar yang digunakan oleh beberapa masyarakat. Hal ini berkaitan dengan berkembangnya berbagai jenis desain interior masa kini.

Banyak sekali jenis dan model Gorden Blackout yang ada di pasaran.  Gorden Peredam suara ini memiliki banyak sekali motif yang cantik dan ada juga yang hanya berwarna polos saja baik yang hanya satu warna atau yang lebih dari satu warna.

Jika desain ruangan Anda minimalis lebih baik Anda menggunakan warna-warna yang polos atau warna yang monokrom sehingga kamar Anda akan terlihat lebih lega dan tidak terlalu ramai dan tidur pun akan lebih tenang.

Jika desain ruang kamar Anda Industrial bisa memilih warna-warna yang maskulin seperti warna dongker, merah maroon, coklat tua, Army, Hitam dan lain sebagainya atau juga bisa memilih warna kontras seperti kuning tua cerah.

Jika desain kamar Anda Klasik Bisa memilih gorden yang memiliki motif floral yang berwarna dasar pastel sehingga lebih lembut dipandang dan lebih ramah di mata seperti pink pastel, biru pastel, hijau pastel dan lain sebagainya.

  1. Sesuaikan dengan Besar Kecilnya Ruangan Kamar

Pemilihan Gorden juga harus disesuaikan dengan besar kecilnya kamar. Sebelum memilih dan membeli gorden Blackout ini lebih baik mengukur dengan pasti dan jelas jendela kamar Andas sehingga setelah membelinya akan pas jika dipasang.

Jangan sampai hanya membeli gorden yang sudah jadi tanpa mengetahui ukuran jendela sehingga ruangan malah akan terlihat tidak rapi karena gorden terlalu besar atau malah terlalu panjang dan akan cepat kotor juga.

  1. Sesuaikan dengan Furnitur yang ada Pada Ruangan Kamar

Penggunaan furnitur pada ruangan juga akan berpengaruh terhadap pemilihan gorden peredam suara untuk kamar yang satu ini. Perhatikan ruangan Anda apakah memiliki banyak furnitur atau tidak.

Apabila kamar Anda memiliki furnitur yang banyak akan lebih baik jika Anda menggunakan gorden Blackout tanpa motif atau memilih gorden yang memiliki motif sedikit sehingga ruangan tidak akan terlihat terlalu ramai serta terlihat berantakan.

Namun, apabila ruangan memiliki furnitur yang sedikit lebih baik untuk menggunakan gorden yang bermotif sehingga bisa digunakan untuk mengisi ruangan Anda yang lega agar tidak terlihat kosong dan monoton.

  1. Sesuaikan dengan Warna Dinding Kamar

Untuk memilih warna gorden sebaiknya juga harus memperhatikan warna dinding Anda. Hindari pemilihan gorden yang memiliki warna yang sama dengan dinding karena akan terlihat polos dan monoton.

Setidaknya pilih warna kebalikannya seperti jika Anda menggunakan cat dinding berwarna coklat muda maka pilihkan gorden yang berwarna coklat tua, begitu sebaliknya. Anda juga bisa menabrakkan warna agar kamar tidak terlihat kosong. Akan tetapi yang paling aman adalah menggunakan warna monokrom atau netral.

  1. Pilih Harga Gorden yang Sesuai dengan Keuangan

Untuk memilih jenis gorden peredam suara untuk kamar sebaiknya juga disesuaikan dengan keuangan Anda, Anda bisa memilih membeli gorden biasa, dengan aksesoris, atau juga bisa dengan menggunakan jasa pemasangan gorden.

Tinggalkan Komentar