Tips Memilih Rel Gorden dari Warna, Motif, dan Tekstur

Tips Memilih Rel Gorden – Harus mempertimbangkan warna, motif dan teksturnya. Karena rel gorden bermacam-macam. Ada yang berbentuk batang dan ada yang silinder seperti pipa. Selain bentuk, bahannya pun beda. Seluk beluk rel gorden akan dibahas berikut ini.

Sebelum membahas lebih lanjut, mungkin beberapa dari kalian belum mengetahui makna rel gorden. Jadi, rel gorden ialah barang yang digunakan untuk memasang gorden. Jika kalian selama ini belum pernah memasang gorden, mungkin akan sedikit sulit membayangkan. Seperti kereta api yang membutuhkan rel untuk bergerak, gorden juga memerlukan rel untuk terpasang di jendela.

Rel Gorden Silinder

Seperti yang sudah dikemukakan di atas, rel gorden ada yang berbentuk silinder dan juga batang. Terkadang, toko menyediakan gorden beserta relnya satu pasang. Model pasangan tersebut sudah disesuaikan dengan motif dan warna. Jadi Anda tidak perlu capek mencari pasangan gorden dan rel yang cocok. Tapi, bagaimana bila Anda membeli gorden terpisah? Berarti harus mencari rel yang sesuai.

Jangan khawatir, Tips memilih rel gorden berikut akan membantu Anda. Rel gorden tersedia berbagai macam model. Kalian bisa pilih sesuai kebutuhan. Kalau dipakai untuk acara nikahan, biasanya membutuhkan warna cerah. Contohnya merah, kuning, pink, hijau, putih, dan sebagainya. Atau disesuaikan dengan baju pasangan pengantin. Kalau untuk rumah idaman, dapat dicocokkan dengan warna dinding atau perabot rumah tangga.

Rel gorden silinder mempunyai lebih banyak motif dari pada batangan. Sebagian juga bertekstur. Semua tergantung harga. Kualitas berbanding lurus dengan barang. Lebih baik Anda membeli sesuai budget. Rel silinder biasanya khusus gorden yang besar dan lebar. Namun, jika memerlukan rel pendek atau ukuran tertentu, biasanya toko melayani pemotongan rel.

baca juga  Pasang Gorden Jakarta Selatan

Rel Gorden Batang

Rel bentuk batang lebih sedikit warna pilihan daripada silinder atau pipa. Biasanya berwarna putih, abu-abu, atau silver. Untuk memasang rel diperlukan sejenis kawat berbentuk S. Kawat ini nanti dipasang pada pinggiran gorden di antara celah-celah jahitan. Juga membutuhkan benda berwarna putih bolong. Lubang ini nanti akan dipasangkan pada kawat.

Benda putih berlubang ini dipasang pada rel batangan. Lalu, kawat yang sudah terinstal pada gorden, dipasangkan ke benda ini. Lakukan secara teliti dan telaten karena jumlah kawat harus sama dengan benda berlubang. Warna rel yang cenderung polos justru malah memudahkan kita dalam memilih warna gorden. Tekstur dan motif juga bebas, tidak harus menyesuaikan rel.

Gorden dengan rel batang dan silinder memiliki ciri khusus. Gorden untuk rel silinder mempunyai pinggiran berlubang besar dan banyak. Lubang cukup besar ini akan dikenakan ke rel silinder. Sedangkan rel batangan khusus dipakaikan ke gorden tanpa lubang. Sebagai ganti lubang, di pinggirnya ada jahitan-jahitan yang bisa untuk memasangkan kawat S. Jadi, mesti tahu terlebih dahulu jenis gorden apa yang mau kalian beli.

Aksesoris Gorden

Gorden memerlukan aksesoris untuk menunjang penampilan agar tampak indah. Bukan cuma untuk keindahan, melainkan juga agar gorden berfungsi sebagaimana mestinya. Sebenarnya beberapa barang yang telah disebutkan tadi termasuk aksesoris. Rel maupun kawat masuk kategori aksesori. Selain itu ada ring, tassel, hook, renda, stick gorden, dan sebagainya.

Ring adalah benda yang terletak di bagian atas gorden. Fungsinya untuk menggantung gorden pada rel. Ring ini sifatnya sangat kuat, jadi tidak akan mudah tertarik ke bawah. Benda selanjutnya, tassel. Tassel punya bentuk seperti tali berumbai rumbai digunakan sebagai penahan tirai. Benda ini membuat tirai menjadi lebih indah.

baca juga  Tips Memasang Gorden Untuk Para Pemula

Aksesoris lainnya ialah hook. Hook dan tassel terikat satu sama lain. Hook dipakai untuk menahan gorden, sedangkan tassel adalah rumbainya berfungsi sebagai hiasan dan agar lebih berat ke bawah. Renda, dapat digantung di mana saja sesuai selera. Fungsinya agar tampilan gorden terasa menarik.

Harga Rel Gorden

Ada harga, ada kualitas. Memilih rel gorden berkualitas akan membutuhkan budget yang besar pula. Kisaran harga rel gorden antara puluhan hingga ratusan ribu. Patokan harganya bisa per meter atau per batang. Yang menentukan harga rel gorden adalah bahan, motif, panjang, serta teksturnya.

Semakin panjang rel, semakin mahal pula harganya. Standarnya, satu meter rel silinder atau pipa sekitar 40 ribu sampai 60 ribu. Itu harga rata-rata. Bahkan Anda bisa mendapat harga yang lebih mahal jika Anda mempunyai taste yang bagus. Rel tanpa motif dan tekstur alias polos berharga lebih murah daripada yang bertekstur.

Memilih rel gorden yang baik dan berkualitas memang sedikit sulit bila tidak memahami seluk beluk gorden. Maka tak ada salahnya bila mengajak orang yang tahu betul perkara rel gorden. Rel berkualitas menentukan ketahanannya. Semakin bagus bahannya, rel semakin tak mudah lapuk. Semoga tips memilih rel gorden yang baik ini bermanfaat.

Sending
User Rating 5 (2 votes)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button