Tips Memasang Besi Gorden

Tips Memasang Besi GordenBanyak yang suka membeli elemen interior rumah termasuk gorden pintu atau gorden kaca jendela. Tapi sayangnya tidak semua orang suka melakukan pemasangan sendiri. Padahal memasang gorden sendiri tidak sesulit seperti yang Anda bayangkan. 

Dengan memahami bagaimana cara memasang gorden termasuk besi gorden, Anda bisa lebih mandiri. Anda juga bisa mengkreasikan gorden jendela atau gorden pintu sesuai kreativitas. Meski demikian, semua materialnya bisa Anda beli dan temukan di toko jual gorden.

Tips Memasang Besi Gorden

Tips Memasang Besi Gorden Yang Baik dan Benar

Yang dimaksud dengan besi gorden adalah rel penyangga atau batang penyangga yang dibuat dari besi. Rel penyangga ini berperan dengan sangat penting untuk menyangga kain gorden yang tergantung. Berikut ini tata cara pasang besi gorden:

Tahap Persiapan

Membeli Gorden

Sebelum memasuki tahapan utama yakni memasang besi gorden yang sudah dibeli sebelumnya. Anda wajib melakukan berbagai persiapan terlebih dahulu. Persiapan pertama tidak lain adalah membeli gorden. 

Saat membeli gorden, pilih gorden yang cocok dengan kebutuhan jendela dan pintu Anda. Ada banyak sekali jenis gorden yang ditawarkan di pasaran, awalnya mungkin Anda kesulitan untuk memilih. Tapi setelah banyak bertanya, Anda bisa menemukan jenis gorden yang sesuai. Simak bagaimana peranan dan fungsi gorden pada ruangan:

  • Pada dasarnya gorden terdiri dai kain atau material lainnya yang berlipat dan berat. Dibutuhkan besi gorden untuk menggantungkan kain gorden dengan baik dan benar. Selain itu, Anda juga membutuhkan pin gorden.
  • Saat menggunakan batang silinder sederhana, jenis tirai yang cocok untuk digunakan ada tiga yakni tirai grommet, tirai panel juga tirai tab top. Pada umumnya tersedia kantong di bagian atas yang selanjutnya akan dilalui oleh besi. Tidak menutup kemungkinan juga bila besi telah dimasukkan ke tab atau grommet.
  • Panel pintu mempunyai kantong bawah dan atas yang membutuhkan dua besi gorden. Besi gorden ini selanjutnya akan dipasang di pintu tapi terkadang juga ditempelkan begitu saja.
  • Gorden kafe panjangnya tidak sama seperti gorden rumahan pada umumnya. Karena kain yang digunakan panjangnya tidak lebih dari setengah jendela. Ini berguna untuk memudahkan masuknya sinar matahari ke dalam café, sehingga café tidak lagi membutuhkan pencahayaan dari lampu terutama saat di pagi hingga siang hari. 

Jual Rel Gorden Otomatis

Menentukan Panjang Jatuhnya Kain Gorden

Tips memasang besi gorden otomatis selanjutnya yaitu dengan menentukan panjang jatuhnya kain gorden ke jendela atau pintu. Ada baiknya bila ujung gorden memiliki jarak minimal 1.25 sentimeter dari lantai. Terkecuali jika rumah Anda belum dikeramik, maka pilih jarak 2.5 sentimeter sehingga gorden tidak cepat kotor.

Pertimbangkan Jarak Ketika Gorden Dibuka

Ketika gorden dibuka, seberapa banyak jarak yang ingin Anda dapatkan? Bila Anda berencana memasang gorden jendela yang mampu membuka sepenuhnya maka pilih besi gorden yang lebih panjang. Terkecuali jika Anda tidak berencana mendapatkan cahaya sepenuhnya saat membuka gorden. Jadinya Anda bisa pilih panjang besi gorden yang sesuai standar. 

Pilih Pasang Besi Gorden Di Luar Casing Atau Di Casing

Tips memasang besi gorden jendela berikutnya adalah antara memasang besi gorden di casing atau di luar casing. Bila Anda berencana untuk memasang besi gorden di bagian dalam casing, secara otomatis tentunya jendela akan tertutup gorden saat Anda membukanya. Berbanding terbalik bila beli gorden di pasang di bagian luar casing, maka Anda dapat membuka kain gorden secara menyeluruh dan mendapatkan view luar lebih banyak daripada biasanya.

Tentukan pilihan dari tampilan juga style, meski demikian Anda juga harus memperhatikan casing dan bahan dinding. Bila casing yang dimiliki terbuat dari plastik, maka pasanglah besi gorden di dinding. Sementara bila dindingnya dibuat dari plester atau batu, proses pemasangan besi gorden jadi lebih mudah. 

Jenis Besi Gorden

Pasang besi gorden dengan benar

Ukur Tinggi Besi Gorden

Untuk melakukan hal ini Anda bisa memanfaatkan pita pengukur yang Anda miliki, tips memasang besi gorden di tembok ini sudah banyak dicoba orang. Setelah mendapatkan titik ukur yang tepat, tandai masing-masing titik ukurnya dengan laser level.

Tandai Lokasi Bracket

Tips selanjutnya hanya bisa dilakukan bila Anda sudah menyelesaikan tips di atas. Saat memastikan seluruh ukurannya, Anda bisa menggunakan pensil untuk menandai di mana saja sekrup yang tepat untuk dipasang. Usahakan saat memasang casing tidak terlalu dekat dari pinggiran apalagi jika penyangga yang Anda gunakan adalah kayu bukannya besi. 

Namun karena karakter besi yang cukup kuat, maka Anda bisa memasang casing sesuai dengan kebutuhan. Besi tidak rapuh dan sangat kuat jadi tidak akan retak saat casing dipasang terlalu dekat dari pinggirannya. 

Menggunakan Mid Brace Jika Diperlukan

Hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggantung bracket adalah tinggi rendahnya besi gorden. Walau hampir semua besi gorden bisa disesuaikan, akan lebih bijaksana bila Anda memastikan ada jarak di antara dua bracket meski hanya sedikit. 

Buat Lubang Pilot Menggunakan Bor

Tips ini cocok untuk menjaga sekrup supaya tidak merusak kekokohan casing. Jika dipasang pada bracket, usahakan bila lubang pilot yang telah Anda buat sebelumnya cukup besar untuk menempatkan sekrup jangkar. 

Pasang Bracket Pada Casing

Bila Anda berencana untuk memasang bracker antara stud dinding maka pilih jangkar sekrup yang dibuat dari plastik. Bila Anda tidak berencana untuk menggunakan jangkar sekrup, cukup gunakan sekrup penunggang yang telah disediakan dan memang dianjurkan oleh produsen jual besi gorden. 

Periksa Keseimbangan Besi Gorden

Sebelum mengakhiri cara pemasangan besi gorden, Anda wajib memosisikan besi gorden dengan baik dan benar pada bracket. Untuk mempermudahnya gunakan saja mistar tukang kayu, sehingga antara satu sisi dengan sisi lainnya tampak lebih seimbang. Dengan catatan Anda mengukur ketinggian besi gorden ketika titik bracket ditandai. 

Pasang Gordennya

Pertama-tama, silahkan Anda melepaskan besi gorden lantas tempatkan gordennya ke besi tersebut setelah itu gantungkan di bracket yang telah tersedia.  Apabila Anda memutuskan untuk menggantung tirai top alangkah baiknya menggunakan penyangga yang lebih tipis daripada besi. Namun bila Anda tertarik untuk mendapatkan tampilan gorden yang tergantung tinggi, gunakan besi sebagai pilihan utama. 

Memasang gorden dengan menggunakan besi gorden merupakan hal biasa yang sering dilakukan tempat jual gorden offline maupun online. Namun hal yang sama tidak dilakukan oleh konsumen, umumnya konsumen akan memasang gorden dan besi gorden sendiri saat menginginkannya.

Kebanyakan orang tidak ingin repot sehingga memutuskan semua pada jasa pemasangan besi gorden. Padahal ada banyak keuntungan dengan memahami langkah-langkah memasang gorden. Setidaknya Anda bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu membayar jasa pemasangan. 

Proses pemasangan yang dibutuhkan juga tidak terlalu lama. Lama atau tidaknya justru berdasarkan pada jumlah gorden yang dipasang. Bila gorden yang dipasang banyak maka waktu yang dibutuhkan jauh lebih lama. Demikian tips memasang besi gorden, jika butuh info tentang beli gorden silahkan kontak CS Raja Gorden sekarang juga.

Tinggalkan Komentar

Call Now Button
× WhatsApp