Berapa Biaya Pasang Gorden?

Berapa Biaya Pasang Gorden – Pemasangan gorden bisa dilakukan sendiri ataupun menggunakan jasa tukang. Tetapi, bagi yang belum pernah pasang dan sama sekali tidak bisa melakukannya, maka sebaiknya gunakan jasa pasang. Harganya tergantung lebar dan rumitnya model gorden.

Berapa Biaya Pasang Gorden

Faktor yang Mempengaruhi Berapa Biaya Pasang Gorden

Model gorden simpel yang hanya menggunakan satu lapis tirai serta pengait, jauh lebih mudah memasangnya dibandingkan dua tirai. Belum lagi model berponi dan kupu-kupu. Artinya, berapa biaya pasang gorden model apa saja tergantung sulit atau tidaknya.

Selain itu, antara satu jasa dengan tukang lain mungkin saja mematok harga berbeda. Hal ini wajar saja, karena pihaknya berhak menawarkan harga yang diinginkan. Tentu saja, disesuaikan juga dengan standar pada umumnya supaya jasa dengan klien atau konsumen sama-sama diuntungkan.

Bagaimana Cara Memasang Gorden

Cara Memasang Gorden Sesuai Jenisnya 

  • Model Biasa

Model biasa cenderung mudah dalam proses pemasangannya. Bahkan untuk orang yang pertama kali memesan pun, tidak sulit. Hal yang harus diperhatikan adalah ukuran jendela agar bisa disesuaikan dengan panjang batang rel gorden.

Jika menggunakan rel jendela dalam bentuk ring, hanya perlu memasukkan ring ke ujung batang. Bisa juga dengan memasukkan rel ke lubang gorden. Jadi, sangat mudah dengan mengaitkan satu per satu pada rel yang telah ada.

  • Tanpa Batang Rel

Jika Anda memilih gorden tanpa batang rel, cara yang dapat diterapkan yaitu menggunakan kawat. Pasanglah kawat pada sepanjang lebar jendela. Kemudian, di sisi jendela kiri dan kanan buat seperti pengait untuk menopang tirai.

Selain kawat, juga dapat memanfaatkan tali. Terlebih dahulu, regangkan tali sesuai ukuran lebar jendela. Tarik hingga benar-benar kencang supaya kain gorden tidak kendur dan mengurangi estetika tampilannya.

  • Gorden Berponi

Jendela yang ingin dipasang gorden berponi, harus menyiapkan 2 batang rel kuat. Rel pertama untuk menggantung gorden biasa, sedangkan rel satu lagi dipasang lebih atas berfungsi sebagai pengait gorden berponi.

Mulai dengan memasang gorden pada batang rel pertama yang kainnya menutupi keseluruhan jendela. Kemudian, pasang rel kedua yang letaknya di atas rel pertama. Karena bentuknya lebih pendek mirip seperti poni yang hanya menutupi bagian atas jendela.

Gorden Kamar Kupu-Kupu

  • Model Kupu-Kupu

Gorden kupu-kupu sering diaplikasikan pada jendela sempit dan tinggi, baik itu ruang tamu maupun kamar tidur. Membutuhkan dua penyangga dan rel bagian atas dan bawah tirai untuk memasang gorden ini. Caranya sangat mudah, penyangga rel pada sisi atas dan bawah jendela dipasang sejajar mengikuti ukuran panjang kain.

Telusurkan satu rel ke bagian tepi bawah tirai, kemudian pasang di sisi atas jendela. Ujung rel dikaitkan ke ujung rel supaya gorden tidak bergeser. Atur gorden supaya lipatan kain tersebar rata. Kain gorden diikat dengan rapat di tengah menggunakan pita ataupun tali hias.

Gorden Jendela Kantor Cikarang

  • Model Roller Blind

Gorden model ini termasuk tampilan modern yang kini sudah banyak digunakan. Biasanya komponen gorden ini dijual satu set di pasaran, ada yang menggunakan remote. Pasanglah bracket serta gorden pada jendela dengan benar.

Lakukan pengecekan kembali, dengan mencoba menutup gorden. Jika bisa, berarti sudah benar cara pemasangannya. Anda bisa memilih style dalam atau luar kusen. Tidak semua orang bisa memasang gorden, makanya jangan heran saat mengetahui berapa biaya pasang gorden di berbagai lokasi.

Kesalahan dalam Memasang Gorden yang Harus Dihindari

  • Tidak Mengukur Jendela

Kesalahan pertama yaitu tidak mengukur jendela dimana gorden akan dipasang. Maka, jangan heran tirai yang dipasang tidak sejajar lebih kecil atau besar. Oleh keran itu, mulai sekarang cobalah ukur lebar, tinggi jendela dan jarak jendela ke lantai sebelum membeli gorden.

Pengukuran harus dilakukan dengan benar dan teliti. Sebab, jika ada yang salah akibatnya gorden tidak bisa menutup jendela secara sempurna. Gorden menggantung atau terlalu penjang merusak pandangan serta mengurangi kenyamanan.

  • Gorden Kusut

Gorden jangan dipasang sebelum disetrika. Setelah dicuci, harus dirapikan terlebih dahulu lebih cantik dipandang. Jika merasa repot, bisa membawanya ke jasa laundry. Terutama bahan katun lipatan leceknya hanya bisa dihilangkan menggunakan setrikaan.

Gorden bahan satin mengkilap juga sangat kelihatan kusutnya jika tidak digosok terlebih dahulu. Hal ini mengurangi estetika gorden sekaligus berpengaruh pada ruangan. Maka, harus diperhatikan dengan baik.

  • Gorden Terlalu Berat

Gorden terlalu berat juga sebuah masalah bagi jendela. Meskipun modelnya sudah bagus, ukuran lebar dan panjangnya pas tapi tampilannya tidak sedap dipandang mata. Berapa biaya pasang gorden ringan lebih murah dibandingkan gorden berat dan rumit

Jika memang ingin menggunakan model berisi atau banyak lapisan, pilihlah rel gantungan yang kuat. Lebih mampu menahan bobot gorden sehingga tidak kendor saat selesai dipasang. Kain melengkung ke bawah akibat rel kendor, terlihat kurang estetik.

  • Pemasangan Terlalu Rendah

Gorden dipasang terlalu rendah memberi kesan ruangan tampak pendek dan sesak. Meskipun jarak kusen jendela dengan langit-langit tidak terlalu jauh, sebaiknya tambahkan batang pengait yang lebih tinggi daripada seharusnya.

Misalnya, menggantung sekitar 10-15 cm di atas jendela. Tampilannya menjadi lebih tinggi begitu juga dengan ruangan. Kecuali jika terdapat ventilasi di atas kusen, hal ini tidak bisa dipraktikkan sebab dapat menghalangi sirkulasi udara.

  • Tidak Memperhatikan Lipatan Gorden

Gorden apa saja modelnya pasti memiliki lipatan, termasuk yang bergaya klasik. Sebagian orang mengabaikan lipatan ini. Akibatnya, saat gorden ditutup tanpa ada lipatan, tampilannya datar saja. Hal ini membuat kesan gorden tidak hidup dan kurang menyenangkan.

Oleh karena itu, saat membeli gorden lebihkan ukuran kain sekitar 2 meter. Tujuannya untuk memudahkan membuat lipatan dalam pemasangan. Jadi, saat dibuka maupun ditutup tetap tampak gelombang lipat guna meningkatkan keindahannya.

  • Gorden Terlalu Sempit

Kesalahan berikutnya yang sering dilakukan adalah membeli gorden terlalu sempit. Tidak masalah bagi Anda untuk beli kain kemudian jahit sendiri atau menggunakan gorden sudah jadi. Hanya saja, ukurannya jangan terlalu kecil.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kain terlalu pas dengan jendela tanpa lipatan tidak sedap dipandang. Selain itu, karena sangat sempit membuat jendela tidak bisa tertutup sempurna. Padahal tujuan dipasang gorden untuk menutup jendela.

  • Gorden Terlalu Pendek

Sebaiknya gorden dipasang ukurannya lebih panjang daripada ujung jendela bawah. Karena cara ini membuat kesan lebih menarik. Jika terlalu pendek, tampilan jendela seolah seperti kekurangan bahan kain. Karena itu, sebelum kain dipotong hal ini harus dipahami terlebih dahulu.

Meskipun Anda menerapkan gaya klasik, pasanglah kain yang sedikit menyapu lantai. Jadi, tidak harus terlalu panjang, asalkan sudah menyentuh lantai sudah cukup. Sehingga gorden memberikan efek elegan bagi ruangan.

Itulah kesalahan yang sebaiknya diketahui agar bisa dihindari selama pemasangan gorden. Berapa biaya pasang gorden tergantung Anda memesannya di jasa yang mana. Wajar saja jika antara tukang satu dengan lainnya mematok harga berbeda.

Infografis Raja Gorden

Selain itu, gorden yang rumit dan berat pasti sulit memasangnya sehingga biaya pasangnya menjadi lebih tinggi. Jika membutuhkan gordennya bisa melalui Raja Gorden karena menyediakan gorden terbaik untuk segala kebutuhan ruangan Anda. Segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com untuk konsultasi lebih lanjut.

5/5 - (7 votes)

Leave a Reply