Apa Saja Jenis Kain Gorden Mewah yang Populer?

Jenis Kain Gorden Mewah – Sebuah ruangan yang memiliki jendela sepertinya masih kurang lengkap tanpa kehadiran gorden atau tirai. Gorden tersebut memiliki fungsi utama untuk memberikan privasi di dalam ruangan. Seperti yang diketahui, gorden telah hadir dalam berbagai macam jenis dan tipe. Bagi Anda yang mendesain ruangan dengan konsep mewah seperti ruangan bergaya klasik, tentu Anda memerlukan gorden yang berkualitas tinggi. Ada beberapa jenis kain gorden mewah yang dapat digunakan untuk ruangan tersebut yaitu sebagai berikut.

Jenis Kain Gorden Mewah Beludru

Beludru

Beludru juga termasuk material yang cukup populer digunakan untuk jenis – jenis gorden dengan desain mewah. Bahan ini sangat cocok untuk Anda yang mencari gorden yang mampu memberikan privasi terbaik. Sifat bahan yang berat dan tebal juga dapat membantu meredam suara berisik dari luar dan tidak mudah tersibak saat terkena angin.

Beludru menjadi pilihan bahan yang bagus untuk digunakan di kamar tidur, khususnya bagi Anda yang kurang menyukai cahaya dari luar. Selain itu, bahan ini juga dapat memberikan kesan yang lebih dramatis untuk jendela. Biasanya beludru perlu dibersihkan dengan bantuan professional agar dapat dibersihkan secara maksimal dan terjaga keindahannya. Apalagi jenis bahan ini juga sulit jika dicuci sendiri.

Sutra

Bahan gorden mewah selanjutnya adalah sutra. Sudah bukan rahasia lagi bahwa sutra merupakan bahan kain yang cantik dan memberikan kesan elegan. Saat ini sutera telah digunakan untuk membuat berbagai macam model gorden. Tingkat ketebalan kain sutra yang digunakan pun beragam. Ada jenis bahan yang semi-sheer sehingga masih dapat ditembus oleh cahaya. Namun sutra yang lebih tebal dapat memberikan privasi lebih di dalam ruangan.

Gorden sutra saat ini banyak digunakan untuk gorden dengan gaya klasik dan kontemporer. Namun kelemahan dari bahan ini adalah sulit dibersihkan dan kadang perlu bantuan professional untuk membersihkannya. Jadi pastikan Anda sudah menyiapkan budget lebih jika ingin memilih sutra sebagai gorden mewah di rumah Anda.

Lace

Lace termasuk bahan kain yang tipis dan tembus pandang. Walaupun tipis, jenis bahan ini dapat memberikan tampilan yang mewah. Lace menjadi pilihan tepat bagi Anda yang mencari gorden mewah dengan bahan yang ringan, terang, dan menyejukkan. Jika dibandingkan dengan bahan lainnya yang telah disebutkan diatas, lace termasuk bahan yang paling kurang mampu memberikan privasi dan memungkinkan cahaya dari luar masuk ke dalam.

Jenis kain ini menjadi pilihan gorden mewah untuk ruang tamu, dapur, atau ruangan lain di dalam rumah yang memerlukan banyak cahaya alami dari luar. Selain dapat dipasang secara terpisah, gorden ini juga dapat dipadukan dengan kain yang lebih tebal untuk memberikan kesan agar jendela lebih fleksibel.

baca juga  Cara Pasang Gorden Modern

Burlap

Kain burlap memiliki tekstur dan tampilan yang mirip dengan kain linen. Tetapi kain ini memiliki bobot yang lebih berat dibanding linen. Kain burlap memberikan kesan yang polos dan casual tetapi tetap terkesan mewah. Jenis kain ini juga dapat memberikan privasi yang bagus untuk ruangan dan meminimalisir cahaya yang masuk dari luar ketika gorden ditutup. Kain burlap tergolong mudah dibersihkan. Jenis kain ini sangat cocok untuk Anda yang mencari gorden mewah tetapi tidak terkesan berlebihan.

Sintetis

Kain sintetis saat ini menjadi pilihan yang banyak diminati dalam industri pembuatan gorden. Selain karena dari segi harga lebih murah dibandingkan kain dari serat alami, kain sintetis juga lebih awet dan memiliki tampilan yang elegan. Selain itu, jenis kain ini juga mudah dibersihkan jika terkena noda. Kain sintetis itu sendiri saat ini sudah hadir dalam berbagai macam pilihan karena kain tersebut dapat dibuat menyerupai jenis-jenis kain lainnya misalnya sutra atau satin. Jadi, jika Anda mencari gorden mewah dengan harga terjangkau dan mudah dibersihkan, maka gorden dari kain sintetis dapat menjadi pilihan yang tepat.

Blackout

Ini adalah jenis bahan gorden yang mampu menghalau cahaya matahari. Gorden ini juga dapat menghalangi cahaya dari dalam ruangan keluar jendela sekaligus meredam suara dari luar. Kain blackout saat ini telah hadir dalam beberapa merek. Beberapa di antaranya menyebutkan bahwa kain tersebut mampu memblokir cahaya hingga 99% dan meredam suara hingga 40%. Kain blackout terbuat dari bahan yang tebal dan memiliki tenunan yang sangat rapat.

Selain menawarkan backing yang bagus, kain ini juga lebih berat dibandingkan gorden biasa. Oleh sebab itu, jenis kain gorden mewah ini lebih tahan lama. Selama ini, gorden blackout identik dengan warna yang gelap. Padahal, kain blackout juga diproduksi dalam berbagai pilihan warna yang lebih terang. Bagi orang yang terbiasa bekerja malam hari, gorden blackout dapat memberikan suasana seperti malam hari saat mereka tidur siang hari di kamar. Selain itu, gorden ini juga mampu menahan panas di dalam kamar saat cuaca dingin sehingga dapat membantu menjaga kehangatan di dalam rumah. Sebaliknya, pada saat musim panas jenis gorden ini dapat menangkis suhu udara yang panas dari luar. Gorden blackout biasanya digunakan untuk jendela-jendela yang berukuran besar.

baca juga  Pasang Gorden Jakarta Timur

Tips Memilih Gorden Mewah

Menemukan gorden mewah saat ini sudah bukan lagi hal yang sulit. Pasalnya semua penyedia gorden pasti menyediakan pilihan gorden premium dengan desain mewah. Untuk memudahkan Anda mendapatkan gorden dengan desain mewah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diikuti.

  • Warna Emas

Warna emas sangat identik dengan kemewahan. Untuk itu, Anda dapat menjadikan warna emas sebagai pilihan utama jika ingin mendapatkan gorden mewah. Gorden dengan warna emas kini hadir dalam berbagai macam model mulai dari tipe wiru, eyelet, hingga satu set lengkap yang menawan.

  • Warna Merah

Selain emas, Anda juga dapat memilih gorden mewah dengan warna merah. Gorden mewah berwarna merah dengan renda dan bahan yang tebal akan memberikan kesan mewah di dalam ruangan. Warna merah ini dapat dipadukan dengan warna lainnya seperti gorden lapisan dalam dengan warna putih. Atau warna merah juga dapat dipadukan dengan warna emas yang berkilau untuk memberikan kesan semakin gagah.

  • Menggunakan Valance

Valance atau poni gorden menjadi elemen yang bagus untuk menyempurnakan tampilan gorden Anda. Pilihlah valance dengan warna dan desain yang cantik dengan lipatan – lipatan yang rapi. Pastikan valance tersebut memiliki warna yang terlihat harmonis ketika dipadukan dengan warna gorden agar tidak terkesan kontras atau bertabrakan.

  • Tiang Gorden

Tiang untuk gorden saat ini juga telah tersedia dalam berbagai macam tipe. Untuk memberikan kesan mewah, Anda dapat memilih tiang dengan finishing stainless steel atau warna emas yang terlihat berkilau. Atau jika Anda kurang menyukai kesan berlebihan, Anda dapat memilih tiang dengan warna hitam.

Demikian beberapa jenis kain gorden mewah dan tips untuk memilih gorden tersebut. Dengan menggunakan gorden mewah, ruangan di rumah Anda tentu akan semakin terlihat sempurna.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button