Beberapa Pilihan Jenis Kain Untuk Membuat Gorden Yang Indah

Jenis Kain Buat  Gorden – Pada dasarnya gorden atau tirai berguna untuk menghalangi cahaya yang langsung masuk dalam ruangan dari jendela kaca. Gorden didesain dengan tampilan yang semakin menarik dari zaman ke zaman dan tidak hanya itu model atau desainnya juga bisa menyesuaikan dengan desain jendela-jendela di rumah.

Jenis Kain Buat  Gorden

Saat anda menentukan perabotan yang dibutuhkan untuk rumah baru anda maka salah satu yang akan sangat dibutuhkan ialah gorden atau tirai. Sebenarnya memilih gorden tidaklah rumit, anda hanya tinggal mencocokkan dengan model atau desain jendela rumah baru anda. Gorden yang dijual di pasaran sekarang ini mempunyai berbagai ragam motif dan juga warna-warna yang menarik. Akan tetapi jangan sampai salah membeli gorden, perlu memperhatikan apa jenis kain buat gorden yang akan anda beli. Karena ada beberapa tipe jenis kain buat gorden tersebut yang tidak cocok untuk dipasang pada jendela rumah anda. Jadi perlu diperhatikan juga ya.

Ada beberapa jenis kain yang bisa digunakan membuat gorden dan bisa anda jadikan pilihan sesuai dengan kebutuhan anda dirumah. Yuk simak.

Jenis Kain Gorden Blackout

Blackout

Bahan kain yang pertama yakni Blackout, bahan ini diketahui ini mempunyai kemampuan yang cukup sempurna sebagai penghalang masuknya cahaya matahari dari luar ke dalam ruangan. Karakteristik kain Blackout ini halus, lembut, dan tidak susah membersihkanya. Selain itu bahan kain yang satu ini juga bisa dibuat menjadi berbagai ragam gorden karena kainnya yang fleksibel sehingga mudah dijahit, baik untuk dekorasi ruang tamu dan kamar tidur.

Tidak hanya cocok sebagai gorden jendela, akan tetapi juga bisa dibuat untuk dekorasi penutup pintu kamar. Kemampuan kain Blackout dalam menghalangi cahaya yakni hingga 80% . Banyak pilihan variasi motif dan warna sehingga patut menjadi pilihan.

baca juga  Tips Mencuci Gorden Tanpa Perlu ke Binatu

Kisaran harga kain Blackout mulai dari yang paling murah yakni 75 ribu rupiah sampai dengan yang termahal yakni 1.1 juta rupiah. Silahkan sesuaikan gorden dengan kebutuhan rumah anda.

Kain Dimout

Dimout

Salah satu jenis kain buat gorden yang berikutnya ialah kain Dimout. Tahukah anda? Jenis kain ini memiliki kemampuan hingga 90% dalam menghalangi cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Jika anda menggunakan gorden dengan bahan kain Dimout maka objek yang berada dekat dengan jendela akan tampak bayangannya saja. Jenis kain ini memberikan kesan yang elegan dan banyak digunakan untuk gorden dengan desain roller blinds.

Selain menampilkan kesan yang elegan, kain Dimout juga terlihat modern dan minimalis pada jendela suatu ruangan. Kain ini berkarakteristik kaku dan teksturnya yang agak kasar. Namun kualitasnya dalam menghalangi cahaya sangat bagus.

Jenis Bahan Gorden dan Harganya

Lace / Brukat

Tahukah anda? Kain Lace tidak hanya bisa dibuat untuk menjadi gorden akan tetapi juga ada yang membuat pakaian menggunakan bahan jenis ini. Jenis kain yang satu ini ternyata bisa memberikan tampilan yang cantik sebagai gorden jendela ruang tamu rumah anda atau gorden jendela kamar tidur.

Kebanyanyakan rumah penduduk di Indonesia gemar menggunakan dua gorden sekaligus. Biasanya bagian terluar menggunakan kain gorden tebal dan terdalam menggunakan kain tipis yakni kain Lace / Brukat. Karakteristik kain Lace tipis dan mempunyai pori yang besar, sehingga cocok digunakan pada ruangan yang dibutuhkan masuknya sedikit cahaya. Harga kain Lace / Brukat ini juga tergolong murah dibandingkan dengan kain lainnya.

Jenis Gorden Pintu

Chenille

Gorden dengan kain Chenille ini memiliki tekstur yang halus serta lembut akan tetapi tebal dan berat. Kain ini mempunyai susunan serat yang sangat rapat sehingga bisa dikatakan gorden berbahan kain Chenille ini lebih kuat dan tidak gampang robek jika dibandingkan dengan kain gorden lainnya, sayangnya kain sedikit sulit dibersihkan saat terkena noda.

baca juga  Model Gorden Perumahan Terbaik dan Fungsional

Gorden yang menggunakan kain Chenille dapat menampilkan kesan yang klasik sehingga akan menambah elegan rumah anda.

Gorden Paling Mahal

Sutra

Bahan kain gorden yang satu ini mempunyai tekstur yang sangat mulus, halus, lembut dan tenang saja tidak licin. Dengan tekstur yang seperti itu membuat gorden tersebut akan menambah kemewahan pada rumah anda.

Jenis Gorden Jendela

Katun

Kain bahan Katun ini dibuat dengan material dari serat kapas sehingga akan sangat mudah dibentuk menjadi berbagai model gorden yang menarik. Kain ini sangat serbaguna karena teksturnya yang halus dan juga lembut. Dari segi harga kain Katun relatif lebih murah dibandingkan dengan bahan kain yang lainnya. Meskipun sangat halus kain ini cukup kuat dan tahan lama digunakan.

Jual Gorden Mewah Minimalis

Satin

Jika anda menginginkan gorden yang bisa membuat tampilan rumah atau ruangan tampak mewah dan elegan, maka bahan gorden yang patut jadi pilihan ialah satin halus. Memiliki tekstur yang halus dan lembut akan tampak indah terjuntai saat dipasang pada jendela ruangan yang tinggi. Jika bicara harga, kain Satin tergolong terjangkau meskipun tampak mewah.

Jual Gorden di BSD

Semi Blackout

Kain gorden jenis ini sangat cocok jika dipasang untuk ruangan kerja, ruang keluarga, dan ruang baca. Kenapa? Karena kain Semi Blackout mempunyai kemampuan yang bagus dan baik dalam menahan masuknya cahaya matahari. Semi Blackout bahannya tebal namun halus dan tentu saja tidak kaku, sehingga akan memperkuat daya tarik ruangan anda. Pilihan warna dan motif juga sangat variatif sekali.

Belacu

Jenis kain buat gorden yang selanjutnya ialah Belacu. Yakni kain katun yang berwarna putih pucat  yang bersifat masih mentah atau bahan dasar. Sebenarnya warna asli kain Belacu ialah putih kekuningan. Kain jenis ini dapat memberikan kesan yang natural pada rumah anda yang bergaya etnik dengan menambahkan paduan kain jenis batik agar lebih manis.

baca juga  Tips Memilih Gorden Rumah Minimalis Secara Selektif dan Tepat

Perlu juga untuk anda ketahui tidak semua tipe gorden cocok dengan jendela pada setiap ruangan rumah anda. Jika tidak diperhatikan bisa-bisa gorden malah kehilangan fungsi dan keindahan ruangan tersebut. Selain memperhatikan jenis kain buat gorden, hal lain yang perlu diperhatikan ialah tipe gorden jendela yang ada. Silahkan disimak.

  • Tipe Sheer

Yakni tipe gorden jendela bagi anda yang menginginkan privasi namun tetap perlu sedikit cahaya matahari atau lampu masuk dalam ruangan tersebut. gorden tipe ini biasanya berwarna putih polos atau ada juga yang bermotif berbahan voile.

  • Tipe Rod Pocket

Tipe gorden jendela ini ialah yang paling sederhana. Tipe Rod Pocket terbuat dari bahan kain yang sangat ringan, biasanya tipe ini memang khusus untuk jendela yang jarang dibuka tutup jadi fungsinya hanya sebagai pembatas saja.

  • Tipe Valances

Tipe ini sangat cantik dengan bentuk berombak, yang juga memiliki fungsi untuk menutupi batang jendela yang tampak kurang indah. Kebanyakan tipe ini dipadukan dengan tipe cascades, maka perlu penyesuaian untuk kedua warna gorden tersebut.

Sending
User Rating 4.67 (3 votes)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button