Tips Mencuci Gorden Tanpa Perlu ke Binatu

Tips Mencuci Gorden – Kita tentu tidak asing lagi dengan yang namanya gorden, barang ini merupakan salah satu kebutuhan interior rumah. Rata-rata masyarakat menggunakan gorden di rumah mereka. Mulai dari seluruh jendela yang ada dirumah, pintu-pintu kamar juga sudah dipasangi gorden. Model dari gorden itu sendiri juga bermacam-macam bentuknya, jenis kain yang digunakan juga beragam.

Gorden-gorden yang ada di rumah anda tentu dalam ukuran yang cukup besar. Bagaimana sih tips mencuci gorden yang benar dan bersih? Ada banyak cara sebenarnya untuk mencuci dan membersihkan gorden di rumah anda.

Tips Mencuci Gorden

Ada beberapa tips dan trik yang kami rekomendasikan pada anda untuk mencuci dan membersihkan gorden milik anda.

Perhatikan Terlebih Dahulu Jenis Bahan Gorden

Hal ini sangat perlu anda ketahui terlebih dahulu sebelum berencana untuk mencuci gorden yang ada di rumah anda. Bahan kain yang pada gorden sangat berpengaruh pada saat proses pencucian, contohnya ada beberapa bahan kain gorden yang tidak bisa dicuci menggunakan mesin cuci.

Bahan kain gorden yang tipis akan rusak jika anda paksa cuci menggunakan mesin cuci. Mencuci gorden dengan bahan ini sebaiknya cukup anda rendam saja dengan deterjen dan pewangi, selanjutnya bisa anda kucek-kucek saja hingga bersih. Kemudian bilas dengan air bersih lalu jemur.

Ada juga beberapa jenis bahan gorden yang bisa anda cuci menggunakan mesin cuci, seperti bahan katun.

Hilangkan Debu dan Kotoran Menggunakan Vacum Cleaner

Sebelum anda mencuci gorden sebaiknya gunakan vacum cleaner terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengurangi debu yang menempel. Sehingga pada saat proses pencucian nanti, tidak akan menjadi terlalu sulit.

baca juga  Gorden Rumah Minimalis Untuk Jendela Kecil

Mencuci Gorden Berbahan Jaring

Tips mencuci gorden yang berbahan jaring adalah hati-hati jangan sampai menyebabkan gorden sobek atau rusak.

  • Siapkan air hangat dalam baskom untuk merendam gorden tersebut. Anda bisa perkirakan berapa banyak air yang dibutuhkan, tergantung dengan banyaknya gorden serta besarnya ukuran gorden yang akan dicuci.

  • Tuangkan 250 ml cuka ke dalam baskom berisi air hangat yang tadi anda siapkan. Agar bau cuka yang terlalu menyengat berkurang tambahkan juga 2 sdm perasan jeruk nipis. Cuka dan jeruk nipis sama-sama memiliki manfaat untuk membuat gorden semakin bersih.

  • Rendam gorden bahan jaring-jaring anda ke dalam baskom tersebut selama kurang lebih 1 jam. Namun ada juga yang merendam gorden mereka dengan merendam selama semalaman. Karena hal tersebut bisa mengangkat seluruh debu dan kotoran yang menempel pada gorden anda.

  • Jika ada noda membandel yang menempel pada gorden kesayangan anda ini, gunakan adonan pasta yang terbuat dari 4 sdm baking soda dan 62 ml. Gosokkan pasta yang anda buat tersebut pada bagian noda membandel, maka noda akan menghilang.

  • Setelah semalaman anda rendam, selanjutnya proses pencucian bisa dilakukan. Anda bisa mencuci dengan tangan saja tanpa menggunakan mesin cuci. Tapi menurut beberapa orang yang pernah mencoba, boleh saja mencuci gorden bahan jaring menggunakan mesin cuci biasa tapi harus memakai siklus pencucian.

  • Jika anda menggunakan mesin cuci maka selanjutnya masukkan deterjen yang baik untuk kain berbahan halus. Air yang digunakan sebaiknya air hangat ya.

  • Setelah proses pencucian selesai, jemurlah gorden anda. Jangan menggunakan mesin pengering karena bisa merusak gorden anda

Mencuci Gorden Berbahan Blackout

Bahan blackout adalah bahan kain gorden yang sangat tebal. Jenis bahan ini dikatakan bisa menghalangi sinar matahari dan juga meredam suara. Jika anda punya gorden ini dirumah dan bingung bagaimana mencuci nya? Berikut beberapa tips yang bisa anda coba.

  • Untuk mengurangi debu yang menempel pada gorden anda bisa menggunakan vacuum cleaner.

  • Persiapkan baskom berukuran besar  dan isi dengan air serta deterjen yang berbahan lembut.

  • Selanjutnya setelah melepas gorden dari relnya, masukkan kain gorden tersebut kedalam baskom tadi. Biarkan gorden direndam selama 30 menit hingga 1 jam.  Jika air pada baskom masih kotor karena debu dan kotoran gorden, maka ulangi lagi proses dari awal sampai warna air dalam baskom menjadi sedikit bersih.

  • Angkat gorden tadi kemudian bilas dengan air bersih sampai kotorannya hilang.

  • Kemudian jemur gorden tersebut diluar ruangan, tapi ingat jangan sampai terkena sinar matahari langsung.

baca juga  Tips Memilih Gorden Ruang Tamu untuk Jendela dan Pintu

Menggunakan Detergen Yang Cocok

Tips mencuci gorden berikutnya adalah bahwa tidak semua jenis deterjen itu cocok digunakan untuk mencuci gorden. Karena ada beberapa dari deterjen tersebut berbahan dasar yang keras sehingga membuat kain gorden yang berbahan lembut menjadi rusak. Sebagai contoh bahan gorden blackout sebaiknya dicuci menggunakan deterjen yang lembut dan halus, agar tidak merusak tekstur kainnya. Untuk menguji cocok atau tidak deterjen yang digunakan untuk bahan blackout, coba anda celupkan ujung gorden tersebut ke deterjen. Jika warna gorden yang terkena deterjen tersebut berubah, maka sebaiknya anda mengganti deterjen yang lain.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button