Warna Gorden Untuk Cat Tembok Biru

Warna Gorden Untuk Cat Tembok Biru – Gorden dan cat tembok haruslah yang serasi meskipun warnanya tidak harus sama. Warna biru memiliki sifat menenangkan, menggairahkan dan misterius. Dengan mencocokkan cat biru pada tembok dengan pilihan warna gorden yang masih memiliki konsep yang sama barulah disebut serasi.

Warna Gorden Untuk Cat Tembok Biru

5 Aturan Memilih Warna Gorden untuk Cat Tembok Biru

Mencocokkan sebuah warna dengan warna lainnya pasti ada aturannya. Ada beberapa ide dan inspirasi yang bisa memberikan keserasian pada cat tembok biru dengan memilih beberapa kombinasi warna gorden.

Biru merupakan salah satu solusi warna yang klasik dan bergaya kontemporer. Memang elemen yang paling cocok untuk memberikan keserasian pada tembok berwarna biru adalah tampilan gorden.

Untuk memilih warna gorden yang serasi dengan cat tembok biru Anda yang memiliki energi, maka ada beberapa aturan khusus yaitu :

  • Pilih warna-warna netral

Saat memilih padanan warna gorden untuk tembok Anda yang berwarna biru, pastinya lebih cocok dengan pilihan warna-warna netral. Di antaranya seperti pilihan warna putih dan krim, ataupun abu-abu dan krem hingga warna-warna pasir atau gading. Karena, warna-warna tersebut bisa masuk senada dengan tembok biru Anda.

Masih banyak pilihan warna lainnya yang senada dengan warna tadi, seperti silver dan emas, warna tanah liat atau warna biru turquoise dan daun mint. Dengan memadukan warna tersebut pada tembok yang berwarna biru ini, akan membuat ruangan menjadi lebih hangat.

  • Gelap atau terang tidak masalah

Bukan hanya warna netral, dalam memilih gorden yang cocok untuk cat warna biru muda misalnya bisa pilih juga dengan warna biru. Pilihan warna lebih gelap ataupun terang tergantung dari keinginan Anda sendiri, karena semua hal tersebut bukanlah sebuah masalah. Tetapi Anda pun juga bisa membuat sendiri padanan warna yang bernuansa lebih ringan ataupun sedikit lebih membosankan.

  • Jangan takut memilih warna tunggal

Anda juga tidak perlu takut memilih warna single atau tunggal. Maksudnya warna gorden yang terdiri dari satu warna saja. Jadi, tidak harus melulu beberapa kombinasi warna gorden. Apalagi kalau Anda masih ingin mempertahankan kesan minimalis atau sederhana pada suatu ruangan.

Warna gorden yang bahkan polos dengan satu warna sangatlah pas untuk interior minimalis. Anda bisa mencobanya!

  • Perhatikan Tekstur Gorden

Selain mencari pilihan warna yang tepat, Anda juga harus memperhatikan satu hal dalam mencari kombinasi warna gorden. Yaitu perhatikan juga tekstur dari gorden tersebut bukan hanya dari warna birunya saja.

Warna-warna yang terlalu gelap atau terang akan memberatkan tampilan bahan gorden. Selain itu juga perhatikan kesesuaian warna yang tidak cocok dilihat. Karena hanya akan menjadikan ruangan menjadi tidak nyaman.

  • Manfaatkan Background

Ternyata bukan hanya mencari pilihan warna saja yang bisa dijadikan penentuan dalam memilih gorden. Tetapi manfaatkan juga pemilihan background untuk mendekati perpaduan warna tersebut.

Artinya Anda bisa menjadikan wallpaper sebagai pilihan background yang mendekati warna gorden atau dinding tersebut. Dengan penggunaan wallpaper akan lebih memudahkan pencarian kombinasi warna untuk gorden.

Cara Memilih Warna Gorden yang Cocok untuk Dinding Ruangan

Selain mengetahui sebagian aturan yang dipakai dalam memilih padanan antara warna gorden untuk cat tembok biru minimalis. Ada beberapa trik jitu yang bisa dilakukan dalam memilih gorden berwarma untuk dinding ruangan seperti:

  • Eksperimen Warna

Untuk menciptakan sebuah nuansa dari kombinasi warna biru pada dinding, maka Anda bisa melakukan eksperimen warna. Beberapa pilihan warna yang bisa diuji coba. Di antaranya seperti warna-warna biru gelap, biru navy, biru elektrik, biru keemasan, biru abu-abu, biru pucat, wedgwood, light turquoise ataupun biru pastel.

Beberapa warna tersebut memiliki nuansa tersendiri. Seperti pada warna biru navy, disarankan untuk menggunakan warna biru laut pada bagian permukaan dan warna monokrom dengan bentuk-bentuk geometri. Untuk menciptakan kehangatan, bisa memasukkan unsur-unsur bernuansa coklat, emas ataupun pink pucat dan abu-abu.

Ada juga perpaduan dari warna biru gelap beludru pada gorden, yang mana akan membuat tampilannya menjadi sangat mengesankan. Solusi lainnya terdapat pada warna biru elektrik, yaitu sebuah pilihan warna yang berani dan kreatif. Tapi untuk penggunaannya akan lebih baik agak sedikit dikurangi agar tidak terlalu mencolok.

  • Berdasarkan Gaya Desain

Memilih warna berdasarkan gaya desain ruangan juga bisa dilakukan, tidak harus melulu dengan percobaan kombinasi warna. Bicara mengenai desain ruangan, ada beraneka ragam jenis desain interior. Contohnya seperti modern, minimalis, klasik, vintage ataupun Skandinavia. Semua gaya desain tersebut pasti memiliki warna pilihan sebagai ciri khas.

Semua yang berkaitan dengan warna memiliki kesamaan variasi untuk desain minimalis dan Skandinavia. Karena, kedua gaya desain tersebut lebih menonjolkan kesederhanaan. Pada gaya desain minimalis biasanya memiliki warna biru yang lebih tenang dan kalem. Untuk kasus seperti ini akan sangat tidak cocok jika Anda memilih warna gorden dengan warna yang setipe.

Pilih warna netral yang senada, seperti krem ataupun warna krim atau bahkan putih. Warna lain yang masih kontras dengan desain ini adalah warna-warna mustard atau hijau keabu-abuan.

Begitu pun pada ruangan bergaya desain Skandinavia dengan pilihan warna biru terang, akan mengingatkan Anda pada warna-warna bernuansa langit dan bercahaya. Oleh karena itu, bisa dibuat lembut dengan pemilihan warna gorden seperti abu-abu terang ataupun coklat.

Terakhir adalah desain interior klasik, jenis gaya desain ini memiliki kekhasan yang khusus. Karena biasanya memiliki unsur yang kaya, berat dan dalam termasuk pada penggunaan warna biru seperti halnya warna biru gelap.

Solusi terbaik pada gorden adalah pemilihan bahan yang berat dan padat. Dengan padanan warna coklat dan nuansa emas, akan lebih sempurna lagi diikuti dengan ornamen baroque.

Menciptakan Pengaruh Warna Gorden Terhadap Ruangan

Dengan memilih warna yang sesuai pada gorden, pastinya Anda mempunyai tujuan untuk menciptakan nuansa tertentu pada ruangan. Pengaruh apa yang bisa diciptakan dari warna-warna yang dipilih tersebut?

  • Warna Cerah

Anda pasti sudah tahu suasana atau pengaruh apa yang akan tercipta dari pilihan warna-warna cerah pada gorden?

Nuansa ceria akan terbentuk dengan warna cerah dan natural seperti putih, krem ataupun warna krim. Karena, dengan warna-warna ini bisa membangkitkan mood seseorang menjadi lebih bersemangat.

Biasanya warna seperti ini akan dipilih untuk ruangan-ruang yang memang membutuhkan energi lebih besar. Seperti ruang tamu ataupun dapur yang sering dijadikan tempat berkumpul keluarga agar lebih hangat. Terutama pada gorden ruang tamu yang lebih dominan, akan lebih terasa kombinasi warnanya.

  • Warna Dasar / Gelap

Untuk pilihan warna dasar atau gelap seperti hitam atau biru gelap bisa juga dipilih untuk tempat-tempat tertentu. Meski tidak bisa diaplikasikan untuk semua ruangan. Karena, biasanya warna seperti ini ingin mencapai sebuah suasana yang tenang dengan warna-warna dasar dan kalem tadi.

Warna seperti ini akan lebih berguna pada gorden yang berada di dalam kamar tidur. Karena, warna yang tidak menonjol seperti ini sangat bermanfaat untuk suasana saat beristirahat seperti di kamar.

  • Warna Pastel

Terakhir adalah pilihan warna-warna pastel pada gorden yang mengikuti kondisi warna dinding. Warna pastel merupakan solusi bagi Anda yang menginginkan warna berkesan hangat tapi tidak mencolok. Dengan warna seperti kuning muda ataupun putih gading masih bisa terasa hangat dalam ruangan tapi tidak terlalu terang.

Dengan beberapa trik mulai dari pemilihan warna gorden untuk cat tembok biru hingga penciptaan suasana dari pilihan warna tersebut. Maka Anda bisa membuat suasana yang tercipta dengan pilihan gorden menjadi tidak canggung dan terasa nyaman.

Akan lebih bagus jika memesan langsung di tempat terpercaya. Contohnya seperti di Raja Gorden yang bisa dihubungi melalui nomor 0812 1964 3240 / email ke hello@rajagorden.com.

5/5 - (3 votes)

Tinggalkan Komentar