Apakah Gorden Bisa di Laundry?

Apakah Gorden Bisa di Laundry – Gorden adalah furniture yang juga harus selalu dibersihkan atau dirawat seperti halnya sarung bantal dan seprai. Namun pertanyaan yang sering muncul dibenak sebagian orang adalah apakah gorden bisa dibersihkan dengan cara dilaundry.

Apakah Gorden Bisa Dilaundry

Apakah Gorden Bisa Dilaundry? Ini Jawabannya

Ternyata gorden bisa saja jika dilaundry namun juga tergantung pada bahannya. Ada beberapa bahan yang lebih baik di dry clean sedangkan beberapa bahan bisa dilaundry biasa saja.

Satu hal yang perlu diingat bahwa gorden sendiri memiliki ukuran yang cukup besar dan berat. Tentunya dengan melaundry gorden Anda akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi untuk bahan yang memang hanya bisa di dry clean tentunya lebih mahal lagi dari laundry biasa.

Tidak Perlu Dilaundry Gunakan Saja Baking Soda!

Namun ternyata gorden sebenarnya tidak perlu dilaundry karena bisa dibersihkan dengan mudah di rumah menggunakan salah satu bahan yang juga mudah ditemukan. Apakah bahan tersebut?

Soda kue adalah salah satu bahan yang ada di dapur yang memang sangat berkhasiat. Bahan ini bisa membantu untuk menghilangkan noda pada gorden serta membersihkannya dengan efektif.

Jadi meskipun sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan apakah gorden bisa dilaundry di rumah, cobalah untuk menggunakan baking soda saja. Berikut ini adalah bahan serta cara mencuci gorden yang kotor karena debu atau kotoran dengan menggunakan baking soda.

  • Bahan-Bahan

  • Ember Kosong
  • 3 Gayung air dingin
  • 4 gayung air panas
  • 2 sdm detergen
  • 3 sdm baking soda
  • Cara Menggunakan

  • Langkah yang pertama adalah memasukkan 3 sdm baking soda ke dalam ember kosong. Kemudian masukkan 2 sendok makan detergen.
  • Lalu tambahkan 4 gayung air panas ke dalam ember yang telah dimasukkan detergen serta baking soda.
  • Untuk menghangatkan air, masukkan 3 gayung air dingin.
  • Kemudian masukkan gorden yang ingin dibersihkan ke dalam ember yang telah dimasukkan larutan detergen dan baking soda.
  • Agar seluruh noda dan kotoran bisa terangkat, kucek gorden terlebih dulu.
  • Permukaan gorden yang ada di dalam ember disikat.
  • Setelah itu gorden akan terlihat seperti baru kembali.

Cara Merawat dan Mencuci Gorden

  • Memperhatikan Jenis Kain

Apakah gorden bisa dilaundry biasa? Yang harus dipahami adalah tidak semua jenis gorden bisa dicuci dengan menggunakan mesin. Terdapat beberapa gorden yang bahannya tidak perlu dibersihkan menggunakan mesin namun bisa memakai vacuum cleaner.

Pada dasarnya, bahan gorden yang bisa dibersihkan dengan menggunakan mesin cuci adalah satin, polyester dan katun. Bagaimana cara mencuci bahan-bahan tersebut? Beriku panduannya:

  1. Langkah pertama adalah  merendam gorden menggunakan detergen atau air sabun cuci piring untuk mengangkat debu. Rendamlah kurang lebih selama 1 hingga 2 jam.
  2. Lalu, angkat gorden yang telah direndam dari ember dan air yang masih ada pada gorden harus ditiriskan.
  3. Kemudian masukkan gorden ke dalam mesin cuci agar bisa dibilas. Gorden dicuci selama 10 menit dengan menggunakan air bersih.
  4. Masukkan larutan pewangi ke dalam mesin cuci, lalu tunggu sekitar 15 hingga 20 menit.
  5. Langkah terakhir adalah menjemur gorden yang sudah dicuci hingga kering dengan terpapar cahaya matahari secara tidak langsung.
  6. Apakah gorden bisa dilaundry atau tidak? Khusus untuk gorden berbahan beludru, usahakan jangan diperas dengan cara dipelintir kainnya karena bisa membuatnya luntur. Untuk bahan chenille, teknik mencuci yang harus diterapkan adalah teknik dry clean agar tidak menciut.
  • Membersihkan Vitrase

Bagian vitrase, yaitu kain transparan tipis yang acap kali dipadukan dengan gorden juga harus dicuci sesering mungkin. Layaknya gorden, vitrase juga memiliki beragam bahan dan bentuk. Khusus bagian vitrase dengan pola bordir dan berenda, sangat dianjurkan untuk dicuci menggunakan tangan secara manual dan perlahan agar serabut renda tidak rusak.

  • Gunakan Vacuum Cleaner untuk Membersihkan Debut Kering

Apakah gorden bisa dilaundry? Sangat disarankan untuk mencuci gorden 3 hingga 6 bulan sekali. Jangan terlalu sering mencuci gorden karena bisa membuat kainnya jadi rusak dan warnanya cepat pudar. Apabila gorden terkena kotoran dan debu yang berjenis noda kering, gunakanlah sapu lidi atau vacuum cleaner untuk mengangkat noda tersebut.

  • Menyetrika Gorden Secara Perlahan

Ketika menyetrika gorden, Anda harus memastikan suhunya jangan terlalu tinggi agar kainnya tidak rusak. Setrikalah gorden dari bawah ke atas secara perlahan. Kemudian gosoklah lipatan-lipatan gorden sesuai jalurnya untuk mengembalikan gorden ke bentuk semula.

Service Gordyn Tangerang

 

Tips Menyetrika Gorden dengan Praktis

  • Menggunakan Mesin

Yang pertama adalah memasukkan gorden ke dalam mesin setrika. Namun harus adalah batasan maksimalnya. Contohnya, masukkan 2 gorden setiap menyetrikanya. Hal tersebut dilakukan agar mesin tidak terlalu berat dan bisa menyetrika gorden dengan baik.

Pada umumnya mesin setrika yang digunakan adalah setrika yang menggunakan uap. Ada sejumlah gorden yang bahannya tidak bisa dicuci atau terpapar panas secara langsung. Setrika uap adalah pilihan yang sangat tepat.

  • Menggunakan Setrika Listrik

Apabila ingin menyetrika gorden dengan menggunakan setrika jenis listrik, ketahuilah menyetrika menggunakan setrika listrik hanya membuang-buang waktu. Anda harus menekan gorden dengan kuat dengan waktu yang lama. Kemudian suhu panasnya harus dipastikan pas karena akan membuat gorden berlubang karena suhu yang terlalu tinggi.

  • Menambahkan Pelembut

Menambahkan pelembut sangat baik untuk mengurangi kusut pada kain. Menggunakan pelembut juga bisa membuat gorden semakin licin tanpa harus membolak-balik kain dengan menggunakan suhu tinggi.

  • Melipat Kain

Agar mempermudah proses menyetrika, Anda harus mengetahui cara melipatnya. Bagi kain menjadi sejumlah bagian yang sama besar. Dengan melakukan hal tersebut, Anda bisa menyetrika kain gorden dengan sangat leluasa. Cara ini bisa digunakan untuk menyetrika gorden bahan lain yang ukurannya besar.

  • Jangan Menjemur Gorden Langsung Terpapar Sinar Matahari

Jemurlah gorden di bawah area yang tidak langsung terpapar cahaya matahari. Karena, apabila gorden langsung terpapar sinar matahari, warna gorden tersebut akan lebih cepat pudar. Lalu, jangan melipat gorden. Gorden bisa dijemur dalam posisi menggantung seperti halnya saat dipasang di jendela.

  • Menyiapkan Lebih dari Satu Gorden

Sebaiknya Anda mempunyai lebih dari satu gorden. Apabila gorden sedang dicuci atau dibersihkan, Anda masih bisa menggunakan gorden lainnya yang bisa dipasang di jendela.

  • Memisahkan Gorden dengan Cucian Lain

Sebelum mencuci gorden, sangat dianjurkan untuk memisahkannya agar tidak tercampur dengan cucian lainnya. Sebagian orang sering beranggapan bahwa gorden dengan ukuran kecil boleh dicampur dengan pakaian lain agar menghemat detergen, air dan waktu pencucian. Anggapan tersebut ternyata salah dan keliru.

Sebaiknya, cucilah gorden terpisah dengan cucian lain agar dapat mengangkat kotoran dengan menyeluruh dan menghindari risiko luntur. Itulah jawaban apakah gorden bisa dilaundry atau tidak. Ternyata Anda bisa mencuci gorden dengan mudah dan praktis di rumah saja dengan tata cara yang baik dan benar.

Jika membutuhkan gordennya maka hubungi saja Raja Gorden yang menyediakan gorden terbaik. Segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

5/5 - (12 votes)

Leave a Reply