Bagaimana Cara Menjahit Gorden?

Bagaimana Cara Menjahit Gorden – Menjahit gorden sendiri tentu saja memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah bisa menghemat biaya ke tukang jahit gorden. Namun menjahit gorden tentu saja tidak boleh asal menjahit. Sebuah gorden pun harus disesuaikan desainnya berdasarkan ruangan. Sangat disarankan untuk memilih kain dan warna berdasarkan warna pada interior ruangan. Apalagi juga harus memperhatikan desain dan bentuk keseluruhan gorden.

Bagaimana Cara Menjahit Gorden

Bagaimana Cara Menjahit Gorden Ruang Tamu? Ikuti Langkah Berikut

  1. Bagaimana cara menjahit gorden jendela pada ruang tamu? Pastikan terlebih dulu sisi gorden harus tegak lurus dengan lantai sebelum menjahit gorden. Sangat krusial untuk mengikuti prosedurnya kala menjahit prosedur.
  2. Apabila ingin menjahit gorden panjang, tambahkan panjang kain sebanyak 10 cm. Untuk lebar bisa ditentukan sesuai dengan keinginan sendiri.
  3. Untuk mendapatkan lebar gorden yang ideal, sangat disarankan untuk menambahkan 6 cm agar mudah untuk menekuk gorden di sisi tepinya.
  4. Untuk mendapatkan kerapatan gorden, jahit beberapa kanvas, untuk mendapatkan celah sebesar 2 cm.
  5. Sisi ujung gorden harus ditekuk sebanyak dua kali ke arah dalam. Kemudian jahit ujungnya menggunakan mesin jahit.
  6. Selanjutnya adalah melipat bagian tepi bawah ke arah dalam, lalu setrika.
  7. Sematkan menggunakan pin pada tepi tersebut dari sisi dalam.
  8. Lakukanlah step yang sama dengan tepi kepang lainnya, namun tak perlu mengikat ujung tali. Tepi tersebut akan menjadi bagian terluar.
  9. Kemudian, hubungkan kepang ke gorden yang harus dijahit di sepanjang tepi bahwa dan atas gorden.
  10. Lipatan pada tepi kepang juga dijahit, namun tak perlu menjahit sisi luar ujung tali. Anda harus banyak menempatkan pengait jika semakin banyak lipatan pada gorden.

Jahit Gorden Makassar

Cara Menjahit Gorden Dapur

Mungkin sebagian orang belum mengetahui bagaimana cara menjahit gorden ruangan dapur. Akan lebih ekonomis jika menjahit sendiri meskipun bisa membeli model yang banyak dijual di pasaran. Gorden jenis ini ternyata bisa dijahit dengan cepat dan simpel. Sebelum menjahit gorden untuk ruang dapur, sebaiknya siapkan terlebih dulu bahan-bahan berikut ini:

  • Pita Velcro
  • Kain pelapis
  • Kain portier
  • Busur derajat
  • Rel
  • Pin berdiameter 7 mm
  • Sekrup
  • Cincin Plastik
  • Peralatan Menjahit
  • Tali Nilon

Bagaimana cara menjahit gorden pada ruang dapur? Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Untuk memotong bagian lapisan depan kain, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menggambar garis horizontal di lapisan diambil dari bawah sekitar 20 cm.
  2. Kemudian setrika dan tekuk bagian memanjang pada kain pelapis.
  3. Untuk membuat jahitannya presisi pada setiap garis bagian ujungnya, lakukanlah pergerakan mundur.
  4. Tekuk gorden pada bagian yang panjang sebanyak 5 cm, lalu setrika ujungnya.
  5. Jahitlah sayap tepat di jahitan bagian atas. Kemudian lipat sebanyak 2 cm sebelum memproses bagian tepi atas.
  6. Rekatkan pita perekat ke loop.
  7. Lalu tepi atas harus dijahit menggunakan garis. Jahitan dilakukan untuk memproses kain pelapis di tepi yang memanjang. Hal tersebut dilakukan agar sisi depan bahan tidak dikaitkan.
  8. Pada sisi bawah, potong lapisan 8 cm. Kemudian ujung ganda dibuat sebesar 4 cm dan setrika ujungnya.

Apa Bahasa Inggrisnya Gorden

Jenis Kain Untuk Menjahit Gorden

  • Kain Blackout

Kain Blackout adalah tipe kain yang bermanfaat untuk mencegah masuknya sinar matahari ke dalam ruangan. Kain ini memiliki karakteristik mudah dibersihkan, lembut dan halus. Kain ini juga bisa dibentuk menjadi beberapa macam gorden yang berfungsi untuk dekorasi ruang tamu dan juga kamar.

  • Kain Semi Blackout

Jenis gorden ini adalah pilihan yang tepat untuk diaplikasikan di ruangan kerja, ruang keluarga atau ruang baca. Terbuat dari kain semi blackout, gorden ini memiliki fungsi untuk mencegah cahaya matahari masuk ke dalam ruangan hingga 80%. Pada umumnya kain ini memiliki beragam pola menarik dan unik walaupun biasanya terdiri dari warna polos.

  • Kain Dimout

Jenis kain tekstil ini memiliki manfaat untuk mencegah cahaya matahari untuk masuk ke dalam ruangan hingga 90%. Dengan itu, benda-benda yang sangat dekat dengan kain ini hanya akan tampak bayangan.

Kain yang tampak elegan ini biasanya diaplikasikan untuk menciptakan gorden tipe roller blind yang bisa melebar ke bawah atau bisa digulung ke atas.

  • Kain Satin Halus

Kain satin akan menghadirkan sebuah tampilan yang mewah di dalam ruangan. Kain yang mengkilap apabila dilihat dari kejauhan dan terdiri dari permukaan yang lembut memiliki pilihan motif dan warna yang beragam. Ketika diaplikasikan sebagai penutup jendela pun terlihat sangat elegan karena jalinan benang yang cukup rapat.

  • Kain Lace

Kain lace bermanfaat untuk membuat tampilan gorden atau vitrase menjadi cantik dan indah ketika dipasang di kamar atau ruang tamu. Kain lace yang biasanya diaplikasikan untuk membuat pakaian, biasanya juga digunakan pada bagian tengah atau vitrase gorden agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam sebuah ruangan ketika dibutuhkan.

  • Kain Chenille

Kain ini memiliki tekstur yang halus dan lembut. Jenis bahan gorden ini tidak gampang robek dan lebih kuat karena adanya serat kain yang tersusun rapat.

  • Kain Sutra

Kain sutra memiliki tekstur yang lembut dan mulus. Namun kain ini tidak licin dan menjadi pilihan tepat untuk bahan gorden yang memiliki konsep khusus untuk menghadirkan kesan mewah dan lembut pada sebuah ruangan.

Bagaimana Membuat Gorden

Tips Menyesuaikan Mesin Jahit Agar Gorden Lebih Berkualitas

Ingin tahu bagaimana cara membuat gorden dengan kualitas yang baik? Yang perlu dipahami adalah cara mengatur atau menyesuaikan mesin jahit, selain juga memahami teknologi menjahit. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

  1. Pertama adalah dengan mengatur ketegangan benangnya dan memilih jarum yang tepat. Kualitas jahitan pun sangat dipengaruhi dengan kualitas benang.
  2. Untuk membuat sebuah jahitan yang jahitannya kasat mata, panjang jahitan harus diaplikasikan menyesuaikan dengan ketegangan benang dan tegangan tekanan kaki. Hal tersebut juga harus diterapkan agar kain tidak tarik-menarik dengan garis secara bersama-sama.
    Ketinggian gigi pada rak juga harus diatur agar tirai tidak berkumpul kala material bergerak. Apabila salah satu langkah tersebut tidak dilakukan dengan baik, maka bahan akan tarik-menarik dengan jahitan secara bersama-sama. Kemudian tidak memungkinkan bagi Anda untuk menyetrika kain tersebut menggunakan besi jenis apa pun.
  3. Terkadang sebagian besar penjahit melakukan teknik dengan menarik tepi dari gorden ketika melakukan proses menjahit. Ternyata hal tersebut tidak perlu dilakukan oleh seorang penjahit, karena jarum bisa patah dan tepi gorden bisa meregang.
  4. Hal lain yang harus dipahami adalah ternyata sebagian besar kain yang digunakan untuk membuat gorden tidak bisa dijahit berulang kali. Hal tersebut terjadi karena tusukan jarum bekas jahitan yang lama masih tetap membekas. Yang harus dilakukan adalah menggunakan sepotong bahan dengan ukuran yang kecil. Lalu pelajari cara menjahit kain tersebut menggunakan mesin jahit.

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat gorden mungkin ada beberapa yang tertarik untuk membelinya saja. Raja Gorden menyediakan gorden terbaik untuk kebutuhan Anda, segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

5/5 - (5 votes)

Leave a Reply