Desain Jendela Belakang Rumah

Desain Jendela Belakang Rumah – Model jendela bagian belakang memang harus dipikirkan secara teliti sehingga tidak melenceng dari konsep asli dari rumah. Jendela memiliki fungsi sebagai media untuk sirkulasi udara. Maka pemilihannya harus pas dan tepat dengan kesesuaian konsep.

Berbagai Desain Jendela Belakang Rumah yang Menarik

Desain Jendela Belakang Rumah

  • Model Ayun

Jendela dengan model ayun atau casement ini menjadi salah satu pilihan jendela untuk bagian belakang yang terbilang sangat modern. Meskipun demikian masih banyak sekali di antara orang-orang yang menganggap bahwa desain jendela ini memiliki bentuk pintu terbuka.

Dalam hal ini pemilik rumah dapat mengusung desain agar bisa mendapatkan desain jendela yang terlihat lebih terbuka. Bahkan dengan pemilihan jendela yang satu ini maka akan memudahkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Sehingga suasananya lebih terang dan cerah alami.

  • Hung Window

Desain untuk jendela yang bisa menjadi pilihan untuk digunakan pada rumah bagian belakang. Hung window termasuk jenis jendela yang sangat jarang ditemukan di rumah-rumah Indonesia. Akan tetapi justru jendela hung window banyak sekali digunakan di luar negeri terlihat mewah.

Biasanya dalam penggunaan hung window ini terdapat 2 daun jendela dengan jumlah 2 di dalam satu kusen tersebut. Dengan demikian bentuk yang dimilikinya terbilang sangat unik dan menarik. Pemilik rumah bisa membuka jendela tersebut dengan cara sliding ataupun dibuat terbuka keluar.

  • Jendela Nako

Pilihan model jendela untuk rumah bagian belakang yang sangat unik. Jendela ini lebih dikenal dengan sebutan jendela krepyak yang memang sangat terkenal sejak dulu. Model jendela terbilang sangat unik meskipun diletakkan di bagian jendela belakang.

Keunggulan dengan menggunakan jendela model ini tidak hanya unik akan tetapi juga berisiko tercungkil yang disebabkan oleh maling kemungkinannya sangat kecil. Sementara untuk kelemahan jendela nako yakni sulit terbuka apabila tidak dilakukan perawatan dengan baik.

 

  • Pivot

Desain jendela belakang rumah paling nyaman yang bisa menjadi pilihan menarik. Model jendela yang satu ini dikenal dengan nama pivot dan cocok untuk diaplikasikan pada jendela bagian belakang. Menariknya dari jendela pivot menggunakan engsel yang berada di bagian tengah.

Dengan demikian daun jendela memang melekat di bagian tengah. Bagi pemilik rumah yang mempunyai konsep rumah minimalis maka jendela pivot ini merupakan pilihan tepat dan terbilang sangat unik. Jendela bisa terbuka secara vertikal ataupun horizontal tanpa tambahan teralis.

 

  • Jendela Sliding

Jendela sliding atau geser memang sangat tepat untuk dipasangkan pada area di bagian belakang rumah. Model jendela ini terbilang sangat simpel dan tidak memakan tempat serta sangat mudah untuk melakukan perawatan. Hal ini menjadi tempat sirkulasi udara ataupun cahaya dengan baik.

Selain itu juga, pemilik rumah tetap bisa memasangkan kasa anti nyamuk dan tambahan gorden. Sehingga penampilannya lebih cantik dan rapi meskipun letaknya di bagian rumah belakang.

Model Jendela Sudut untuk Belakang Rumah

  • Jendela Bingkai Kayu

Bingkai atau yang dikenal dengan sebutan frame pada jendela ini memang bisa membuat model dari jendela sudut menjadi lebih menarik. Frame inilah yang dapat digunakan untuk jendela belakang dan sangat cocok sebagai tempat bermain anak. Bagian kosong tidak perlu berukuran besar.

  • Jendela Sudut Kubus

Jika ingin memiliki rumah yang menarik maka bisa mengaplikasikan desain artistik. Kali ini pemilik rumah bisa menempatkan tipe jendela dengan sudut kubus dilantai teratas rumah. Jendela yang satu ini dibuat dengan model sederhana menggunakan bahan dari kaca dan dinding beton.

Desain jendela belakang rumah terlihat modern dengan mengusung bentuk kubus. Jendela ini biasanya akan menyentuh bagian plafon dan mampu membuat hunian rumah terlihat lebih cerah. Sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membuat jendela belakang tampak modern.

  • Jendela Tanpa Garis Pinggir

Jika rumah hunian yang ditempati ini berada di atas gunung ataupun bagian belakang rumah menghadap pada pemandangan sangat indah. Maka model jendela tanpa garis ini menjadi pilihan terbaik untuk membuat jendela lebih terang. Sebab setiap hari akan disuguhkan oleh pemandangan.

Tips Memilih Desain Jendela yang Tepat

  • Mempertimbangkan Gaya Arsitektur Rumah

Jika ingin memilih jendela maka penting untuk tetap mempertimbangkan desain arsitektur rumah. Jendela dengan tingkap klasik dengan menggunakan kisi-kisi persegi panjang ataupun berlian bisa terlihat sempurna jika mempertahankan pesona abadi pada rumah bergaya tutor tradisional.

Di sisi lainnya penggunaan jendela geser mampu melengkapi real estate dengan mengusung desain kontemporer. Dengan demikian bisa menyesuaikan pada desain jendela yang digunakan seperti gaya arsitektur rumah guna mencegah elemen desain agar tidak bertabrakan.

  • Menentukan Tujuan Jelas dari Jendela

Tips dalam memilih jendela yang lainnya yakni dengan menentukan secara jelas dari model jendela tersebut. Jika pemilik rumah telah menetapkan tujuan dengan jelas pada saat awal pemasangan maka akan menemukan desain terbaik pada jendela rumah.

Tujuan adanya jendela tersebut bisa untuk mendapatkan cahaya secara alami dari sinar matahari dan meningkatkan ventilasi udara dari jendela tersebut. Selain itu pemasangan jendela tersebut juga bisa untuk menghadirkan pemandangan hingga meningkatkan estetika dari rumah.

  • Jendela Melengkapi Gaya Eksterior

Jendela dan pintu merupakan salah satu elemen arsitektur yang sangat berbeda. Sebab posisinya yang bisa terlihat dari luar menjadi hal penting untuk selalu diperhatikan. Maka dari itu sangat penting bagi pemilik rumah guna memastikan bahwa dari kedua elemen selaras dengan lainnya.

Pada saat memutuskan untuk memilih desain jendela maka sangat penting dalam mempertimbangkan kecocokan antara pemilihan warna, hasil akhir dan gaya secara keseluruhan. Terlebih pada pembangunan rumah baru sebaiknya mengurangi belanja dengan gaya campuran.

  • Menggunakan Orientasi Matahari Sebagai Panduan

Dalam memaksimalkan keseluruhan pada jenis desain jendela maka rencanakan terlebih dahulu jendela dengan memikirkan jalur matahari. Hal ini tergantung dari tempat tinggal secara geografis. Di setiap sisi rumah memang rentan dengan hadirnya cahaya matahari yang masuk ke dalam.

Maka dari itu perlu menerapkan penggunaan jendela dengan melihat dari berbagai sisi. Jendela timur bisa mendapatkan cahaya pagi dan jendela barat bisa melihat sunset pada sore hari. Sementara itu jendela utara akan menerima cahaya lembut dan jendela selatan menerima cahaya terang.

  • Pilihan untuk Membuka Jendela

Desain jendela rumah belakang terbaru yang bisa menjadi referensi dengan menentukan cara membuka jendela tersebut. Pasalnya ada banyak sekali gaya jendela yang dapat digunakan. Seperti halnya jendela tingkap ganda yang hadir dengan selempang di bagian bawah ataupun atas.

Selain itu juga terdapat pilihan gaya membuka jendela untuk model geser, tingkap dan tenda. Sesuaikan pemilihan ini dengan kesukaan dari pemilik rumah dan konsep yang digunakan.

  • Jadikan Efisiensi Energi Sebagai Prioritas

Jadikan pemasangan jendela ini sebagai modernisasi guna meningkatkan efisiensi energi pada rumah. Pada saat kehilangan dan memperoleh panas bisa melalui jendela kaca yang mampu menyumbang 25 sampai 30 persen biaya pemanasan hingga pendinginan.

Maka dari itu investasikan jendela hemat energi yang harus menjadi prioritas pada rumah. Jendela yang hemat energi apabila pabrikannya sudah memasangkan fitur hemat energi seperti kaca insolasi, pelapisan E rendah dan lain sebagainya.

Itulah beberapa uraian mengenai desain jendela rumah belakang yang bisa menjadi referensi menarik. Agar jendela di rumah Anda tidak kelihatan monoton dan membosankan, Anda bisa tambahkan gorden cantik. Hubungi saja Raja Gorden untuk harga gorden terjangkau di 0812 1964 3240/email ke hello@rajagorden.com.

5/5 - (8 votes)

Leave a Reply