Desain Pintu Jendela Minimalis

Desain Pintu Jendela Minimalis – Secara umum jendela merupakan bagian sisi sebuah bangunan yang digunakan untuk melihat bagian yang ada di baliknya. Jendela menjadi bagian terpenting dari sebuah desain hunian. Kompartemen ini bisa dibuka atau ditutup secara leluasa meski ada juga yang tidak memiliki engsel.

Desain Pintu Jendela Minimalis

 

Fungsi Desain Pintu Jendela Minimalis

  • Celah masuknya sinar matahari

Melalui lubang yang terdapat pada jendela, memungkinkan cahaya matahari menerobos masuk ke dalam ruangan. Menjadikan hunian lebih terang sehingga tidak memerlukan lampu pada siang hari. Adanya sinar tersebut juga dapat membuat ruangan lebih berasa hangat.

  • Pertukaran udara

Sirkulasi juga akan lebih lancar dengan adanya jendela. Pertukaran ini sangat penting artinya agar ruangan tidak pengap dan lembap. Dengan begitu ruangan akan lebih sehat karena virus dan bakteri tidak terkondensasi di dalam rumah. Rumah juga akan menjadi lebih sejuk dan segar dengan adanya jendela.

  • Pintu darurat

Jendela terutama yang berukuran besar dan lebar dapat dijadikan sebagai pintu darurat. Sehingga proses evakuasi menjadi lebih cepat dan efektif. Untuk itu pastikan selalu mengecek kondisi engsel jendela agar memudahkan pemilik membukanya apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

  • Dekorasi dan seni

Dewasa ini tampilan sebuah jendela juga tampak lebih beragam dan banyak macamnya. Sehingga tidak mengherankan jika jendela bisa dijadikan sebagai pelengkap dekorasi dan juga memiliki nilai seni.

Bahkan pada beberapa tipe jendela klasik, kerap ditampilkan ragam relief atau ornamen unik yang memiliki nilai seni tinggi. Ragam corak dan warnanya pun bisa disesuaikan dengan tema yang ingin ditampilkan sehingga ruangan tidak terlihat monoton.

  • Sumber inspirasi

Memandang pemandangan di luar jendela penghuni rumah bisa mendapatkan ragam inspirasi menarik untuk membuat sebuah karya. Apalagi jika di depan jendela ditempatkan kursi sofa yang empuk untuk dipakai sebagai spot mencari ide atau hal lain.

Desain pintu jendela minimalis terbaru merupakan teman mencari perenungan yang pas. Seorang penulis atau pelukis juga bisa mendapatkan ragam ide karya-karyanya hanya dengan duduk dan memandang ke luar jendela.

  • Celah mengintip keadaan rumah

Bayangkan jika seorang pengantar paket sudah berdiri dalam waktu lama di luar rumah pelanggan. Apabila pemilik hunian belum kunjung datang meski pengantar sudah berkali-kali menekan bel, maka mereka bisa sedikit mengintip dari celah jendela.

Dengan begitu pengantar akan lebih mendapat kepastian apakah rumah tersebut kosong atau tidak. Namun pemilik rumah hendaknya berhati-hati dengan celah jendela ini agar jangan sampai menjadi sarana pencuri masuk ke rumah kosong.

  • Menikmati pemandangan di luar

Apabila rumah terletak di area dengan pemandangan yang memukau seperti pantai, danau, atau hutan, memasang jendela besar adalah pilihan tepat. Dengan begitu melalui jendela, pemilik rumah bisa leluasa menikmati pemandangan di luar rumahnya.

Cara ini seakan mampu menghadirkan kesan outdoor tersebut masuk ke dalam rumah dan berpadu harmonis dengan desain hunian. Jika rumah tidak terletak di area dengan alam indah, pemilik tentu bisa menyulap halaman belakangnya menjadi taman kecil yang asri.

  • Memperlihatkan sisi di balik dinding

Jendela dapat menampilkan sisi di balik dinding dan kondisi sekitar tempat tinggal. Dengan jendela maka pemilik hunian bisa mengetahui berjalannya waktu. Kapan pagi, siang, sore, ataukah malam hanya dengan sedikit mengintip ke luar jendela rumahnya.

Material Pembuatan Pintu Jendela Minimalis

  1. Pintu jendela minimalis dari full kaca

Jenis jendela satu ini kerap disebut sebagai desain pintu jendela minimalis borderless karena benar-benar memiliki bingkai yang sedikit atau nyaris tidak ada. Beberapa keunggulan yang dimiliki tipe ini adalah:

  • Hemat energi

Karena tampilannya yang tidak terhalang oleh bingkai, maka cahaya matahari bisa menerobos masuk dengan sangat leluasa. Menjadikan penggunaan lampu dapat diminimalkan.

  • Ruangan lebih luas

Pemandangan yang tidak ter-block mampu menghadirkan ilusi ruangan yang lebih luas.

  • Bisa diaplikasikan outdoor/indoor

Biasanya jendela jenis ini juga bisa difungsikan sebagai pengganti dinding. Selain itu penempatannya pun sangat fleksibel bisa untuk area yang bersinggungan langsung dengan luar ruangan, bisa juga diletakan dalam ruangan.

  1. Pintu jendela minimalis dari logam

Logam memiliki keunggulan tahan terhadap panas dan tidak mudah terbakar. Sifatnya yang sulit terbakar ini dinilai lebih aman ketimbang material kayu atau pun plastik yang cepat meleleh.

Karenanya material ini sangat cocok dipakai di area dapur yang bersinggungan langsung dengan api. Sehingga dapur-dapur restoran berbintang kerap mendesain area kitchen set-nya dengan full logam.

Untuk desain jendela biasanya dipakai besi atau aluminium. Besi cenderung lebih berat dan mudah teroksidasi ketimbang aluminium yang lebih ringan dan mudah dibersihkan. Hanya saja desain pintu jendela minimalis aluminium cenderung lebih cepat terlihat kusam.

Meski dengan segala keunggulan yang dimiliki, tidak semua area rumah cocok dipasangkan jendela dari logam. Hindari tempat-tempat lembap seperti kamar mandi atau tempat cuci baju karena air hanya akan membuatnya mudah berkarat sehingga menimbulkan kerak.

Jangan lupa untuk melapisi jendela ini dengan cat pelindung karat agar lebih awet. Bila perlu lapisi kembali dengan cat khusus. Selain membuat tampilan lebih menarik, cat juga dapat berfungsi sebagai pelindung logam.

  1. Pintu jendela minimalis dari plastik

Jendela minimalis berbahan plastik cocok ditempatkan di area-area dengan kelembapan tinggi. Hal tersebut dikarenakan bahan ini tidak akan teroksidasi atau pun keropos seperti layaknya logam dan kayu.

Jika pemilik rumah berada di area dengan curah hujan cukup tinggi, maka jendela plastik bisa dijadikan pilihan. Selain itu jendela plastik bisa dipasang pada area kamar mandi dan laundry, karena sifatnya yang lebih tahan air.

Hindari memasang jendela plastik pada ruangan-ruangan panas seperti di dapur terutama yang bersinggungan langsung dengan api. Hal tersebut dikarenakan bahan ini mudah meleleh pada suhu tinggi.

  1. Pintu jendela minimalis dari kayu

Desain nuansa kayu mampu menghadirkan kesan hangat pada ruangan. Sentuhan ornamen kayu ini juga mampu memberi nuansa tradisional yang sederhana. Orang akan banyak menjumpai penggunaan kayu pada desain-desain jendela Jepang, Cina, Korea, dan lain-lain. Untuk jenis kayu yang kerap dipakai sebagai desain jendela yakni: jati, meranti, atau cendana.

Biasanya model jendela pun akan menyesuaikan gaya bangunan yang khas di masing-masing wilayah tersebut. Jendela kayu sangat pas ditempatkan pada area kering seperti ruang keluarga, area tengah, dan lainnya.

Hindari meletakan jendela kayu pada tempat-tempat yang mudah basah karena air hanya akan membuatnya cepat lapuk dan keropos. Selain itu musuh utama kayu adalah rayap. Karenanya jangan lupa untuk melapisi bingkai jendela kayu dengan pelitur khusus anti rayap agar kusen lebih awet.

Ragam manfaat dan material dari desain pintu jendela minimalis bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pilihlah bahan berkualitas sehingga keawetannya lebih terjaga. Selain itu penting juga mempertimbangkan aspek perawatan dan aksesorisnya seperti gorden. Raja Gorden menawarkan gorden pintu dan jendela yang menarik berbagai varian. Anda bisa kontak 081219643240/email ke hello@rajagorden.com untuk info lebih lanjut.

post

Leave a Reply