Cara Pasang Gorden Vertical Blind

Cara Pasang Gorden Vertical BlindJika Anda berencana untuk melakukan pemasangan vertical blind sendiri tanpa bantuan jasa pasang gorden, maka sebaiknya tahu tips ini. Tidak perlu ragu atau khawatir, karena tips pemasangan gorden vertical blind yang baik dan benar bisa ditemukan dengan mudah. Proses yang dibutuhkan untuk memasang gorden vertical blind pun sangat singkat. Bahkan Anda tidak membutuhkan banyak peralatan, cukup sediakan clips, bracket, juga sekrup. Dan satu alat penting lainnya yang wajib ada tidak lain adalah alat mengukur jendela.

Cara Pasang Gorden Vertical Blind

Cara Pasang Gorden Vertical Blind Yang Benar

Punya keinginan untuk mengganti tirai jendela dengan vertical blind? Jika ya, sebelum membelinya pelajari terlebih dahulu bagaimana cara pemasangan gorden vertical blind yang baik dan benar:

  • Ukur jendela

Hal utama yang wajib Anda perhatikan sebelum memasang gorden vertical blind tidak lain adalah mengukur jendela. Dengan mengetahui ukuran jendela, Anda bisa memutuskan pilihan berikutnya akan memasang vertical blind di luar kusen atau tepat di bingkai kusennya. Karena tempat pemasangan yang berbeda akan memberikan kesan dan keuntungan yang berbeda. Dalam melakukan pengukuran jendela, gunakan alat ukur seperti meteran. Jika tidak punya, Anda bisa meminjamnya pada tetangga atau membeli meteran di toko peralatan bangunan. 

  • Persiapkan peralatan 

Setelah proses pengukuran selesai bukan berarti tugas Anda pun usai. Cara pasang gorden vertical blind yang benar berikutnya adalah mempersiapkan berbagai peralatan. Semua peralatan yang dibutuhkan biasanya sudah dikirimkan bersamaan dengan paket vertical blind yang Anda beli secara online maupun offline.

Peralatan yang dimaksud di antaranya adalah satu set clips, bracket dan tidak lupa pula sekrup. Bracket yang digunakan memiliki fungsi sentral yakni untuk menahan tirai supaya bisa tetap melekat kuat di tempat semestinya. 

  • Tandai titik tertentu untuk memasang bracket

Setelah semua peralatan siap, ambillah pensil untuk menandai area tertentu yang akan dipasangi bracket. Bracket ini menjadi peralatan penting yang wajib digunakan untuk memasang vertical blind. Saat melakukan penandaan tersebut, pastikan Anda tidak menarik jarak yang terlalu jauh dari sisi atas jendela. 

Setelah titik penanda bracket selesai dibuat, ambil sekrup yang telah disediakan sebelumnya lantas pasang sekrupnya memakai bor atau obeng. Gunakan kekuatan Anda sehingga bracket terpasang dengan kuat.

  • Pasang tirai

Dan cara pasang vertical blind sendiri untuk yang terakhir kalinya adalah dengan memasang blind itu sendiri. Ketika melakukan step ini, perhatikan kondisi tirainya jangan sampai Anda memasang vertical blind dalam kondisi kusut. Penting sekali untuk menjaga kerapian vertical blind sebelum memasangnya. 

Tips tambahan, saat memutuskan untuk memasang vertical blind baik dari luar maupun dalam jangan lupa untuk menambahkan lebar dan tingginya. Pada umumnya, bracket memiliki lebar sebesar 2.5. Jadi ketika menandai titik bracket tambahkan beberapa inci lagi. Tujuannya tidak lain untuk memastikan jika jendela bisa ditutup dengan baik secara menyeluruh oleh tirai vertical. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda pelajari untuk memasang vertical blind pada jendela. Tidak sulit sama sekali, bukan? bahkan amatir pun bisa belajar cara pasang gorden vertical blind ini dengan mudah. 

Keuntungan Memilih Gorden Vertical Blind

Ada banyak model tirai penutup jendela, lantas mengapa Anda memilih vertical blind? Tentu ada alasannya bukan? Apa karena berbagai keuntungan yang diberikannya atau karena modelnya yang unik? selengkapnya tentang keuntungan memilih dan menggunakan vertical blind simak berikut ini:

  • Bisa digunakan dengan mudah

Efisiensi merupakan sifat alamiah manusia modern, hal yang sama juga berlaku saat memilih gorden jendela. Maka alih-alih memilih model lainnya banyak orang yang suka model vertical blind. Karena model tirai penutup ini sangat efisien dan mudah untuk digunakan. 

  • Model elegan nan minimalis

Selain mudah dipakai, kelebihan lain dari vertical blind adalah memiliki model elegan nan minimalis cocok untuk diaplikasikan di ruang publik yang membutuhkan kesan formal. Seperti perkantoran, lobby hotel, lobby kantor bahkan ruang kerja di rumah. Dengan kesan elegan nan minimalis ini, Anda akan merasakan nuansa yang berbeda saat berada di ruangan tersebut. Setidaknya Anda bisa menguasai diri untuk bersikap profesional bukannya sebaliknya. 

  • Dapat mengatur pencahayaan dengan baik

Salah satu fungsi tirai jendela adalah untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Hal yang sama tentunya bisa dilakukan dengan baik oleh model vertical blind ini. Anda bisa mengatur pencahayaan yang dibutuhkan dengan ruangan sehingga ketika di siang hari ruangan tidak terkesan panas atau terlalu terang. 

  • Bisa dipasang dengan mudah

Di atas telah dijelaskan bagaimana cara pasang gorden vertical blind sendiri. Bila dibaca secara sistematis, bisa kita tarik kesimpulan jika cara pemasangan vertical blind memang sangat mudah. Anda bahkan tidak perlu membeli peralatannya secara terpisah, karena umumnya jasa jual vertical blind sudah melengkapi produk mereka dengan berbagai peralatan yang dibutuhkan. 

  • Dibuat dari banyak material dan memiliki banyak warna

Tidak mau kalah saing dari jenis tirai lainnya, vertical blind pun memiliki berbagai warna-warna yang cantik dan menarik. Vertical blind juga dibuat dari material yang beragam. Maka dengan karakteristik dan kelebihan tersebut, vertical blind mampu menarik perhatikan minat pembeli dengan mudahnya.

Karena pembeli bisa menentukan pilihan dengan lebih beragam, mau menyesuaikan antara vertical blind dengan warna cat atau antara vertical blind dengan style desain interior. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, Anda cukup menginformasikan kebutuhan vertical blind pada staf toko jual vertical blind yang Anda kunjungi. 

  • Mudah Dirawat

Untuk apa menggunakan tirai penutup jendela yang sulit dibersihkan dan dirawat? Hanya akan membuat Anda kerepotan saja, bukan? maka dari itu pilihlah vertical blind. Tirai ini memiliki karakteristik yang sangat bagus dan mudah sekali perawatannya.

Meski mudah berkerut saat terkena gesekan dengan furniture lain atau manusia, vertical blind bisa dengan mudah kembali ke bentuk semula dengan cepat. Yang perlu Anda lakukan cukup melakukan pengaturan ruang saja. Jangan tempatkan furniture terlalu dekat dari vertical blind. Dan jika vertical blind rusak, Anda bisa segera melakukan perbaikan. Akan lebih mudah bila kerusakan kecil secepatnya diperbaiki sehingga tidak melebar menjadi kerusakan yang besar.

Meskipun terlihat sepele, nyatanya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memasang vertical blind. Salah satunya adalah tinggi jendela, bila faktanya tinggi jendela yang Anda miliki di kantor atau rumah terkesan sempit. Alih-alih menggunakan vertical blind dianjurkan untuk memasang horizontal blind. Sementara untuk memberikan kesan simple pada interior ruangan, baiknya Anda hanya memiliki vertical blind yang berwarna polos.

Menemukan vertical blind polos di toko jual gorden tidak sulit. Mereka umumnya menjual berbagai model dan warna vertical blind yang beragam contohnya seperti Raja Gorden. Bonusnya Anda tidak perlu mempelajari cara pasang gorden vertical blind sendiri karena Raja Gorden punya tim pemasangan yang handal.

Tinggalkan Komentar

Call Now Button
× WhatsApp