Tirai Vertical Blind

Tirai Vertical Blind – Vertical atau window blind bisa membuat tampilan interior rumah semakin menarik dan elegan. Apalagi untuk tipe rumah dengan desain minimalis modern. Vertical blind merupakan salah satu pengganti tirai atau gorden yang bisa dipasang di rumah dan dapat digunakan untuk penutup kaca jendela.

Tirai Vertical Blind

Ada banyak material yang digunakan dalam membuat vertical blind. Contohnya seperti kayu dan plastik. Biasanya material tersebut disusun vertikal dan diikat dengan tali kemudian bisa dibuka tutup dengan gampang. Sistem pengoperasiannya ada yang manual hingga otomatis, ada yang ditarik dan ada pula yang memakai remote control.

Bagaimana Cara Memilih Tirai Vertical Blind yang Terbaik?

Memutuskan untuk memasang tirai seperti apa maka juga harus bisa memilih yang terbaik. Apalagi harus dicocokkan dengan ruangan atau desain interior rumah tersebut. Berikut faktor penting yang harus diperhatikan saat hendak memilih vertical blind seperti:

  • Putuskan untuk memilih model vertical blind seperti apa yang cocok atau sesuai denagn tema ruangan. Anda harus memikirkan soal model dan warna yang seperti apa.
  • Putuskan pula ingin memilih blind dengan material yang seperti apa. Lebih baik memilih jenis material yang berkualitas tinggi sehingga tidak mudah rusak. Selain itu, material berkualitas tinggi akan lebih awet dan tidak butuh banyak biaya perawatan dan penggantian dalam waktu singkat.
  • Perhatikan ukuran jendela saat Anda mau beli tirai vertical blind minimalis. Jangan sampai ukuran vertical blind terlalu kecil atau malah lebih besar dari ukuran jendela. Nanti Anda harus mengeluarkan biaya lebih jika salah ukuran dan ingin menggantinya.
  • Terakhir, Anda juga perlu menyesuaikan dengan jumlah cahaya matahari yang ingin Anda ijinkan masuk ke dalam rumah. Hal ini mengenai tingkat kerapatan vertical blind yang diberikan. Semakin rapat jelas semakin baik dalam menghalangi cahaya matahari dari luar untuk masuk.

Mengenai material yang bisa dipilih ada banyak sekali, tidak hanya plastik atau kayu yang tersedia. Berikut ini beberapa jenis vertical blind seperti:

  • Vertical blind kayu

Yang pertama adalah tirai vertical blind kayu yang kelihatan elegan dan warm. Jenis blind seperti ini sangat cocok untuk rumah dengan interior bertema tradisional atau alam. Anda bisa memilih blind dari berbagai material kayu berbeda-beda. Silahkan cocokkan dari warna dan tekstur untuk memilih jenis kayu yang tepat.

Blind dari kayu ini tidak hanya indah, namun juga awet atau tahan lama bahkan sampai bertahun-tahun. Meski begitu, harga vertical blind dari kayu termasuk mahal.

  • Vertical blind fabric

Yang kedua yaitu blind dari fabric alias kain dimana tersedia dengan berbagai macam jenis warna dan model. Harga blind dari fabric termasuk terjangkau, apalagi blind yang terbuat dari material kain kanvas.

  • Vertical blind PVC

Jenis blind lainnya selain kayu dan kain adalah material PVC atau polyvinyl chloride. Material ini tidak hanya bagus tampilannya, tapi juga ramah lingkungan. Selain itu kelebihan lainnya adalah kokoh, awet, banyak pilihan warna, tembus pandang dan tersedia dalam berbagai ketebalan.

Bahan PVC juga tahan api, sangat baik untuk blind di kamar anak-anak, dapur, dll. Jika Anda ingin pasang blind dengan penampilan cerah dan nampak alami, silahkan pilih PVC.

  • Vertical blind metal

Metal yang dimaksud ini adalah blind berbahan aluminium yang paling sering digunakan. Karena material ini harganya terjangkau serta hemat biaya, selain itu juga tersedia dalam berbagai varian warna dan model. Tidak perlu takut jika blind metal berkarat, Anda tinggal memilih yang berkualitas sehingga mudah dibersihkan.

  • Vertical blind elektrik

Jika Anda ingin memasang blind yang otomatis dan modern maka pilihlah jenis blind elektrik. Jenis ini mempunyai motor listrik sehingga blind bisa dibuka tutup secara otomatis dengan mudah. Anda tidak perlu menarik tali secara manual. Sayangnya karena otomatis, maka harganya juga lebih mahal dibandingkan blind manual.

Jasa Pasang Tirai Vertical Blind di Rumah

Jasa profesional seperti Raja Gorden menyediakan jasa pasang vertical blind langsung ke rumah Anda. Memang memasang vertical blind tidak semudah pasang tirai biasa. Umumnya berikut langkah-langkah pasang tirai blind yang biasanya dicoba:

  • Pertama-tama Anda harus mengukur besarnya jendela yang ingin Anda tutup dengan vertical blind. Tentukan apakah Anda ingin pasang blind di dalam atau di luar bingkai kusen. Sebaiknya beri kelebihan sekitar 2 cm pada kanan dan kiri supaya tirai blind bisa menutupi jendela dengan sempurna.
  • Selanjutnya beri tanda bracket yang mau dipasang. Biasanya saat Anda ingin pasang blind akan tersedia satu set clips, bracket, dan sekrup untuk menahan tirai itu. Anda bisa memakai pensil untuk menandai dimana bracket akan dipasang.
  • Persiapkan obeng dan obor untuk memasang sekrup, lalu dilanjutkan dengan memasang bracket serta tirai blind. Pasang braketnya di tembok bagian atas jendela, ini fungsinya untuk tempat memasang tirai secara vertikal.
  • Selesai. Anda sudah bisa membuka tutup blind tersebut. Sistem operasinya memang bisa manual atau otomatis. Ada yang dengan menarik tali grendel dan kur untuk membuka tutup blind itu. Tali grendel digunakan untuk membuka tutup blind agar cahaya masuk ke ruangan. Sedangkan tali kur untuk membuka blind ke kanan serta kiri.
  • Jika tirai blind yang terbuat dari fabric kelebihan panjangnya, maka coba dengan hati-hati dipotong dengan rapi.

Berikut ini kelebihan dan kelemahan pemakaian blind pada jendela:

  • Harga tirai vertical blind umumnya amat terjangkau dibandingkan jenis gorden biasa.
  • Dapat mengatur sinar matahari masuk lebih mudah sesuai kebutuhan.
  • Tersedia berbagai macam model yang elegan dan minimalis.
  • Mudah perawatannya dan mudah dibersihkan.
  • Tersedia dalam berbagai macam material dengan kelebihan masing-masing.
  • Tersedia dalam berbagai macam warna.
  • Pemasangannya cukup rumit dibanding gorden biasa
  • Model serta warnanya meski ada banyak, namun juga tidak sebanyak gorden biasa.

Harga Tirai Blind Vertical yang Berkualitas

Harga tirai blind yang ada di pasaran ada bermacam-macam. Tergantung dari jenis material yang digunakan, termasuk juga model dan sistem pengoperasiannya. Jadi, jika Anda ingin tahu dengan pasti berapa harganya bisa tanya produsen vertical blind.

Contohnya seperti Raja Gorden, produsen gorden dan tirai berkualitas di Indonesia. Anda bisa menghubungi kami di 0812 1964 3240 pada hari dan jam kerja. Bisa juga email langsung ke hello@rajagorden.com.

Harga tirai vertical blind sendiri bervariasi dari ratusan ribu rupiah. Contohnya seperti blind yang terbuat dari material dim out standard, bisa dijual mulai dari Rp 160 ribuan, namun ada juga yang lebih mahal seperti material solar screen heavy duty yang dijual sekitar Rp 390 ribuan.

Anda bisa pasang vertical blind dan dicocokkan dengan berbagai tipe jendela. Silahkan konsultasikan langsung dengan Raja Gorden untuk tahu rekomendasi terbaik.

5/5 - (3 votes)

Tinggalkan Komentar