Desain Jendela Ruang Keluarga

Desain Jendela Ruang Keluarga – Jendela bukan saja hanya sebagai sumber pencahayaan ruangan di siang hari, bukan juga sekedar pengatur sirkulasi udara semata. Kemunculan berbagai desain jendela ruang keluarga juga turut berkontribusi dalam menambah keindahan konsep yang diusung. Apa sajakah yang harus dipertimbangkan dari sebuah penempatan jendela?

Desain Jendela Ruang Keluarga

Tips Memilih Desain Jendela Ruang Keluarga Yang Terbaik

  • Kaca jendela harus menjawab semua kebutuhan

Memilih desain jendela ruang keluarga haruslah yang bisa menjawab seluruh kebutuhan penghuni rumah. Jadi balik lagi kepada kondisi ruangannya. Misalkan apabila rumah berada di area terpencil dan penghuni ingin leluasa memandang view di luar, bisa menggunakan kaca jendela bening.

Namun apabila menginginkan privasi tinggi, jendela bisa menggunakan kaca cermin yang mana tidak akan memperlihatkan aktivitas di dalam ruang keluarga. Opsi lainnya ialah menggunakan kaca frost yang terlihat buram sehingga memblok pemandangan dari luar ke dalam ruangan.

Kaca frost juga dapat digunakan untuk menghalau sinar matahari yang masuk ke ruangan sehingga tidak terlalu intens. Lain lagi apabila ukuran jendelanya besar atau hendak menggunakan jendela dinding, maka jenis kaca yang sebaiknya dipakai adalah kaca warna.

Kaca dinding kerap disebut juga dengan curtain wall memiliki kelebihan mampu menyerap panas. Sehingga ruangan di dalamnya akan tetap terasa lebih sejuk sebagaimana menggunakan dinding tembok pada umumnya.

Ketebalan kaca yang digunakan pun bisa sangat bervariasi yakni dari 5mm hingga 20mm. Semua bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan akan ukuran jendela. Biasanya semakin besar ukuran jendela, maka ketebalan kaca yang dipakai juga semakin tebal.

  • Desain jendela harus sejalan dengan desain hunian

Sebagaimana tren yang berkembang di masa kini, seluruh aspek rumah hendaknya dibuat dengan memperhatikan nilai estetikanya. Tidak ketinggalan jendela pun masuk ke dalamnya. Jadi jendela tidak hanya untuk pencahayaan dan sirkulasi, namun harus tetap mempertimbangkan aspek seninya.

Untuk itulah pemilik harus memperhatikan desain jendela ruang keluarga yang digunakan hendaknya sesuai dengan konsep ruang dan bangunan yang diusung. Tentunya konsep tersebut juga bertolak dari luas area, hingga lingkungan sekitar.

Misalnya apabila ruangan yang dimiliki sempit, maka pilihlah tema minimalis yang tidak banyak accessories ukiran. Dengan begitu pemilik dapat mengakali ruangan sempitnya menjadi tampak lebih lega.

Namun apabila kapasitas ruang dan bangunannya besar, malah akan terlihat “sepi” jika mengusung konsep minimalis. Untuk ruangan besar, agar tidak terlihat timpang, bisa memilih tema-tema klasik. Tetapi jika tidak ingin terlihat kuno, desain tetap bisa dikombinasi dengan konsep modern.

Tidak hanya model jendela, warna kusen pun sangat menentukan keseluruhan gaya dan tata ruang. Pilihan warna untuk konsep minimalis biasanya bermain pada warna-warna netral seperti putih yang memberikan kesan bersih dan lapang.

Sedangkan untuk tema klasik bisa menggunakan varian warna yang mencerminkan kemewahan ala istana Eropa. Warna emas, atau merah yang berkilau bisa sangat cocok dijadikan pemanis ruangan. Warna-warna tersebut akan sangat pas disandingkan dengan berbagai ukiran pada kusen.

Untuk tema industrial yang mengesankan tampilan unfinished, dapat menggunakan warna gelap seperti hitam atau abu-abu. Selain itu kusen coklat dengan karat alami juga pas dipadukan dengan tema ini.

  • Jangan lupakan perihal keamanan dari sebuah jendela

Bagi rumah yang berlokasi tepat di pinggir jalan raya besar, jangan gunakan jendela lebar yang berhadapan langsung dengan area tersebut. Hal ini akan membuat seluruh aktivitas rumah mudah terekspose dari luar dan bisa mengundang niat jahat seperti maling.

Sebaiknya pada area dengan lokasi seperti ini, pemilik harus memasang terali besi yang melengkapi jendela. Selain itu ukuran jendela hendaknya dibuat kecil saja sehingga area dalam rumah bisa lebih tertutup.

  • Ketahui arah datangnya matahari sebelum pasang jendela

Cek arah timur dan barat rumah untuk menentukan posisi jendela yang tepat. Hindari membuat jendela terlalu besar dan lebar yang menghadap langsung ke arah matahari. Memasang bukaan terlalu banyak di spot-spot tersebut hanya akan membuat ruangan menjadi terlalu panas dan menyilaukan.

Di mana tujuan utama sebuah jendela adalah untuk membuat area terang secukupnya namun ruangan tetap terasa sejuk.

Jadi desain jendela ruang keluarga yang berlokasi di barat atau timur dapat dipilih yang ukuran kecil saja. Dengan begitu acara kumpul keluarga tidak akan terganggu oleh panas matahari baik pagi atau pun sore hari.

  • Gunakan arah bukaan jendela yang sesuai

Perhatikan kondisi lingkungan sekitar untuk menentukan jenis arah bukaan jendela ruang keluarga. Apabila jendela berhadapan dengan halaman samping, kebun belakang, atau teras, pemilik bisa lebih leluasa memilih jenis bukaan jendela rumahnya. Baik itu bukaan ke luar, ke atas, atau ke dalam.

Sedangkan jika area di sebelahnya bersinggungan langsung dengan lahan milik orang lain, maka jendela geser adalah solusi terbaik. Dengan memilih jendela geser, maka tetangga di sebelah rumah tidak akan merasa terganggu.

Penghuni bisa bermain pada arah geserannya, apakah horizontal atau vertikal ke atas. Tentunya harus disesuaikan dengan konsep ruangan yang diusung.

  • Pilih ragam desain yang dicocokkan dengan tema rumah

Ada berbagai macam desain jendela yang bisa disesuaikan dengan konsep hunian yang dibangun. Dengan begitu keberadaan jendela tidak akan timpang dan malah bisa menjadi pelengkap dalam desain hunian tersebut.

Macam-macam bentuk jendela seperti persegi yang simpel, bulat layaknya desain jendela kapal laut, hingga segitiga dan lain-lain. Pemilik juga bisa mempadu-padankan dengan berbagai warna yang sesuai konsep. Melihat fungsi utama dari sebuah jendela

Ketika akan memilih jenis jendela yang dipakai, jangan lupa mempertimbangkan pada fungsi utama yang ingin didapatkan. Misalnya apabila jendela hanya untuk pencahayaan saja, maka bisa memilih kaca mati yang tidak bisa dibuka tutup.

Sedangkan apabila untuk pencahayaan saja, jendela bisa menggunakan kaca frost yang tidak tertembus cahaya. Lain lagi jika fungsi jendela akan dimaksimalkan, baik untuk masuknya sinar serta sirkulasi. Maka gunakan kaca bening dengan daun yang bisa dibuka tutup.

  • Pertimbangkan penggunaan gorden sebagai pemanis jendela

Gorden memang merupakan ornamen pelengkap dari sebuah jendela. Meski begitu, peranannya pun penting. Gorden bisa digunakan untuk menjaga privasi dalam ruangan terutama di malam hari. Selain itu ornamen ini juga merupakan pelengkap dari keseluruhan desain yang ada.

Ada berbagai macam bahan pembuatan gorden, mulai dari kain hingga kayu dan bambu yang kerap disebut tirai. Bahan ini hendaknya disesuaikan juga dengan lokasi ruangan yang akan dipasang.

Contohnya jika gorden akan dipasang pada jendela dapur, maka jangan gunakan bahan kain yang menjuntai dan melambai-lambai. Apalagi jika akan dipasang dekat dengan api. Sebaiknya pilih dari material yang tidak berkibar-kibar seperti kayu atau plastik yang bisa digulung ke atas ketika pemilik hendak memasak.

Lain lagi jika tirai akan diletakan di area lembap seperti kamar mandi. Hindari bahan kayu karena akan cepat lapuk ketika terkena air.

Memilih desain jendela ruang keluarga bagi sebagian orang memang agaknya gampang-gampang susah. Memadukan berbagai model dengan konsep, tata letak, hingga luas ruangan pun membutuhkan daya imajinasi tinggi. Tidak ada salahnya berdiskusi dengan penghuni rumah lain atau ahlinya, dan sesuaikan dengan kondisi yang ada.

Jangan lupa untuk memasang gorden untuk membuatnya menjadi lebih cantik. Raja Gorden menyediakan gorden terbaik untuk kebutuhan Anda, segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

5/5 - (7 votes)

Leave a Reply