Jenis Gorden Peredam Suara Gedung

Gorden Peredam Suara Gedung – Semua orang pasti tahu bahwa gorden, fungsinya selain untuk membatasi beberapa aktivitas dari dalam dan luar ruangan (seperti gorden untuk jendela dan pintu), untuk menghalau sinar matahari, juga memperindah sebuah ruangan, mengingat motif yang ada pada bahan gorden cukup bervariasi. Ini yang kelak membuat ruangan anda terlihat lebih indah, dan semakin nyaman untuk ditinggali.

Gorden Peredam Suara Gedung

Namun tahukah Anda bahwa ternyata, gorden juga mempunyai fungsi lain, yaitu gorden peredam suara gedung. Mungkin hal ini terdengar aneh untuk sebagian orang. Namun hal ini memang ada, dan saat ini sering digunakan oleh beberapa gedung atau ruangan tertentu.

Apa Itu Gorden Peredam Suara

Seperti namanya gorden peredam suara gedung artinya gorden tersebut, mampu meredam aneka macam suara yang berasal dari luar ruangan. Gorden Blackout, adalah nama dari jenis gorden yang dimaksud.

Bahan kain tersebut, terbilang cukup tebal, yang membuat berbagai macam cahaya, baik sinar lampu hingga cahaya matahari. Bahkan bisa mencapai sekitar 95 % cahaya tidak mudah masuk ke dalam ruangan. Tidak hanya itu, karena bahannya cukup tebal, maka aneka macam suara dari luar, tidak mudah masuk atau dengan kata lain, mampu diredam dengan baik. Adapun tingkat kemampuan peredam suara yang dimiliki oleh bahan yang satu ini adalah sekitar 40%. Jadi ketika menggunakan gorden jenis ini, maka suasana di dalam ruangan, jadi terbilang gelap (jika tidak menggunakan sinar lampu yang tepat), juga jadi terasa sunyi, mengingat suara dari luar, tidak mudah masuk ke dalam ruangan. Anda yang ingin suasana sunyi, dan tenang, tentu dapat menggunakan gorden jenis ini.

Fungsi dan Dapat Digunakan Dimana Saja Gorden Peredam Suara Gedung

Gorden jenis ini, tentunya dapat digunakan dimana saja. Yang tentunya sesuai dengan kebutuhan dari gorden itu sendiri, seperti :

  • –         Ruang keluarga

Seperti diketahui bersama, ruang keluarga adalah, tempat berkumpulnya sebuah keluarga. Dimana terkadang, ada acara untuk bercengkerama bersama, sambil menonton acara atau bahkan film favorit. Untuk menambah meriah kegiatan seperti ini, sebaiknya gunakan gorden peredam suara gedung. Selain mampu menghalau sinar matahari, agar ruangan tidak terlalu terang, juga mampu menghalau aneka macam suara dari arah luar. Terutama Anda yang tinggal di dekat jalan raya, atau di jalur utama kompleks perumahan, yang umumnya bising.

  • –         Kamar tidur

Kamar tidur, adalah kamar yang digunakan untuk beristirahat. Dimana terkadang Anda akan mematikan cahaya lampu sebelum tidur. Digunakannya gorden jenis ini, selain mampu meredam suara bising dari luar, juga mampu menghalau sinar matahari yang masuk. Mengingat bahan kain jenis ini cukup tebal. Sehingga 95% sinar matahari tidak dapat masuk secara mudah.

  • –         Gedung perkantoran

Umumnya, bagian ruang meeting, ruang direktur, dan beberapa jenis ruangan lainnya, juga menggunakan jenis gorden tersebut. Fungsinya selain mampu menghalau sinar matahari yang masuk, juga mampu menghalau suara bising dari luar.

  • –         Gedung bioskop

Tidak jauh berbeda dengan gedung perkantoran, gedung bioskop juga sangat membutuhkan tirai seperti ini. Untuk fungsi, tidak jauh berbeda dengan yang lainnya, terutama untuk menghalangi sinar masuk ke dalam ruang bioskop itu sendiri.

Selain beberapa gedung atau ruangan yang disebutkan di atas, kain jenis ini juga dapat digunakan pada jenis gedung atau ruangan lainnya, seperti gedung rumah sakit, gedung pameran, ballroom dan yang lainnya.

Jenis Gorden Peredam Suara 

Jika ditanya tentang jenis gorden peredam suara gedung, memang tidak banyak pilihan, seperti jenis gorden lainnya. Dimana jenis gorden seperti ini hanya ada 1 macam, yaitu gorden Blackout. Namun demikian, koleksi warna dan corak yang dimiliki oleh jenis gorden ini terbilang cukup banyak. Itu sebabnya, Anda dapat memilih dan menyesuaikannya dengan gedung atau ruang yang akan menggunakan tirai atau gorden tersebut.

Misalnya saja Anda hendak menggunakan jenis gorden tersebut untuk kamar, dimana desain kamar tersebut, terbilang minimalis, dengan warna dinding cream. Secara otomatis, pilihan warna dan motif gorden, tidak terlalu banyak. Anda dapat menggunakan warna cream, coklat, atau jenis warna lainnya.

Sedangkan untuk warna pada gedung perkantoran atau yang lainnya, umumnya menggunakan warna-warna netral, seperti warna coklat, warna hitam, old navy, dan warna lainnya. Tentunya pemilihan warna seperti ini akan disesuaikan dengan warna dan desain dari gedung atau ruangan itu sendiri nantinya.

Cara Menggunakan Gorden Peredam Suara  

Anda yang saat ini membutuhkan atau ingin menggunakan gorden peredam suara gedung seperti ini sangat mudah. Cukup mengunjungi toko gorden besar, terdekat di kota Anda. Untuk memperoleh tirai secara tepat,  tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

–         Perhatikan luas daerah yang akan dipasangi gorden. Dalam hal ini, sebaiknya Anda mengukur panjang, lebar, dan tinggi dari luas daerah yang akan dipasangi oleh gorden tersebut.

–         Yang kedua adalah memilih batang tirai yang tepat. Seperti diketahui bersama, batang tirai yang umumnya diletakkan di bagian atas ini memang cukup beragam bentuknya. Ada yang menggunakan batang aluminium kecil, ada yang menggunakan batang aluminium berukuran besar, menggunakan kayu, dan yang lainnya. Tidak hannya bahan dan ukuran batang tirai yang harus Anda perhatikan disini, namun juga tentang desain tirai itu sendiri. Sama seperti batang, desain tirai yang ada saat ini juga terbilang beragam, ada yang menggunakan teknik menjuntai, menggantung dan yang lainnya. Dalam hal ini, Anda sebaiknya menyesuaikan desain batang tirai dan desain tirai pada pihak toko tirai atau pada desain interior sendiri.

–         Memilih warna dan motif yang tepat

Selain kedua bahan di atas, berikutnya adalah memilih motif dan warna yang tepat. Motif dan warna pada bahan jenis ini tentunya cukup beragam. Anda dapat memilih salah satu warna dan motif yang sesuai dengan kebutuhan.

–         Memilih toko yang tepat

Hal lain yang tidak boleh terlupakan adalah memilih toko yang tepat. Selain memiliki aneka koleksi motif dan warna gorden peredam suara gedung, juga sebaiknya mempunyai layanan lainnya. Layanan yang dimaksud, mulai dari mampu memberikan saran, tentang aneka macam desain warna yang tepat sesuai kebutuhan, juga mampu memberikan solusi desain gorden yang juga tepat.

Mengingat gorden Blackout ini berbeda dengan gorden pada umumnya. Sebaiknya pilih penyedia jasa, yang tidak hanya memberikan layanan jual, namun juga mampu memberikan layanan pasang tirai.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan, ketika Anda akan menggunakan gorden Blackout sebagai gorden peredam suara gedung adalah harga. Dalam hal ini, berapa budget yang sudah dipersiapkan sebelumnya, pastikan biayanya sesuai dengan estimasi sebelumnya, agar tidak mengalami overbudgeting. Apabila Anda masih belum memahami harga rata-rata jenis gorden yang satu ini, tidak ada salahnya jika mencari informasinya secara online atau mengunjung toko tirai secara langsung.

Tinggalkan Komentar

Call Now Button