Memilih Jenis Gantungan Gorden Berdasarkan Tipe Gorden yang Anda Miliki

Jenis Gantungan Gorden – Salah satu aksesoris yang menyempurnakan penampilan rumah adalah gorden. Gorden banyak macamnya, dan aksesorisnya pun beragam yang pastinya semakin mempercantik penampilan gorden yang menjadi bagian dari kediaman Anda. Gorden adalah bagian dari aksesoris rumah yang sebaiknya ada. Beberapa manfaat gorden diantaranya adalah:

Jenis Gantungan Gorden

  • Untuk menyaring cahaya yang masuk melalui pintu atau jendela kaca.

  • Agar aktivitas yang dilakukan di dalam kediaman masing-masing tidak terpantau dari luar khususnya pada malam hari dengan jenis jendela kaca yang transparan.

  • Tampilan jendela dan kediaman semakin indah dengan adanya gorden yang menghiasi. Tampilan gorden semakin maksimal dengan adanya fasilitas gorden yang mendukung yang dipilih sesuai kebutuhan, salah satunya adalah jenis gantungan gorden yang merupakan aksesoris yang sangat penting.

Tips Memilih Jenis Gantungan Gorden Sesuai Tipenya

Dalam memilih jenis gantungan gorden tentunya harus disesuaikan dengan tipe gorden jendela yang Anda pilih. Adapun tipe gorden jendela yang cukup familiar diantaranya adalah:

Jenis Gorden Jendela

  1. Tipe Sheer

Jenis gorden yang satu ini cocok sekali bagi Anda yang ingin suasana ruangan lebih privat dengan sedikit cahaya yang masuk ke dalam ruangan.  Sedikitnya cahaya yang masuk bukan berarti tidak ada cahaya sama sekali ya. Lampu jalan atau cahaya matahari tetap bisa masuk namun jumlahnya terbatas. Dari segi bahannya cukup tipis dan agar cahaya yang masuk ke dalam tersaring dengan maksimal namun ruangan tetap nyaman. Biasanya bahan yang digunakan untuk gorden jenis ini adalah voile dengan warna polos maupun dengan motif. Jenis gorden yang satu ini cocok sekali digunakan sebagai pelapis gorden yang diterapkan pada jenis ruangan apapun. Adapun tipe gorden yang satu ini cocok jika menggunakan jenis gantungan gorden yang simpel  dan ringan mengingat nuansa yang dimunculkan gorden tipe ini pun sederhana.

baca juga  Tips Mencuci Gorden Tanpa Perlu ke Binatu

  1. Tipe Rod Pocket

Adapun tipe gorden jendela yang kedua adalah rod pocket. Ini adalah model gorden yang sangat sederhana dimana bagian atasnya terdapat lubang yang dibuat untuk menggantungkan gorden pada tangkai gorden. Biasanya bahan yang digunakan adalah kain dengan bahan yang ringan dan sifatnya lebih permanen sebab tidak ditujukan untuk dibuka dan ditutup dengan mudah. Fungsi dari jenis gorden yang satu ini adalah untuk pembatas dan tidak untuk banyak di geser. Jenis gorden ini cocok sekali jika digunakan untuk ruangan yang jarang dipakai.  Karena sudah ada lubang yang dikelim yang terbuat dari bahan dasar kain, jenis gorden ini tidak membutuhkan gantungan gorden.

  1. Tipe Draperies

Ini adalah jenis gorden yang sifatnya sebagai penghias selain untuk memberikan fungsi utama gorden.

Tujuan utamanya adalah agar tampilan ruangan menjadi lebih menarik, umumnya menghadirkan warna-warna yang cantik. Dari segi tampilannya, korden ini memiliki tampilan yang sederhana, memiliki bentuk permukaan yang menyerupai gelombang dengan desain menggantung. Adapun jenis kain yang digunakan adalah kain yang berat. Tidak hanya itu, bahan ini juga biasanya diperkaya dengan thermal curtain yang mengandung bahan dasar akrilik yang diletakkan pada bagian lipatannya. Ini memberikan efek yang lebih hangat saat cuaca sedang dalam kondisi dingin. Efektif sebagai peredam suara dan juga untuk meng-filter cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Karena tujuan dari gorden ini adalah sebagai penghias dengan desain yang bergelombang, jenis gantungan gorden yang cocok adalah gantungan yang mudah di geser dan bentuknya pun unik dan menarik untuk mendukung tampilan gorden agar semakin maksimal.

Jenis Gorden Jendela

  1. Tipe Cascades

Ini adalah desain gorden yang tampil dengan model menjuntai di samping kanan dan kiri jendela. Adapun motif-nya bervariasi dan memiliki model yang panjang baik di salah satu sisi maupun keduanya. Umumnya jenis model ini terpisah dari swag, atasnya membentuk model setengah lingkaran yang cocok jika  di pasang di kamar pribadi maupun ruang baca. Gunakan model gantungan yang menarik mengingat model gorden yang satu ini pun memberikan kesan yang elegan dan berkelas.

baca juga  Gorden Rumah Minimalis Untuk Jendela Kecil

  1. Tipe Valances

Umumnya, tipe gorden yang satu ini dikombinasikan dengan gorden jenis cascades. Valances hadir dengan bentuk yang berombak, indah dan bisa disesuaikan dengan fungsi yang Anda inginkan. Valances memiliki model yang berombak dan cocok untuk menutupi bagian jendela yang dirasa kurang “manis”. Kombinasikan warna valances dan cascades yang pas dan usahakan keduanya dibuat dari bahan yang sama. Adapun batang gordennya biasanya dibuat dari pelmets yang cocok digunakan untuk ruangan dengan ukuran yang tinggi dan lebar agar semakin menawan.

Jenis Gorden Jendela

  1. Tipe Tiers

Ada valances yang direkomendasikan untuk menutup area jendela bagian atas, sedangkan untuk bagian bawahnya digunakan tiers  yang umumnya menutupi hingga mencapai sepertiga bagian jendela yang paling bawah. Baik valances maupun tiers jika dipadukan dengan baik akan membentuk kombinasi yang manis dimana cahaya yang masuk ke dalam ruangan tetap teratur dengan baik namun sisi personal dalam ruangan tetap terjaga. Biasanya, jenis gorden yang satu ini digunakan untuk kamar mandi dan dapur.

Jenis Gorden Jendela

  1. Tipe Eyelet

Jenis gantungan gorden dengan ring-ring besi yang digunakan untuk menggantungkan gorden di bagian atas jendela biasanya tersemat pada  tipe gorden eyelet. Umumnya, tipe gorden ini dibuat dari kain yang ringan. Manfaat dari pemakaian gantungan gorden model ring salah satunya adalah agar mempermudah dalam menggeser tirai dari satu bagian ke bagian yang lain. Gerakan ring gorden cukup lepas karena bentuknya lingkaran. Biasanya, jenis gorden ini dipasang pada kamar tidur anak dan bisa juga diaplikasikan pada ruang keluarga atau kamar tidur dengan desain yang modern. Modelnya umumnya simple dan up to date.

  1. Tipe Tab Top

Secara garis besar, model gorden ini hampir mirip dengan eyelet. Bedanya adalah pada penggunaan ring yang diganti dengan kain. Bahan yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Saat digantung membentuk lipatan dan cocok untuk mendesain ruangan dengan efek formal.

baca juga  Tips Memilih Gorden Ruang Tamu untuk Jendela dan Pintu

Jual Outdoor Blind

  1. Tipe Blinds

Biasa disebut dengan kerai dan seringkali digunakan di perkantoran. Namun ini tidak berarti di perumahan tidak cocok menggunakan  tipe gorden yang satu ini ya. Adapun bahan yang digunakan umumnya cukup keras dan di bagi menjadi beberapa macam, seperti roller blinds, vertical dan horizontal blinds, serta roman blinds.

Beberapa jenis  gorden di atas tentunya menjadi penentu apa kiranya jenis gantungan gorden yang Anda inginkan. Ada jenis gorden yang memang membutuhkan gantungan, dan ada yang tidak memerlukannya. Selain itu, jenis gantungan gorden juga menyesuaikan dengan fungsinya, apakah cukup sebagai gantungan gorden ataukah untuk fungsi geser juga. Suasana ruangan yang ingin diciptakan pun menjadi penentu jenis gantungan yang sebaiknya dipilih untuk menyempurnakan tampilan gorden Anda. Yuk, pilih gorden dan gantungan yang paling sesuai untuk mempercantik hunian Anda.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button