4 Jenis Gorden Kantor yang Artistik dan Fungsional

Jenis Gorden Kantor – Perkembangan arsitektur sekarang ini memungkinkan para arsitek berkreasi dengan berbagai jenis gorden berbujet minimal, tapi tetap fungsional dan mewah dilihat. Gorden kantor termasuk ke dalam jenis gorden ini. Tak cuma fungsional, jenis gorden yang biasa diterapkan pada area perkantoran juga mendukung tingkat kenyamanan berdasarkan materialnya.

Jenis Gorden Kantor

Material Pembuat Gorden Kantor

Material pembuat gorden kantor tentu berpengaruh besar dalam menahan cahaya matahari yang masuk. Ada tiga material yang dikenal sebagai bahan pembuat gorden kantor, antara lain:

  • Solar Screen | Bahan pembuat gorden satu ini memang didesain untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk. Sehingga ruang yang memakai gorden berbahan solar screen akan mendapatkan tingkat kenyamanan ruang yang maksimal. Umumnya, bahan ini digunakan sebagai pembuat jenis gorden kantor.

  • Dim Out | Berbeda dengan solar screen, bahan gorden dim out akan membelokkan cahaya matahari sembari menjaga privasi ruangan. Dengan demikian, cahaya akan tetap masuk ke dalam ruangan, tapi orang yang menempati ruangan tersebut tidak dapat melihat keluar ruangan. Umumnya, jenis bahan gorden ini diaplikasikan pada gorden untuk ruang baca, ruang makan, atau ruang lainnya, yang tidak memerlukan intensitas cahaya besar.

  • Black Out | Untuk memberikan privasi maksimal, biasanya bahan pembuat gorden yang disebut black out digunakan. Karena bahan ini sanggup memblokir sinar matahari yang ingin masuk. Kain black out diaplikasikan dengan side rail yang akan mengatur kain supaya tidak berlipat bagian pinggirnya. Dengan begitu, kain gorden ini akan berfungsi secara optimal. Jenis bahan pembuat gorden satu ini umumnya diaplikasikan di ruang teater, ruang rapat, dan ruang tidur.

Jenis-jenis Gorden Kantor yang Umum Digunakan

Sekarang, Anda telah mengenal material pembuat gorden yang juga disebut “tipe screen blinds”. Ada 10-an jenis gorden kantor yang biasa digunakan secara umum, antara lain:

baca juga  Toko Gorden Kantor - Cara Memilih Gorden Kantor

1. Roller Blinds

Jenis gorden kantor satu ini relatif terjangkau harganya dan sangat praktis diterapkan untuk menggabungkan dua hal sekaligus – pengontrolan intensitas cahaya dan penggabungan estetika. Hal ini menjadikan produk-produk roller blinds sangat diminati dalam penerapan desain kontemporer dan modern. Tidak hanya itu, roller blinds juga bisa diterapkan untuk dalam maupun luar ruangan.

Jual Roller Blind Otomatis

Roller blinds untuk kebutuhan luar ruangan didesain sanggup menahan angin tiupan ringan dan sedang. Untuk memperkokohnya, biasanya roller blinds ini dilengkapi dengan sling yang berguna untuk menahan hembusan angin. Gorden satu ini biasa diterapkan di kantor atau apartemen (tipe indoornya) dan vila atau restoran (tipe outdoornya).

Bagaimana cara memasang roller blinds? Cukup mudah! Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Sediakan wall bracket dan ceiling bracket dijadikan satu

  • Kedua bracket tadi, lalu pasang di dinding yang ingin dipasangkan gorden

  • Tinggal pasang roller blindsnya

  • Selesai

2. Vertical Blinds

Jenis gorden kantor vertikal blinds dikenal sebagai gorden / tirai yang praktis menutup semua jendela lebar. Jenis gorden satu ini bisa diputar sampai 180 derajat untuk bukaannya. Karena dinilai lebih kaku dibandingkan jenis gorden lainnya dan juga banyaknya sling yang menjurai ke atas, jenis gorden yang biasa diaplikasikan pada area perkantoran dan residensial ini juga mulai ditinggalkan.

Sebenarnya, tidak semua orang meninggalkan pemakaian vertical blinds. Beberapa masih orang memakai gorden ini, entah untuk memblokir sinar matahari di rumahnya atau di kantornya. Untuk memasang gorden ini diperlukan langkah-langkah khusus, yaitu:

  • Ukur jendela yang akan dipasangi vertical blinds, sehingga ukuran antara jendela dan gorden sesuai membuatnya tertutup rapat.

  • Dalam membeli vertical blinds, pastikan didalam paket terdapat perlengkapan-perlengkapan sebagai berikut: klip, braket, dan sekrup.

  • Pasang bracket untuk memasang tirai vertikal blind menggunakan sekrup.

  • Pastikan vertikal blinds yang dipasang sudah rapi. Jika memasangnya dengan benar, maka hasilnya juga akan benar.

baca juga  Gorden Kantor Solo

3. Horizontal Blinds

Horizontal blinds adalah salah satu jenis gorden kantor yang mirip dengan vertikal blinds. Letak perbedaannya ada pada posisinya. Satu horizontal, satunya vertikal. Berbeda dengan vertikal blinds, gorden horizontal blinds bisa dibuka dengan cara diputar tuasnya atau menggunakan tali yang bisa ditarik.

Horizontal blinds dibuat dari bahan dasar alumunium dengan beragam pilihan warna yang sesuai dengan ruangan yang dimiliki. Horizontal blinds cocok diterapkan untuk gorden atau tirai kantor. Sedikit tips untuk pemakaian horizontal blinds adalah pengaplikasiannya untuk jendela yang ramping dan tinggi. Selain itu juga bisa diaplikasikan pada jendela yang memiliki daun jendela.

Kenapa? Hal ini bertujuan untuk mengimbangi bentuk jendela supaya tidak terlihat terlalu tinggi. Lalu bagaimana cara memasang jenis gorden kantor satu ini? Cara pemasangannya tidak jauh berbeda dengan cara memasang vertikal blinds. Hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran lebar jendela samakan dengan ukuran lebar gordennya.

4. Wooden Blinds

Berbeda dengan ketiga tirai kantor lainnya di atas, wooden blinds memakai bahan yang tidak biasa untuk tirai, yaitu kayu. Meskipun begitu, justru tirai satu ini akan mampu menciptakan ruangan yang sangat cantik, disamping tetap memiliki nilai fungsional yang sama dengan jenis gorden lainnya.

Jual Wood Blind

Ukuran wooden blinds ada dua macam, yaitu ukuran yang 25 mm dan ukuran yang 50 mm. Pemilihan ukuran ini tergantung pada kebutuhannya. Untuk jendela dengan lebar pendek, ya sebaiknya menggunakan wooden blinds ukuran 25 mm. Sedangkan untuk jendela dengan lebar membentang bisa menggunakan wooden blinds ukuran 50 mm. Jenis gorden kantor ini juga bisa diterapkan untuk kebutuhan rumah yang natural, klasik, maupun modern.

Bagaimana cara memasang wooden blinds di rumah sendiri? Hal itu mungkin menjadi pertanyaan bagi para pemilik rumah yang suka kreatif dengan rumahnya. Karena biar bagaimanapun, ketika sudah membeli wooden blinds di tempat gorden, Anda takkan menemukan buku panduan manualnya. Silakan ikuti tahapan demi tahapannya satu per satu, yaitu:

  • Pasang bracket wooden blinds di kusen kayu bagian dalam, setelah melubangi kedua sisi kusen.

  • Setelah bracket terpasang, pasang tiang wooden blindsnya.

  • Tutup ke dalam bracket dan kunci, dan selesai.

baca juga  Tips Memasang Tirai Gorden Kantor

Jenis-jenis Gorden Kantor Lainnya

Well, walaupun keempat jenis gorden kantor diatas umum digunakan, tapi ada beberapa jenis gorden lainnya yang juga bisa dipakai untuk kebutuhan kantoran. Lebih dari itu, jenis-jenis gorden yang disebutkan dibawah ini juga dapat diaplikasikan di bagian luar ruangan (outdoor). Oke langsung saja, untuk jenis-jenis gorden itu antara lain:

  • Roman blinds

  • Sansheer Blinds

  • Panel Blinds

  • Venetian Blinds

  • Roll up Blinds

  • Skylight Blinds

  • Awning Blinds

Demikianlah, jenis gorden kantor yang biasa digunakan untuk kebutuhan menutup ruangan kantor dari sinar matahari alami. Anda bisa mengaplikasikan berbagai kebutuhan gorden, baik dari bahan, bentuk, dan fungsinya. Dengan begitu, Anda bisa optimal dalam menutup ruangan kantor atau rumah. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button