Jenis Gorden Rumah Minimalis

Jenis Gorden Rumah Minimalis – Kali ini kita akan membahas tentang jenis gorden rumah minimalis, sebagai berikut.

Jenis Gorden Rumah Minimalis

Aneka Jenis Gorden Menurut Fungsinya

Gorden dapat dibedakan sesuai fungsinya, yakni gorden aksesoris, yaitu jika gorden yang ada hanya menjadi asesoris saja atau dipasang di dinding bukan dibalik suatu jendela atau suatu pintu, dengan fungsi dan maksud lebih sebagai hiasan untuk mempercantik ruangan. Kemudian yang berikutnya adalah gorden fungsional, yakni benar-benar gorden yang memiliki fungsi utamanya, yakni gorden yang tidak hanya sebagai hiasan untuk mempercantik ruangan, tapi juga memiliki fungsi gorden yang lebih luas.

Fungsi Gorden

Adapun fungsi gorden secara luas dan lebih lengkap secara terperinci adalah meliputi hal-hal sebagai berikut. Fungsi pertama gorden adalah untuk mempercantik jendela dan ruangan. Gorden dekoratif memiliki fungsi utama ini, yakni sebagai aksesoris untuk mempercantik ruangan. Gorden aksesoris atau dekoratif ini tidak harus selalu dipasang di suatu jendela atau suatu pintu, tapi bisa juga dipasang di tembok sebagai seolah-olah jendela atau jendela palsu, karena fungsi utamanya adalah untuk mempercantik ruangan saja. Sedangkan gorden fungsional selain untuk mempercantik jendela dan ruangan, juga dapat difungsikan untuk membatasi pandangan.

Suasana suatu ruangan dapat berubah dalam sekejap jika terjadi pemasangan atau perubahan warna atau bahan atau corak gorden yang dipasang. Gorden tersebut bisa jadi sangat menentukan kesan yang ditimbulkan pada suatu ruangan. Gorden juga berfungsi untuk mengatur sirkulasi dan aliran udara yang masuk melalui jendela atau pintu, menghalangi angin masuk ke dalam ruangan, juga menghalangi debu masuk ke dalam ruangan, serta menghalangi atau membatasi sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Juga jika jendela atau pintu yang ada menghadap ke arah yang membuat jendela atau pintu menjadi mendapat sinar matahari secara langsung, maka suhu ruangan dapat menjadi sangat panas, pemakaian AC atau pendingin ruangan juga menjadi tidak maksimal, makanya diperlukan gorden dengan model dan bahan yang tepat, yang dapat membatasi sinar matahari terlalu banyak masuk ke dalam ruangan.

baca juga  Cara Memilih Gorden Minimalis Untuk Rumah Minimalis

Gorden juga berfungsi untuk menghalangi atau membatasi dan menyamarkan pandangan dari luar ke dalam ruangan, maupun juga untuk menghalangi atau membatasi sinar lampu dari dalam keluar ruangan, serta juga untuk menghalangi atau membatasi dan menyamarkan pandangan dari dalam ruangan ke arah luar ruangan, dan juga jika pemandangan dari luar ruangan sedang tidak menarik, atau bahkan mengganggu, maka pemakaian gorden pada jendela atau pintu menjadi sangat diperlukan. Fungsi lainnya dari gorden adalah untuk menjaga privacy penghuni rumah, dan lain sebagainya.

Rumah Jenis Minimalis

Rumah tipe minimalis adalah suatu jenis gaya arsitektur yang lebih mengutamakan fungsi utama bagian ruangan-ruangan dan perabotan rumah supaya dapat berfungsi secara optimal daripada hal-hal pernak-pernik atau ornamen hiasan perabotan yang bukan merupakan fungsi utama dari perabotan tersebut. Jadi ornamen tambahan atau hiasan pada kursi atau mejanya tersebut dihilangkan, dengan menonjolkan lebih pada permainan warna atau corak dengan desain yang simple atau sederhana dan ringkas.

Gorden Untuk Rumah Minimalis

Adapun gorden yang cocok untuk rumah bergaya minimalis yang bisa dipilih adalah gorden dengan desain yang simple atau sederhana tanpa hiasan renda sama sekali, polos, baik itu untuk jendela kecil, jendela besar maupun gorden pada pintunya, bisa dipilih dengan warna yang sama untuk keseluruhan gorden pada satu ruangan yang sama, atau bahkan untuk keseluruhan rumah, atau bisa menggunakan permainan warna dan corak yang berbeda meski pada satu ruangan yang sama, namun dirancang sedemikian rupa hingga tetap serasi dan justru menyegarkan, atau bisa memberi efek ruangan menjadi lebih luas dan tidak membosankan, atau bisa dengan hiasan rempel yang pendek, satu lapis saja, dengan lebih mengutamakan permainan warna dan corak gordennya. Adapun pilihannya bisa sebagai berikut.

baca juga  Menjahit Gorden Minimalis

Gorden Warna Monochrome

Gorden Rumah Minimalis Modern

Warna gorden ini adalah perpaduan antara warna hitam dan warna putih, bisa polos maupun bercorak.

Gorden Warna Polos yang Netral

Gorden Minimalis Untuk Ruang Tamu

Yakni warna hitam biasanya, atau warna basic putih, atau warna coklat dengan variasi gradasi warnanya, dari coklat tua hingga ke coklat muda, atau bisa warna abu-abu atau biru, baik itu biru tua atau biru dongker, biru neon, biru elektrik, biru langit dan lain sebagainya.

Gorden Warna Pastel Polos

Gorden Minimalis untuk Kamar

Warna pastel ini adalah warna-warna yang lembut atau soft, bisa merah muda pastel, bisa biru pastel, atau hijau muda pastel, atau orange pastel, dan lain sebagainya, yang memberi kesan ruangan menjadi lebih sejuk dan cerah.

Gorden Warna Polos yang Terang

Gorden Rumah Minimalis 2 Lantai

Yakni bisa warna kuning atau merah menyala, hijau cerah atau biru cerah, dan lain sebagainya yang akan memberi efek hangat pada ruangan dan penuh semangat.

Pilihan warna tersebut biasanya terdiri dari satu warna untuk setiap gordennya, namun bisa juga dipadukan hingga maksimal 3 warna, bisa bergradasi, dalam satu gorden. Adapun pilihan coraknya bisa sebagai berikut.

Gorden Corak Garis-garis

Gorden Minimalis Kantor

Corak ini termasuk sebagai corak yang klasik, bisa berupa corak garis-garis kecil ataupun garis-garis besar, bisa yang rapat maupun yang jarang jarak antar garisnya.

Gorden Corak Polkadot

 

 

Corak polkadot ini bisa terdiri dari titik-titik yang kecil dan rapat hingga titik-titik yang besar-besar atau jarang.

Gorden Corak Ombre

Jenis Gorden Minimalis

Gorden corak ombre itu adalah gorden yang bercorak gradasi warna, bisa melintang secara horizontal atau vertikal susunan gradasi warnanya.

Gorden Corak Geometris

Terdapat aneka jenis corak geometris yang bisa dipilih, mulai dari motif yang besar hingga yang kecil atau kombinasi keduanya.

baca juga  Jenis - Jenis Gorden Minimalis Untuk Rumah Hunian

Gorden Corak Kotak-kotak

Jual Gorden di Ciganjur

Gorden bercorak kotak-kotak ini termasuk corak tipe klasik minimalis. Kotak-kotaknya bisa besar, bisa kecil, bisa tebal garis kotaknya, bisa juga tipis garis kotaknya, bisa kotak persegi empat sama sisi, ataupun segiempat panjang, bisa kotak single satuan, ataupun bisa variasinya, yakni bisa berupa motif kotak bertumpuk dan lain sebagainya, bisa yang berwarna monochrome ataupun yang terdiri dari warna lain, bisa single warna, yakni maksimal hanya terdiri dari dua warna saja, yaitu warna dasar gordennya dan warna utama corak motifnya yakni kotaknya maupun bisa juga multi warna yang terdiri dari banyak warna, lebih dari dua warna  baik itu untuk warna dasar background gordennya maupun warna untuk motif coraknya.

Gorden Corak Melingkar

Tips Memilih Gorden Rumah

 

 

Gorden corak melingkar ini berbeda dengan gorden corak polkadot, kalau motif polkadot itu berupa titik-titik, padat, berisi sedangkan kalau motif lingkaran ini adalah berupa bulatan dengan bentuk garis melingkar dengan bagian tengahnya yang kosong. Motif ini bisa terdiri dari lingkaran yang besar-besar maupun berupa lingkaran yang kecil-kecil, bisa terdiri dari satu atau single lingkaran, maupun dari kombinasi lingkaran berganda ataupun kombinasi lingkaran bertumpuk berjumlah lebih dari satu.

Dan Corak Lainnya

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai jenis gorden rumah minimalis.

Sending
User Rating 5 (2 votes)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button