Jenis Kain Gorden dan Harganya

Jenis Kain Gorden dan Harganya – Untuk mempercantik desain interior rumah anda, maka ada beberapa faktor penting yang harus anda perhatikan, salah satunya adalah dengan menentukan gorden yang tepat. Meskipun ada banyak jenis kain gorden dan harganya yang juga sangat bervariasi, namun anda bisa membuat kesan elegan dengan hanya memilih jenis gorden yang selaras dengan konsep rumah anda.

Jenis Kain Gorden dan Harganya

Dari banyaknya jenis gorden, anda bisa memilih salah satu jenis gorden yang multifungsi seperti halnya dengan jenis gorden blackout. Untuk itu simak ulasan lengkapnya mengenai gorden blackout sebagai berikut.

Keunggulan dari Jenis Gorden Blackout

Sebagai salah satu media yang berfungsi untuk menutupi jendela tentunya pemilihan gorden blackout bisa memperindah kesan interior dari rumah anda. Apalagi dengan cara pemasangan yang tidak ribet pastinya membuat setiap menggunakan dan juga melepaskannya lebih cepat. Hal ini sangatlah penting ketika anda hendak membersihkan gorden tersebut. Keunggulan dari gorden blackout selain perawatannya mudah, harganya dari jenis gorden blackout juga cukup terjangkau.

Infografis Raja Gorden

Bahkan anda juga bisa memilih banyak sekali variasi dari gorden blackout, baik itu berdasarkan motifnya dan juga dengan warnanya yang bisa anda sesuaikan dengan konsep rumah anda. Gorden blackout sendiri merupakan jenis dari gorden yang dirancang dengan baik untuk bisa menghalau setiap ada cahaya yang masuk pada ruangan anda. Dengan begitu selain memiliki fungsi menghalangi cahaya yang masuk, kesan yang dimunculkan dari gorden blackout lebih indah dan menarik.

Keunggulan lainnya dari jenis gorden blackout adalah sangat multifungsi, karena selain sangat efektif dalam menghalau setiap cahaya matahari yang masuk dan keluar dari jendela, jenis dari gorden blackout bisa meredam suara. Hal ini tentu saja adanya suara bising dari luar bisa lebih mudah untuk dikendalikan. Perlu anda ketahui juga bahwa beberapa jenis gorden blackout mampu meredam dari 40 sampai 90 persen suara yang dihasilkan.

Jenis Kain Gorden Blackout

Karakteristik Jenis Gorden Blackout

Kualitas yang dihadirkan dari gorden jenis gorden blackout tentunya sangat baik, hal ini karena bahan material yang digunakan adalah bahan yang tebal dengan anyaman yang sangat rapat sekali. Anda juga bisa memperhatikan bahwa gorden blackout memiliki backing yang bagus, bahkan anda bisa membandingkan dengan jenis gorden dari katun biasa bahwa bobot dari jenis gorden blackout lebih berat. Dengan demikian gorden blackout bisa lebih tahan lama apabila dibandingkan dengan jenis yang lain.

Untuk masalah variasi warna sendiri gorden blackout tidak hanya menghadirkan warna gelap saja seperti hitam, cokelat tua, biru tua atau warna gelap lainnya, namun gorden blackout juga menghadirkan variasi warna yang lain seperti cream, pink, atau bahkan putih tulang. Semua variasi warna yang lebih santai juga tersedia banyak sesuai dengan kebutuhan anda dan yang terpenting adalah sesuai dengan tema dari interior ruangan rumah anda.

Jenis Gorden Blackout

Kekurangan Jenis Gorden Blackout

Bagi anda yang hendak menentukan pilihan pada jenis gorden blackout, ada baiknya anda mengetahui beberapa kekurangan dari jenis gorden blackout. Meskipun demikian anda bisa melakukan cara alternatif untuk menangani masalah dari kekurangan dari jenis gorden blackout. Adapun beberapa kelemahan dari jenis gorden blackout diantaranya adalah seperti berikut.

Kemampuan dari jenis gorden blackout dalam memblokir cahaya yang sangat baik, tentunya menghadirkan sebuah kekurangan. Hal ini bisa dilihat apabila kondisi sedang berada di siang hari, bila ruangan menggunakan gorden blackout pastinya akan menghadirkan suasana yang gelap. Akan hal tersebut ada baiknya bila anda menambahkan sebuah penerangan khusus pada saat siang hari.

Kekurangan yang lainnya bisa anda rasakan ketika berada di dalam ruangan, maka kesan panas akan lebih terasa apabila anda menggunakan jenis gorden blackout. Akan hal tersebut, pastikan bila kondisi daerah anda lebih dingin, hal ini supaya pemasangan jenis gorden blackout tidak akan membuat anda gerah. Apabila hal tersebut diperhatikan maka pemasangan gorden jenis gorden blackout tentunya bisa membuat anda kesan hangat dan nyaman.

Kain Semi Blackout

Harga Kain Jenis Gorden Blackout

Ada beberapa jenis kain gorden dan harganya yang tentunya bisa disesuaikan dengan keperluan anda. Selain sangat cocok digunakan di setiap jenis tema interior yang anda usung, jenis gorden blackout bisa anda dapatkan dengan berbagai ukuran baik itu per meter, kiloan, atau pun juga yang sudah jadi. Untuk lebih jelasnya mengenai harga dari jenis gorden blackout anda bisa mempersiapkan anggaran dengan menyesuaikannya dengan kisaran harga berikut.

  • Kisaran harga gorden minimalis bahan blackout, ukuran 100 x 145 cm, Rp 70.500

  • Kisaran harga gorden minimalis bahan blackout blazer, Rp 105.000

  • Kisaran harga gorden minimalis bahan blackout tulip, Rp 110.000

  • Kisaran harga gorden minimalis bahan blackout mawar garis biru    , Rp 115.000

  • Kisaran harga gorden minimalis blackout silky pink, Rp 125.000

  • Kisaran harga gorden blackout motif karakter, Rp 125.000

  • Kisaran harga gorden minimalis bahan blackout import,  Rp 127.500

  • Kisaran harga gorden minimalis bahan blackout grade A, Rp 145.000

  • Kisaran harga gorden minimalis bahan blackout shabby purple, Rp 149.999

  • Kisaran harga gorden minimalis blackout printing brown combine, Rp 149.999

  • Kisaran harga gorden minimalis bahan blackout motif, dengan 12 smoke ring, Rp 178.000

  • Kisaran harga gorden minimalis bahan blackout warna, Rp 179.900

  • Kisaran harga gorden bahan blackout gisela hijau, Rp 185.000

  • Kisaran harga gorden blackout minimalis polos, Rp 185.000

  • Kisaran harga gorden Import Blackout Etios Set Gorden ukuran 100 x 200 cm, Rp 199.000

  • Kisaran harga gorden minimalis blackout cokelat dengan poni, Rp 225.000

  • Kisaran harga gorden motif bunga, Rp 235.000

  • Kisaran harga gorden minimalis bahan blackout import minimalis    , Rp 290.000

  • Kisaran harga gorden minimalis blackout shabby cokelat, Rp 300.000

  • Kisaran harga gorden minimalis blackout polos grey, Rp 300.000

  • Kisaran harga gorden minimalis blackout, ukuran 200 x 250, Rp 315.000

  • Kisaran harga gorden minimalis blackout shabby, chic, Rp 597.000

  • Kisaran harga gorden blackout Set Gorden ukuran 400 x 260 cm, Rp 799.000

  • Kisaran harga gorden bahan blackout motif dengan princess beige, Rp 880.000

  • Kisaran harga gorden vasco blackout Set Gorden ukuran 500 x 260 cm, Rp 989.000

  • Kisaran harga gorden minimalis bahan blackout dengan motif line, Rp 1.125.000

Kisaran harga tersebut berdasarkan kisaran harga secara umum dari jenis gorden blackout, namun pastikan anda mempersiapkan anggaran diatas harga yang tercantum supaya bisa lebih mempersiapkan bilamana terjadi perubahan harga. Anda juga perlu memperhatikan kondisi lain mengenai harga, hal ini karena di setiap daerah di Indonesia tentunya kisaran harganya akan berbeda.

Setelah anda mengetahui jenis kain gorden dan harganya maka selanjutnya ada juga beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Hal tersebut adalah ketika anda hendak memutuskan untuk memilih gorden blackout, pastikan untuk memperhitungkan ukuran dari kain gorden blackout supaya pas. Ada baiknya anda juga melebihkan sedikit ukurannya supaya bisa lebih indah, bahkan mampu menghalangi adanya cahaya yang masuk secara sangat maksimal.

Apa Saja Model Gorden Blackout

Faktor yang Mempengaruhi Harga Gorden Blackout

Harga gorden blackout sebetulnya bervariasi tergantung dari di mana Anda membeli gorden tersebut. Namun, Anda juga bisa mengira-ngira berapa harga gorden yang mau dipasang dari beberapa faktor seperti berikut:

  • Faktor material pembuat gorden blackout

Material gorden blackout bermacam-macam tergantung juga dari jenisnya. Ada gorden blackout dan semi blackout dengan harga yang berbeda. Selain itu, ada pula kain blackout buatan lokal dan import dengan kualitas yang beda. Untuk jenis kain gorden dan harganya blackout jelas lebih mahal kain import.

Selain itu, dari segi grade atau kualitas kain, kain dengan grade A pastinya dihargai lebih tinggi daripada grade di bawahnya.

  • Faktor desain atau model produk

Desain gorden yang lebih rumit akan membuat harga gorden lebih tinggi dan sebaliknya. Untuk gorden dengan desain minimalis polos, tanpa tambahan apapun seperti rumbai atau tassel. Mungkin akan lebih menghemat anggaran Anda.

Berbeda apabila Anda ingin memberikan fitur-fitur gorden lainnya seperti tambahan rumbai-rumbai, motif printed, dengan ring, dll. Harganya bisa lebih mahal, tapi visualnya juga akan jauh lebih terlihat mewah.

  • Faktor metode pembuatan produk gorden

Jasa jahit gorden akan memberikan harga gorden sesuai dengan tingkat kerumitan pembuatan produk tersebut. Metode pembuatan gorden dari pengukuran, pemotongan, penjahitan sesuai model gorden hingga pemasangan. Begitu pula cara membuat kain gorden itu sendiri, ada yang membuat dengan cara digital printing untuk memberikan motif lucu.

Semua metode pembuatan gorden tersebut akan mempengaruhi harga gorden. Semakin rumit metode pembuatannya, maka harganya juga akan bertambah.

  • Faktor garansi

Selain jenis kain gorden dan harganya yang murah atau mahal di pasaran, Anda harus memperhatikan faktor garansi ketika membelinya. Biasanya jasa bikin gorden yang memberikan garansi, kualitas gordennya akan bagus, tapi harganya juga bisa lebih tinggi.

Amat disarankan untuk membeli atau sewa jasa pasang gorden bergaransi dibandingkan yang tidak. Meski harus menambah harga dalam anggaran gorden Anda. Adanya garansi akan memberikan jaminan jika terjadi kerusakan atau masalah dalam pembuatan dan pemasangan gorden.

  • Faktor merek produk gorden

Beda merek akan berbeda pula harganya dan kain gorden blackout tersedia dengan banyak brand di pasaran. Ada merek gorden import dan merek gorden lokal dengan harga bervariasi. Beberapa tipe merek gorden misalnya Silky Pink, Tulip, Turis Emas, dan sebagainya bisa bervariasi dari puluhan sampai ratusan ribu rupiah per meternya.

Coba tanyakan pada jasa kain gorden tempat Anda ingin memesan gorden, berapa daftar harga blackout per meternya sebelum memesan produk.

  • Faktor fasilitas atau layanan tambahan yang diberikan

Saat Anda membeli gorden di penjual yang terbaik, maka biasanya mereka akan menawarkan layanan tambahan lain. Tidak hanya layanan menjahit gorden, tapi juga ada layanan pasang langsung ke rumah atau kantor. Selain itu juga ada biaya untuk jasa survei ke lokasi pemasangan dan sebagainya.

Layanan tambahan yang diberikan itu bisa membuat biaya pasang gorden jadi lebih tinggi. Dibandingkan Anda hanya tinggal bayar gorden ready stock dan memasang sendiri. Umumnya layanan tambahan diperlukan untuk pemasangan gorden yang besar dan rumit, sehingga tidak bisa dipasang sendiri.

Kesalahan Saat Memasang Gorden Blackout

Hindari kesalahan saat memasang gorden blackout berikut ini di rumah:

  • Malas mengukur jendela

Biasanya orang merasa malas untuk mengukur detail ukuran jendela dan hanya mengira-ngira saja berapa ukuran gorden yang cocok untuk dipasang. Padahal pengukuran ini penting agar gorden yang dipasang bisa pas di jendela sehingga visualnya terlihat menarik.

Pengukuran yang dimaksud meliputi panjang dan tinggi jendela, jarak jendela bagian bawah ke lantai serta jarak ujung jendela atas ke langit-langit atau plafon. Jika pengukuran tidak dilakukan dengan benar, maka percuma sudah pilih jenis kain gorden dan harganya yang terjangkau.

Karena jika hanya mengira-ngira ukuran gorden saja, bisa mengakibatkan jendela tidak tertutup gorden seluruhnya, gorden kelihatan terlalu panjang atau gorden justru terlalu pendek. Kalau sudah terlanjur terjadi kesalahan, sebetulnya bisa saja ditambah atau disambung dengan bahan kain yang sama. Akan tetapi, hal itu akan mengurangi estetika.

  • Gorden dibiarkan lecek dan mengabaikan lipatan gordennya

Memang mencuci gorden butuh waktu dan sedikit ribet, apalagi untuk ukuran gorden super besar. Untungnya bahan blackout adalah contoh material gorden yang mudah dicuci. Tapi kalau ukurannya besar, akan butuh waktu dan tenaga untuk mencuci serta menyetrikanya.

Jika Anda merasa kesulitan mencuci dan menyetrika gorden blackout sendiri, maka bisa gunakan jasa profesional terpercaya.

Selain itu, jangan abaikan soal lipatan gorden. Terutama jika Anda ingin pasang gorden blackout bergaya klasik yang modelnya rumit. Jangan abaikan tiap lipatan yang ada, usahakan tetap terlipat secara rapi dan sempurna. Kalau dibiarkan visualnya jadi kurang menarik karena saat gorden tertutup, kadang gorden tidak ada lipatan sedikit pun.

  • Gorden terlalu kecil dan pendek

Gorden yang ukurannya terlalu kecil dan ngepas dengan ukuran jendela memang tidak masalah. Tapi, jika ingin terlihat menarik visualnya, lebih baik pasang gorden yang lebih lebar sekitar 8-15cm dari sisi jendelanya. Hal ini juga akan membantu ruangan sempit akan kelihatan lebih luas dan lebar dengan bantuan gorden ukuran besar.

Selain itu, gorden yang terlalu pendek juga akan terlihat tidak bagus. Supaya tampilan gorden blackout Anda terlihat lebih bagus, pakailah gorden yang lebih panjang bahkan sampai menempel di lantai.

Kalau kain gordennya terlalu pendek, maka bisa membuat visualnya kelihatan cungkring seperti bahan gordennya kelihatan kurang. Apalagi untuk desain interior mewah dan klasik, akan lebih baik untuk pasang gorden blackout yang panjang.

  • Gorden terlalu berat

Memasang gorden yang terlalu berat harus diimbangi dengan batang gorden atau tempat pasang yang kuat. Berat gorden memang perlu menjadi perhatian khusus. Kalau Anda memilih gorden yang berisi seperti misalnya diisi dakron dengan rumbai-rumbai atau poni dan rings yang berat, maka usahakan pilih batang atau rel gorden yang kuat.

Jangan sampai memilih batang gorden yang ringan dan mudah melengkung. Karena visualnya nanti jadi tidak bagus.

Itulah beberapa macam kesalahan yang sebaiknya dihindari ketika hendak memasang blackout. Jika Anda butuh jasa pasang gorden yang profesional dan amanah, bisa hubungi Raja Gorden. Kami adalah jasa gorden yang sudah buka bertahun-tahun. Kalau Anda butuh informasi tentang jenis kain gorden dan harganya untuk tirai blackout, cukup hubungi kami di nomor berikut: 0812 1964 3240 (Jam buka: 09.00 – 17.00 WIB) atau email ke hello@rajagorden.com untuk konsultasi lebih lanjut.

4.7/5 - (19 votes)

No Responses

Leave a Reply