Pasang Wallpaper Bekasi

Pasang Wallpaper Bekasi – Biasanya ketika Anda hendak menggunakan wallpaper untuk menghias atau mendekorasi ruangan, maka perlu harus membeli dengan ukuran yang tepat. Tujuannya agar ukuran dari wallpaper yang Anda beli tersebut bisa tepat atau sesuai dengan ukuran luas tembok.

Pasang Wallpaper Bekasi

Dengan begitu Anda bisa tahu berapa kebutuhan lembar wallpaper yang diperlukan dan tidak akan membuang terlalu banyak sisa wallpaper. Akan tetapi tidak semua orang bisa mengetahui bagaimana cara untuk mengukur atau menghitung kebutuhan luasnya. Oleh karena itu berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan.

Menghitung Kebutuhan Pasang Wallpaper Bekasi

  • Hitung luas ruangan

Pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghitung luas ruangan. Penting untuk mengetahui berapa luas dinding dari suatu ruangan yang hendak dipasangi dengan wallpaper. Tujuannya agar luas tersebut bisa membantu menentukan berapa jumlah lembar atau luas dari wallpaper yang juga hendak dibeli. Untuk itu ketahui berapa luas dinding pada setiap sisi ruangan dengan rumus panjang x tinggi dan dikurangi luas pintu atau jendela.

Ada beberapa bentuk wallpaper yang dijual di pasaran. Mulai dari bentuk gulungan atau dalam bentuk lembaran. Namun ukuran dari wallpaper yang umum biasanya ada yang 93 cm dan 50 cm. Untuk panjangnya sekitar 17,5 m, 10 m dan 5 m. Ukuran tersebut juga berlaku jika Anda pasang wallpaper Bekasi online.

Setelah Anda sudah tahu luas dari ruangan yang hendak dipasangi wallpaper, maka Anda bisa menentukan berapa banyak wallpaper yang dibutuhkan. Caranya adalah dengan membagi hasil luas dinding dengan luas lembaran wallpapernya. Berikut adalah contoh untuk menghitungnya yang lebih mudah.

Misalnya untuk ruangan dengan ukuran lebar dan panjang 5 x 5 meter dan tingginya dinding 4 meter. Untuk mengukur tinggi tersebut harus mulai bawah atau lantai hingga plafon atau langit-langit. Sedangkan Anda ingin wallpaper dengan ukuran 0.5 meter x 10 meter. Maka untuk menghitung luas dindingnya adalah:

  • Luas dinding

((lebar dinding + panjang dinding) x 2) x tinggi

((5 m + 5 m) x 2) x 4 m

(10 m x 2 m) x 4 m

20 m x 4 m

80meter persegi

  • Luas bidang wallpaper untuk 1 roll

Lebar wallpaper x panjang wallpaper

10meter x 0.50 meter

5 m

  • Jumlah bahan wallpaper yang diperlukan

Luas dinding : luas 1 roll wallpaper

80 m2 : 5m2

16 roll wallpaper

Jad, ada sekitar 16 roll wallpaper yang perlu Anda gunakan untuk pasang wallpaper Bekasi murah. Akan tetapi walaupun begitu lebih baik menyiapkan atau membeli jumlah wallpaper yang lebih dari kebutuhan. Tujuannya untuk menghindari wallpaper yang kurang ketika Anda melakukan pemasangan.

Bisa saja pada saat pemasangan terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan. Seperti wallpaper yang robek atau sudah tidak bisa ditempelkan kembali. Jadi lebih baik jika membeli wallpaper dengan jumlah yang sedikit lebih banyak dari kebutuhan yang wallpaper yang sudah dihitung.

Tips Pasang Wallpaper agar Hasilnya Cantik

Ketika hendak memasang wallpaper ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Tujuannya agar ketika pemasangan tersebut semua wallpapernya bisa terpasang dengan baik.

Selain itu Anda juga tidak perlu membuang terlalu banyak wallpaper karena kesalahan pemasangan. Memasang wallpaper sendiri memang terkadang cukup berisiko. Terutama jika Anda belum pernah memasang wallpaper sendiri sebelumnya. Untuk itu menggunakan jasa pemasangan akan lebih baik daripada nekat memasangnya sendiri.

  • Siapkan peralatannya

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah persiapkan mengenai semua peralatan yang akan digunakan. Ada beberapa peralatan yang bisa Anda gunakan seperti:

  • Roller
  • Spons
  • Kuas lem
  • Ampelas
  • 2 tempat sebagai adukan lem
  • Tangga
  • Alas plastik
  • pensil
  • cutter
  • penggaris
  • benang dan pemberat
  • meteran dan kape agar permukaan dinding hasil wallpaper bisa rata.

  • Penggunaan lem

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan tuangkan lem khusus untuk wallpaper pada tempat yang sudah disiapkan. Kemudian campur lem tersebut dengan air. Biasanya ada dua jenis lem yang perlu digunakan.

Ada lem untuk sambungan wallpapernya dan lem untuk membantu menempelkan wallpaper pada dinding. Tingkat kekentalan lem untuk bagian dinding akan lebih baik jika cukup kental. Sedangkan untuk lem yang kedua menggunakan kekentalan yang berbeda. Tujuannya agar wallpaper bisa lebih mudah dan melekat dengan baik dan kuat.

  • Mengukur lebar dan panjangnya bidang

Tips yang selanjutnya jika ingin pasang wallpaper Bekasi mudah adalah dengan mengukur bagian dinding yang hendak dipasangi dengan wallpaper. Sesuaikan lebar dari dinding dengan lebar ukuran wallpapernya. Namun jangan mengukurnya terlalu mepet, lebihkan 1 hingga 1,5 cm untuk bagian sambungan lainnya. Setelah ukurannya tepat, maka ukur dengan panel-panel dan kemudian bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Biasanya wallpaper dengan motif yang polos atau tidak terlalu rumit akan lebih mudah dipasang. Hal ini karena Anda tidak perlu memasangnya dengan sambungan atau sisa potongan wallpaper yang sama. Jika sambungannya kurang tepat maka akan sangat terlihat potongan wallpapernya. Akibatnya juga mengurangi keindahan dari dinding ruangan walaupun sudah terpasang dengan wallpaper.

  • Menempelkan wallpaper

Selanjutnya berikan tanda pada posisi wallpaper menggunakan pensil. Anda bisa menggunakan alat bantu berupa benang yang sudah diberi alat pemberat. Setelah sudah ditandaim maka berikan lem pada roller dan sapukan pada dinding yang akan ditempeli wallpaper. Kemudian tempelkan wallpaper dengan hati-hati dan perlahan. Perhatikan juga mengenai tanda garis yang sudah Anda buat.

Untuk bagian sambungan, Anda bisa menggunakan jenis lem yang lebih kental. Untuk bagian ini lebih baik menggunakan kuas khusus. Tujuannya agar lebih memudahkan Anda dalam menyapukan lem. Dengan begitu lem juga tidak terlalu menyebar ke mana-mana dan justru mempersulit proses pemasangannya.

  • Ratakan wallpaper

Langkah yang terakhir adalah dengan meratakan wallpaper. Tujuannya agar tampilan permukaan dinding Anda tidak bergelembung sehingga bisa tetap rata. Dengan begitu tampilannya juga akan lebih menarik dan bagus. Untuk meratakan permukaan dindingnya bisa menggunakan penggaris. Namun sebelum itu sangat penting jika Anda memiliki dinding yang permukaannya memang sudah halus.

Sangat tidak disarankan dinding yang kasar atau tidak rata akibat sisa plamir yang tersisa. Untuk itu sebelum menggunakan atau menempelkan wallpaper, cek kondisi permukaan dindingnya. Jika tidak rata maka perlu diratakan dengan cara diampelas agar permukaannya bisa rata dan halus.

Setelah wallpaper sudah diratakan, terakhir potong sisa pasang wallpaper Bekasi menggunakan cutter. Pastikan untuk memotongnya dengan rapi dan lurus. Jika ada kelebihan lem yang masih tersisa atau menempel maka bisa menggunakan spons. Spons tersebut akan menyerap sisa atau kelebihan lemnya sehingga dinding akan lebih bersih tanpa bekas lem.

Demikian tips memasang wallpaper agar kelihatan cantik. Apabila Anda tertarik pasang wallpaper yang menarik untuk berbagai kebutuhan seperti dinding rumah hingga kantor maka bisa hubungi Raja Gorden. Caranya dengan mengontak kami di 0812 1964 3240 atau email ke hello@rajagorden.com.

Tinggalkan Komentar

Call Now Button