Tips Agar Wallpaper Dinding Awet

Tips Agar Wallpaper Dinding Awet – Untuk membuat wallpaper awet memang memerlukan strategi khusus yang harus dilakukan. Hal ini berkaitan dengan proses pembersihan yang benar dan juga ketepatan dalam pemasangannya. Kedua poin ini menjadi bentuk khusus yang mendukung wallpaper lebih awet saat digunakan.

Tips Agar Wallpaper Dinding Awet

5 Tips Agar Wallpaper Dinding Awet Untuk Pemula

  • Perawatan tepat untuk bahan kain

Layaknya baju ataupun gorden, wallpaper dari bahan kain harus mendapatkan proses pembersihan yang sesuai. Bahan ini tidak cukup dibersihkan menggunakan lap atau kemoceng saja. Untuk debu yang menempel bisa diatasi dengan vacum cleaner kecepatan rendah. Pembersihan ini bisa dilakukan minimal sebulan sekali agar nodanya tidak terlalu banyak.

Sementara untuk noda yang terlanjur meresap ke dalam kain maka penangannya akan berbeda. Anda bisa menggunakan handuk basah atau bantuan sikat gigi untuk membersihkannya lebih maksimal. Setelah bersih jangan lupa untuk mengeringkannya sampai benar-benar kering.

  • Wallpaper berserat

Hal kedua yang penting dalam tips agar wallpaper dinding  terbaik adalah perawatan bagi tipe wallpaper berserat. Wallpaper ini memiliki bentuk permukaan yang tidak rata dengan sela-sela yang membuat debu mudah masuk. Jadi untuk pembersihannya tidak bisa dengan kemoceng atau lap saja. Anda membutuhkan pembersih lebih kecil untuk menjangkau sela-sela ini.

Agar lebih mudah gunakan sikat bulu halus atau sikat gigi untuk membersihkan debu yang menempel dengan maksimal. Agar tidak terlalu sulit gunakan sedikit bantuan air kemudian keringkan kembali saat sudah bersih. Wallpaper ini harus lebih sering dibersihkan karena frekuensi kotornya lebih tinggi.

  • Wallpaper bahan vinyl

Bahan seperti ini banyak dipakai untuk ruangan lembap seperti kamar mandi. Biasanya penggunaan bahannya dicampur dengan tipe akrilik untuk memberikan sisi elegan di dalamnya. Kemampuan wallpaper ini sudah tidak perlu diragukan dalam menangkal air dan juga hal lain pemicu kelembapan. Jadi tentu banyak kotoran dan bakteri yang menempel dalam wallpapernya.

Agar selalu sehat Anda harus melakukan pembersihan secara rutin untuk wallpapernya. Bahan ini bisa dibersihkan dengan air sabun agar kotorannya terangkat dengan sempurna. Jika kotorannya terlanjur menempel gunakan bantuan sikat dan air hangat. Namun untuk pembersihan biasa cukup memakai lap basah saja.

  • Wallpaper dari kertas

Termasuk tipe wallpaper yang paling banyak dipakai dengan harganya yang murah. Banyak orang yang memilih mengganti wallpaper ini dengan yang baru ketika sudah kotor. Namun jika Anda ingin lebih hemat, tips agar wallpaper dinding awet terbaru untuk wallpaper ini adalah dengan membersihkan secara kering. Anda wajib tahu bahwa kertas memiliki tekstur yang lebih rentan dan mudah robek.

Jadi jangan menggunakan air untuk membersihkannya. Gunakan saja kemoceng atau lap untuk debu yang terlalu menempel. Kertas juga bukanlah bahan yang mampu membuat debu menempel pada permukaannya. Anda hanya perlu telaten untuk membersihkan debu agar tidak menutupi motif wallpapernya.

  • Jangan pasang pada dinding lembap

Dalam sebuah rumah pasti ada spot atau ruangan tertentu yang memiliki tingkat kelembapan cukup tinggi. Jadi jangan langsung memasangkan wallpaper pada ruangan ini namun bersihkan dan atasi penyebabnya terlebih dahulu. Kemudian pasangkan wallpaper dengan bahan yang anti air. Hindari penggunaan bahan kain dan kertas karena tidak bisa bertahan di lingkungan yang lembap.

Ruangan lembap bukan hanya membuat wallpaper lebih mudah basah namun juga tidak sehat. Ruangan ini lebih mudah timbul lumut dan jamur jadi ketika ditempati jelas mengganggu kesehatan. Atasi terlebih dahulu penyebabnya baru hias menggunakan wallpaper dinding untuk bekas yang sulit hilang.

Tips Memasang Wallpaper Agar Rapi Dan Awet

Untuk membuat wallpaper awet Anda juga harus memperhatikan urutan pemasangan yang benar. Adapun urutan yang harus dilakukan dalam pemasangan wallpaper adalah sebagai berikut:

  • Persiapan

Sebelum melakukan pemasangan penting adanya persiapan. Persiapan ini meliputi semua hal yang diperlukan saat pemasangan mulai dari alat dan bahan mendukung. Meskipun terlihat simpel namun jika sudah siap semuanya maka prosesnya juga akan lebih cepat. Pemasangan wallpaper ini membutuhkan banyak komponen yang berkontribusi dalam prosesnya.

Yang dibutuhkan berupa penggaris, pemotong, pengukur, kuas, lem, benang dan juga wallpaper yang dibutuhkan. Jika semuanya sudah terkumpul urutkan sesuai alat yang sering digunakan. Jangan terlalu jauh dari tempat eksekusi agar tidak membuat Anda lelah bolak-balik.

  • Bersihkan dinding

Hal kedua untuk tips agar wallpaper dinding awet terpercaya adalah harus membersihkan dinding. Dinding adalah hal yang krusial untuk mendukung mudahnya wallpaper melekat. Dinding harus bebas dari debu, bagian bolong kasar ataupun kelembapan. Bersihkan secara mendalam menggunakan kemoceng, lap maupun tambalan bagi dinding yang membutuhkan.

Jangan lupa untuk mengeringkannya terlebih dahulu sebelum lanjut ke tahapan berikutnya. Kondisi dinding yang basah dan kotor membuat wallpaper tidak bisa tahan lama saat digunakan.

  • Ukur

Langkah selanjutnya adalah mulai dengan pengukuran. Ukur dari pojok kanan ke kiri dan atas ke bawah. Gunakan penggaris, meteran dan juga benang untuk mempermudah pemasangannya nanti.

Pengukuran ini harus benar-benar dipastikan keakuratannya karena menentukan wallpaper yang akan dipasang. Jangan lupa memberikan sekat lebih banyak dari ukuran aslinya agar wallpapernya tidak sampai kurang.

  • Gunting wallpaper

Untuk yang menggunakan jenis gulungan tentu Anda harus melakukan pemotongan wallpaper sebelum dipasang. Gunting sesuai ukuran panjang dan lebar ruangan yang dibutuhkan. Hal ini akan mempermudah Anda untuk proses pemasangannya karena tidak terlalu lebar wallpapernya. Lakukan pengguntingan dengan hati-hati jangan sampai miring.

  • Tandai

Sebelum wallpaper siap dipasang jangan lupa menempelkannya tanpa lem terlebih dahulu. Jika sudah pas barulah beri tanda menggunakan pensil tipis agar pemasangannya nanti lebih mudah. Anda hanya perlu mengikuti arah benang dan pensil untuk pemasangan dari ujung ke ujung. Banyak orang yang melewatkan proses penandaan ini dan hasilnya wallpaper tidak lurus.

  • Oleskan lem

Selanjutnya jangan lupa oleskan dengan tipis lem pada wallpaper dinding sampai merata. Tunggu sampai lem sedikit mengering barulah tempelkan perlahan ke dinding sampai semuanya terpasang sempurna. Tunggu sampai benar-benar tertempel baik dan Anda bisa lanjut ke bagian berikutnya. Anda bisa memilih tipe lem yang berkualitas tinggi agar bisa merekat lebih baik.

  • Ratakan

Langkah terakhir ini untuk membuat permukaan wallpaper tidak bergelembung. Gunakan penggaris untuk meratakan wallpaper yang tertempel dengan perlahan. Jika kurang merekat menggunakan penggaris, pada bagian gelembung bisa menggunakan korek api.

Korek secara hati-hati sampai bagian gelembungnya masuk ke dalam. Gunting juga bagian ujung wallpaper yang tidak digunakan. Rekatkan kembali menggunakan lem agar terlihat lebih rapi.

Untuk menggunakan tips agar wallpaper dinding awet jangan lupa memperhatikan beberapa kriteria pemasangannya. Beberapa tipe wallpaper memang memerlukan treatment khusus untuk bisa membuatnya merekat dengan baik. Apalagi pada bagian finishing jangan sampai lupa memotong ujung wallpaper dan memastikan tidak ada gelembung.

Jika tidak bisa memasang sendiri, maka mintalah bantuan jasa profesional seperti Raja Gorden. Anda bisa mengandalkan kami, sebelumnya hubungi kami di 0812 1964 3240 (09.00 – 17.00 WIB) email ke hello@rajagorden.com.

5/5 - (8 votes)

Tinggalkan Komentar