Jangan Salah Pilih, Inilah Tips Memilih Gorden Rumah yang Wajib Diketahui

Tips Memilih Gorden Rumah – Bagaimana tips memilih gorden rumah agar tampilan interior ruangan menarik? Seperti Anda ketahui bahwa tampilan desain interior merupakan aspek penting bagi sebuah hunian. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila Anda selalu mempercantik kondisi interior ruangan rumah. Salah satunya adalah dengan mengganti secara rutin gorden yang terdapat di ruangan. Berikut adalah ini adalah cara memilih gorden untuk ruangan rumah Anda.

Tips Memilih Gorden Rumah

Model Gorden

Aspek pertama yang perlu Anda perhatikan ketika memilih gorden tentu saja modelnya. Dewasa ini, ada banyak sekali model gorden menarik yang cocok untuk dekorasi rumah Anda. Diantaranya adalah Ripple Fold, Pinch Pleat, Goblet, Cubicle, Rod Pocket dll. Dalam memilih gorden, Anda sebaiknya menyesuaikan dengan kondisi dan warna cat ruangan.

Tujuannya adalah agar tampilan ruangan terlihat sederhana. Sementara itu, jika Anda menginginkan tampilan ruangan rumah dengan desain mewah, maka model gorden semi Spanyol bisa dipilih. Model gorden Spanyol umumnya mempunyai desain corak lebih variatif. Meskipun coraknya terkesan banyak aksen, tetapi tidak berlebihan sehingga tetap sesuai dengan ruangan rumah Anda.

Warna Gorden

Sekarang, model hunian dengan desain minimalis memang sedang trend di tengah masyarakat. Banyak orang termasuk Anda tertarik untuk mendesain rumah mereka menjadi minimalis. Salah satu caranya adalah dengan memilih warna gorden yang cocok. Umumnya, warna gorden yang sesuai dengan rumah minimalis adalah cokelat dan emas (gold).

Penggunaan kedua warna tersebut tentu saja akan memberikan efek lain pada ruangan. Efek tersebut diantaranya adalah membuat ruangan terlihat lebih luas dan menghadirkan kesan mewah. Sementara itu, apabila ruangan rumah Anda catnya berdinding putih, maka pemilihan gorden tidak boleh sembarangan. Anda sebaiknya menyesuaikan warna gorden dengan corak beragam furnitur di ruangan.

baca juga  Tips Memilih Gorden Jendela

Motif Gorden

Kini, ada banyak sekali motif gorden yang tersedia di pasaran. Anda bisa memilih salah satu gorden tersebut untuk interior rumah Anda. Setiap motif gorden tentu mempunyai keindahan tersendiri. Keindahan tersebut akan terlihat maksimal apabila keberadaannya sesuai dengan warna cat ruangan.

Jika kondisi dinding ruangan Anda telah dipenuhi dengan beragam hiasan dinding seperti stiker atau wallpaper, pilih motif gorden yang polos. Sebaliknya, bila dinding ruangan rumah Anda dalam keadaan polos, maka motif gorden bercorak tentu saja akan sangat cocok. Jadi, meski terkesan sepele Anda tidak boleh salah dalam memilih motif gorden.

Bahan Gorden

Tips memilih gorden rumah yang ketiga adalah melihat kualitas bahannya. Sederhananya, sebuah gorden dikatakan berkualitas apabila bahannya tahan lama. Kemudian, saat memilih gorden untuk rumah Anda wajib menyesuaikannya dengan kebutuhan ruangan. Jika ruangan Anda mudah terpapar sinar matahari, maka pilihlah bahan blackout.

Tujuannya adalah agar suhu di ruangan terasa hangat dan pencahayaan menjadi cukup. Sebaliknya, bila ruangan rumah Anda sudah memiliki konstruksi kaca riben sebaiknya pilih jenis gorden yang bahannya lebih tipis. Dengan demikian, tampilan interior ruangan rumah Anda semakin menarik dan nyaman dipandang.

Tema Ruangan

Pemilihan gorden juga harus Anda sesuaikan dengan tema ruangan. Disini, Anda bisa menyesuaikan warna dan corak gorden dengan kondisi ruangan. Meliputi warna cat dindingnya, meja, kursi, lemari hingga sarung bantal. Penyesuaian warna gorden dengan tema ruangan tentu akan membuat suasana menjadi lebih hidup.

Selain itu, hal ini juga akan menciptakan kesan rapi di mata tamu. Tema juga dapat memunculkan sisi kreatif dan inovatif dari Anda sebagai pemilik rumah. Namun, Anda sebaiknya jangan memilih gorden dengan corak atau motif yang terkesan terlalu ramai. Tindakan ini bertujuan untuk menghindari kesan berlebihan pada ruangan rumah.

baca juga  Beli Gorden Jendela Online

Harga Gorden

Ternyata harga juga menjadi aspek penting yang patut dipikirkan saat akan memilih gorden. Sebagai konsumen yang cerdas, Anda tidak boleh terkecoh dengan produk gorden berharga murah. Sebaiknya, Anda memilih gorden dengan harga yang sedikit mahal. Biasanya harga akan mencerminkan kualitas dari produk tersebut.

Analoginya adalah gorden yang berharga murah tentu memiliki kualitas kurang bagus. Lain halnya, dengan gorden yang berharga sedikit mahal umumnya jenis produk ini menghadirkan kualitas yang bagus. Jadi, jangan ragu untuk mengeluarkan biaya lebih guna mendapatkan gorden dengan harga kompetitif dan berkualitas.

Kondisi Perabot

Poin terakhir yang satu ini juga wajib Anda perhatikan ketika akan memilih gorden rumah. kondisi perabot yang dimaksud disini adalah warnanya. Jika perabot di ruangan rumah sudah dipenuhi corak, maka Anda harus melengkapi ruangan dengan gorden warna polos. Sebaliknya, bila warna perabotan polos, Anda bisa memilih menggunakan gorden dengan banyak motif.

Itulah ketujuh tips memilih gorden rumah yang bisa Anda terapkan untuk memperindah desain ruangan. Apabila gorden yang dipilih sesuai dengan kondisi ruangan tentu akan memberikan rasa nyaman. Ketika kondisi ini terwujud, Anda sudah pasti tidak akan semakin betah berlama-lama di ruangan untuk sekedar menghabiskan waktu.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button