Tips Memilih Wallpaper Agar Ruangan Terlihat Luas

Tips Memilih Wallpaper Agar Ruangan Terlihat Luas – Wallpaper adalah salah satu alternatif paling tepat untuk membuat ruangan lebih menarik. Anda bisa menggunakannya juga untuk membuat ukuran ruangan menjadi lebih luas dari aslinya. Namun memilihnya juga harus hati-hati karena jika salah memilih justru membuat ruangannya menjadi lebih sempit.

Tips Memilih Wallpaper Agar Ruangan Terlihat Luas

9 Tips Memilih Wallpaper Agar Ruangan Terlihat Luas

Hal pertama yang menjadi kriteria pemilihan wallpapernya adalah menggunakan bahan yang sesuai. Saat ini wallpaper dinding sudah memiliki banyak pilihan bahan yang bisa digunakan. Ada yang menggunakan bahan tebal, timbul dan ada juga yang ringan maupun tipis. Pemilihan bahan ini juga akan mempengaruhi luas tidaknya sebuah ruangan.

Bahan yang tebal membuat bias cahaya dalam ruangan menjadi lebih mudah menyerap. Hal ini membuat pemantulan cahayanya menjadi sulit dan menghasilkan suasana lebih gelap dalam ruangannya. Sementara untuk bahan yang tipis atau ringan mampu memantulkan cahaya dengan baik. Bahan inilah yang tepat untuk membuat ruangan terlihat lebih luas.

  • Jangan lakukan penyambungan wallpaper

Hal kedua untuk tips memilih wallpaper agar ruangan terlihat luas terbaru adalah menghindari proses penyambungan wallpapernya. Penyambungan sebuah wallpaper dalam satu ruangan memang harus dihindari untuk membuatnya lebih rapi. Ruangan yang sudah sempit jika disambung wallpapernya tentu tidak akan estetik. Apalagi lokasi penyambungannya tidak sesuai pada potongan gambarnya.

Jika memang harus melakukan penyambungan potong saja bagian separuh dari motif yang terpasang. Kemudian bisa ditimpa dengan wallpaper dengan motif yang masih utuh. Dengan begitu tidak akan begitu terlihat penyambungannya. Bagian yang tersambung ini membuat kesan ruangan menjadi lebih gelap dari aslinya.

  • Jenis wallpaper

Perkembangan wallpaper yang pesat membuat pemilihan jenisnya menjadi lebih sulit. Terlalu banyak pilihan jika tidak tepat menjatuhkan pilihan juga menjadi masalah besar. Untuk ruangan agar terlihat lebih luas bisa memakai bahan dari vinyl. Bahan ini memiliki daya tahan yang cukup baik untuk segala situasi dalam ruangan. Bukan hanya itu saja ketika dipasang bahan ini juga mudah menyatu dalam ruangan dan selalu rapi.

Hal utama yang mampu membuat ruangan nyaman dan terlihat luas saat ditempati adalah kerapian. Jadi, meskipun tidak menggunakan bahan vinyl asalkan mengutamakan kerapian pemasangan tentu lebih enak untuk dipandang. Anda harus banyak melihat referensi jenis wallpaper untuk ruangan sempit.

  • Garis motif

Hal keempat yang penting dalam memilih wallpaper adalah untuk motifnya. Salah satu rekomendasi motif cantik untuk ruangan sempit adalah motif garis. Motif ini membuat ruangan lebih luas namun tidak terlalu sepi. Garis yang menjadi motifnya memberi kesan ruangan lebih panjang dari ukuran aslinya. Apalagi jika memilih tipe motif garis yang vertikal bersambung. Direkomendasikan menggunakan bentuk garis yang besar namun lebih renggang.

Saat ini dalam memilih motif garis sudah tidak sulit lagi karena sudah banyak perpaduan warna yang bisa digunakan. Awalnya motif garis hanya tersedia dalam dua warna yakni hitam dan putih atau sebaliknya. Sementara saat ini sudah banyak motif garis yang menggunakan warna pastel maupun cerah.

  • Pilih warna kebalikan dari perabot

Hal kelima dalam tips memilih wallpaper agar ruangan terlihat luas terbaik adalah mengenai pemilihan warnanya. Tidak harus mengutamakan warna terang dalam ruangannya namun pilih yang berbalikan dari perabotnya. Jadi untuk penataan ruangan sebelum diisi perabot Anda harus melakukan survey terlebih dahulu. Anda harus bisa memilih untuk memakai warna terang atau gelap bagi ruangannya.

Seperti contohnya jika ingin menggunakan warna terang untuk wallpaper dindingnya maka perabot harus menggunakan tipe lainnya. Perabot bisa menggunakan warna gelap agar tidak tenggelam dan terlihat rapi saat digunakan. Perpaduan ini membuat ruangan lebih harmoni dari pada memilih warna yang tidak seragam.

  • Corak yang sederhana

Tips penting keenam dalam memilih wallpaper adalah pemilihan corak yang digunakan. Untuk efek ruangan lebih luas Anda bisa memilih corak yang lebih sepi dari biasanya. Alternatif ini cocok untuk pengguna yang kurang suka dengan tipe wallpaper yang polos. Motif atau corak yang terlalu ramai membuat ruangannya justru semakin sempit dari ukuran aslinya.

Jadi sebelum memutuskan untuk membeli jangan lupa mengambil beberapa sampel kecil agar terlihat keserasiannya. Desain dan corak memiliki kontribusi penting agar ruangan terlihat lebih serasi. Anda juga bisa melihat rekomendasi jenis motif dan ukuran yang sesuai untuk ruangan kecil.

  • Warna soft

Jika kebingungan dalam memilih sebuah wallpaper jenis yang bisa digunakan adalah warna soft. Warna soft mudah menyatu dengan ruangan dan tidak memberikan efek terlalu berlebih jika salah memilihnya. Warna soft juga memiliki banyak pilihan yang mudah disesuaikan dengan perabot atau printilan lainnya.

Direkomendasikan memilih warna soft yang muda dengan paduan perabot warna putih agar penataannya lebih mudah. Jika ingin menambah motif di dalamnya Anda tidak perlu khawatir karena bisa menggunakan bentuk bunga transparan. Bentuk dan warna ini akan mudah dipasang untuk jenis ruangan apa pun.

  • Warna senada

Hal kedelapan yang bisa dilakukan untuk tips memilih wallpaper agar ruangan terlihat luas terpercaya adalah pemilihan warna senada. Untuk caranya Anda bisa mengambil satu warna utama yang dipakai dalam ruangan maupun perabotnya.

Seperti contohnya untuk wallpaper memilih cokelat muda maka perabotnya bisa memakai warna cokelat tua. Sementara bagian lainnya bisa menggunakan dekorasi dari kayu agar lebih cocok saat digunakan.

Warna senada ini juga sangat cocok untuk Anda yang kebingungan dalam memilih wallpaper dalam ruangannya. Pemilihan warna gradasi pink ke ungu juga merupakan pilihan yang bagus untuk digunakan. Warna ini mampu memberikan kesan ruangan lebih ceria dan terang tentunya. Anda juga bebas bereksperimen menggunakan warna-warna lain yang sekiranya cocok digunakan dalam ruangannya.

  • Polos natural

Memilih bentuk wallpaper dengan tema natural atau alam juga menjadi alternatif yang tepat. Motif pohon tanpa daun, bunga cantik atau rumput yang segar bisa menjadi pilihan menarik. Perpaduan ini mampu memberikan kesan yang lebih nyaman saat digunakan. Warna-warna seperti cokelat, hitam maupun putih adalah pilihan yang cocok sesuai keperluan ruangannya.

Anda juga harus memilih yang sesuai dengan manfaat ruangannya. Ruang tamu bisa menggunakan warna yang lebih terang seperti cokelat dan paduan putih untuk motifnya. Kemudian bisa dipadukan lagi dengan perabot warna cokelat atau dari bahan kayu. Untuk sofanya bisa menggunakan warna soft cream untuk memberikan kesan elegan. Perpaduan lainnya bebas saja asalkan masih masuk dengan warna utama dalam ruangan.

Dengan menggunakan tips memilih wallpaper agar ruangan terlihat luas tersebut tentunya mampu membuat pembeliannya menjadi lebih tepat.  Jangan lupa sesuaikan dengan budget dan ukuran yang tepat agar tidak terlalu membengkak pembeliannya. Ukuran yang tepat juga menghindari adanya penyambungan pada wallpapernya.

Jika Anda masih bingung soal memilih wallpaper cantik yang cocok maka bisa hubungi Raja Gorden. Kami adalah jasa pasang wallpaper terpercaya di 0812 1964 3240 (09.00 – 17.00 WIB) atau email ke hello@rajagorden.com.

5/5 - (5 votes)

Tinggalkan Komentar