Bisakah Wallpaper Untuk Dinding Yang Belum Diplester?

Bisakah Wallpaper Untuk Dinding Yang Belum Diplester – Wallpaper bisa dipasang pada dinding yang terbuat dari kayu, batako, maupun batu bata. Namun, jika dinding batu batu tersebut belum diplester maka akan membuat wallpaper yang terpasang menjadi tidak rapi.

Bisakah Wallpaper Untuk Dinding Yang Belum Diplester

Bisakah Wallpaper Untuk Dinding yang Belum Diplester dan Dicat? Ini Faktanya!

  • Wallpaper pada batu bata

Dinding yang terbuat dari batu bata memang memiliki ketahanan yang kokoh. Tentu saja dinding yang kokoh bisa dipasang wallpaper. Namun, untuk dinding yang masih belum diplester, maka pemasangan wallpaper tidak akan sempurna.

Disarankan agar Anda memlester dinding itu terlebih dahulu. Langkah ini lebih baik dilakukan dibanding harus memaksakan memasang wallpaper pada dinding batu bata yang masih kasar.

  • Apakah ketebalan plester mempengaruhi kualitas pemasangan wallpaper?

Ketebalan plester tidak mempengaruhi hasil dari pemasangan wallpaper pada dinding. Namun, yang menjadi bagus atau tidaknya wallpaper yang terpasang adalah kondisi permukaan dinding yang diplester.

Semakin halus permukaan dinding, maka akan semakin rapi pula wallpaper yang sudah terpasang. Oleh karena itu, plester dinding yang tipis pun bisa dipasang wallpaper asalkan permukaannya rata.

  • Apakah dinding yang diaci mempengaruhi kualitas wallpaper?

Setelah mengetahui bisakah wallpaper untuk dinding yang belum diplester dan dicat, selanjutnya yang perlu diketahui adalah apakah wallpaper bisa terpasang dengan baik jika dinding sudah diplester dan diaci.

Dinding yang sudah diaci berarti permukaan dinding sudah halus. Tentu saja kondisi tersebut sangat bagus untuk memasang wallpaper. Hasil wallpaper yang terpasang akan lebih baik.

  • Apakah dinding yang sudah dicat bisa dipasang wallpaper?

Untuk memasang wallpaper sebaiknya memang dilakukan pada dinding yang belum dicat. Karena lem akan menempel lebih kuat pada dinding dan wallpaper. Namun, apabila dinding sudah terlanjur dicat maka perlu dilakukan pembersihan terlebih dahulu.

Pembersihan yang dimaksud adalah menghapus cat yang ada di dinding sampai bersih tanpa tersisa. Karena biasanya ada bagian cat dinding yang tidak rata dan itu bisa mengganggu kerapihan wallpaper.

  • Dinding apakah yang paling bagus dipasang wallpaper?

Sehubungan dengan masih banyaknya pertanyaan terkait bisakah wallpaper untuk dinding yang belum diplester halus, ulasan singkat berikut ini akan menjawabnya. Di antara dinding batu bata, kayu, gypsum, dan batako, dinding yang terbuat dari batu bata adalah pilihan yang paling baik untuk dipasang wallpaper.

Namun, dengan ketentuan harus sudah diplester dan diaci. Karena acian yang halus bisa membuat lem menempel lebih kuat dan menjadikan wallpaper tertempel di dinding dengan erat.

Kemudian bahan selanjutnya yang direkomedasikan untuk dipasang wallpaper adalah batako dan kayu. Sedangkan bahan gypsum lebih cocok untuk dijadikan plafon dari pada dinding.

Beli Dimana Wallpaper Dinding

Anda Berminat untuk Memasang Wallpaper? Begini Syaratnya!

  • Permukaan dinding harus bersih

Dinding yang bersih akan membuat wallpaper menjadi sehat. Itulah mengapa sebelum memasangnya, dinding harus sudah pasti dalam keadaan bersih dan tidak boleh ada benda lain sekecil apa pun yang menempel pada dinding.

  • Ukuran yang akurat

Sebelum memasang wallpaper pastikan ukuran dinding sudah sesuai antara yang Anda ukur dengan kenyataan. Bagian ini penting dilakukan agar tidak mengalami kekurangan bahan saat proses pemasangan dimulai atau terjadi banyaknya sisa bahan yang tak terpakai.

  • Dinding tidak boleh bergelombang

Memastikan dinding yang hendak dipasangi wallpaper tidak bergelombang merupakan langkah yang tepat. Karena apabila dinding bergelombang akan mempengaruhi hasil dari pemasangan wallpaper.

  • Dinding harus bebas jamur

Keberadaan jamur bisa mengancam ketahanan dari wallpaper. Itulah mengapa dinding tidak boleh ada jamur sedikit pun agar wallpaper bisa tahan lama dan tidak rusak.

  • Tidak boleh ada material kaca

Karena material kaca tidak bisa ditempeli wallpaper, maka dinding yang memiliki kaca harus dihilangkan kacanya terlebih dahulu. Tambalah dengan dinding semen untuk bagian kaca yang tadi dihilangkan agar wallpaper bisa terpasang.

  • Jangan mengecat dinding

Wallpaper bisa lebih baik apabila dipasang pada dinding semen yang belum dicat. Hal ini dikarenakan akan mempercepat proses pemasangan dan mendapatkan hasil yang rapi. Ini semua akan berpengaruh terhadap hasil wallpaper yang telah dipasang.

Meskipun usia dinding sudah lama, tetapi usahakan tetap terlihat bersih seperti dinding yang baru. Jika sudah terlanjur pernah dicat, maka pastikan tidak ada lagi sisa yang menempel.

Bisakah Wallpaper Untuk Dinding Batako

Cara Memasang Wallpaper Sendiri Tanpa Ribet 

  • Bersihkan dinding

Ambillah spons atau lap kain sebagai alat untuk mengusap dinding. Kemudian gosokkan ke dinding dengan menggunakan air sabun. Lakukanlah secara berulang-ulang sampai dinding benar-benar bersih.

Tunggu beberapa jam kemudian sampai dinding kembali kering karena wallpaper tidak bisa menempel pada dinding yang basah. Selama Anda menunggu siapkanlah lem, alat ukur, gunting, dan peralatan lain untuk memasang wallpaper.

  • Pilih wallpaper

Ada dua macam wallpaper yang biasa beredar di pasaran. Pertama, wallpaper yang sudah dipasang perekat pada bagian belakang. Kedua, wallpaper yang belum ada perekat di bagian belakang. Jenis wallpaper kedua membutuhkan lem untuk menempelnya.

Jika Anda menginginkan pekerjaan yang praktis dan lebih mudah selesai, maka wallpaper dengan perekat di belakangnya adalah pilihan yang cocok. Namun, jika Anda membutuhkan wallpaper yang lebih kuat dan tahan lama belilah wallpaper tanpa perekat dan tambahkan lem berkualitas untuk memasangnya.

  • Buatlah rencana pola wallpaper

Membuat perencanaan pola wallpaper ini penting dilakukan untuk menjaga motif wallpaper agar tidak terpotong. Jika memang Anda terpaksa harus memotong di tengah-tengah motif, pastikanlah potongan itu bisa menyamarkan titik sambungannya.

  • Memasang wallpaper

Dinding yang ingin dipasang wallpaper sebaiknya memang harus sudah diplester. Namun, bisakah wallpaper untuk dinding yang belum diplester lama? Jawabannya tentu saja tidak. Ada beberapa alasan mengapa wallpaper yang baru diplester tidak boleh langsung dipasangi wallpaper, antara lain:

  • Tekstur dinding kasar

Dinding yang baru diplester biasanya memiliki tekstur yang kasar. Tentu ini berbahaya untuk wallpaper karena bisa merusaknya.

  • Lem tidak lengket

Dinding yang baru diplester juga tidak bisa di lem karena lem tidak akan lengket pada dinding yang masih basah. Memberi lem pada dinding hanya akan membuat hal yang sia-sia.

  • Dinding belum kuat

Dinding yang baru diplester memiliki kondisi yang rapuh. Semen belum menempel bisa pada batu bata. Itulah mengapa dinding yang baru diplester sangat tidak direkomendasikan untuk dipasang wallpaper.

Pasanglah wallpaper yang sudah disiapkan sesuai dengan pola dan ukuran dinding dengan hati-hati.  Mulailah dari bagian ujung wallpaper yang mudah Anda jangkau, lalu bentangkan pada ujung lainnya yang hendak diberi wallpaper.

  • Lakukan finishing

Periksalah kembali pekerjaan yang sudah selesai. Ini penting dilakukan untuk melihat apakah ada sisi yang miring dari wallpaper yang telah dipasang.

Tentu saja Anda penasaran bisakah wallpaper untuk dinding yang belum diplester? Wallpaper sangat direkomendasikan dipasang pada dinding yang sudah diplester dan diaci. Raja Gorden menyediakan wallpaper terbaik untuk kebutuhan Anda, segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

5/5 - (5 votes)

Leave a Reply