Tips Memilih Wallpaper Dinding

Tips Memilih Wallpaper Dinding – Saat ini penggunaan wallpaper sudah menjadi hal yang lumrah untuk mempercantik ruangan. Wallpaper juga digunakan sebagai pengganti cat agar lebih praktis dan estetik untuk digunakan. Hal ini didukung juga dengan perkembangan motif dan warna yang semakin menarik. Namun dalam pemasangannya juga harus memperhatikan beberapa hal penting agar tetap cantik.

Tips Memilih Wallpaper Dinding

Tips Memilih Wallpaper Dinding Sesuai Ruangannya

  • Perhatikan permainan cahaya

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengenai permainan cahaya. Wallpaper yang cantik bisa digunakan dengan memperhatikan arah redup dan terangnya cahaya. Anda perlu melakukan survey untuk mencari arah cahaya agar mendapat pantulan yang tepat. Dengan begitu warna dari wallpapernya bisa terlihat dengan sempurna.

Seperti contohnya ketika menggunakan warna kuning dengan motif bunga maka harus menghadap ke arah pencahayaan yang sesuai. Dengan begitu warna terang yang dihasilkan oleh wallpaper ini terlihat lebih sempurna. Ruangannya menjadi lebih estetik apalagi dipadukan dengan pencahayaan lampu ruangan yang sesuai.

  • Polos atau bertekstur

Hal kedua dalam tips memilih wallpaper dinding terbaru yang perlu diperhatikan adalah pemilihan motif untuk wallpapernya. Sebenarnya antara wallpaper polos atau bertekstur sama bagusnya hanya saja harus disesuaikan dengan kebutuhan ruangannya. Untuk ruangan yang sempit lebih direkomendasikan menggunakan wallpaper polos saja.

Wallpaper polos mampu memberikan kesan ruangan yang lebih luas dari ukuran aslinya. Sementara untuk ruangan yang luas bisa memakai yang bertekstur saja. Hal ini mampu membuat ruangan terasa lebih terisi. Apalagi jika tidak banyak perabot yang ada di dalam ruangannya.

  • Pilih warna yang senada

Berikutnya dalam memilih wallpaper juga harus memperhatikan kesesuaian warnanya dengan warna perabot lain di ruangannya. Apalagi jika mengambil konsep rumah yang minimalis sehingga warna yang menjadi perpaduannya jangan terlalu banyak.

Seperti contohnya ketika memilih warna putih untuk warna utamanya, maka cokelat bisa menjadi paduannya. Anda bisa memakai warna cokelat untuk keperluan tangga, pintu, jendela sampai dengan sofanya.

Sementara untuk wallpapernya bisa memakai warna putih polos ataupun bermotif sesuai keperluan. Dengan begitu perpaduan dalam ruangannya tetap senada dengan baik.

  • Jangan terlalu ramai

Sebagian orang pasti senang dengan motif yang meriah untuk wallpaper rumahnya. Namun tidak semua tipe wallpaper ramai ini cocok untuk ruangan. Tips memilih wallpaper dinding terbaik keempat adalah menghindari motif yang terlalu ramai.

Motif terlalu ramai justru membuat ruangan menjadi tidak estetik. Anda lebih baik memilih motif wallpaper seperlunya saja agar bisa menyatu dengan baik. Sebagai rekomendasinya Anda bisa menggunakan motif bata merah, garis dua warna atau pola sederhana lainnya.

Motif ini lebih mudah menyatu dalam ruangan dan tidak merepotkan untuk penataannya. Jangan pernah juga menggunakan wallpaper dengan motif kecil karena membuat ruangan menjadi sempit.

  • Wallpaper terang

Wallpaper terang memang memberikan unsur keceriaan dan kebahagiaan di dalam ruangannya. Memilih warna gelap untuk ruangan sebenarnya tidak menjadi masalah, hanya saja perlu penataan yang lebih serius lagi.

Warna gelap sulit menyatu dengan ruangan bahkan memerlukan penerangan yang lebih banyak. Sehingga meskipun dalam waktu siang hari Anda tetap memerlukan lampu agar tetap terang.

Keuntungan menggunakan wallpaper warna terang adalah tidak memerlukan lampu di siang hari. Selain itu warna terang juga bisa membuat ruangan terasa lebih hangat untuk digunakan. Sementara warna gelap lebih cocok untuk memberikan kesan dingin di dalam ruangannya.

  • Sesuaikan dengan ruangannya

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah penyesuaiannya dengan kebutuhan ruangannya. Wallpaper untuk ruang tamu tentu berbeda kebutuhannya dengan kamar mandi.

Wallpaper untuk kamar mandi memerlukan bahan yang anti air dan motif yang lebih bersih. Sementara untuk keperluan kamar tidur atau ruang tamu memerlukan motif yang lebih ramai.

Anda juga perlu memperhatikan beberapa pertimbangan penting seperti ukuran ruangan, banyaknya perabot dan penerangannya. Lakukan pertimbangan yang baik untuk memilih setiap perabot yang akan digunakan. Dengan begitu ruangan yang diberikan wallpaper terlihat lebih estetik untuk dinikmati.

  • Gaya victorian

Untuk rumah modern sangat cocok memakai tipe wallpaper gaya victorian ini. Tips memilih wallpaper dinding termurah ini sangat cocok untuk membuat ruangannya menjadi lebih mewah untuk digunakan.

Gaya seperti ini sangat bagus untuk membuat ruangan menjadi lebih penuh. Bisa dipakai untuk alternatif paling bagus untuk ruangan yang kekurangan perabot. Gaya victorian ini juga memiliki banyak pilihan bentuk dan juga warnanya.

Anda perlu memilih warna dan motif yang sesuai dengan kebutuhan ruangannya. Harga dari wallpaper ini juga tidak mahal bahkan untuk keperluan penutupan dinding secara keseluruhan.

  • Skandinavia

Rumah minimalis dengan perabot yang banyak di dalam ruangan juga tidak menyulitkan untuk memilih ruangannya. Gaya kedua yang cocok untuk wallpaper adalah Skandinavia.

Gaya ini memiliki tipe motif yang tidak terlalu ramai namun estetik untuk digunakan. Harga dari wallpapernya juga tidak terlalu mahal jadi bisa dipakai untuk keseluruhan ruangannya.

Awalnya gaya Skandinavia ini hanya memiliki perpaduan warna putih dan abu-abu. Namun seiringnya waktu pemenuhan warnanya juga semakin banyak. Apalagi untuk Anda yang suka dengan warna terang tentu gaya ini juga bukanlah masalah besar.

  • Vintage

Gaya berikutnya yang banyak memberikan keuntungan untuk digunakan adalah gaya vintage. Gaya ini cocok untuk tipe rumah klasik dengan perabot ala bangsawan yang menarik untuk digunakan.

Pilihan warna untuk wallpaper ini juga cukup beragam namun kebanyakan menggunakan waran putih dan cokelat. Vintage memberikan ruangan terlihat seperti lebih mewah dan elegan.

Untuk rekomendasi wallpaper yang terbaru yakni menggunakan motif bunga dan warna hijau telur asin. Warna ini mampu memberikan penerangan cukup baik dan keindahan yang cukup baik dalam ruangannya.

  • Wallpaper motif daun

Anda yang suka dengan motif alam tidak perlu khawatir karena saat ini sudah tersedia banyak wallpaper bentuk alam. Salah satu yang paling banyak dipakai adalah motif daun hijau karena terlihat lebih segar.

Motif daun ini juga memiliki bentuk dan ukuran yang beragam. Pilihlah saja sesuai dengan keperluan untuk memberikan keindahan lebih menarik dalam ruangannya.

  • Wallpaper banyak warna

Untuk bentuk wallpaper yang unik lainnya adalah bisa memakai tipe banyak warna dalam ruangannya. Anda bisa menggunakan warna abstrak atau gradasi yang menarik sesuai warna utama yang diinginkan.

Yang paling banyak digunakan adalah warna gradasi dari pink ke ungu tua. Warna ini mampu memberikan penerangan dan keindahan yang baik ketika dilihat dalam ruangannya.

Bagus lagi jika perabot dan pernak-pernik dalam ruangannya juga mendukung. Sehingga terlihat lebih seragam dan estetik. Warna ini juga cukup kalem sehingga tidak terlalu mencolok untuk ruangan minimalis.

Dengan menggunakan tips memilih wallpaper dinding tentu membuat penataan ruangannya menjadi lebih menarik. Wallpaper yang tepat membuat ruangan menjadi lebih nyaman saat digunakan. Raja Gorden juga menyediakan wallpaper terbaik untuk kebutuhan Anda, segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

5/5 - (7 votes)

Tinggalkan Komentar