Bisakah Wallpaper Untuk Dinding Batu Bata?

Bisakah Wallpaper Untuk Dinding Batu Bata – Pemasangan wallpaper tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Harus memperhatikan tekstur permukaan dinding supaya wallpaper dapat melekat dengan baik. Juga harus bersih dari debu dan kotoran lainnya.

Bisakah Wallpaper Untuk Dinding Batu Bata

Bisakah Wallpaper Untuk Dinding Batu Bata Yang Belum Diplaster

Wallpaper bisa dipasang pada permukaan dinding yang licin. Sementara itu, batu bata biasanya dibuat dengan permukaan terutama yang belum diplaster. Jadi, harus melalui proses finishing terlebih dahulu. Tujuannya supaya pengaplikasiannya bisa bertahan lama.

Dinding yang dipasang batu bata ringan dapat dilanjutkan dengan pekerjaan plasteran. Selanjutnya dilakukan acian menggunakan semen instan. Tetapi, jika tidak melalui finishing maka harus dilakukan penambahan lem supaya dapat melekat kuat.

Saat memasang wallpaper, pastinya membutuhkan perekat. Tidak bisa memilih sembarangan lem sehingga harus beli yang memang disediakan khusus untuk wallpaper. Adanya lem ini meningkatkan daya rekat pada tembok batu bata, gypsum dan tripleks.

Berapa Lama Wallpaper Dinding Bertahan

Bahan Plasteran Yang Bisa Diaplikasikan ke Dinding

Plasteran dinding selalu diaplikasikan pada tembok berbahan batako atau batu bata. Proses ini menggunakan bahan dan peralatan yang mendukung. Bertujuan untuk menghasilkan finishing yang rapi, licin dan merata agar bisa dipasang wallpaper. Bahan plasteran yang digunakan diantaranya air, tripleks, kawat ayam.

Lapisan plester dibuat untuk bagian dinding dalam. Sementara itu, dinding luar atau batas kavling diberi plesteran tanpa diaci. Perlu diperhatikan agar sebelum proses plasteran dimulai, sebaiknya batu bata disiram menggunakan air supaya proses finishing lebih cepat menempel ke tembok.

Plester dapat meningkatkan kekuatan dinding.  Bagian yang cacat atau retak pun dapat ditutupi. Kondisi tembok lebih aman dari perubahan cuaca, kotoran dan gesekan benda tajam. Juga memudahkan proses pengaplikasian wallpaper. Jadi bisakah wallpaper untuk dinding bata plasteran? Jawabannya wallpaper bisa ditempelkan pada dinding tersebut.

Apakah Wallpaper Dinding Bisa Untuk Batu Bata Putih

Trik Memilih Wallpaper Agar Interior Rumah Lebih Estetik 

  • Menyesuaikan Wallpaper dengan Karakter

Hal yang harus diperhatikan adalah memilih motif dan warna wallpaper sesuai karakter penghuni. Karena dekorasi mencerminkan kepribadian. Sehingga penghuni rumah bebas menentukan wallpaper mana saja yang diinginkan.

Menggunakan warna kesukaan untuk kamar tidur. Tetapi, ruangan yang digunakan bersama seperti ruang tamu dan ruang keluarga sebaiknya memilih warna netral aja. Karena semua orang lebih menyukai warna seperti ini.

  • Wallpaper untuk Rumah Plafon Tinggi

Ruangan yang memiliki plafon tinggi namun ukurannya kecil juga bagus dipasang wallpaper. Salah satunya motif horizontal atau vertikal yang tidak terlalu ramai. Garis-garis tipis bagus sekali menghiasi ruangan.

Motif wallpaper terlalu ramai tidak disarankan untuk ruangan mini. Pemilihan warna memberikan efek ilusi sehingga harus dipertimbangkan dengan baik. Warna lebih terang cocok sekali supaya terasa lebih luas.

  • Wallpaper untuk Ruangan Luas

Ruangan luas cocok menggunakan semua wallpaper dinding apa saja. Jika malas menata dekorasi ruangan, coba pilih wallpaper warna gelap seperti hitam dan cokelat. Ungu atau biru tua pun opsi terbaik sehingga ruangan terasa lebih hangat.

Kenyamanan mudah sekali diwujudkan melalui penggunaan warna tersebut. Anda dapat memilih motif abstrak yang ukurannya besar supaya seimbang dengan luas ruangan. Gambar panorama juga bisa dicoba aplikasikan pada ruangan. Bisakah wallpaper untuk dinding bata merah ruangan luas, lebih mudah menempel setelah diplaster.

  • Untuk Ruangan Gaya Vintage

Gaya vintage identik dengan kelembutan sehingga pilihan warna dan motif harus disesuaikan. Misalnya, motif bunga warna pink atau warna soft lainnya. Motif bunga vintage mudah sekali ditemukan di pasaran baik secara offline maupun online.

Memilih warna wallpaper  bisa disesuaikan dengan warna keseluruhan dinding rumah. Misalnya Anda ingin menempelkan wallpaper di salah satu sisi dinding saja. Maka, kombinasikan dengan warna dinding sisi di sampingnya.

  • Untuk Rumah Gaya Scandinavia

Rumah bergaya Scandinavia sekarang ini semakin diminati, ciri khas hunian ini dicat dengan warna natural dan netral. Karena itu mudah sekali bagi Anda memadukannya dengan berbagai pilihan motif wallpaper. Misalnya motif garis vertikal tetapi juga dikombinasikan dalam bayangan garis-garis mirip ranting.

Rumah ini tidak sedikit terbuat dari material kayu. Warna khas cukup menarik perhatian. Bagi Anda yang memiliki hunian minimalis, dapat memasang motif kayu untuk mewujudkan aksen scandinavian. Tidak perlu di pasang di semua sisi dinding, namun di salah satunya saja.

  • Untuk Hunian Gaya Victorian

Gaya victorian terkenal dengan kesan mewahnya, biasanya dihias menggunakan pola rumit. Motif paling bagus untuk hunian ini yaitu ukiran abstrak rumit. Maka, sangat cocok diaplikasikan warna latar belakang merah, putih ataupun ungu.

Pilihan warna silver dan emas pun cukup tepat untuk dipertimbangkan. Pastikan dilengkapi furniture yang mampu mendukung kemewahan ini. Misalnya, memasang tirai warna emas. Jadi, Anda dapat mengaturnya sendiri sesuai keinginan.

  • Untuk  Ruang Beratap Rendah

Meskipun sekarang ini kebanyakan rumah dibuat dengan langit-langit tinggi menjulang, namun di ruangan tertentu masih beatap rendah. Tipe ruangan ini membuat kesan kecil dan sempit. Motif wallpaper yang dapat diaplikasikan adalah garis abtraks, pohon dan strip vertikal.

Tujuan pemasangan wallpaper untuk memberikan kesan ruangan terasa lapang. Pilihlah warna wallpaper lebih tua daripada warna langit-langit ruang. Bisakah wallpaper untuk dinding bata beratap rendah harus diikuti penggunaan furniture dengan pola dan warna yang sesuai supaya kesan yang diinginkan berhasil diwujudkan.

  • Sesuaikan dengan Harmonisasi Dinding

Sebelum memasang wallpaper, perhatikan juga harmonisasi antara dinding dengan furniture. Bagi Anda yang menggunakan furniture pola rumit, maka pilihlah wallpaper motif minimalis. Sebaliknya, selama perabot seperti meja, kursi dan hiasan lain diletakkan di ruangan bergaya minimalis, maka dapat dipasang wallpaper motif ramai.

Misalnya, ruang tamu diaplikasikan motif abstrak kombinasi putih dan emas. Cocok sekali dipadukan dengan sofa beludru abu-abu. Meja kecil sederhana saja berbentuk lingkaran dengan kaki 3 yang cukup minimalis. Semakin sempurna saat digantungkan gorden warna putih.

  • Wallpaper untuk Kamar Mandi

Wallpaper dipasang bukan pada ruangan kering saja seperti ruang tamu atau kamar tidur. Namun, kamar mandi dengan frekuensi lembab atau basah lebih tinggi, pun sudah mulai diminati untuk ditempelkan wallpaper.

Tetapi, bahan yang dipilih tidak boleh sembarangan. Harus tahan air dan lembab supaya tidak mudah terkelupas. Contohnya seperti bahan vinyl. Motif untuk kamar mandi juga cukup beragam dan menarik. Warna dan polanya bisa disesuaikan dengan warna dominan di kamar mandi.

  • Disesuaikan dengan Efek Cahaya

Intensitas cahaya juga berpengaruh dalam pemilihan motif wallpaper. Wallpaper terang cocok sekali dipasang pada ruangan yang tidak banyak cahaya. Contohnya di kamar tidur biasanya digunakan lampu remang-remang, maka akan sempurna dengan motif terang.

Sebaliknya untuk ruang tamu yang sering kali dicat berwarna terang dengan cahaya cukup, Anda dapat memilih motif terang maupun gelap. Karena harus disesuaikan juga dengan tirai dan furniture yang digunakan di sana.

Jadi bisakah wallpaper untuk dinding bata atau tidak? Selama sudah melalui proses finishing, bisa saja ditempelkan wallpaper. Raja Gorden menyediakan wallpaper terbaik untuk kebutuhan Anda, segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

5/5 - (3 votes)

Leave a Reply